Sep 222016
 

Kapal jelajah Armada Utara Angkatan Laut Rusia, Project 1164 (Slava-Class) Marsekal Ustinov dilengkapi rudal jelajah dipandu yang saat ini sedang diperbaiki dan dimodernisasi pada Galangan Kapal Zvyozdochka di Severodvinsk, Rusia utara akan mulai menjalani ujicoba laut pada akhir Oktober, kata Panglima Armada Utara, Laksamana Nikolai Yevmenov.

Yevmenov membuat pernyataan tersebut setelah melakukan pemeriksaan di kapal. “Cruiser ini diharapkan akan pergi ke laut untuk percobaan pada akhir Oktober, yang telah ditetapkan dalam laporan akhir”, kata humas galangan kapal. Menurut humas, ujicoba kapal di dermaga sudah hampir selesai.

“Cruiser Marsekal Ustinov diharapkan untuk meninggalkan Galangan Kapal Zvyozdochka sebelum akhir tahun 2016 untuk tiba di Pangkalan Utama sesuai dengan kontrak”, kata humas Galanga Kapal Zvyozdochka.

Menurut Galanga Kapal Zvyozdochka, cruiser mulai menjalani ujicoba dermaga pada bulan April 2016. Pada hari ini, telah lebih dari 50% program uji coba dermaga kapal telah terpenuhi tetapi pekerjaan itu masih dibelakang jadwal.

“Galangan kapal ini juga diharapkan untuk menyesuaikan sistem kontrol mesin utama, perbaikan pendingin mesin dan melaksanakan recommissioning pada sistem kontrol tenaga yang kompleks pada sistem kelistrikian kapal”, tambahnya.

“Penundaan dapat dijelaskan oleh fakta bahwa Galangan Kapal Zvyozdochka mengkhususkan diri dalam perbaikan dan upgrade kapal selam, ini adalah untuk pertama kalinya berurusan cruiser.

Juga ada beberapa subkontraktor menjadi tidak siap untuk pekerjaan baru ini”, tambahnya lagi.

Cruiser Marsekal Ustinov tiba di Shipyard Zvyozdochka pada Juni 2011 untuk menjalani perbaikan seperti yang direncanakan. Pada bulan November 2012, kapal tersebut dibawa ke tempat peluncuran.

Berbagai sistem diperbaiki dan lambung luar kapal cruiser beserta tangki dicat ulang. Pada bulan Juni 2013, kapal itu meluncur keluar untuk dilakukan upgrade lebih jauh sambil mengapung.

 

Foto terbaru dari Cruiser Marsekal Ustinov dalam tahap akhir reparasi dan modernisasi di Galangan Kapal Zvyozdochka, Severodvinsk di Rusia utara.

 

Menurut informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, cruiser Marsekal Ustinov saat ini sedang dilengkapi dengan sistem rudal canggih, mungkin Kalibr (SS-N-27 Sizzler) atau Oniks (SS-N-26 Strobile).

Upgrade persenjataan tersebut akan memberikan cruiser dengan radar akuisisi target 3D jarak jauh Podberyozovik dan radar akuisisi target peluncuran-laut Fregat-M2M.

Proyek 1164 adalah kapal penjelajah Atlant-Class alias Slava-Class yang dirancang untuk menangani kombatan permukaan musuh dan memberikan stabilitas tempur pasukan Rusia di sudut-sudut terpencil laut.

Kapal Jelajah kelas ini berbobot total 11.500 ton dengan panjang 186 m, Lebar 20,8 m, tinggi 42,5 m, memiliki kecepatan penuh 32 knot, daya jangkau 7.500 nm pada kecepatan 18 knot.

Dilengkapi meriam AK-130 kaliber 130 mm, 2 rudal anti kapal Osa-MA, 8 rudal anti pesawat S-300F, 16 peluncur rudal anti kapal, senjata anti pesawat AK-630M kaliber 30 mm, 2 peluncur torpedo 533 mm. 2 peluncur roket anti kapal selam RBU-6000.

Cruiser Slava-Class juga dapat membawa helikopter Kamov Ka-27 (Helix) atau turunannya.

Bagikan Artikel:

  33 Responses to “Cruiser Rusia, Marshal Ustinov Lakukan Ujicoba Laut Akhir Oktober”

  1. Pertimik… Batlle cruiser…

  2. Uangel… Komen

  3. punya kita ni

  4. jangan terkejut klo suatu saat cruiser ini berlayar disini hakhakhakhakhak.

  5. tanya dulu pada bung pkb atau bung ps, bakar kemenyan biar mereka berdua muncul.

  6. Gile bener, bawaanya banyak bgt, ga bakalan abis tuh utk perang seminggu di lautan..

  7. mantap ????????

  8. Bener om…sulit komen,email org masuk,model menu berita msh lbh bagus versi sebelumya. Gimana nih om diego…

  9. Mohon maaf bung Diego sedikit bertanya…
    Pada foto kedua, kapal sudah dalam kondisi dicat ataukah memang angkatan laut Rusia sedang mengganti armadanya dengan warna yang lebih terang? Karena saya perhatikan biasanya berwarna gelap seperti pada foto pertama.

    • Saya Rasa Dia Lagi Sadar, Karena Kita Memang Butuh Kapal Penjelajah Mengingat Luasnya Wilayah Lautan Kita, Nih Barang Memang Moncer Abis Deeeeh…Mue…he…he…he…

    • Lebih lanjut di :

      http://maritimnews.com/pembangunan-industri-pertahanan-dalam-bingkai-poros-maritim-masih-jauh-dari-sasaran/

      Laksda TNI Leonardi, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan menyatakan : Tahun 2024 Indonesia sudah punya 9 kapal selam, belasan fregat dan beberapa destroyer…

      Pak Laksda Leonardi juga sedang mabuk kecubung tuh ….

      Xixixixi

      Jika dihitung kapal selamnya :

      2 ks gaek cakra nanggala
      3 ks changbogo pesanan Pak Ndut
      4 ks lain dari Rusia (dana renstra 2015-2019 untuk kapal selam USD 1600 juta dari uang pinjaman luar negeri yang diumumkan Bappenas yang di foto koran itu).

      2 + 3 + 4 = 9 ks.

      Xixixixi

      Jadi kata siapa rezim Pak Kurus nggak pesan alutsista sangar ?

      Xixixixi

    • Waduh…bung TN komennya to the point…
      Kalau kerjasama Milgem Project dengan Turki bagaimana bung TN? Barangkali ada pencerahan…

  10. Nkri gak mngkin punya.. Sampe belut berbulu pun..

  11. radarnya ganas aja kayak kue lapis

  12. lawan tanding ticonderoga class mamarika

  13. awas pak Leonardi, entar ada yang bilang mabuk kecubung …

    nih MEGA KARTI perjelas :

    2 battle cruiser
    10 Destroyer
    13 Frigate
    18 Kapal Selam (atau 17 kapal selam)

    baru ngimpi mode on mantap … kikikikikih …

    • aduh nih kaselnya yang 9 bijih belum rekam ktp nih buruan ke disdukcapil terdekat batas akhir sampai 30 september 2016… cepat pak KASAL di rekam data kaselnya nanti ga diakui WNI lho… ato memang dibiarkan kewarganegaraan ganda ya … kaya siapa tuh… ane lupa nih namanya wkwkwkwk…

  14. opss … salah tulis bukan 13 tapi 19 Frigate (termasuk Ahmad Yani class yang direservasi)

  15. @GS

    jika buka kamus bahasa Inggris :

    RESERVATION = PESANAN TEMPAT
    RESERVE = CADANGAN
    RESERVIST = TENTARA CADANGAN

    maksudnya Ahmad Yani class tidak dipensiunkan melainkan disimpan sebagai cadangan …

    mohon maaf sebesar-besarnya kalau ada salah penggunaan kata … kikikikikih …

  16. Mantaap wajib diborong..

  17. Ngeri gendongan nya. Indonesia darurat kapal yg begini ni nih broh…

  18. Alhamdulilah lunas hitam……buat iklim tropis nih…..ahayyyy

  19. dah muncul blm ya?

  20. Goodlah kalo niat mau beli kapal penjelajah..

  21. setdahh kapal setan isinya rudal semua

  22. Paling enak mmg ngimpi basah…

  23. ada yg panggil saya????

  24. Mantap… Gahar

  25. wow ngeri dan mantap

  26. yang pada komen bahasanya “normal” semua sudah dipasang saringan kah?

 Leave a Reply