Aug 152016
 

Republik Rakyat Cina akan segera mengubah status-quo di Laut Cina Selatan dengan merebut Scarborough Shoal yang berada dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina – langkah yang dianggap “garis merah” oleh Washington, Presiden Obama memperingatkan “konsekuensi serius” jika China berusaha untuk merebut kembali wilayah tersebut.

Ketegangan terus meningkat di Laut Cina Selatan dan Beijing semakin putus asa dan secara mendasar mengubah keseimbangan kekuasaan sebagai akibat dari keputusan Den Haag yang memicu konflik paling berbahaya di Asia.

Sebuah artikel di Hong Kong mengutip “sumber yang akrab dengan masalah” bahwa Beijing tidak akan menunjukkan niat merebut kembali wilayah tersebut sebelum menjadi tuan rumah G-20 bulan depan, tapi akan dimulai upaya pembangunan diwilayah tersebut sekitar September dan ketika Amerika sibuk melakukan pemungutan suara pada bulan November nanti.

Sumber tersebut menunjukkan bahwa Beijing mungkin akan mengambil keuntungan dari gangguan domestik pada Presiden Obama selama musim pemilu. “Obama akan fokus pada isu-isu domestik menjelang pemilu karena ia perlu memberikan warisan sebelum meninggalkan kantor,” kata sumber itu. “Itu mungkin membuat dia sibuk dan ia mungkin tidak memiliki waktu untuk mengurus masalah keamanan regional”.

Langkah ini dilihat oleh para analis keamanan sebagai cara bagi Cina untuk melawan putusan terbaru oleh pengadilan arbitrase Hague. Keputusan itu muncul setelah Filipina ajukan sidang arbitrase sepihak, atas perintah dari pemerintahan Obama, dengan putusan pengadilan terhadap klaim bersejarah China ke daerah mengutip sebagian besar Scarborough Shoal.

“Karena G20 akan diselenggarakan di Hangzhou bulan depan, dan perdamaian akan menjadi topik utama di antara para pemimpin dari negara-negara besar, China akan menahan diri dari (mengerjakan) reklamasi disana,” kata sumber tersebut seperti dikutip South China Morning Post.

Sumber itu tidak percaya jika China akan menghindari reklamasi Scarborough Shoal mengingat fakta bahwa Filipina telah menyatakan keterbukaan untuk menemukan cara untuk menyelesaikan sengketa secara damai.

Sumber itu juga menambahkan, bahwa Beijing bisa mulai reklamasi lahan di Kepulauan Spratly yang disengketakan sebelum pemilihan presiden AS pada November.

Scarborough Shoal terletak 143 mil (230km) dari pantai Filipina dengan tumpang tindih klaim atas wilayah oleh Manila, Beijing, dan Taipei. Pada 2012, kapal-kapal penjaga pantai Cina menguasai daerah tersebut setelah terjadi ketegangan dengan kapal Filipina.

Sumber: Sputniknews

Bagikan Artikel:

  40 Responses to “China Mungkin Lewati “Garis Merah” Obama Bulan Depan”

  1. Garis yg mana

    • Garis besar haluan negara bung hoho

    • hebatnya USA…..SI OBAMA

      washington secara aktif terlibat dalam menciptakan perpecahan antara Cina dan negara-negara tetangganya…di lcs….dan berhasil……! …ha ha ha
      Tujuannya adalah untuk menarik Asia Tenggara dan Timur Jauh menjadi konflik militer yang berkepanjangan dengan menciptakan perpecahan antara Cina dan negara-negara ASEAN, yang sebagian besar adalah korban dari kolonialisme Barat dan agresi militer: kejahatan ekstensif terhadap kemanusiaan telah dilakukan terhadap Vietnam, Kamboja , Korea, Filipina, Indonesia. Dalam suatu ironi yang pahit, negara-negara ini sekarang sekutu militer Amerika Serikat.
      USA GITU LOH……

      ha ha ha

  2. dobol kurooo…. embuuuhhh… karepmu cin… cin…

  3. Cuman adu gertak doank, gak dimulai-mulai dramanya..

  4. Mungkin perang nya setelah obama lengser dan donald trump akan memulai perang dgn china, krn trump trlihat galak, tegas dan ambisius…

  5. Hajar lah cam mana lama2 kayak betina aku liat muncungnya aja yg keras ,tumbuk cina itu lagi asu klw kau premannya ,kimak lah.

  6. Garis Bujur atau garis Lintang nih ?? wkwkwk dasar cino dasar mamarika ngga ada yang bener dua dua nya sama semua ular ular licik..

  7. Biarkan cina melewati garis merah… Yang di kawatirkan cina akan melewati PANGKAL PAHA dan itu akan sangat berbahaya buat kesehatan..xixixi
    Bukan begitu @carin….

    minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu…

  8. Cerdik juga si chino,issue domestik di jadikan upaya untuk menancapkan hegemoninya atas wilayah yg di sengketakan. saya fikir akan ada upaya dari sekutu lainya yg berada di belakang pinoy untuk membantunya selain yg kita tau adalah USA. apakah aussit ??

    • Ausit? (ha ha ha)
      Belum ada sejarah Ausit berani sendirian membela sekutu, apalagi jika yg dihadapi sekelas naga hijau. Ada pembelaan atau lbh tepatnya dukungan “separatis kemerdekaan Timor Leste”, dekade lalu untuk merdeka dari Indonesia, namun itu ketika Indonesia dalam kondisi “payah”, dan itupun mendapat back up USA, negara barat dan PBB dlm satu kubu. Set back ke belakang, Ausit ikut berpartisipasi melawan Jepang, pada perang dunia II, itu bersama tentara sekutu. Kemudian pd “perang insidentil” melawan TNI dan sukarelawan Indonesia di Kalimantan pada kasus Dwikora lalu, Ausit juga ikut berpartisipasi mengirimkan serdadunya untuk membela Malaysia, namun itupun bersama saudara seibu, yaitu Inggris. Jadi sepertinya Ausit blm pernah bertempur membela kawan secara solo (sendirian)..

  9. amrik udah ngelarang dan cino nekad mau nabrak aja,. kita liat aja, cino cuma gertak apa serius, dan amrik apa bnar2 memegang apa yg menjadi laranganya.?!

  10. SANG NAGA MAKIN BERKIBAR DENGAN KEKAYAAN YANG TIADA HABIS
    …HMMMMM

    • Jangan kuatir mbah rupanya, rusia-india-perancis udah masuk vietnam, jepang-usa udah masuk philipina, inggris-india udah stand by di sabah. China makin berat aja untuk merebut lcs.

      • Emboh : Jangan kuatir mbah rupanya, rusia-india-perancis udah masuk vietnam, jepang-usa udah masuk philipina, inggris-india udah stand by di sabah. China makin berat aja untuk merebut lcs

        harapan china tinggal Indonesia ??

    • Kekayaannya dah Habis mbah, mangkanya mereka cari SDA baru, SDA di China dah habis di makan milyaran orang..

  11. Di tunggu perang nya, bukan “KEINGINAN” &” MINAT” nya saja ,ahahahaaa

  12. Bila “BUTUH” perang ,ya harus perang,kan butuh yaa kan cin……a !!!

  13. Ini semua karna dasar ekonomi, suatu saat indonesia juga akan terkena dampaknya …
    Mau tidak mau kita juga akan ada andil dalam perang itu, entah desakan pihak luar atau jadi juru damai …
    Gimana kabar SU35, kilo, Iver, S300 sama gripen ???

  14. Kalau dari pespur USA, emang mau pespur apa ?
    F-16 refurbised lagi ?

  15. Ini bukan karena ekonomi
    Jika perang karena ekonomi , besok orang akan merampok demi ekonomi
    Ini karena cina sudah kelebihan penduduk ..mau cari tanah baru tapi usa tidak setuju karena kalau di biarkan dimasa depan cina akan jadi masalah untuk usa

  16. SANG NAGA MULAI BERGELIAT.

  17. petramax plus

  18. China dan s’amirika hanya pura pura konflik..mereka menggiring indonesia masuk dlm konflik mereka.dan akhirnya mereka mendapatkan “makan siang”..graatis…dr bumi nusantara ini..bumi yg penuh berkah…

    • Tlg dibabar lebih jelas Bung…
      Saya awam, tp soal nasionalisme Insya Allah merah putih sejati. Berani masuk NKRI rakyat pasti akan hadapi. Sbg seorang muslim bila ada kaum kafir yg dtg merusak / memerangi, maka wajib bagi kita utk mengusirnya.

    • Anda salah,negara manapun saat memiliki kekuatan militer kuat pasti akan mncaplok negara lain..amerika mencaplok timur tengah dengan perang,cina mencaplok atol lcs,rusia mencaplok krimea,india mencaplok kashmir,,ini murni militer yg adu kuat.

  19. Kalau cina benar2 memperluas wilayah kedaulatan negara sampai melewati batas ZEE filipina dg alasan untuk mengamankan G20 di cina ini benar2 keterlaluan. cina harus belajar batas2 negara yg meliputi batas laut, darat dan udara. memang dunia ini miliki nenek moyangmu…!!! dilain pihak negara2 yg sedang terlibat konflik dg LCS akan dijadikan Amerika sebagai bemper untuk mempertahankan kekuasannya di ASIA Pasifik, atau dg kata lain negara2 yg terlibat konflik di LCS disuruh berperang dg Cina, dg demikian Amerika dpt menghemat anggaran perangnya dan kedudukan Amerika di ASIA Pasifik bisa terjaga dan diakui

  20. indonesia harus extra hati hati dgn manuver cina dan usa tetap fokus menjaga perbatasan saja kalo senggol bacok!! media barat dijadiin kompor froxy. indonesia harus tenang. pake ilmu memancing di air keruh.atau ilmu caina herang laukna beunang.xexexex..

  21. Philipina punya pasukan elit yg tangguh, dng stamina perang yg tinggi. Terasah di Mindanau yg keras.

  22. China butuh perang karena milyaran manusia yg harus di hidupi, dengan Perang Milyaran itu akan berkurang dengan menanggung biaya resiko perang. tapi bila 10 % penduduk berkurang akan lebih menguntungkan.

  23. Hayo tiongkok,hajar amerikiyah…sudh saatnya amerikiyah dihancurkan,

  24. menang jadi arang kalah jadi abu,,, hayoo,,,

  25. Heran aq,kalian lupa,amerika merebut negara lain dengan perang.,banyak yg mati,bnyak yg hancur..cina hanya mrebut atol, kalian ribut,bahkan satu peluru pun belum diletuskan cina,sy bukan pndukung cina,sya merah merah putih..lucu membaca koment kalian,.

  26. Spratly dn S.S sudh deal dibalik layar saat arroyo berkuasa,,filipina jga tidak ada niat untuk mempertahankan kedaulatannya,.duterte saja merapat ke cina,,jgn bodoh lah mau diadu ditengah ring,belajarlah dri perang korea,,

 Leave a Reply