Feb 092017
 

Pada hari Senin (6/2/2017), China menyerukan agar Amerika Serikat dan Jepang menangani isu anti-rudal dengan “hati-hati” karena kedua negara tersebut secara bersama-sama telah meluncurkan rudal pada hari Jumat (3/2/2017). Analis militer China mengatakan bahwa langkah itu akan mematahkan keseimbangan strategis global dan memicu perlombaan senjata. (China Military)

“China selalu percaya bahwa masalah anti-rudal akan berdampak pada stabilitas strategis global dan saling percaya di antara negara-negara besar, oleh karena itu harus didekati dengan hati-hati”, kata juru bicara kementerian luar negeri China Lu Kang dalam konferensi pers pada hari Senin.

Lu Kang menyerukan agar semua negara dapat secara “bersama-sama membangun lingkungan keamanan internasional yang damai dan stabil di mana semua orang menikmati kesetaraan, saling percaya dan kerjasama yang saling menguntungkan”. Dia juga menegaskan penolakan perusahaan China atas penyebaran sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) Amerika Serikat yang didukung oleh Korea Selatan.

“Sistem pencegat rudal SM-3 Blok IIA akan dikerahkan sebelum tahun 2020, untuk mencegah serangan rudal balistik yang mungkin dilakukan oleh Korea Utara”, menurut siaran pers NHK Jepang pada hari Senin.

Mayor Jenderal Yao Yunzhu, seorang peneliti senior di Akademi Ilmu Militer Tentara Pembebasan Rakyat, mengatakan kepada Global Times pada hari Selasa bahwa “penyebaran rudal tersebut adalah bagian dari sistem anti rudal Amerika Serikat di Asia Timur”.

Yao menambahkan bahwa uji coba rudal yang sukses tidak hanya menimbulkan ancaman bagi keamanan militer China akan tetapi juga memecah keseimbangan strategis global dikawasan, termasuk keseimbangan antara AS dan Rusia.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  2 Responses to “China Tingkatkan Kewaspadaan Pada Sistem Anti Rudal”

  1. Pertamaxxx

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)