Jan 072017
 

TEL AVIV – Citra satelit resolusi tinggi yang dirilis pada hari Kamis (05/01/2017) menegaskan bahwa rudal balistik berkemampuan nuklir Rusia ada di Suriah.

Citra yang ditangkap pada 28 Desember 2016 oleh satelit B Eros buatan Israel, gambar mata-mata berkualitas yang dipublikasikan pada 5 Januari 2017 di situs ImageSat International (ISI), anak perusahaan dari Israel Aerospace Industries (IAI), perusahaan milik negara yang membangun semua satelit mata-mata Israel.

Dalam salah satu bagian dari situs ISI yang disebut Insight, perusahaan menunjukkan gambar di atas pangkalan militer Rusia di Hmeymin yang terletak di Latakia, Suriah terlihat dua kendaraan peluncur Iskander, masing-masing mampu mengerahkan 2 buah rudal permukaan-ke-permukaan berdaya jangkau 500 km (NATO menyebutnya SS-26).

Citra lainnya membandingkan gambar yang ditangkap pada akhir November 2016, yang menunjukkan ada 6 “elemen rudal” berbeda di bawah jaring kamuflase, dengan gambar yang diambil pada 28 Desember 2016 dari lokasi terdekat, di mana kedua kendaraan tersebut diketahui berada. (Gambar dibawah)

“Kemungkinan besar, hujan lebat dan banjir memaksa penyebaran kembali dua elemen ke lokasi di mana mereka terungkap oleh analis ISI” menurut catatan lembaga tersenut dalam laporan Insight-nya.

Perusahaan mengklaim bahwa citra satelit tersebut adalah “bukti visual pertama tentang kehadiran sistem tersebut di Suriah” dan pengungkapan ini adalah yang pertama dari penyebaran sistem di tempat itu.

Namun, sementara bagian akhir dari klaim ISI menyatakan “mungkin”, ternyata memang benar berkaitan dengan citra yang memberikan bukti publik pertama dari lokasi penyebaran sistem. Adalah situs militer military-informant.com Rusia yang pertama mempublikasikan pada Maret 2016 sebuah video penempatan kendaraan peluncur Iskander kedua di pangkalan militer Hmeymim.

Sumber: Defense News

  22 Responses to “Citra Satelit Israel Menunjukkan Rudal Berkemampuan Nuklir di Suriah”

  1. Bussett dahh

  2. mantap ni RUSIA
    bikin musuh syria gemetar duluan

  3. Hari ini rombongan Kuznetsov carrier yg dikawal Peter the Great cruisser sudah bertolak pulang. Ladies & gentlemen thank you for choosing our program see u next time.

  4. Edaannn… Ngeri jga satelitnya.. Uda pke kamuflase tetep keliatan satelit

  5. ayo om putin taruh juga RS-28 Cakmat buat tolak bala perang dunia 3
    keder dah israel
    jgn lupa sistem perlindungan s 400 berlapisnya

  6. Mantaaap Russia….
    Ber’teman benar” ber’teman & benar” mem’bela…
    Mgkin faktor dr se’org Mas Putin….

    Beda berteman dgn amrik + sekutu”x slalu ada ambil untung sepihak….

  7. Sekalian rudal balistik Topol-M dan rudal jelajah Kalibr om putin. Jangkauan 500km mah kurang

  8. sengaja di pajang ama rusia,,,biar kliatan rusia ga main main membela suriah,,kalo israel/NATO/USA macam macam,,, tingal pencet,,,tombol iskander…

  9. semoga kita kelak mampu buat satelit seperti ini atau bahkan lebih…….

  10. mantau aja

  11. yeaaaahhhh Ortodoks onfire

  12. Yeah..

  13. Sangar

  14. baru lek iskandar lho ya …
    blm lek sarmat dan pakde Topol yg datang

  15. ma tap rusia strong

  16. ?????? The Balancer

  17. ?????? The Balancer

  18. mungkin dibawah jaring itu cuma balon ?

 Leave a Reply