Dec 292016
 

Disaat Rusia masih terseok-seok membangun kapal selam diesel elektrik Lada Class yang berteknologi air independent propulsion (AIP), China justru terus menggenjot produksi kapal selam konvensional dengan sistem AIP-nya.

China memulai lagi pembangunan kapal selam diesel elektrik Yuan class Type 039. Setelah terhenti selama tiga tahun sejak Desember 2013, tiga kapal selam dari Type 039 A /B Yuan class mulai kembali dibangun. Terlihat tiga kapal selam dari berbagai tingkatan tahap konstruksi tengah dirakit di galangan kapal Wuchang, Wuhan.

Jika dihitung secara keseluruhan, Angkatan Laut China akan memiliki total 16 kapal selam diesel elektrik Yuan class kombinasi dari Type 039A dan 039B.

Kapal selam Type 039 A/B Yuan class adalah salah satu kapal selam diesel elektrik tercanggih didunia. Dilengkapi dengan sistem propulsi air independent propulsion (AIP) buatan dalam negeri yang meski kalah dari segi kualitas dengan sistem AIP buatan Eropa, namun tetap membuatnya mampu menyelam lebih lama dan lebih silent dibandingkan kapal selam konvensional tanpa AIP.

Yuan class memiliki enam tabung peluncur diameter 533 mm yang selain mampu meluncurkan torpedo Yu-6 juga mampu menembakkan rudal jelajah anti kapal YJ-18B.

Pada awal sebelum akhirnya Indonesia memilih kapal selam Chang Bogo class dari Korea Selatan, kapal selam Yuan class pernah menjadi salah satu kapal selam yang diincar Angkatan Laut Indonesia, selain itu kapal selam Yuan class pernah terkenal karena berhasil membayangi dan mendekati kapal induk USS Ronald Reagan tanpa terdeteksi.

JakartaGreater

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

Artikel Terkait :

  18 Responses to “Cina Genjot Produksi Kapal selam Yuan Class”

  1. info:: saya ada lihat latihan kapal indu cina di cctv 9 …mungkin om diego perlu.lihat… jam tayang nya hari ini 28/12/16 …18:30 wib hari ini…tapi yang jelas siaranya di cctv dengan sdetv

  2. Top bgt. Ayo pt pal . Kebut kapal selem nya jugw

  3. Mbah Cakra 209 lebih ngeri, muncul tiba2 ditengah area latihan anti kasel NATO di Laut Tengah tanpa diketahui. Itu aja Mbah Cakra lagi sakit, apalagi kalo lagi sehat. Belum waktu maen cilukba sama kapal induk AS. Yang paling fenomenal ya Mbah Cakra/Mbah Nanggala dengan pedenya nongol terus dihadapan kapal induk AS di selatan P.Jawa. Kapal Selam kok berani-beraninya muncul sendiri didepan Kapal Induk AS kan luar biasa hebat.. padahal itu juga lagi sakit gak bisa nyelam. Nah ini ntar ada putu/cucunya Mbah Cakra, Dhek Bowo ehh maksudnya Dhek Chang Bogo pake AIP mau lahiran di Surabaya. Semoga nanti bisa sehat, kuat dan selalu berbakti kepada bangsa dan negara ya.. Aamiin.

  4. Kita bangun kasel Rupiah class sebagai saingan Yuan class.

  5. Bisa nyelam ngak nih? 😀

  6. nggk bisa bayangin pabila cina juga ngotot mengklaim natuna, bisa2 mmpercepat PD3
    untungnya cina msh waras n berpikir ulang utk itu cina mengakui natuna milik indonesia tapi perairan laut natuna msh tanda tanya.
    itu baru cina blm ngr2 fpda yg pernah berkonfrontasi dgn indonesia juga ameriki yg dgn alasan lcs menambah pasukannya di darwin yg dekat dg blok migas masela, pl crismas n cocos yg dekat dg jakarta
    maka dr itu ngr tercinta ini hrs secepatnya mmperkuat otot2 pertahanan 3matra dlm bertahan maupun penyerangan total klo perlu buat atau beli rudal nuklir dah nggk perlu menjaga kawasan, mereka dah punya pakta pertahann sendiri2, indonesia hrs kuat n hrs jaya dlm kemmpuan prajuritnya maupun alutsistanya n ekonomi akn mengikuti hanya dg itu ngr2 yg akan main2 dg ngr kita ini akan berpikir ulang .
    Wasallam

  7. aduh,,
    potensi ancaman.
    ayo dong 12 kasel Indonesia segeraaaa

  8. Saya kutip dari artikel di atas “Disaat Rusia masih terseok-seok membangun kapal selam diesel elektrik Lada Class yang berteknologi air independent propulsion (AIP), China justru terus menggenjot produksi kapal selam konvensional dengan sistem AIP-nya.”

    Kurang tepat kalau tulisan ini membandingkan usaha Cina untuk memproduksi Yuan Class untuk jumlah lebih banyak dengan keadaan terseok-seoknya Rusia membangun kasel Lada Class. Mengapa?

    1. Yuan Class dibuat oleh Cina berdasarkan babon dari kasel diesel elektrik andalan Rusia yakni Kilo Class. Dimana Rusia itulah yg membuat kasel Lada Class yang katanya terseok-seok.

    2. Pada kasel Kilo Class sekarang ini Rusia sudah menerapkan mekanisme AIP yang mumpuni.

    Namun begitu tulisan ini juga mengakui bahwa sistem AIP pada Yuan Class ternyata belum mantap. Saya kutip lagi, “Kapal selam Type 039 A/B Yuan class adalah salah satu kapal selam diesel elektrik tercanggih didunia. Dilengkapi dengan sistem propulsi air independent propulsion (AIP) buatan dalam negeri yang meski kalah dari segi kualitas dengan sistem AIP buatan Eropa, namun tetap membuatnya mampu menyelam lebih lama dan lebih silent dibandingkan kapal selam konvensional tanpa AIP.”

    Kalau boleh saya katakan bahwa isi artikel ini ada kontradiksi antara kualitas teknologi AIP pada kasel Rusia dengan AIP kasel Cina. Atau dengan kalimat lain ada kontradiksi antara pemegang hak cipta kasel Kilo Class dengan peniru Kilo Class (pembuat kasel Yuan Class). Mengapa tidak langsung saja membandingkan (AIP) kasel Kilo Class edisi terakhir dengan (AIP) Yuan Class dari edisi terakhir juga?

    Mohon maaf kalau uraian saya ini salah.

    Salam

    • @doharto

      Uraian anda saya putuskan…..BERSALAH…dog-dog-dog!!

      1. Sampe sekarang rusia belum berhasil menciptakan AIP yang mumpuni…itulah kenapa LADA masih mangkrak hingga sekarang.

      2. Sistim AIP cina, mereverse-engineering Stirling AIP buatan swedia krn sebelumnya mereka telah membeli beberapa unit sistim AIP ini.

      Jika ada keberatan dari pihak pembela, dipersilahkan untuk mengaajukaan banding…xixixixixi

  9. Kalau kita belajar AIP nya darimana..? Asal jng belajar denggan China aja ntar malah bikin AIB lagi..

  10. Indonesia harus segera meningkatkan kemampuan peperangan anti kasel yg mumpuni, yg melibatkan unsur2 kapal perang + helikopter, pesawat intai dan kasel itu sendiri. Agar kasel asing tidak berani seenaknya wara-wiri di wil. nkri.

  11. Ga da abis abis nya nih cina .. manfaatin betul otak manusia semilyar nyah… the power of kapepet demi titel negara adidaya

    • Bung nangka bukan the power of kepepet demi titel negara adidaya… Tapi tiongkok itu memang sudah masuk negara hi tech… Negaranya pun punya APBN yg besar, rakyat yg bnyak serta mau bekerja keras & mereka itu memang benar2 sudah mandiri… Berbanding terbalik dengan indo, jadi anda jangan pernah samakan tiongkok dengan indo…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)