Dec 112016
 


BEIJING – Kementerian Pertahanan China menyatakan keprihatinan dan telah mengajukan representasi serius pada hari Sabtu (10/12/2016) kepada Jepang akibat gangguan oleh 2 jet tempur F-15 Jepang pada saat Angkatan Udara China melakukan latihan rutin di Pasifik Barat.

Juru bicara Kementrian Pertahanan China, Kolonel Yang Yujun menjelaskan bahwa jet tempur F-15 JA-SDF ini mengganggu pesawat militer Cina dari jarak dekat dan bahkan meluncurkan jamming, yang membahayakan keselamatan pesawat Cina beserta awaknya. Namun, Yang melanjutkan, pilot Cina segera melakukan penanggulangan yang diperlukan dan melanjutkan latihan mereka.

Yang menekankan bahwa Selat Miyako merupakan jalur yang diakui secara internasional dan pelatihan Angkatan Udara PLA China saat ini adalah merupakan pelatihan tahunan dan tidak ditujukan pada negara atau target tertentu, yang sejalan dengan hukum dan praktek internasional terkait.

Ia juga mencela bahwa perilaku jet tempur F-15 Jepang adalah berbahaya dan tidak profesional serta menghancurkan kebebasan navigasi dan terutama penerbangan yang diakui oleh hukum internasional.

“Ini harus menunjukkan bahwa berbagai kegiatan gangguan yang diprakarsai oleh pesawat dan kapal militer Jepang dalam beberapa tahun terakhir dapat dengan mudah menyebabkan kesalahpahaman dan salah perhitungan, mengakibatkan perselisihan dan bahkan konflik di ruang laut dan udara”, tambah Yang.

Pada akhir pernyataannya, Yang Yujun mendesak Jepang untuk mengadopsi langkah-langkah efektif untuk menghindari masalah keamanan seperti di laut dan udara dengan melanjutkan serta menjaga stabilitas regional dan kepentingan keseluruhan hubungan China-Jepang.

Sumber: ChinaMil

Artikel Terkait :

  14 Responses to “China Mendesak Jepang Agar Tidak Mengganggu Latihan Militernya”

  1. Wah ada Jendral yang lagi nangis-nangis gara-gara mainannya diganggu wkwkwk..

  2. Pertamax

  3. Di lcs china ganggu kapal dan pesawat negara lain yg lewat jalur internasional,giliran di ganggu jepang di selat miyako malah protes

  4. China Tiongkok yakjuz makjuz dunia, ancaman nyata keamanan internasional..bahkan NKRi pun terancam dijajah Tiongkok..

  5. China Tiongkok yakjuz makjuz dunia, ancaman nyata keamanan internasional..bahkan NKRi pun terancam dijajah Tiongkok…

  6. Jepang bingung dengan eks Jajahannya yg berubah jadi super power…

  7. jendral2 di cina punya bisnis2 juga tidak ya?

  8. Sudah ga aneh,. antek antek china sudah menyusup di istana,senayan dan berbagai instansi pemerintah. pemerintah seakan menutup mata pura” buta n tuli dgn keberadan tka china yg sdh mulai ngelunjak,. Hanya Soekarno presiden yg benar” berjiwa nasionalis tinggi

    • Soekarno juga di dukung oleh bawahan dan rakyat yg nasionalis, bandingkan dengan yg sekarang, bawahan presiden(mentri/DPR) dan rakyat masih nasionalis kagak?

  9. koncone SI BOS ngamuk,anak buahe disuruh tanam cabe berbakteri dirumah koncone.

  10. cino itu bhya dunia nyata..jgn ksh hati cino sikat aja japun..cino jet tempurnya kw smua….petani cino dibogor itu bgian dr tentara pla koplak..dg nyebar bakteri agar sumber daya(cabai,petai,padi,bawang dsb)hncur dg bgtu bngsa indonesia dijejali mknan dr cino sehingga tergantung lahir dan batin dg cino aplagi pmrintahaan skrg ini pro cino..

  11. China kalau terdesak bicara hukum internasional ,tapi mengangkangi wilayah orang tak mau tunduk.Inilah jadinya jika suatu negara sudah merasa hebat .

  12. bilang sajah china takut sama jepang
    ???

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)