Mar 082017
 

Sebuah langkah yang menurut para analis akan mengobarkan ketegangan antara kekuatan regional di Laut China Timur (LCT) dan Laut China Selatan (LCS), Perdana Menteri China, Li Keqiang meminta kepada Kongres Rakyat Nasional (KRN) untuk membantu dan menambah jumlah personel yang bertugas di perairan menyusul klaim Beijing atas wilayah tersebut, menurut laporan media China.

Usai bermanuver di Laut Cina Selatan, kapal induk Liaoning Tiongkok dan armada tempurnya mendekati wilayah Taiwan, Rabu (11/1/2017). (Reuters)

Provokasi lebih lanjut dari pihak China seperti diharapkan, menurut nara sumber di Beijing kepada Hankuk Ilbo, media Korea Selatan. Sebuah sortie yang dilakukan Beijing baru-baru ini melintasi Laut China Selatan termasuk 13 jet tempur, pesawat pembom berat dan pesawat militer lainnya.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa sortie itu dilakukan armada asing terbesar yang pernah transit diwilayah tersebut hingga saat ini, mendorong beberapa pesawat militer Jepang melakukan scramblings.

Li mengusulkan penambahan unit militer di lokasi lepas pantai untuk mempertahankan klaim China atas kepulauan Spratly dan Paracel. Lokasi tersebut semakin diperkuat oleh militer China sehingga menimbulkan kekhawatiran dari Amerika Serikat, terutama Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, yang menegaskan bahwa pembangunan militer China di daerah tersebut merupakan tindakan ilegal.

Pusat Studi Strategis dan Internasional berpendapat bahwa Beijing telah melakukan pembangunan secara luas di Laut China Selatan, termasuk struktur yang dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan rudal. Media pemerintah China, Xinhua mengumumkan kebenaran atas kecurigaan tersebut.

Kegiatan ini mendorong penyebaran Armada Ketiga dari Angkatan Laut AS ke Laut China Selatan, ” untuk mengirimkan pesan“.

Menurut laporan UPI, Beijing juga menyatakan dukungan internal atas tindakan yang lebih keras di Laut China Timur, di mana China dan Jepang telah lama memperebutkan hak kepemilikan 2 (dua) pulau kecil yang dikenal sebagai Diaoyu oleh China, dan Senkaku oleh Jepang.

Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa Amerika Serikat memberikan dukungan 100 persen kepada Jepang, penegasan tersebut terkandung dalam Pasal 5 dari perjanjian keamanan AS-Jepang tahun 1951.

Pada tahun 2014, Presiden Barack Obama menyatakan bahwa upaya China untuk mengamankan pulau-pulau dengan kekuatan bersenjata akan bertemu dengan kekuatan penuh dari militer AS.

Tidak ada yang tinggal di pulau Senkakus sejak berakhirnya Perang Dunia II, namun setelah ditemukannya ladang minyak dan gas yang kaya disekitar perairan tersebut, China dan Taiwan langsung mengumumkan klaim regional atas wilayah tersebut.

Sputnik News

Artikel Terkait :

  39 Responses to “Perdana Menteri China: “Perluas Kehadiran Militer di LCS dan LCT””

  1. Ok….1

  2. ooohhh…ternyata.!

  3. Beugh… kalah cepat

  4. Pertamini pun okelah

  5. .
    GAGAL dha gue ,
    Misi gue gagal hahahahaaa “

  6. .
    Gagal total misi gue
    Hahhahhaa ”

    Tetap semangat aja lah 🙂

  7. Chinok ini bner2 ngebet ingin mengusai LCS dan LCT,ini nih yg namanya cari gara2

  8. Setelah ganti format, keknya pertamax tambah laris 😀

  9. Ketahuan sudah, cina incar minyak termasuk natuna. Jadi kata2 mbh BOWO kemarin ada buktinya agar selamat dr cina segera berbgi sda dg cina. Dan ternyata kita malah memilih kerjasama dg Mallaysia.

    • MENDING SAYA MEMBERONTAK PADA PUSAT KLO KITA BERBAGI SDA

      KITA SUDAH TERPEROSOK KE LUBANG JEBAKAN KORPORASI BARAT DI MASA LALU MASAK MAU TERPEROSOK LAGI JEBAKAN CHINA

      KAMBING PUN TAK AKAN JATUH KE LUBANG YG SAMA 2 KALI

  10. Negara kaya baru mulai rakus konsumsi bahan bakar sehingga mengklaim LST dan LCT yg kaya sumber mineral. AS berani apa cuma gertak, jgn2 hanya sandiwara saja!

  11. Sampai dimana pembangunan Pangkalan Militer Indonesia di Natuna ? Sudah ada pergerakan militer besar-besaran di utara, siapkan antisipasi segera atau jadi bulan bulanan jika diserang tiba-tiba

  12. berbagi sda dgn cina???lbh baik pertempur,inggris pemenang pd 2 bisa qta kalahkan.sda negara qta buat kemakmuran rakyat.sapa suruh si naga punya rakyat yg banyak.

  13. Jangan aja sortie ke natuna, klaim wilayah yg berbatasan dgn vietnam, malaysia, pinoy dan brunie aja, jgn smpe melebar ke natuna, bakal seru jika china bentrok dgn vietnam, negara pernah mengalahkan amerika tdk semudah itu akan ditaklukkan china, apaplagi sebagian besar armada tempur vietnam berasla dd russia otomatis lbh canggih, kuat dan modern….kita liat saja apakah china berani mengusik vietnam dan natuna?? Ane rasa ga brani!!,

  14. MBAH BOWO OH MBAH BOWO..
    WHERE ARE YOU?

    • Mbah bowo lagi buka warung di natuna. Mbah bowo lagi melakukan cara pertama untuk mencegah serangan dari utara yaitu dgn cara membagikan kopi gratis 😆

  15. Setelah kepulauan Spratly dan Paracel diklaim pasti akan melebar ke kepulauan Natuna..
    Negara Pengacau niii

  16. Nah kelihatan serakahnya si Cinok ini, asal main perluas aja, Gajah kalo di serang semut rame2 mati juga, ini kiasan buat Lu Cinok, Sekutu ASU tuh banyak, pangkalan nya dimana mana, udah siap???? Cin. Ngarep amat sama LCS & LCT :p

  17. Masuk Natuna lu Cinok???? Siap2 jadi kuburan masal lu disana, Indonesia dari dulu adalah Bangsa Ksatria, Lo jual Gw beli nah berani lu??? Presiden Jokowi kan sudah kasih Signal waktu ada masalah di Natuna sama si Cinok kemaren 🙂

  18. Woles jha bro..
    Sipit gak berani macam2, alna kita punya bnyak sipit2 jg disini..,nahh klo sipit utara macam2..
    Pake negosiator sipit juga ngelawan nya..
    Klo gak mempan kita ajak sipit indo ngelawan lgsng sipit original??
    SETUJU..???

    • sayang cuma angan

      china sendiri selalu merekrut imigran2 etnis sendiri utk di jadikan mata2 dan propagandis
      di negara amrik dan eropa

      proses hukum oleh fbi dan pengadilan pun terkebiri lantaran teriakan rasis media2 dan lsm2

      namun tidak bisa dipukul rata semua etnis china lantaran banyak etnis china yg lain membenci partai komunis di daratan utama terutama sisa kaum2 republik nasionalis kuo mintang yg tersingkirkan dari daratan utama kalah dari komunis china di tahun 1949

    • yup,, kelahiran Indonesia adalah pribumi..
      kecintaan terhadap tanah air wajib kita tingkatkan..

  19. akankah pemeritah kita mengambil sikap atas agresi cina di LCT penumpukan pasukan dan peralatan tempur modern PLA di LCT dan LCS jika dilihat natuna dan lautan sekitar adalah incaran emas buat cina jalur sutera dan kekayaan alam, konon jika terjadi peperangan antara cina dan sekutu maka basis TNI dinatuna adalah yang utama akan direbut cina untuk menyerang basis US di merlborn.

    pastinya ini menarik perhatian pemerintah RI untuk bersiaga jika terjadi kemungkinan terburuk deathlok atau jangan-jangan secara hukum marginal sengaja dilemah sebatas papan catur politik yang samar-samar melihat kedekatan RI dan China.

  20. Sudah terlambat, pembangunan pangkalan militer oleh cina di lcs, sudah berlangsung dan semakin kuat, sedangkan negara2 yang bersengketa di wilayah lcs cuman jadi penonton yang baik, hanya gertak sambal tanpa ada tindakan apapun termasuk ASU..

  21. Sekalian dah pada bikin gaduh disekitar perairan natuna, ……… agar para petinggi RI pd bangun , sehingga SU-35 Indonesia cepat didatangkan, bawa teman SU -34 dan S-300/400 !!!

  22. RRT cuma show of force saja. Mereka sedang provokasi di LCT & LCS kalo perang beneran gak berani. Coba aja mulai perang, apa mau mereka diembargo macam Korut.

  23. Tenang saja bro, memang negara coli yang satu ini sedang mengejang dalam fantasinya, nanti juga rileks sendiri…. muehehehe…

  24. Jangaan bosan bosan…sebisa mungkin Boikot produk2 chinaaaa… jangan beli di toko2 chi** nah kalo cuma ngutuk sumpah serapah tapi masih hobi beli hp china ya nyemplung aja ke sumur…

  25. Saya cm berandai andai. Jika, di natuna di pasangin vls SAM jarak jauh dan menengah. Trus di backup ma pertahanan titik macam oerlikon skyshield. Plus di tambah dgn rudal Bastion atau yakhont sbg antidot anti permukaan dan meriam pantai. Serta di lengkapi dgn stasiun radar, landas pacu pespur atau UAV dan barak2 marinir plus dermaga buat KRI bisa gak yah.???

  26. Saya cm berandai aja. Gmn kalau natuna di pasangin VLS SAM jarak jauh dan menengah serta dukungan pertahanan titik semisal Oerlikon Skyshield. Stasiun Radar, landasan pacu jet atau minimal UAV, pangkalan aju buat KRI, plus barak marinir. Di tambah Bastion atau Yakhont atau malah Kalibr serta meriam pertahanan pantai. Lebih mantap lagi kalau Bonefishnya Lundin jadi. Itu bisa terealisasikan gak yah???

  27. kita kembangkan…
    Pada kemungkinan perang besar,, front pertempuran china terlalu lebar…
    dan terlalu dekat dengan halaman rumah.. ditimur jepang,… tenggara korea,… selatan asean, aus,…. barat daya, India.
    belum lagi NATO dan US dengan “satelit markas militernya” ….

    mengerucut dengan membahas bangsa kita,,,,
    Indonesia memegang posisi yang sangat penting bagi banyak negara besar,
    termasuk AS, China, dan Rusia. Wilayah kita ibarat pusat gravitasi keamanan maritim.
    Itulah sebabnya banyak negara yang ingin meningkatkan kerjasama yang lebih baik dengan Indonesia.
    saya kira China akan memilih lawannya dan memastikan negara2 yg sulit dilawan tidak ikut campur, contohnya India dan Indonesia.. dengan diplomasi dan perjanjian perdamaian.. mereka akan fokus satu persatu,,
    Lalu apa yg harus dilakukan Indonesia sebagai antisipasi,,,?
    meyakinkan persatuan tetap utuh….
    perkuat integrasi dan komunikasi militer…
    penajaman kekuatan kapal selam dan rudal pertahanan…
    merapatkan formasi kekuatan di selat malaka, natuna, dan perbatasan kalimantan…
    silakan dikembangkan jika saudara setuju!!!! xixixixi

  28. China tdk akan sembrono utk memulai perang dg negara manapun di LCS, krn malah akan mempersatukan Dunia/Intl melawannya. Klaim China atas LCS tdk diakui Hukum Intl/PBB. Posisi RI harus nya mengikuti aturan Hukum tsb, bukan mengikuti kemauan China utk netral. Sebab laut ZEE Natuna pun diklaim sbg wilayah mereka berdasar Peta Abal2 yg mrk buat (9 Dashed Line Map).

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)