Feb 222017
 

ALEPPO – Tidak ada bantuan militer yang akan dikirimkan ke Pasukan Pembebasan Suriah (FSA) oleh CIA “sampai semuanya terorganisir”, menurut sumber-sumber di Suriah kepada Reuters.

Para pejuang Tentara Pembebasan Suriah (FSA) didekat kota Bizaah, 30 km dari Aleppo pada 4 Februari 2017. (© Nazeer al-Khatib)

Secara khusus, komandan FSA mengatakan bahwa badan intelijen AS tersebut khawatir akibat terus meningkatnya serangan jihad di seluruh wilayah, termasuk eksekusi massal hingga 200 orang yang terjadi minggu lalu.

CIA sangat berhati-hati dalam menempatkan uang dan senjata ke tangan para pejuang yang dikhawatirkan bisa diberikan kepada teroris regional.

Pejabat yang akrab dengan program CIA mengatakan bahwa keputusan untuk membekukan bantuan tidak ada hubungannya dengan Presiden AS Donald Trump yang menggantikan Presiden Barack Obama, meskipun Trump telah menunjukkan sikap skeptis tentang dukungan AS kepada pemberontak di wilayah tersebut, dan mengatakan bahwa AS harus fokus pada upaya memerangi ISIS, bukan Assad.

FSA masih akan terus menerima bantuan, terutama dari negara-negara yang mendapat persenjataaan dari AS dan yang menentang pemerintahan Assad.

Saat ini bantuan AS ke FSA telah terputus, setidaknya untuk sementara, tapi Qatar, Arab Saudi dan Turki terus memasok senjata dan uang kepada kelompok-kelompok yang sejalan dengan FSA.

Pada 2015, Qatar menghabiskan lebih banyak uang pada persenjataan AS dibandingkan negara lain, sementara Arab Saudi berada di peringkat ketiga, di belakangnya ada Mesir, menurut US Congressional Research Service.

Para pejabat Turki tetap tenang melihat perkembangan ini, mengutip keengganan untuk mengungkapkan “rincian operasional”. Salah satu komandan FSA mengatakan bahwa kelompok tersebut tidak ingin para pendukungnya meninggalkan FSA sama sekali, tapi para donatur bermaksud untuk mengirim bantuan kepada satu kelompok saja, dan telah terbukti cukup sulit untuk dapat dicapai di Suriah.

Sputnik News

Artikel Terkait :

  5 Responses to “CIA Bekukan Bantuan Untuk Tentara Pembebasan Suriah”

  1. Dasar ular biadab, enyalah kalian Amerika dari tanah suriah…perbuatan kalian layak di laknat semua bangsa

  2. sempalan anggota2 isis

    HIDUP TRUMP…….HIDUP PUTIN

    dan CIA pun gatel ingin meng”kennedy”kan Trump

    ayo plintir terus beritanya…..mumpung yg nyetir media2 masih mabok sejak 3 bulan lalu

    GAS terosss

  3. CIA kehabisan duit, kehabisan pion, ISIS sudah melemah,,,,kombatan pada berkurang….lg mencari rekrutan baru

  4. hm

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)