Aug 282016
 

Selama beberapa tahun terakhir, China tampaknya telah membangun sejumlah besar instalasi radar di kepulauan Laut China Selatan. Fasilitas ini, berpotensi digunakan untuk berbagai tujuan, karena secara drastis meningkatkan kesadaran real-time dan kemampuan intelijen China atas sebagian besar wilayah.

Lebih jauh lagi, instalasi radar tampak kurang mengancam, dibandingkan misalnya sistem rudal permukaan-ke-udara atau pangkalan udara, namun sebenarnya memberikan keunggulan yang signifikan atas kekuatan lain yang beroperasi di Laut China Selatan, menurut sebuah artikel yang diposting di situs blog asal Australia.

Jaringan radar ini berkembang pesat, ditambah dengan pertumbuhan jaringan satelit militer dan intelijen Beijing (banyak fasilitas radar tersebut juga sedang dilengkapi dengan uplinks satelit) akan memungkinkan China untuk lebih melacak aset militer asing di wilayah tersebut.

“Yang semua ini memungkinkan kemampuan arsenal rudal balistik China menjadi lebih canggih dan dapat diandalkan melumpuhkan target di cakrawala, memperluas ancaman yang lebih kredibel dari zona identifikasi A2/AD (Anti-Access/Area Denial) yang mencakup semua target bergerak – termasuk kapal induk”, seperti disebutkan artikel itu.

Selanjutnya, fasilitas ini juga memungkinkan China untuk melakukan jamming dan mengganggu radar serta sensor elektronik musuh.

AS, bagaimanapun bersemangat untuk menerima tantangan itu dan meningkatkan kemampuan perang elektronik di kawasan Laut China Selatan juga. Misalnya, pada bulan Juni Washington mengerahkan empat EA-18G Growler pesawat serang elektronik Angkatan Laut AS ke Filipina untuk “misi pelatihan bilateral” – jenis pesawat yang mampu melakukan jamming radar seperti yang digunakan oleh Beijing di Laut China Selatan.

“Spektrum elektronik, sebagian besar luput dari pandangan mata publik, menjadi daerah yang berkembang aksi/reaksi yang dinamis antara China dan Amerika Serikat di Laut China Selatan. Kontes ini, jika tumbuh dan terus berlanjut, hanya akan menambah ketegangan dan risiko eskalasi di Laut China Selatan”, menurut penulis.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  42 Responses to “AS dan China Siapkan Peperangan Elektronik Hadapi Kebuntuan di Laut China Selatan”

  1. 5

  2. Pertamini

  3. sippp…mulai jaming 2 an dan heck 2 an…

    indonesia harus siap dengan perang elektronik…

    • AS dan China Siapkan Peperangan Elektronik??? Mereka baru mempersiapkan?? Kita udah sering….

      Tuuh di glodok…..

  4. seruuu

  5. klo USA memulai mereka lebih efisien menggunakan bom EMP,, utk mematikan radar dan satelit china,, di lesatkan oleh pembom B-2 spirit.. klo selanjutnya china menggunakan nuklir via KS. atau DF nya… di balas nuklir pula.. tp klo menggunakan rudal balistik bnyk pertahanan THAAD di jepang dan korsel..di guam juga.. kemungkinan nya china mengerahkan KS nuklir nya utk membalas serangan.. just IMO

  6. Gak hanya mobil pesawat tempur pake Spion utk melihat lawan dibelakang hehehe

  7. nyimak -_- (SAMBIL NGOPI + MAKAN KACANG)

  8. bukan hanya sepion ritingnya juga ada hi…hi…hi…

  9. klaksonnya ada jg gak ya..?

  10. untuk serangan darat pasti usa akan memakai emp sebagai serangan pertama lalu setelah jaringan dan komunikasi lawan down maka mereka akan mengirim pesawat pembom mereka untuk menghancurkan instalasi china di lcs.
    tapi dalam situasi air combat usa akan memaksimalkan growler untuk menjamming radar pespur dan radar lawan dan mengeliminasi china di lcs.
    sedangkan china pasti akan memaksimalkan jangkauan a2/ad.
    menurut aku sih kekuatan nya seimbang tp usa masih sedikit unggul krn mereka pengalaman nya dalam hal seperti ini lebih banyak.
    yg hrus di waspadai china menurut aku sih pespur jammer growler karena hnya pesawat ini yg terbukti mampu menindas radar apg 77 raptor yg terkenal super strong dan multi fungsi. klo raptor aja bisa ditindas maka radar darat dan radar pespur china akan jd santapan empuk mereka dan asu bakal lebih mudah menundukkan lcs bila terjadi konflik

  11. Wah mau adu jotos lewat dunia ghoib ni hahaha….

  12. Mbah Bowo mana ya.? Kok blom komen, sangkar burungnya sdh nyerocos trus.
    Sangkar Mbah Bowo masih mens ya Mbah.?

  13. AS, bagaimanapun bersemangat untukmenerima tantangan itu dan meningkatkan kemampuan perang elektronik di kawasan Laut China Selatan juga.
    inilah yg menarik dr US, selalu tertantang untuk menaklukkan strategi lawan.

  14. Suruh asu sama acin Sering sering maen ke glodok..biar jago maen elektronikan

  15. kebanyakn cakap…perangnya kapan..mau lihat perang aja nunggunya lama…asu,asu,asu

  16. Kena cekal

  17. Sejak peristiwa kkp di natuna ,saya benci sekali sama bangsa cicing ini..

    Ayo usa jatuhkan nuklir 10 biji biar nangis darah si cicing

  18. Sama aja jet buatan barat dan timur jg dipasangi spion,tergantung pilot dan kesatuannya,ga pake jg ga masalah. Mkn pilotnya pengen lebih yakin lihat kondisi dibelakangnya dg mata disampingnya radarnya.

  19. TEST

  20. kenalin kelemahan musuh,kenalin kekuatan sendiri,kamu akan menakar kekuatan sendiri,kemenangan didepan mata,bila buta terhadap kekuatan musuh dan banyak memiliki kelemahan sendiri lebih baik menghindari perang(sun tzu)

    masing2 mempunyai kekuatan dan kelemahan sendiri,kelebihan usa dr sisi geopolitik lebih kuat alussita dan sekutunya dekat,kelemahan adalah jarak kalo perang harus kepanjangan melawan china didarat dan udara.
    sedangkan china kekuatan adalah dekat dengan daerahnya ini mempunyai kekuatan sigfinikan kalo perang dekat2 dengan wilayah.

    nah inilah proyeksi mengapa biaya perang amrik sangat2 besar(iraq,suriah,aghanistan,global of teror)ini membikin usa sendiri krisis secara finansial heehehehe

    karena dua2 belum menarik pelatuk untuk memulai pd nya,silakan pada warjager sendiri menebak kapan terjadi perang terbatas.

    opini pribadi saja salam damai selalu:)

  21. hacurkan negara dajal as,,, bosen beritanya as lagi as lagi

  22. MOHON JANGAN REMEH KAN SANG NAGA DEK…MEREKA MEMBANGUN UNTUK PERANG EELEKTRONIK DI LAHAN RAKSASA…MRK JUGA SUDAH MELUNCURKAN SATELIT ANTI JAMING…SEDANG AMERIKA…???MASIH BERKUTET DENGAN F35 YANG GATOT!!!DEK CARIN…MAAF DEK KEBENARAN ITU PAHIT DEK…USA???AKAN BERDARAH DARAH OLEH CAKAR NAGA …DAN LUKANYA ITU AKAN DI SIRAM OLEH JF…PERIH OH ..PERIH..!!!

  23. Asu ama china gak bakal perang !!!
    Mereka cuma main sandiwara aja….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)