Aug 102016
 

MOSKOW – China telah berinvestasi dalam kemampuan pertahanan untuk menanggapi meningkatnya ketidakstabilan di Asia Timur, Alexei Maslow dari Sekolah Tinggi Ekonomi yang berbasis di Moskow mengatakan pada Sputnik, mengomentari kegiatan terbaru Beijing di Laut China Selatan dan China Timur Laut.

Penjaga Pantai China Patroli Dekat Kepulauan Sengketa di Laut China Timur

Penjaga Pantai China Patroli Dekat Kepulauan Sengketa di Laut China Timur

Pekan lalu, China kapal Coast Guard dan perahu nelayan berlayar dekat kepulauan yang disengketakan di Laut China Timur, yang dikenal sebagai Senkaku (Jepang) dan Diaoyu (China), membuat Tokyo tidak senang. Beijing juga diketahui mengerahkan beberapa pembom H-6K dan jet tempur Su-30 dalam misi patroli ke Kepulauan Spratly dan Scarborough Shoal, daerah yang disengketakan di Laut China Selatan.

Selain itu, Menteri Pertahanan China Chang Wanquan baru-baru ini mengatakan bahwa negara harus mempersiapkan rakyatnya untuk “perang di laut” demi mempertahankan keamanan nasional dan integritas wilayah dari ancaman maritim.

Namun, menurut Maslow bahwa Beijing tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara tetangganya terlepas dari apa yang mereka klaim. “Saya tidak berpikir bahwa China akan melakukan hal itu (menyerang negara lain). Beijing tidak pernah melakukan hal seperti itu dalam militer dan sejarah politik”, kata analis.

“Benar, China telah meningkatkan anggaran militernya. Angkatan bersenjata negara itu memiliki total lebih dari 5 juta orang, termasuk cadangan. Tapi Anda harus memahami bahwa China berkaitan dengan destabilisasi yang terjadi di Asia Timur,” jelasnya.

Chang Wanquan: “Perlunya Kesiapan Perang Di Laut”

Maslov menyebutkan bahwa hubungan dengan Jepang, Vietnam dan tetangga China lainnya telah menjadi lebih rumit dalam lima tahun terakhir. Korea Utara juga telah menjadi sumber keprihatinan utama bagi Beijing dan negara-negara lainnya.

Analis lebih lanjut mengatakan bahwa Beijing telah meningkatkan kemampuan militernya untuk meningkatkan status globalnya. “Militer adalah penting bagi China sebagai simbol dari kekuatan besar”, katanya.

Dalam konteks ini, analis menambahkan, investasi China di bidang pertahanan harus dilihat dari segi hubungannya dengan Amerika Serikat.

“Jika Amerika Serikat memutuskan untuk campur tangan (dalam kebuntuan lokal), maka konflik regional akan meletus. Ini adalah skenario yang sangat buruk. Jika disisi lain Amerika Serikat tidak mengerahkan armada dan hanya mengancam Beijing dengan sanksi, maka hal itu akan menjadi konflik yang berkepanjangan tanpa komponen militer”, katanya lagi.

Sumber: Sputniknews

(Vegassus/JakartaGreater)

Artikel Terkait :

  36 Responses to “China Regangkan Otot Militer Respon Ketidakstabilan di Asia Timur”

  1. Pemanasan dulu,sebelum berperang…

    • Tentara PLA dan rakyat cina:

      *sangat rakus
      *tidak punya etika
      *tidak mengenal hukum internasional(bukti mencaplok semua lautan negara tetangga dan yg bikin saya MURKA mengenai klaim laut natuna)
      *lebih rendah dari bangsa BARBAR terbukti suka MAKAN JANIN/OROK

      ***musnahkan dari dunia yg sangat pantas untuk mereka.

  2. cino gemblung…………………..

  3. Cina keparat

  4. Nkri jgn kalah renggangkan juga otot. Siagakan 700.000 pasukan bela diri ,200.000 pasukan sukarela untuk jaga jaga dinatuna

    • kerahkan FPI dulu, mereka sangar sangar lho di jakarta.. apalagi kalau bawa parang, tombak dan samurai

      • fpi mah cuman jago kandang, bs nya bikin rusuh di dm neg. mana berani mrk lawan org luar sono.

        • Yang buat rusuh tuh ciapa, makanya belajar dulu sana. FPI tuh sipil bukan militer tetapi saya yakin FPI akan senang bila dipanggil oleh negara untuk berjihad dengan negara lain bukannya sebangsa entong yang bisanya cuma kabur ke luar negeri bila ada kerusuhan. Bagus pula bila diterapkan wajib militer, dan saya yakin yang menentang wajib militer adalah sebangsa entong juga.

          • Emang klo ada kerusuhan lari ke luar negeri salah ya? Ya gak lah. Emang klo pengungsi suriah lari ke luar negeri krn di dalam negerinya rusuh salah ya? Ya gak lah. Ingat hukum perang adalah ada 2 negara yg menyatakan perang dan ada pasukan yg memakai seragam shg dpt dibedakan antara pasukan mana sipil. Jd di suriah adalah bukan perang, shg pemerintah berdaulat anggap al nusra dan isis adalah perusuh. Selama negara tdk bs menjamin keamanan kita dan kita tdk bs membela diri sendiri, maka lari adalah tidak salah. Lagian ingat, emang apa yg dilakukan perusuh (misal: th 98 atau yg sering dilakukan FPI) di Indonesia emang benar di mata hukum dan agama?

  5. Cina setaan,,

  6. si cino gembel

  7. memang beda jauh y komen2 disini dengan situs2 sebelah, disini komen kebanyakan caci dan Memaki. tp y nikmatin ajalah

    • boss….di sebelah itu ..adalah pengamat 2 culun..yang hanya bisa…siap pak,.siap dan,86 ,…stroongg…,dll
      tetapi kalau disini adalah CALON 2 PEMIMPIN BANGSA YANG CERDAS.. dan sudah kebal terhadap caci maki………ho ho ho

      • @devi

        Hhahaahaha…ente nyindir siapa dev?

      • anda kerasa tidak, ada penyeragaman di sebelah.
        “dahan yg menjulang di sabit dan paku yang menonjol di palu”, padahal negri kita berasaskan pancasila, dan melarang komunisme.

        cek artikel tentang lemhanas yg terbaru, ketemu yang bikin miris tdk?
        silakan analisa ttg pemahaman lemhanas terhadap agama/ keyakinan nusantara. Dgn gamblang agama samawi mereka pahami, tp ironis total ketika memahami, meyakini, dan mengajarkan pemahaman bahwa: agama nenek moyang nusantara adalah penyembah animisme & dinamisme apalagi menyamakan agama nusantara lama sbg hindu & buda yg dikenal saat ini. Bukan, bukan seperti itu dan jauh dari pada itu.

        Juga dikatakan, bila agama samawi berasal dari tuhan lewat utusanya yg tidak berubah2 tafsirnya hingga artinya benar dan valid. Ironisnya, keyakinan leluhur nusantara dikatakan bersumber dari orang per orang dan bukan tuhan. Disinilah mis terbesarnya, utk sekelas lemhanas menjaga nusantara tp kakinya ngawang tidak berpijak ke bumi.
        (Bukankah leluhur nusantara selalu dan selalu berangkulan siang malam dengan penciptanya, hingga sering kita mendengar istilah opo ciptaku, ucapku, dadi saking kersaning Allah. Akibatnya, leluhur nusantara bila berbicara sangat hati2 krn yang diucapkan pun atas sekehendakNya).

        Bagus, mengupas kursus2 lemhanas ke publik nkri utk meningkatkan patriotisme. Tapi jauh di ujung pengolah sistem nya harus bijak khas nusantara jgn ada doktrin orba dari usa tentunya, contoh: ketika mengupas perang romawi vs sukupedalaman jerman, diceritakan bahwa rusia akan terkejut seperti tersambar petir disiang hari bila ayah putin adlh pendukung nazi jerman. Disini, ya.. tepat disini. Ini pertanda, arah nya dari amerika. Hittler dan Nazi adalah contoh terbaik dalam nasionalisme, tentu bila saja seluruh dunia boleh mengupas dan mempelajarinya dgn seksama. sejak mengapa hittler dan jerman saat itu, bagaimana bangkitnya, dan siapa yg paling dirugikan oleh mereka. Hingga butuh gabungan kekuatan kapitalis dan komunis sekedar untuk menundukkanya, dan mengapa hingga kini buku2nya dilarang?
        padahal lemhanas loh, kok masih bisa pakai kacamata amerika untuk menegakkan nasionalisme dan patriotisme nusantara. Bukannya menggali seluruh potensi2 persatuan dan kekuatan nusantara yang agung, malah memakai model kapitalis. Ingat, NKRI berdiri bangsanya dahulu baru negaranya loh, sebagai lembaga negara, lemhanas wajib menggunakan dan mengoptimalkan kemampuan bangsa2 penyusun NKRI ini utk melindungi NKRI. Jangan dikebiri dengan pandangan dan polapikir asing sebagaimana saya sebut diatas.

        salam kura kura, Nusantara milik kita.

        • anggaplah saat ini lemhanas memiliki pola pikir yang “salah”, karena mereka terdiri dari orang-orang “tua” dengan pola pikir yang sesuai dengan masa/era dan kodisi politik dimana mereka dibentuk, saatnya kita sebagai generasi muda bersama-sama berfikir dengan sudut pandang berbeda, bukan menyalahkan mereka tetapi membuka mata batin dan pola pikir mereka, agar bersama kita wujudkan nusantara jaya…

          mencela dan menyalahkan tanpa memberikan solusi dan contoh nyata atas pola pikir kita, hal itu sama aja dengan omong kosong

          salam,
          NKRI harga mati

          • adanya formil2 seperti ini adalah sangat bagus, bagi publik patriotik dan militer utk saling bertukar wawasan. Setidaknya bagi segelintir yang peduli.
            Bila publik NKRI harus membukakan mata batin dan pola pikir mereka, tolong beritahu lewat saluran apa?
            bukankah kritikan diatas sekaligus adalah kebalikanya dari yang harus dilakukan. Sasaran kritik, tentunya lebih cepat bisa paham bila mengikuti nurani.

          • salam kura kura, Nusantara milik kita.

        • Wah anda harus baca 2x atau lebih, karena anda berusaha mencapurkan topik, antara artikel, berita, informasi militer, analysis seseorang dan ketahanan budaya. Mana yg pendapat, fakta, analisis, sejarah, berita, atau ungkapan. Mohon dibedakan agak tidak jadi rancu, salah persepsi, dan salah tafsir.
          Mohon direview kembali

    • Disini kita bebas berekspresi keluarkan semua yang ada dalam benak kita… hikhikikhik…

    • anda kerasa tidak, ada penyeragaman di sebelah.
      “dahan yg menjulang di sabit dan paku yang menonjol di palu”, padahal negri kita berasaskan pancasila, dan melarang komunisme.

      cek artikel tentang lemhanas yg terbaru, ketemu yang bikin miris tdk?
      silakan analisa ttg pemahaman lemhanas terhadap agama/ keyakinan nusantara. Dgn gamblang agama samawi mereka pahami, tp ironis total ketika memahami, meyakini, dan mengajarkan pemahaman bahwa: agama nenek moyang nusantara adalah penyembah animisme & dinamisme apalagi menyamakan agama nusantara lama sbg hindu & buda yg dikenal saat ini. Bukan, bukan seperti itu dan jauh dari pada itu.

      Juga dikatakan, bila agama samawi berasal dari tuhan lewat utusanya yg tidak berubah2 tafsirnya hingga artinya benar dan valid. Ironisnya, keyakinan leluhur nusantara dikatakan bersumber dari orang per orang dan bukan tuhan. Disinilah mis terbesarnya, utk sekelas lemhanas menjaga nusantara tp kakinya ngawang tidak berpijak ke bumi.
      (Bukankah leluhur nusantara selalu dan selalu berangkulan siang malam dengan penciptanya, hingga sering kita mendengar istilah opo ciptaku, ucapku, dadi saking kersaning Allah. Akibatnya, leluhur nusantara bila berbicara sangat hati2 krn yang diucapkan pun atas sekehendakNya).

      Bagus, mengupas kursus2 lemhanas ke publik nkri utk meningkatkan patriotisme. Tapi jauh di ujung pengolah sistem nya harus bijak khas nusantara jgn ada doktrin orba dari usa tentunya, contoh: ketika mengupas perang romawi vs sukupedalaman jerman, diceritakan bahwa rusia akan terkejut seperti tersambar petir disiang hari bila ayah putin adlh pendukung nazi jerman. Disini, ya.. tepat disini. Ini pertanda, arah nya dari amerika. Hittler dan Nazi adalah contoh terbaik dalam nasionalisme, tentu bila saja seluruh dunia boleh mengupas dan mempelajarinya dgn seksama. sejak mengapa hittler dan jerman saat itu, bagaimana bangkitnya, dan siapa yg paling dirugikan oleh mereka. Hingga butuh gabungan kekuatan kapitalis dan komunis sekedar untuk menundukkanya, dan mengapa hingga kini buku2nya dilarang?
      padahal lemhanas loh, kok masih bisa pakai kacamata amerika untuk menegakkan nasionalisme dan patriotisme nusantara. Bukannya menggali seluruh potensi2 persatuan dan kekuatan nusantara yang agung, malah memakai model kapitalis. Ingat, NKRI berdiri bangsanya dahulu baru negaranya loh, sebagai lembaga negara, lemhanas wajib menggunakan dan mengoptimalkan kemampuan bangsa2 penyusun NKRI ini utk melindungi NKRI. Jangan dikebiri dengan pandangan dan polapikir asing sebagaimana saya sebut diatas.
      salam kura kura, Nusantara milik kita.

      • Anda penafsirannya belepotan, dan mencapur adukkan topik biar kelihatan rancu. Dan dicampur juga dengan bumbu anda sendiri. Sehingga mengarahkan pembaca terbias dari tafsir yg sebenarnya.
        Fitnah nggak baik loh.

  8. Erdogan-Putin Bertemu, Turki Langsung Tantang Amerika dan Eropa

  9. kerahkan mbh.bowo bwat tameng dr serangan rudal cino

  10. Gunung kaleee meletus,,,,kapan… …????.. mau perang lama bgt, kebanyakan protas protes, ujung2nya damai jg…as lama2 keder jg ni, ngapain kirim2 kapal induk ke lcs, toh akhirnya china bebas bangun hanggar di spratly…

  11. laut natuna pasti hilang…..lihat aja

  12. Jika dilihat sejarah kemerdekaan indonesia momen 45 dilanjut momen perang irian barat, gayang malasytt..indonesia begitu gagah dan sangat idealis…berangsur angsur dilupakan dan akhirnya momen momen selanjutnya di adem ayemkan…begitu saja…
    Dapat dilihat pola bahwa ketika bangsa indonesia punya musuh..dengan ancaman perang konvensional, bangsa ini bisa berubah menjadi sangat agresif…beda jika indonesia diserang dg perang asimetris..adem ayem saja..

    Menantang perang indonesia secara terbuka sama juga membangunkan raksasa yg tertidur panjang…maka dari itu asu dkk tidak melakukan hal itu tapi dengan cara cara halus..namun sejatinya tetep saja menjajah..

    Ayo malon, china tantang perang aja indonesia secara terbuka..biar kalian membangunkan raksasa tidur..
    Bangun bangun..jangan tidur aja..taboookkk taboookk…

  13. Erdogan-Putin Bertemu, Turki Langsung Tantang Amerika dan Eropa
    .

  14. Jelas China sudah bersiap diri untuk peperangan skala penuh, dan itulah mengapa warjager berteriak teriak untuk memperkuat pertahanan laut dan udara Indonesia segera ….

  15. Alur nya udah kelihatan bung, laut cina pasti akan menjadi Battle field pada saat perang nanti …
    Filipina adalah negara pertama yg akan diincar oleh cina, karna dibelakangnya ada ASU dkk …
    Tapi menaklukan filipina pun bukan hal yg gampang, ketika cina tengah fokus pada filipina, jepang, malaysia, india, korea selatan maupun vietnam pasti akan memperkuat pertahanan atau paling parah menyatakan perang pada cina …
    Jika cina sendirian dalam perang ini, mereka pasti kewalahan atau mungkin kalah (30% untuk cina) …
    Indonesia selama belum diusik maka tidak akan ada masalah, tapi pasti akan ditekan untuk menjadi juru damai dalam konflik itu …
    Jika Rusia bergabung dengan cina maka persentase kemenangan cina akan naik (50%), dan setelah itu kita tidak akan bisa memprediksi front mana yg bakal menang …

    Itu menurut ane, maaf kalau ada yg berbeda persepsi …
    NKRI HARGA MATI !!!

    • Iya rada serem klo terjadi. Rusia tampaknya mencari sekutu setelah hilangnya uni soviet. Mereka sepertinya senang melihat adanya cina yg bisa jd sekutu walau dulu komunis mereka beda aliran. Selain itu di tanah arab mereka pasti tidak mau kehilangan suriah yg akan berimbas juga pada Iran. Rusia tdk mau kehilangan pasokan gas. Jd inget perang korea dan vietnam akibat mempertahankan ideologi komunis/liberal. Ibaratnya klo terjadi bs jilid dua. Mungkin tidak akan terjadi rusia vs usa, tp bisa cina vs negara2 asean yg akan rusia dan usa di balik layar. Tp mudah2an itu skenario terakhir dan tdk akan diambil oleh cina. Walau saya tetap yakin NKRI harga mati dimana siapa hendak serang lawan sampai titik darah terakhir.

  16. Selama pemikiran ada rasa rasisme,kemunafikan dan kedengkian yang dalam mustahil suatu negara akan maju!! Bercermin lah pada suatu fakta kongkrit tantangan kedepan apa yang lagi menghadang!! Ingat ini jaman millenium pemikiran bukan di dengkul tapi di dalam kepala..suatu bangsa yang maju adalah bangsa yg bisa menyatukan semua perbedaan…bukan yang cuma bisa menghujat dan mencaci maki!!MIRIS….ibarat katak dalam tempurung hanya bisa liat dekat tapi ga bisa lihat jauh kedapan..SEKALI LAGI MIRISSSSS!!!. Cukup sekali jadi pecundang tapi jgn ulangi lgi nanti di lihat seperti katak OON..??? rasis dengki GO TO HELL..hidup nkri bhineka tunggal ika semboyan kita MERDEKA!!!!

  17. Selama pemikiran ada rasa rasisme,kemunafikan dan kedengkian yang dalam mustahil suatu negara akan maju!! Bercermin lah pada suatu fakta kongkrit tantangan kedepan apa yang lagi menghadang!! Ingat ini jaman millenium pemikiran bukan di dengkul tapi di dalam kepala..suatu bangsa yang maju adalah bangsa yg bisa menyatukan semua perbedaan…bukan yang cuma bisa menghujat dan mencaci maki!!MIRIS….ibarat katak dalam tempurung hanya bisa liat dekat tapi ga bisa lihat jauh kedapan..SEKALI LAGI MIRISSSSS!!!. Cukup sekali jadi pecundang tapi jgn ulangi lgi nanti di lihat seperti katak OON..??? rasis dengki GO TO HELL..hidup nkri bhineka tunggal ika semboyan kita MERDEKA!!!!

  18. Selama pemikiran ada rasa rasisme,kemunafikan dan kedengkian yang dalam mustahil suatu negara akan maju!! Bercermin lah pada suatu fakta kongkrit tantangan kedepan apa yang lagi menghadang!! Ingat ini jaman millenium pemikiran bukan di dengkul tapi di dalam kepala..suatu bangsa yang maju adalah bangsa yg bisa menyatukan semua perbedaan…bukan yang cuma bisa menghujat dan mencaci maki!!MIRIS….ibarat katak dalam tempurung hanya bisa liat dekat tapi ga bisa lihat jauh kedapan..SEKALI LAGI MIRISSSSS!!!. Cukup sekali jadi pecundang tapi jgn ulangi lgi nanti di lihat seperti katak OON..??? rasis dengki GO TO HELL..hidup nkri bhineka tunggal ika semboyan kita MERDEKA!!!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)