Aug 022016
 

Menteri Pertahanan China Chang Wanquan telah memperingatkan adanya ancaman keamanan yang berasal dari lepas pantai dan menyerukan persiapan yang cukup besar bagi rakyat untuk “perang di laut” demi menjaga kedaulatan.

Sekarang jumlah Marinir China lebih banyak dari Marinir Amerika Serikat

Sekarang jumlah Marinir China lebih banyak dari Marinir Amerika Serikat

China semakin giat mengadakan latihan perang di Laut China Timur dan Laut China Selatan

China semakin giat mengadakan latihan perang di Laut China Timur dan Laut China Selatan

Chang berbicara saat melakukan pemeriksaan kesiapan pertahanan nasional di wilayah pesisir Provinsi Zhejiang, China timur. Dia menyerukan untuk lebih serius menghadapi situasi keamanan nasional, terutama ancaman dari laut.

Chang mengatakan militer, polisi dan setiap orang harus mempersiapkan diri untuk mobilisasi demi mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial. Dia juga meminta untuk memajukan pendidikan pertahanan nasional di kalangan masyarakat.

Sumber: Global Times

Artikel Terkait :

  65 Responses to “Chang Wanquan: “Perlunya Kesiapan Perang Di Laut””

  1. jadi dah…perang konvensionalnya..

  2. Jangan lupa hajar malon hahaha…

  3. born to war seru nich

  4. Pesan yg bagus untuk rakyatnya, sayangnya disini banyak rakyat yang tidak tahu pesinggungan indonesia dengan negara calon musuhnya

  5. perang dunia ke 8 di picu sengketa lcs.. mungkinkah terjadi..? aku rasa tidak..

  6. gw pecinta rusia
    anti komunis ,anti china , anti amerika…

        • AMERICA SUDAH “MEMBACA” BAHKAN HAL TERBURUK PUN…BILA INDONESIA TIDAK NON BLOCK LAGI…DAN MEMIHAK KE RUSU DAN CHINA…MAKA JADILAH POROS MOSKOW,BEIJING,JAKARTA…

          https://www.youtube.com/watch?v=T9sDxvsbsnA

          • BILA POROS MOSKOW,BEIJING,JAKARTA TERJADI MAKA
            PERANG NUKLIR TAK TERHINDARKAN…DI LCS

            https://www.youtube.com/watch?v=gY5Anu3x9Nc

            INDONESIA KUNCI PERANG DUNIA KE 3

          • jangan sampai terjadi…!!

            https://www.youtube.com/watch?v=7CeTEzHYnP0

            ha ha ha

          • INDONESIA HARUS NETRAL..

            Indonesia harus mengambil peran ‘non alignment’ yang sesungguhnya yaitu justru dengan bermain didalam dua pihak utama yang berseteru utamanya dalam pembangunan kekuatan armada laut dan udaranya untuk menghadapai konstalasi kawasan Asia Pasifik kedepan.

            Hanya Presiden Soekarno dan juga Presiden Jokowi menurut saya pemimpin yang sangat sadar bahwa salah satu cara pasti agar negara mampu mengamankan jalur laut dan sumber daya laut adalah memiliki kekuatan AL yang mampu menempati 12 lautan yang diimiliki negeri ini. Menguasai titik-titik strategis penting pulau-pulau, chokepoints Malacca dan ke 39 selat lainnya yang langsung ataupun tidak merupakan jalur utama pendukung kepentingan perdagangan, pergerakan sumber daya energy dan makanan (SLOT/sea lanes of trade) serta merupakan jalur supra strategis militer (SLOC/sea lanes of communications).

            Hampir setiap negara normal akan sadar betul tentang pentingnya urat nadi lautan ini dan akan berusaha untuk memiliki AL besar sekaligus modern untuk mengantisipasi titik-titik strategis tersebut. Karenanya dalam sejarah militer dunia, kita dapat menemukan bahwa masalah ‘teritorial’ baik darat laut dan udara menjadi penyebab konflik paling sering di antara bangsa-bangsa. Dalam sistem negara modern faktor munculnya sengketa territorial dipercayai utamanya akan muncul justru dari negara tetangga.

            Sengketa Laut China Selatan hanya berbicara tentang 9 titik krusial keamanan maritime kawasan. Banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa justru terdapat sekitar 51 titik yang berpotensi antara Indonesia dengan negara negara tetangganya. Selain itu,“Claiming what is ours and defending what is ours” seharusnya menjadi semangat Indonesia dalam mengantisipasi masalah akan ruang udara selain wilayah perairannya. Langkah inisiasi unilateral Indonesia ADIZ harus didorong oleh kepercayaan diri Indonesia untuk melindungi kepentingan nasional atas pengelolaan, pemanfaatan, pengamanan atas ruang udara.

            Itu mengapa, modernisasi matra laut dan udara perlu dipercepat untuk mengejar ketertinggalan kualitas dan kuantitas alutsista-nya dan didalam pembagian komando wilayah pertahanan yang juga dapat mengaplikasikan strategi bermain dalam dua biduk tersebut. Secara prinsip, kualitas kekuatan militer laut dan udara Indonesia tidak boleh kalah dengan negara-negara tetangga, bahkan harus dapat memberikan sumbangan pada upaya membangun perimbangan kekuatan untuk menjaga perdamaian kawasan Asia Pasifik secara keseluruhan.

            Konsep dan strategi pertahanan serta gelar postur TNI harus disinkronkan dengan dinamika perubahan lingkungan strategis, disesuaikan dengan dunia juga yang tengah mengalami pergeseran-pergeseran penting, dimana gagasan Jokowi mengenai poros maritim memberikan sinyal bahwa RI harus memusatkan daya tawar diplomasi ekonomi, politik dan militernya pada pengendalian ALKI serta ruang udara nasional Indonesia.

          • Faktor arogansi dan sikap keras kepala AS yang menganggap bahwa LCS adalah bagian dari vital interest AS. Karenanya AS tidak semata menekankan aspek ekonomi tetapi secara aktif juga membangun luas kerjasama diplomatik dan keamanannya di kawasan dimana terdapat implikasi atas kebijakan AS – The Pivot to Asia – dimana setidaknya AS akan menggelar 6 kapal induknya. Sehingga, akan terjadi pergeseran militernya kekawasan di lima tahun mendatang, yaitu; 1. Sebanyak 3600 pangkalan militer AS dari 6000 yang tersebar didunia 2. Sebanyak 1095 tentara dari 1825 tentara AS di Eropa (NATO) 3. Sebanyak 68.809 tentara dari 114.682 tentara AS di Afrika dan 4. Sebanyak 2.564 tentara dari 4,274 tentara AS dari Timur Tengah. Kesemuanya itu untuk menambah kekuatan 89,846 personil militer AS yang sudah sebelumnya tersebar di kawasan.

            Selain itu,menyusul penerapan CADIZ ( china air defence identification zone) China di Laut China Timur di 2013 lalu yang menurut saya akan juga diterapkan China di LCS….. CADIZ ini dapat merupakan bagian dari strategi China untuk dapat menerapkan anti-access and area-denial jauh dari garis pantai China. Karenanya, AS dipastikan akan terseret dalam konflik atas ADIZ, dimana bobot kredibilitas seberapa jauh AS akan berpihak pada Jepang atau Taiwan dalam sengketa militer, serta bagaimana memainkan One China Policy atas Taiwan yang menjadi ‘peace maker utama di konflik Laut China Timur.

            Ini kekhawatiran yang mengemuka menurut pendapat saya…. Jika betul terjadi penerapan CADIZ di Laut Cina Selatan, dapat menjadi momentum perang kawasan.

            Untuk itu Indonesia harusnya segera menunjukan segera sikap serta kedaulatan Indonesia atas ruang udara nasionalnya sendiri dan juga me-‘lead’ ADIZ kawasan ASEAN yang terabaikan dalam Asean Community aspek.

            * BY CONNY BAKRIE

  7. china begok… bakalan ancur..

    china lagi ga waras… barang kw , telur juga kw.. serba kw…

  8. harus temanan sama malaysia ngadepin china…

    • Malaysia bisa apa untuk ngadepin china?ngadepin nelayan china aja mereka hanya bisa menonton aja,lagian indonesia gada urusan sama konflik LCS jadi kita hanya menonton aja mereka yg berperang sambil jaga rumah kita sendiri…

      • Eh bro loe ketinggalan berita ya…gak tau loe kalau si sipit rakus mengklaim daerah zee perairan natuna yg bersinggungan dgn LCS….liat aja suatu saat di masa depan bakalan patroli tuh armada kapal tempur mereka di perairan natuna…yaaah nunggu target jumlah kapal induk mereka selesai…
        Kehancuran si sipit karena kerakusan mereka sendiri….bakal di keroyok rame2 tuh di masa depan…
        Makanya sekaranglah saatnya indonesia buat memesan dan tot alutsista yg mumpuni jgn minimum lg…tp targetnya Maksimum…

        • Chino ini detail strateginya bung jangan dianggap cemen..step by step mereka itung dan dipersiapkan dg sungguh sungguh dan matang..mereka diam tapi beraksi bener bener..

          Waspadalah…

    • ngapain temenan sama malon , orang kita gak ada urusan di zee

      malon kalo mampus ya mampus aja sendiri orang askarnya gak ada kemampuan apa apa lawan cina ngerepotin orang doang mah, cuma bisa maka pisang saja hehehehe

      • @save indonesia ane tau bro soal zee natuna, tapi china hanya klaim itu wilayah traditional fishingnya aja,hanya itu masalah kita sama china,jangan di gabungin sama masalah malaysia,pinoy,viet yg ada klaim tumpang tindih dan berebutan pulau di LCS,hanya kedaulatan kita lah yg harus kita jaga,kalo soal LCS

  9. Project KFX Indonesia cuma mendapatkan 6 pesawat dan korea120, Benarkah?

  10. Demi kebenaran,demi mempertahankan kedaulatan,ngapain musti takut dgn perang.?? Mau china,Amerika dll, hajar bleeh.!! Bangsa indonesia ga bakal mundur kebelakang kecuali para penakut & penghianat bangsa..!! Damai ok.!! Perang ok..!! Gitu aja ko repot..hahaha.

    Merdekaaa..!!!

    • Aduh aduh modal perang indonesia apa ?? Kalau sampean pengen kengerian perang lihat suriah..baru sadar betapa penting kekuatan militer dengan melindungi ekonomi keamanan sustainability suatu bangsa..

      Lu lihat korban lakalantas aja udah merinding apalagi korban perang..belum kelaparan chaos dimana mana..mikir lu jaman berubah bukan jaman belanda modal berani tok..sama juga bunuh diri..

      Gampang itu bukan nggampangin..

      Jadi istilah gitu aja kok repot simpan saja..gak penting jika perang..
      rempong iya…… repot iya..
      Hiyaaa hiyyyaaa…hiyyaaaaa..
      Kembali ke laptop….

      • modalnya….jago perang, jago lomba perang2an (baik di kota maupun di hutan)…dan lomba tembak (sering menang medali emas…ratusan buah, puluhan kali).
        perang suraih itu belum apap2 dibadningperang saudara yg pernah terjadi di indonesia. pemberontakan2, DI/TII, APRA, permesta, PKI, RMS, fretilin, GAM, dll. Total korabn yg tewas lebih banyak daripada korban yg ada di suriah….kerusakan kota2 yg terjadi lebih parah daripada yg terjadi di suriah.

        Jadi apa yg terjadi indonesia jauh lebih mengerikan dibandinkan apa yg terjadi di Suriah.

        bukanya cina kasel PLA ada 2 yg ditenggelamin di natuna kemarin. 4 kasel collin sudah jadi rumpon oleh TNI, 1 scorpene malaysia udah dibuat tak bisa selam di wilayah laut ambalat. belum yang LA class.

    • Itulah makanya bung bakul tetap jd rakyat jelata dan tak pantas jadi tentara apalagi memimpin..
      Jika warga lama jkgr pasti sudah paham strategi perang tni kedepan!!

      Pemimpin itu harus bijak dan mengambil keputusan dgn resiko sedikit..
      Negara yg anda sebut di atas mempunyai kuantitas dan kualitas
      Berperang dgn cina klu sendirian akan memakan waktu yg panjang
      CinA punya dana dan persiapan perang yg besar dan terukur sedangkan kita #miris

    • Setuju bung

  11. Sebaiknya perang memang dilaut saja dan jgn merembet ke perang darat,hal ini perlu untuk meminimalisir korban sipil…

  12. Robek2 dan cerai berai kan saja negara tiogkokg mjd milik beberapa negara sekalian buat mereka malu dengan jadi diri mereka sendiri

  13. perang aja sono
    yang penting gue mo nikah

    xixixixiiiiiii

  14. klo tiongkok terus agresif ,maka dia akan bernasib sama dengan jepang di PD II…,tapi tetap NKRI harus siaap serta waspada dengan menambah otot kekuatan pasukan dan peralatan perangnya secara massif dan terstruktur,…..salam…selamat memulai aktivitas pagi ..semoga di berkahi Alloh.

  15. US NEED WAR TO RESET THE ECONOMIC

    • anda sangat jeli bung kobu. Bila pemimpin perang kita jeli, tinggal potong kepala ular nya, dan koleksi di istana negara.

  16. Perang lcs masih lama, tenang n sabar…

  17. Wowww, akankah RRC dpt memenangkan perang,bila itu terjadi..menang perang dgn NEGARA LAIN adalah impian dari sejak zaman kerajaan sampe republik TIDAK PERNAH TERJADI.ahahahaaa

    • Betul sekali bung, ribuan tahun selalu dijajah atau diduduki suku-suku di utara dan baratnya padahal suku-suku itu dianggap barbar he..he…..setelah itu diduduki nenek moyang Korea, terus masa modern, giliran eropa dan jepang.

      Bagaimanapun untuk aneksasi bukan sekedar punya jumlah tentara yang banyak, tapi harus ada GEN AGRESIF DAN GEN PEMENANG dalam darah rakyatnya yang belum terbukti ada di tubuh sino, tapi kalo jiwa dagang ane ngaku kalah dah…

  18. Di poto atas menhan china melek apa merem ya

  19. Orang RRC tu pada dasarnya sangat percaya pada “KITAB FENGSUI”, bila di gambar 4 penjaga mata angin, RRC bukan naga tapi kura2 ekor ular, jepang = naga, india = harimau& NKRI = PHOENIX, jd skuat mungkin RRC menghindari konflik besar dengan NKRI. Udahlah RRC udah mnang dagang,ya dagang aja ,ga usah gaya2 an.

  20. Capek nunggu perangnya

  21. jika saja ada wadah resmi untuk menampung urunan uang RAKYAT buat bantu beli alutsita TNI

  22. 2022-2025 !! Roll over Bethoven.

  23. 2022-2025 !! Roll over Beethoven.

  24. Setuju bung anti mbah bowo… Kalo emang TNI kesulitan dana buat beli alutsista,knapa ga urunan?! Dulu aja rakyak se aceh aja mau urunan buat beli pesawat demi kepentingan diplomatik RI,kenapa ga juga rakyat se indonesia. Saya yakin rakyat setuju dan iklas nyumbang. Bagaimanapun jg TNI jg anak ibu pertiwi yg punya tugas menjaga kedaulatan dan rakyat.
    PLA marine china jmlhnya lebih besar dari us marine corp,gimana nih marinir indonesia,da berjumlah 50ribu lom? Sesuai instruksi bpk sby dulu? Kalo dah nyampe baguslah,sekalian tambahin alutsista nya buat si hantu laut nkri,so kalo china berulah si kecil prajurit mematikan marinir nih bisa gampar tuh pla sampe teler…hehehehe

  25. Sekalian benahin jg alutsista udara dan laut RI,krn sebelum perang darat (kalo udara dan laut lumpuh) perang pertama ya di udara dan laut dulu. Terutama udara dulu yg mesti ditingkatkan,kalo udara mudah dilumpuhkan,maka laut dan darat akan lebih mudah dikalahkan dari udara (kecuali gerilya kalee yaa…). Bisa dibayangin kalo setiap kali ada trouble hotspot di area tertentu,lantas kirim pesawat sedikit kesana kemari,kapal kirim kesana kemari,apa ga sekelas patroli tuh tni? Gimana kalo alki 1,2 dan 3 diserang sekaligus,apa masih mau kirim sana kirim sini???

  26. Numpang nanya om, yg jualan indomie rebus sebelah mana ya, kalau Tuhan berkehendak demikian knapa tidak, skalian mengurangi orang2 yg Tamak dan Rakus , hidup indomie

  27. perlu di ketahui saudara(orang cina) menjadi bangsa besar tentu mjadi sbuah ksyukuran namun juga mjadi ujian, apakah perang itu adalah sbuah jawaban kemenangan atau hanya skedar ingin mbunuh sebagian rakyat anda, yg sdah mcapai milyaran jumlahx, kita semua tahu sberapa stragisx sbuah perang itu, jika cina brperang di masa kemajuanx maka cina akan mjadi negara trburuk di masa modernx, cina tak punya skutu jika brperang di laut cina selatan siapapun lawanx, justru mjadi ksyukuran buat negara2 asean jika amerika brperang dgn cina di laut cina selatan dan amerika mdapat dukungan asean padahal, asean dan cina itu serumpun sama2 orang asia , mking asean mgangap cina ini brhianat pada sesama bangsa asia (mohon cina dapat mjaga perdamaian ini scara baik)

  28. Perang dunia ke 3 akan tetap terjadi,tinggal menunggu waktu sampai perang akhir zaman..

  29. Tadi pagi pesawat sejenis (mungkin) v22 osprey wara wiri di halim dan sekitar langit bekasi…apakah pesawat ini dimiliki tni sebelumnya

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)