Dec 092016
 


BEIJING – Surat Kabar Sains dan Teknologi China menerbitkan sebuah artikel tentang Bomber Strategis China pada 4 Desember 2016 lalu. Artikel tersebut menyebut bahwa Komandan Angkatan Udara China, Ma Xiaotian telah mengungkapkan bahwa Cina sedang mengembangkan generasi pembom jarak jauh legendaris yaitu Bomber H-20.

Baru-baru ini, stasiun televisi China (CCTV) juga menunjukkan CG grafik yang diduga sebagai bomber H-20 China, yang selanjutnya menjadi perbincangan besar di kalangan penggemar militer.

Ketika ditanya kapan pembom strategis generasi China akan memulai debutnya, Laksamana Yin Zhuo, direktur Komite Konsultasi Ahli Angkatan Laut PLA, mengatakan bahwa kita harus bersabar.

China belum pernah mengembangkan pembom strategis jarak jauh dengan ukuran besar sebelumnya. Pembom H-6 yang ada di layanan saat ini termasuk berukuran sedang tetapi bukanlah pembom strategis. Memiliki pembom strategis akan menjadi salah satu simbol dari Angkatan Udara China sebagai layanan strategis, kata Yin Zhuo.

Yin Zhuo juga mengatakan bahwa pembom strategis China pasti akan berkembang dan setara dengan pembom B-2 dari AS dan memiliki kinerja siluman.

Yin memperkenalkan bahwa generasi pembom strategis membutuhkan siklus pengembangan lagi, biasanya lebih dari sepuluh tahun. Cina memiliki beberapa kondisi yang menguntungkan untuk mengembangkan pembom strategis diantaranya China telah mengumpulkan beberapa pengalaman dari pengembangan pesawat J-20 dan jet tempur siluman F -31, sehingga bahan dan desain bukanlah merupakan masalah besar. China juga telah mengembangkan Y-20, C-919 dan pesawat besar lainnya, sehingga cadangan teknis terkait akan berguna untuk mengembangkan pembom strategis.

Rudal jelajah, senjata nuklir, senjata lainnya dan peralatan yang akan dibawa oleh pembom strategis sudah ada ditempatnya, sehingga sudah waktunya bagi Cina untuk mengembangkan pembom strategis, kata Yin Zhuo. Dengan memanfaatkan cadangan teknis yang cukup banyak, maka memungkinkan siklus pengembangan pembom H-20 menjadi lebih pendek.

Berbicara tentang apakah China dapat mengembangkan pembom strategis siluman supersonik, ahli militer Li Li mengatakan bahwa secara teknis memang sangat dibutuhkan. Karena jika hanya menekankan pada kinerja siluman, konfigurasi aerodinamis pesawat ini akan sangat berbeda dari pembom supersonik. Ini mungkin sebagai solusi yang lebih realistis untuk memiliki kemampuan siluman dan penetrasi supersonik.

Sumber: Defense Aerospace

Bagikan Artikel:

  31 Responses to “China Konfirmasi Sedang Kembangkan Pesawat Pembom Strategis”

  1. Booroong

  2. zonk…

  3. Songong banget si Cina kaya bisa bikin mesin bagus saja..

    • mesin bis aja ngebul over heat :D apa lagi mesin jet..

    • songong ato pun tidak.. nga ada urusannya sma indo… dari pada hanya selalu berharap, mimpi & paling hebat menjelek2an negara lain padahal indo sendiri masih berharap bantuan dari negara lain… indo harusnya sadar diri kalo blom mampu dari segi SDM, dana riset, teknologi & bahan materialnya… dngan aussie saja udah kalah jauh apalg sma tiongkok yg negara sekelas U.S & russia..bung…

  4. Pertamax

  5. Mengembangkan pesawat Pembom strategis…. Sama kek AS saat ini jga melakukn pengembang B-21, Kalo punya Rusia adalah PAK DA,
    Semoga tahun 2030-2035 indonesia juga mulai mengembangkan pesawat pembom strategis, kita memang sangat tertinggal jauh tpi yg penting kita mulai mengejar ketertinggalan,

    • knp hrs nunggu th. 2030-2035? knp tdk dimulai dr sekarang? krn kl nunggu nanti n nanti akan tertinggal lebih jauh sebab itu pabila dimulai dr sekarang walaupun jadul atau gagal itu lebih baik krn kegagalan adalah guru yg terbaik n dr kegagalan itu kita dpt mencari solusinya
      kl menurut ane itu lebih elegan daripada menunggu( seperti lagu dangdut R…I… kwkwkwkwkwk)

      • mungkin menurut Peng shoei bagus tahun 2030-2035 :D

        • @Cample
          Ey kalo ngomong sih Gampang, “KENAPA KAGAK SEKARANG?”
          Udahlah bung, kita harus sadar Diri, kita masih kekurangan SDM dan juga Dana Riset, Untuk mengembangkan mesin Ranpur saja kita tdk mampu, apalagi mengembangkan Pesawat pembom strategis, Mengembangkan Teknologi Rudal saja kita harus berharap pada T.O.T c705, apalagi mengembangkan Pesawat Macam B21 dan PAKDA,
          Maka dari itu sayya merasa ya yg paling logis memang Antara Tahun 2030-2035 kita mampu mengembangkan Pesawat pembom strategis macam B21 dan PAKDA, Mungkin Bisa saja pada Tahun 2025-2030 Kita mampu mengembangkan Pesawat pembom strategis itupun jika kita memaksakan diri

          • jfs@ bagaimana bisa maju wong kesukaannya hari2 demo melulu, apalagi yg punya nickname santet itu,kesukaan
            nya mau riset kembali jaman dinosaurus… ka….ka….ka…

  6. China ini “RAJANYA” jiplak nih.. apa tidak punya ide lain..

  7. lbh bagus MIG-41

  8. Wow top markotop

  9. Waduh…ini kan produk copy paste…siapa yg gak tahu cina….semua bisa di jiplak…asal wani piro ae…

  10. Woooow….

    Mantaaaap….

    Boleh di’jadi’kan symbol ke’bangkitan negara” Asia…..
    Biar negara” Barat , khusus’x Amrik ng’gak bakalan bisa berkutik & berani lg anggap negara” Asia kumpulan negara” yg bisa dgnse’enak’x utk di’intimidasi, provokasi & di’intervensi….
    baik secara lsg mau lwt diplomasi….

    Ciaaaaaaaa’Yooooooooooo…….

  11. Cina negara tidak punya malu..hobinya jiplak gk mau mikir…nyontek

    • Gak masalah sih, yang penting bisa “terealisasi” daripada punya ide sendiri tapi “hanya sebatas ide” dan gak tau kapan bakal terealisasi.

      • katanya yg penting grand design dulu realisasi belakangan, kalo ada yg bisa wujudkan realisasi itu. tinggal di cap pengekor.. xixixixixi seperti lovers dan aktor drama itu

  12. yang saya salut dari china adalah motivasi dan kerja kerasnya, walaupun desain jiplakan namun semangat untuk maju itu yang patut ditiru. kita sudah terlalu lama manut sama pihak asing..dana untuk riset pelitnya bukan main..gimana mau maju…itupun kalo gk di korupsi duluan.
    soal hak paten dll njlimet koyo benang ruwet, atensi pemerintah untuk karya anak bangsa masih minim perhatian. baru ini ajak agak melek mata sedikit demi sedikit mulai kliatan. walaupun gk sepenuhnya disupport pemerintah..makanya ilmuan pada kabur keluar negri..pemberdayaan SDM dikit kali. miris juga liatnya
    https://www.youtube.com/watch?v=VFYdqESYAsw

  13. B2 Spirit kena target copas nya

  14. Dikit2 siluman… dikit2 siluman….. pusing guah….

  15. Mantap..

  16. Dikira paketannya belom bisa buat sendiri…China sudah bisa..masalah delay belakangan…paketannya yg penting bisa buat sendiri..masalah pengangkut seadanya dulu..yg penting sampai ditujuan…dengan selamat…

  17. Betul cina kerja keras tak kenal lelah untuk bisa membuat pesawat tempur sendiri, jatuh bangun sejak tahun 50 an hingga sekarang, kemajuannya mengagumkan, keinginan politiknya kuat, roadmapnya jelas, konsistensi nya patut kita dicontoh

    Tentang pesawat pembom, kita dulu pernah punya, dan sebenarnya untuk Indonesia wajar saja mempunyai skadron pembom jarak jauh mengingat luas wilayah dan fakta bahwa negeri kita dikelilingi pakta pertahanan dan pangkalan militer asing, tentu saja jika punya duit dan mempertimbangkan skala prioritas modernisasi militer kita

  18. Memang China tiada matinya, kebangkitan bs Asia, yg ngak mo didekte bs barat. Jepang ma Korea sdh jd budak barat..

 Leave a Reply