Sep 172016
 

Hasil tangkapan citra satelit Pertahanan dan Antariksa Airbus pada 28 September 2015 dan pada 18 April 2016 menunjukkan konstruksi baru di situs Khan Research Laboratories (KRL) Pakistan di Kahuta yang konsisten seperti fasilitas pengayaan uranium.

Daerah dengan luas sekitar 1,2 ha dan terletak dalam wilayah aman dari KRL di bagian barat daya kompleks, yang terletak di timur laut Provinsi Punjab Pakistan. Berbentuk persegi panjang dan dengan ukuran sekitar 140 x 80 m, struktur baru dikelilingi oleh semak belukar dan pepohonan yang memberikan tambahan keamanan di darat.

 
pakistan-uranium-enrichment

Citra satelit Pertahanan dan Antariksa Airbus menunjukkan perkembangan pembangunan (kemungkinan) kompleks pengayaan uranium baru di dekat Kahuta. Sumber: CNES 2015.

 

Selain terletak dekat dengan KRL, fasilitas sentrifugal yang dikenal, bangunan baru memiliki kesamaan dengan struktur fasilitas sentrifugal yang dibangun oleh konsorsium pengayaan Urenco di Capenhurst (Inggris), Almelo (Belanda), dan Gronau (Jerman).

Mungkin lebih dari sebuah kebetulan dimana Abdul Qadeer Khan, dianggap oleh banyak orang sebagai pendiri program nuklir Pakistan, bekerja di Urenco sebelum mencuri desain sentrifugal dan kembali ke Pakistan untuk bekerja pada program sentrifugal negara.

Pakistan terus memperbaiki dan meningkatkan kemampuan nuklirnya, pejabat negara bersikeras bahwa upaya modernisasi tersebut adalah hasil produksi asli dan bahwa sejak pembongkaran jaringan penyelundupan nuklir Abdul Qadeer Khan di awal 2000-an, negara ini telah memiliki rekor non-proliferasi yang kuat.

Namun, penyelidikan yang lebih luas oleh Project Alpha, sebuah kelompok penelitian di King College London, menunjukkan bahwa Pakistan masih bergantung untuk memperoleh item berfungsi ganda melalui jalur depan jaringan perusahaan global dan agen rahasia di luar negeri setidaknya untuk beberapa item yang berfungsi ganda.

Sumber: IHS Jane

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Citra Satelit Menunjukkan Pakistan Bangun Fasilitas Pengayaan Uranium”

  1. Kyk denah sini..

  2. Gak sido komen wes. Meneng wae. Ora oleh Pertamax.

  3. nuklir, nuklir dan nuklir 😀

  4. Lagi musim panen nuklir ni…..

  5. Indonesia baru wacana ja dah d demo habis2n sm warganya. Padahal nuklir kn gak selalu urusan sm bom.

  6. Suka suka Pakistan lah, ………… memang negara lain pa urusan nya, usaha2 memojokan Pakistan justru akan datang dari negara2 yang mempunya pasilitas pengayaan uranium yg lebih besar dan lebih canggih, seperti ASu cs dan israel !!!

  7. Difoto, Ku kira citra satelit daerah tuban..ealahh ternyata zimbabwe, hampir sama sih petak petakan sawahnya..haha.

  8. @ceuk aink ge.sebetulnya begini lo mas, pakistan dan india itu sekutunya USA ,tdk terlihat klu di lihat dgn ilmu politik biasa, dulu tentara india selalu di bawah inggris kemana2 terlihat sekarang masyasrakat keturunan india ada di mana2 negara, milik inggris otomatis milik USA.
    pakistan adalah sekutu USA ketika perang dingin dahulu.
    sy percaya seandainya pakistan dan india tdk dpt ijin dr USA pasti dua negara ini sdh dpt sekatan ekonomi dr usa dan pbb. usa perlu ada nuklir di dua negara ini persediaan jangkah panjangnya untuk menghadapi rusia ,china dan korut.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)