Feb 032017
 

SHANXI – China telah melakukan uji peluncuran DF-5C, sebuah ICBM (Intercontinental Ballistic Missile) tiga tahap buatan Cina. Uji terbang rudal DF-5C dilakukan awal bulan ini menggunakan 10 kendaraan dilengkapi hulu ledak mandiri atau MIRV.

Rudal Dongfeng-5C secara fisik memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan Dongfeng-5B. Dalam pengujian itu, rudal membawa 10 hulu ledak kosong, diluncurkan dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Taiyuan di provinsi Shanxi, dan terbang menuju gurun di China barat, kata laporan itu.

Rudal DF-5C merupakan versi terbaru dari keluarga ICBM DF-5, sebuah rudal balistik antarbenua yang pertama masuk ke layanan militer China di awal tahun 1980-an.

Rudal ICBM DF-5 pertama kali diuji pada bulan September 1971, dengan jangkauan 10.000 hingga 12.000 km yang memungkinkan digunakan untuk menyerang bagian barat Amerika Serikat. Sejak tahun 1983 China meresmikan peningkatan DF-5A, dengan peningkatan jangkauan lebih dari 13.000 km dan sistem panduan yang lebih akurat.

Versi perbaikan dari rudal ini bernama DF-5B, dipertunjukkan ke publik selama parade di Beijing untuk merayakan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II pada tanggal 3 September 2015. Ukuran fisik dari DF-5B identik dengan DF-5A (CSS-4 Mod 2) tetapi telah ditingkatkan kemampuannya untuk membawa hulu ledak MIRV (Multiple Independent Re-entryVehicle).

Secara total, China diperkirakan memiliki sekitar 260 hulu ledak nuklir, dimana jumlah pasti hulu ledak yang aktif dan kapan disebarkan masih belum diketahui. Namun, pada 2013, Intelijen Amerika Serikat memperkirakan bahwa China telah mengaktifkan arsenal ICBM berkisar antara 50 rudal berbasis darat dan 75 rudal berbasis laut.

Pada bulan Desember 2015, China meresmikan tiga kekuatan militer baru yaitu Komando Umum Angkatan Bersenjata, Pasukan Pendukung Strategis PLA, dan Pasukan Rocket PLA.

Penciptaan Pasukan Rocket merupakan bagian dari langkah besar dari restrukturisasi militer China dengan streamline komando bawah kendali langsung dari Komisi Militer Pusat. Kekuatan baru ini dianggap sebagai cabang keempat dalam militer China, sejajar dengan Angkatan Darat PLA, Angkatan Laut PLA, dan Angkatan Udara PLA.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  15 Responses to “China Telah Melakukan Uji Peluncuran Rudal Balistik DF-5C”

  1. Kalo sdh menguasai ilmu rudal dan pembuatannya, sepertinya mudah banget menciptakan rudal2 jenis yg lain. Gak perlu bergantung dng produk luar.

    • caranya sudah pasti melalui INVESTASI, dlm hal ini cara tercepat adalah lewat ToT dan tentu saja harus berani keluar DANA untuk alih teknologi agar tak perlu RISET dari NOL yang pastinya akan memakan waktu yang panjang

  2. iya bung kaya blajar masak kalo dah bisa tinggal berkreasi,mau rudal berkuah atau rudal berdarah

  3. Itu rudal atau bis malem ya??. Segede gaban gitu ngluncurinnya pake apa…. Kan ga mungkin pake truk yg bawanya,,,,negeri sipit tambah sangar aja nie…kita mau lawan pake apa kira2?. Pake starstreak aja ahhh…. 🙂

    • itu hulu ledaknya doang om, sy aja serem liat foto diatas.
      ga kebayang jadinya kaya apa.

    • betul bung @edodol, serem banget… 1 rudal membawa 10 hulu ledak yang bisa menyerang 10 sasaran berbeda… pake nuklir lagi… waduh… gawat… 1 rudal bisa hancurin 10 ibukota propinsi dong…

      • Oh jadi bisa menyerang bnyk target juga ya, saya kira cuma Rudal Balistik Rusia yg punya kemampuan seperti tu 😀

        • “katanya” sih bisa…. kan sudah menggunakan teknologi MIRV juga tuh… klo mereka bisa pakai 1×10 (ICBM) nah kita baru pakai 8×1 alias masih pake MLRS, 8 roket buat ancurin 1 area hahaha 😀

      • Wah Kalo bisa bisa serang 10 sasaran berbeda termasuk canggih ini…Soalnya setahu saya..Hanya akan berpendar seperti amunisi oerlikon yang akan berbentuk jaring..Atau hujan peluru..

  4. Klupun Indonesia bs buat ICBM apa gak kena sangsi PBB, apalagi USA and the gang! China bs mengembangkan berbagai Varian Rudal karena di punya hak veto di PBB. Sebaiknya Indonesia lebih bekerjasama pengembangan dan produksi rudal dengan Rusia atau Ukraina agar terjadi percepatan penyerapan Teknologi.

    • siapa itu PBB?? yakin sbg organisasi pejuang HAM dan perdamaian dunia?? pertanyaannya dibalik , apakah negara pemilik senjata pemusnah massal/nuklir dan terbukti penggunaannya diberi sanksi tegas oleh PBB? otak yg dicuci dg media barat perlu direkonstruksi dan diinstal ulang dg pemikiran yg logis dan tdk membodohi akal sehat kita.

      • PBB itu bagaikan Handgun, Bisa dipake untuk melindungi diri dari org jahat, tapi juga bisa dipake untuk merampok, membunuh dan mengancam org 😀 wkwkwk
        Jadi PBB itu ya ada baiknya dan juga ada buruknya

    • Klu itu membuat kita semakin mandiri di bidang alutsista kenapa hrus takut sanksi PBB…
      Kita bisa keluar dari PBB dan buat organisasi baru yang setara dengan PBB…
      Seperti jaman pak soekarno

  5. rudal balistik nasional buatan NKRI mana?? rakyat was was karena 70 tahun merdeka belum punya r.balistik. lihatlah india, china , pakistan, dll kita negara besar setara dg mereka. soal pertahanan jangan lihat malaysia, timtim, atau singpor.. kita ini anak singa keturunan sang raja hutan yg terlahir di kebun binatang tp jangan terlalu sering bermain dg anak domba. kalo diteruskan kita cuma akan mnjd dagelan sirkus yg bs dikontrol dg tongkat kecil milik raja sirkus. kebodohan kita akan ditonton dunia dg berbagai mcam ekspresinya.

  6. saking gedengnya DF-5 ,luncurinnya pake stasiun luar angkasa Taiyuan.. makjleb bgt

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)