Mar 182017
 

Penampungan pengungsi Rohingya di kamp Cox’s Bazar, Bangladesh (UK Foreign and Commonwealth Office)

New York – China, yang didukung Rusia, pada 17/3/2017 menghalangi pengesahan pernyataan Dewan Keamanan PBB menyangkut Myanmar.

Sejumlah diplomat mengatakan halangan itu dilakukan kedua negara setelah 15 anggota Dewan bersidang untuk membahas situasi di negara bagian Rakhine, Myanmar, tempat militer negara itu melancarkan operasi keamanan.

Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa untuk hak-hak asasi manusia bulan lalu menuding militer Myanmar melakukan pembunuhan dan pemerkosaan massal terhadap Muslim Rohingya dan membakari desa-desa mereka sejak Oktober. Tindakan itu kemungkinan bisa mengarah pada kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembersihan etnis.

Atas permintaan Inggris, kepala bidang politik PBB Jeffrey Feltman memberikan pemaparan kepada para anggota Dewan Keamanan dalam sidang tertutup.

“Kami berusaha memajukan … beberapa usulan namun kesepakatan tidak tecapai di dalam ruangan itu,” ujar Duta Besar Inggris untuk PBB, Matthew Rycroft, yang menjadi presiden Dewan Keamanan bulan Maret, kepada para wartawan setelah sidang.

Pernyataan Dewan Keamanan harus disepakati oleh seluruh anggota sebelum dapat dikeluarkan.

Sejumlah diplomat mengatakan negara tetangga Myanmar, China, dengan didukung Rusia, menghadang pernyataan tersebut.

Rancangan pernyataan singkat yang sempat dibaca Reuters itu berbunyi “mencatat dengan keprihatinan munculnya bentrokan baru di beberapa wilayah negara itu dan menekankan pentingnya akses kemanusiaan ke wilayah-wilayah yang terkena dampak.” Sekitar 75.000 orang telah mengungsikan diri dari negara bagian Rakhine ke Bangladesh sejak militer Myanmar mulai melancarkan operasi militer pada Oktober tahun lalu. Operasi dilakukan sebagai penanganan terhadap tindakan yang disebut militer merupakan serangan oleh pemberontak Rohingya di pos-pos perbatasan, yang menewaskan sembilan personel kepolisian.

Uni Eropa pada Kamis mendesak PBB untuk segera mengirim misi internasional pencari fakta ke Myanmar guna menyelidiki tuduhan penyiksaan, pemerkosaan dan pembunuhan oleh militer terhadap Muslim Rohingya.

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi mengatakan kepada para diplomat di ibu kota negara Myanmar, Naypyitaw, negaranya telah diperlakukan tidak adil.

Antara

  44 Responses to “China dan Rusia, Halangi Tindakan DK PBB Soal Rohingnya”

  1. genk penjahat kemanusiaan … semoga dapat azab

    • KABARNYA DI ACEH ADA WARGA BUDHA YG DI RAJAM, LALU BIKSU RADIKAL MYANMAR MENGANCAM AKAN MENYERANG ACEH.

      • Di Aceh hukum menggunakan syariat islam dan itu sah sesuai undang2 otonomi daerah khusus. Siapapun yang bersalah entah dia muslim, budha atau apapun tetap dihukum sesuai syariat. Tidak ada perbedaan. Tapi Di Myanmar adalah pembersihan etnis, pembunuhan masal dan pemerkosaan.. Sangat jauh jika mau dibandingkan dengan diaceh.. Itu adalah kejahatan kemanusiaan layaknya Jerman saat melakukannya terhapap bangsa yahudi…

      • 2 masyarakat aceh yg etnis budha itu memilih sendiri untuk di cambuk, bukan paksaan.. Karna sistem hukuman di aceh itu bebas untuk dpt memilih dicambuk atau dipenjara, tidak dipaksakan.. Yg justru mengherankan bagi saya sendiri rakyat aceh, pemerintah malaysia lewat menteri pertahanannya sudah mengeluarkan pendapat soal ancaman salah satu wilayah NKRI Aceh, tp sayang pemerintah pusat NKRI sendiri masih tutup mata. Pdhl ini bukan soal ikut campur urusan internal negara orang, tp ancaman ke NKRI, bkn karna Aceh takut, tp eloknya pemerintah pusat buka suara, gk mesti lwt presiden bisa lwt juru bicara kementrian. Aneh aja jelas2 ada wilayahnya di ancam, pemerintah pusatnya diam, nanti kalau orang aceh bertindak kekerasan dianggap pemberontak!!

  2. sudah kebaca kan…..? sama seperti di suriah……2 penjahat kemanusian itu juga….
    jangan bicara strategy,,politik,kepentingan,…tapi bicara mengenai KEMANUSIAAN….
    itu pun juga termasuk kawan 2 nya yg memegang hak VETO

    • jangan bicara strategy,,politik,kepentingan,…tapi bicara mengenai KEMANUSIAAN….

      somplak bin koplak
      sepanjang sejarah peradaban modern Hak asasi manusia dan imigrasi sudah dipolitisasi
      anda pikir penyebab konflik perang dunia pertama dan kedua karena siapa jotos duluan apa?

      • Aneh nih orang menuduh sesuatu belum jelas, blum tentu juga maksud Rusia / China itu buruk kok mungkin harus ada pembicaraan melibatkan pemilik hak veto

        pemerintah inggris meminta PBB bertindak dalam siatuasi kejahatan militer sejak oktober 2016 di myanmar dan itu bagus, tapi kita tidak tahu semua itu ada kepentingan NATO yang terselubung di myanmar yang berbatasan langsung dg Cina.

        Nah jadi jelaskan.

        • Bung anu… maksud koment w ke Bung @Mandala. xixixixixiii

        • ya begitulah orang kalo pemikirannya dah panasan gk bisa mikir netral.

          cina punya ke kuatiran jika nato bersemayam di myanmar dan membuat base camp bukan kah itu sama saja musuh sudah ada di depan pagar???sama halnya dengan rusia yg tidak suka aktifitas nato di polandia.

          pesan saya buat kalian ingat tidak waktu terjadi konflik referendum timtim australia sudah masuk pager kita dan akhirnya mereka merdeka.

  3. Russian stlooong…. russian good….

    Padahal sama aja dengan sang rival, semua tergantung kepentingan

  4. Hapus saja 5 anggota tetap DK PBB

  5. jelas tidak adil kaum liberal barat sbgai politikus ham sngat sensitif mengendus bau diskriminasi tanpa tahu menahu latar belakang situasi
    situasi yg rentan dimanfaatkan RRC utk menanamkan pengaruh lewat militer myanmar yg sudah pro china sejak aung suu kyi bebas dan terpilih sebgai presiden myanmar secara demokratis dgn berusaha menyudutkan kaum nasionalis pimpinan aung san suu kyi agar naik ke podium politik kembali.
    dgn kata lain perang proxy

    utk yg masih bacot soal agama saya tantang kalian berkunjung ke kota Yangon
    hitung sendiri berapa masjid disana
    awas kepincut ama gadis muslim panthays

    • intinya gmn nih om hehehe.. trims

      • konflik kepentingan dan pengaruh

        aung suu kyi mengalami apa yg di alami Gus Dur namun jauh lebih berat lantaran kepentingan asing dan aseng juga ikut mencampuri urusan dalam negeri myanmar

    • Bukan seberapa banyak masjid yg ada disana bung Anu, INI MASALAH KETIDAKADILAN

      • saya tanya jika katakanlah ribuan penduduk papua nugini masuk ilegal ke wilayah papua barat dan mengklaim mereka penduduk asli dan mengadakn pemberontakan utk mencapai kemerdekaan, apa yg dilakukan NKRI?

        anda lihat sendiri dimedia2 internasional bnyak yg mengabarkan pemerintah kita melakukan pembunuhan massal terhadap suku asli papua

      • Jadi intinya di myanmar, rohingya itu adalah penduduk asli, sedangkan biksu2 itu pendatang.
        Pendatang teriak penduduk asli adalah pendatang gelap dr bangladesh.

        • narasi apalagi ini
          heran benar sama kebanyakan bangsa sendiri malas benar baca buku2 sejarah demografi dan geopolitik terutama yg kontemporer
          tak heran begitu mudahnya disetir dgn politik populis
          dtambah lagi oli2 narasi media sebagai pelumas

          • mungkin sebaiknya yg protes itu adalah negara2 non blok macam RI yg tak punya kepentingan langsung dengan politik myanmar sehingga protes tersebut karena murni karena kemanusiaan….bukan asal sanksi PBB seperti di Iran di Suriah atau embargo RI karena masalah ham di papua atau timor timur dulu yg jelas karena memaksakan kepentingan politik kelompok negara lain yg bersebrangan dengan kita….mungkin sih…

    • tertarik dengan sudut pandang bung anu. saya baru ngeh. memberikan suatu pandangan alternatif sekaligus wawasan baru. terima kasih bung

  6. jangan di nuklir bung, dgn daya segitu dmpaknya bisa mengenai aceh

  7. Ha mana rusky fan boy mana?
    Mana rusky sales mana?
    Mana??

    • Makjleb banget komen anda 😀

    • RUSIA BISA SAJA DI TEKAN CHINA UTK MEMVETO. RUSIA JUGA PNY BANYAK SEKUTU NEGARA MUSLIM SEPERTI CHECNYA, KAZAKHSTAN, USBEKISTAN, TAJIKISTAN, AZERBAIJAN, TURKMENISTAN, KIRGIZSTAN SURIAH.

      • Kenapa Sales juga di Ikut ikutkan….Sales cuma Promosi…Bukan mengagungagungkan Rusia…(Sales cuma Promo Barangnya Bukan Negaranya)…

      • ganar ganar u muncul pas artikel yg kaya gini doang…

        nar rusia sudah ngalami yg namanya musuh di di depan mata seperti di poland dan krimea dengan embel embel menjaga perdamaian(melindungi yg tertindas), china pun tau modusnya kasus konflik di miyanmar bisa saja di tegarai oleh konspirasi, pertama mendirikan tempat pengungsian lalu mengirimkan pasukan NATO ribuan. inget bro lg ada gesekan china vs amerika & sekutu asia.

  8. Ceweknya…manis kya tejas.

  9. Itulah dzolinmya piagam San Francisco PBB. Kasihan Rohingya . .

  10. SAY NO TO UN

  11. Bikin PBB tandingan yukk..
    Kita ajak Brunei, Fiji, Nauru, Antigua, maldives, malta, san marino, monaco, liechtenstein, andorra..kita bentuk The TinyTens untuk menantang the Big Five..

  12. Mana bukti pemenang hadiah nobelnya kok gak kedengaran gaungnya setelah mendapat kekuasaan? Tapi NKRI jg yg mantap punya lgsg G to G dan memberikan bantuan misi perdamaian dan kemanusiaan ksn tanpa embel2 dagelan PBB! Hak Veto adalah bentuk dr democrazy ala barat, tidak ada kesetaraan keanggotaan sehingga selalu terjadi kesewenang2an negara pemilik hak Veto!

  13. yg salah tetaplah salah, yg benar jgn sampe kalah..

  14. Emang dari dulu Cina sifatnya jelek !

  15. Njir 5000MT… apa gk salah ya itu…50MT aja seluas perancis dah bisa ancur apalagi kalau 5000MT setengah Asia Ancur lah

  16. Satu lagi negara bs jd suriah ke 2, di asean.

  17. Satu lagi negara bs jd suriah ke 2, di asean. Yg barat suka kompor2 ham, yg timur suka bela2 angota geng. Bakal ribut nih asean. 5 DK pbb hrs dihapuskan, kyk dunia milik mrk berlima aja.

  18. Yg barat suka kompor2 ham, yg timur suka bela2 angota geng. Bakal ribut nih asean. 5 DK pbb hrs dihapuskan, kyk dunia milik mrk berlima aja.

  19. Semoga Allah berikan azab yang pedih pada negara kuffar rusia & komunis china!

  20. Myanmar bertahan dan membela kesatuan negaranya manakala rohingya membrontak ingin dirikan negara islam.

 Leave a Reply