Jan 092017
 

Makodam III Siliwangi (credit photo : serbabandung.com)

Bandung – Kodam III/Siliwangi mencobot jabatan Komandan Kodim (Dandim) 0603 Lebak, Banten karena dinilai telah melakukan kesalahan, yakni menyelenggarakan kegiatan bela negara dengan ormas keagamaan Front Pembela Islam (FPI).

“Bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi terhadap Dandim Lebak, ditemukan kesalahan prosedur, yaitu Dandim tidak melapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi, sebelum menyelenggarakan kegiatan bela negara tersebut,” ujar Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Arh M Desi Arianto, dalam siaran persnya, di Bandung, Minggu, 08/1/2016.

Karena menyelenggarakan kegiatan tersebut, kata dia, maka Pangdam III Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak, Banten. “Sanksinya yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru,” ujarKolonel Arh M Desi Arianto.

Kegiatan bela negara itu diketahui dari salah satu unggahan sebuah akun media sosial instagram @dpp_fpi yang mengunggah sejumlah foto kegiatan pelatihan bela negara.

“TNI dan FPI menggelar Pelatihan Pendahuluan Bela Negara serta tanam 10.000 pohon di Lebak Banten,” ujar akun @dpp_fpi sekitar dua hari lalu.

Antara

Bagikan :

  89 Responses to “Dandim Lebak Banten Dicopot”

  1.  

    Walah…jadi panjang ceritanya…
    Pasti Di grup post sebelah Akan ngomel2…tp ga mungkin brani boikot kaya ke roti…hehehe

  2.  

    Hadeeehhhhh…berita militer dlm negeri isinya ini2 tok…gmn mau disegani bangsa lain!!!

  3.  

    No coment ane kalo masalah yg ginian.kesian dandimnya.

  4.  

    jadi ane jadi takut nih padahal ane mau tanam 1000 pohon …

  5.  

    kalau ikut menghadiri aksi 212 bakal dicopot juga enggak ya ?

    soalnya waktu iti ada pak JKW, pak JK, pak Wiranto dll

    kasihan pak Dandim, semoga tabah pak …

  6.  

    Tambak lama gak tambah maju tni klu cara begini.klu ingin maju tni minta dngn Tegas kePak jokowi NKRI membutukan Darurat S-300,Su-35 &ks penghancur.&kerja samala dgn tentara rusia. Wong yg memecabela NKRI dng dalil agama ko direspon. Gak notot dipeker

  7.  

    santri mana nih? perasaan hanya 2 organisasi islam dimana santrinya sudah terbukti sebagai penjaga republik
    bukannya bikin rusuh,suka mencerca dan tak bisa meghargai perbedaan

  8.  

    ngributin nasbung…

  9.  

    Ijin nyimak…… mo ane petakan komen yg masuk kemari…. heeeee….

  10.  

    Mereka pasti siap digaris depan loket travel
    Siapkan tiket buat kabur keluar negeri wkwkwkekekek

  11.  

    zaman sekarang jika berbau muslim selsai dach di hujat di tuduh di bubarin dll.. padahal nich yg hidup di NKRI skr ongkang kaki hitung uang buah hasil perjuangan turut campur nya umat muslim era perjuangan kemerdekan.
    yang perlu diawasi skr kebijakan pemerintah jokowi. yang namanya demokrasi siap siap berhadpan dengan berbagai macam ormas dll.

  12.  

    Jangankan bela negara, siskamling aja bayar org

  13.  

    woy RI tuh bukan negara islam, jadi tni gak mengenal istilah jihad fisabilillah !

    •  

      @ubed…t*lol ente, …siapa yang bilang NKRI negara Islam, … tapi coba tanya pada anggota TNI dari agama apapun, sebelum berangkat tugas mereka pasti akan berdo’a sesuai dengan agama masing2, yang Muslim berdo’a dengan penuh harap agar tugas yang dilaksanakan dihitung sebagai jihad fisabilillah dengan harapan jika tewas dimedan tugas termasuk syahid dan di akherat bisa dalam surga bersama para nabi dan syuhada yang laen. yang perlu ente camkan…dengan otak loe yang kecil itu,…negara tidak akan bisa mengantar masuk syurga,..agamalah yang akan mengantar masuk syurga. Besok diakherat orang2 akan bersama dengan yang dibela dan dicintainya, silahkan pikir sendiri!!!!!!!!!.

      •  

        hehehe…

        ..tanya pada anggota TNI dari agama apapun, sebelum berangkat tugas mereka pasti akan berdo’a sesuai dengan agama masing2..

        trus yang nasrani ato hindu ngerti gak arti istilah jihad fisabilillah ?

        ente yang koplak, baca di atas, tni gak mengenal istilah jihad fisabilillah tapi prajurit tni muslim boleh meyakini jihad fisabilillah..

        dan klo tni al tangkap maling ikan itu gak bisa disebut melakukan jihad fisabilillah tapi menegakkan uu / hukum internasional maupun uu nkri, jelas ‘on?

    •  

      Ubed@

      betul bung NKRI bukan negara Islam tapi negara dengan penduduk mayoritas umat Islam terbesar di dunia. Jadi susah sangat wajar jika umat muslim berharap / menuntut diprioritaskan dalam segala hal.
      bahkan jika anda mau jujur prajurit TNI sebagai penjaga kedaulatan negarapun saya yakin 100% sebagian besar adalah muslim. Begitupun dengan Polri saya haqul yaqin mayoritas anggotanya adalah muslim.
      Disini kaum Minoritas non muslim ( mf tidak ada maksud SARA ) harusnya menyadari bahwa umat muslim sangat berperan dalam menjaga keamanan dirinya melalui pengabdian anggota TNI & POLRI. Bagi non muslim.yg berbisnispun harus bisa menyadari bahwa komsumenya adalah mayoritas umat muslim.
      Saya harap anda ( bung Ubed ) sedikit cerdaslah dalam berkomentar..CERDAS dalam artian bijaksana ea
      Salam

      •  

        aduuuh jeng, anda yang gak cerdas !

        Jadi susah sangat wajar jika umat muslim berharap / menuntut diprioritaskan dalam segala hal

        berarti ada WNI kelas 1, kelas 2 dst alias kasta gitchuuu ?

        persis jaman kumpeni dong, ada “Europeanen” (“Eropa” kulit putih); ras kelas kedua “Vreemde Oosterlingen” (“Timur Asing”) yang meliputi orang Tionghoa, Arab, India maupun non-Eropa lain; dan ras kelas ketiga adalah “Inlander”…

      •  

        kata sape kalo mayoritas kudu dapet prioritas?
        dimata UUD45 semua sama dimata hukum bukan?ga ada prioritas bukan…
        mudah bila anda berbicara islam mayoritas dengan prioritas di jawa….anda akan mencret ketika di papua…salam NKRI

        •  

          @noer
          Ey koplak!!! Di RI ini semuanya sama yg mayoritas maupun mayoritas harus mendapat perhatian yg imbang, jadi gk ada tuh istilah “kelas 1 dan 2”
          Emangnya kalo NKRI banyak yg muslimalu harus dapat perhatian lebih gitu?

  14.  

    Ada tuh yg kebakaran kumis dan jenggot..Siubed..wkwk

  15.  

    ngomong militer atau politik,atau hoax hehehehe

    sebenarnya tidak masalah TNI MELATIH MILISI,cm sekarang konteks sementara waktu ada hirarki(ini bapak2 petinggi lebih tahu lah)

    dalam dunia militer itu ada namanya ujung tombak:
    1.special force(pasukan khusus)
    2.regular army(baik trimatra pasukan laut,udara,dan darat)

    pasukan cadangan:
    1.kepolisian baik khusus(brimob)dan polisi
    2.resimen ma
    3.satpol pp,pns dll

    nah ketiga adalah rakyat biasa dilatih oleh milisi(baik mau sipil biasa,ormas)

    masalah ADALAH KITA SUDAH DARURAT PERANG????,bukan sipil pasukan cadangan juga dilatih biarpun tidak seberat militer.

    ada hirarki harus ditentukan kalo misal komando wilayah(daramil,dandim,danrem,pangdam)sebagai komandan wilayah dimasih2 misal terjadi perang.

    dalam kasus negara2 militer maju dipisahkan,pasukan khusus dan reguler ini ujung tombak,baru pasukan cadangan,sebelum terjadi total war(baru milisi direkrut)dalam sipil aja bukan sudah cukup elemen kepolisiaan,satpoll pp dan satpam2(kita belum bicara ormas partai dll)dikasus iraq war dan aghanistan pasukan khusus dan reguler didepan untuk perang,setelah perang national guard(pasukan cadangan berperan)ini sering tewas meninggal dibanding pasukan reguler.

    opini pribadi saja kalo salah dimaafkan saja

    salam damai selalu

  16.  

    Semoga INDONESIA-ku tetap kompak bersatu & tidak bisa dipecah belah.

    Sdh bnyk contoh bangsa2 yg berhasil diadu domba pd akhirnya menderita krn negeri & kekayaan alamnya berpindah kepemilikan, akibatnya mereka hrs mengemis dirumah sendiri.

    Salam Bhineka Tunggal Ika !!

    Sekedar suara Rakyat kecil yg ingin NKRI Adil, Besar, Kuat, Makmur & Bersatu.

  17.  

    sebagai tambahan dari bung banser…..china bukan satu suku bangsa masih ada 10 jutaan china muslim hui dan 8 jutaan uyghur disana yg patut di waspadai adlaah republik komunis china yg dgn segala upaya berusha menjadikan asia tenggara di bawah pengaruhnya (Finlandization)

  18.  

    organisasi tandingan made in kroni2 rezim diktator militer soeharto utk menarik dukungan umat islam dan membendung kepopuleran bakal calon presiden ke 4
    masih aja ngiklan menarik simpati 2 organisasi tersebut
    ngaku pembela utama pancasila namun menghina pancasila sama dengan komunis

  19.  

    kaciiian deh, itu sumbernya siaran pers Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Arh M Desi Arianto,
    “Sanksinya yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru,”

    dibantah pake twitter hoax, dasar fitsa hats, jubah aja dipanjangin, tukang tiffuuu semua !

  20.  

    masalahnya niat2 terselubung pendidikan ala militer nanti bisa disalahgunakan seperti yg terjadi pada perang suriah yg memang ada wajib militer utk pertahanan diri rakyat melawan israel.

    sekarang aja ngumumin pembela pancasila dulu2 kemana?
    ke pant** soekarno kah?

  21.  

    tidak diliput kok sedih…bangga dong kalo tidak diliput…kaya ngirim ke suriah kan ga diliput…

  22.  

    Yang kemaren Panglimanya bela Pancasila, malah di bully, di bilang lebay..

    Sekarang ada pencopotan perwira tinggi AD, harusnya di sangsi aja..

    Ausie ketawa-ketawa tuh.. emang Sudi di injek” asing..

  23.  

    Mantap bung BANSER…BRAVO,HIDUP BANSER !!!

  24.  

    Kemarin menghina pancasila,sekarang mau bela negara dan pancasila….rancu n munafik bro,ormas yg beginian sama dgn Ausie yg jelas2 telah menghina pancasila,wajib dibubarkan ormas yg beginian,tak ada untungnya ormas beginian ini hidup….mengenai membantu bencana alam dan sebagainya ormas2 seperti NU dan muhammadiyah sudah banyak membantu,mereka silent helper gak mau diliput media,bahkan kyai NU dan muhammadiyah telah battle proven dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa ini,mari gabung sama ormas NU dan muhammadiyah,jgn gabung sama ormas2 yg suka kekerasan,penghina pancasila dan penyebar kebencian

  25.  

    Kl ikhlas itu mesti di liput media bung haha

  26.  

    latihan bela negara + tanam 10.000 pohon berujung dicopot ?

    mending copot tuh, yang kerjanya enggak becus menangani MAKAR (Minta Referendum) dengan didukung oleh Pria BERDASTER dari setempat maupun dari negara2 Pasifik …

    atau copot juga yang enggak becus menangkap pembakar hutan atau bahkan melindungi praktek pembalakan liar …

    mending membina preman untuk bela negara aja deh kalo gitu, selain ada dananya juga jabatan aman …

  27.  

    yah mereka kagak pernah baca berita bung, modal daster doang !

  28.  

    terus apa hasilnya ? apa sudah bubar sekarang ? pasti saat itu mereka outnumbered … kah kah kah …

    kenapa sekarang enggak didatangi lagi ? markas pusatnya ada di Jakarta tuh …

    ketuanya meminta agar warganya jangan datang menghadiri acara 212, apa yang terjadi ?

    larangan sang ketua ternyata tidak dipatuhi, warga tetap berbondong2 datang menghadiri 212, artinya pernyataan ketua hanya dianggap sebagai angin lalu, jadi tidak bisa mewakili 30 juta warganya,

    so, mentang2 ketua, jangan ngaku-ngaku sok berpengaruh deh … kecuali jika ketua dipilih secara “one man one vote” …

  29.  

    mana hasilnya ? sudah bubar belum ? kok belum bubar-bubar juga, katanya udah mendatangi markasnya … cape deh …

  30.  

    Wah, si @Srup berkoar-koar memancing warga JKGR, emang dikiranya warga JKGR sama seperti si @Srup yang cuma bisa koar-koar pake jari ya? Hahahaha…

    Bangun @Srup, jangan pake daster aja lu

  31.  

    Dua jempol untuk anda

  32.  

    silahkan bung…tapi jangan memaksa yang lain harus ikut dan bilang yang lain tidak ikut iman nya berbeda…nyari perkara ajah…

  33.  

    Saat umat Islam mengkonsumsi miras, jangan salah kan penjual, toh mereka menjual bukan untuk umat Islam, ingat, Indonesia bukan negara Islam, gak suka dengan Pancasila dan hukum yang berlaku, silahkan angkat kaki dari NKRI, mungkin kalian bisa ke timur tengah sana…

    •  

      Masalah miras , RI ini bukan negara islam, Jumlah org nonmuslim di RI ini cukup banyak, mungkin sdh lebih dari %15
      Lalu bagaimana dengan rokok? Bukankah lebih merusak dari miras? Kenapa gk di sweeping? Karna gk ada di kitab suci soal larangan mengkonsumsi/menjual rokok?

  34.  

    Gak suka dengan Pancasila silahkan angkat kaki dari NKRI

  35.  

    ban dalam, nyuruh-nyuruh orang nyadar, emang lu siapa ? tang teng tong … kah kah kah …

    apa lu mau ?

  36.  

    Juga merakyat Bung…

  37.  

    Gua kagak perduli salah satu wali song itu ada yg ras chino, dan gua juga kagak rasis 😀

  38.  

    Dapat berapa jagain gereja , banser?

  39.  

    Org rasis dan penghina pancasila mau bela negara? Alhamdulilah… 😀 tapi bukannya penghina pancasila harusnya masuk bui terlebih dahulu? 😀

  40.  

    Haaaaah..miris bung..sebagai umat Rasululloh kita rapatkan barisan saja.. klo berdebat juga gak akan ketemu. Bismillah, yg jelas mari men-ISLAM-kan qalbu kita dl.. nanti akan terlihat siapa yg salah..dan siapamyg benar.. in shaa Alloh.. Sungguh luar biasa ajaran Rasululloh, kelemahlembutannya membawa islam menjadi jaya. Ayo bung, istighfar bareng2 itu lebih baik. Biar segala yg kita ucapkan bermanfaat bagi kita ean orang lain. Aamiin

  41.  

    @fajr
    Acara bela negara yg tdk terdaftar itu rawan disalahgunakan bung, seharusnya kalo mau bikin acara itu ya harus lapor dulu

  42.  

    Ayo kita lawan kedholiman yg membawa bawa nama islam, jangan diam saja !

  43.  

    Tes

  44.  

    mendagri aja g bisa bubarin ko kamu mo bubarin? berarti secara hukum mereka ormas resmi diakui negara lho…sembarangan bubar2in, maksa lg ha..ha..itu tugas pemerintah bung, main hakim sendiri aja..apa bedanya?kl ada masjid dirobohkan apa Anak2NU berani melawan? berani berdiri didepan? ada masanya jg hrs dengan kekerasan.

  45.  

    Klo yg setor gk di sweeping…
    Tp klo gk setor ya di sweeping…
    Cek kafe2 di kemang…
    Lahannya ormas sapakah itu.?
    Wkwkwkwk

  46.  

    kasihan bung @ubed, saudara muslim kita yang laen, tidak dapat berfikir jernih, sudah termakan dengan istilah “jihad” jadi lupa diri dan merasa benar sendiri, menganggap imamnya pasti benar dan selalu benar… subhanallah… smoga Allah memberi mereka petunjuk…

  47.  

    Bela negara itu tidak harus di artikan seperti wajib militer, jadi mereka yg di ikutkan bela negara itu semua golongan lapisan masyarakat, preman-preman pun juga boleh ikut, tujuannya adalah agar mengenal nilai-nilai berbangsa dan bernegara agak kelak berguna bagi bangsa ini…kan baik itu tujuannya, dari awalnya sok jaguh, tukang palak dll, setelah di didik, maka akan sadar, bahwa pandangan dan apa yg selama ini di jalankan adalah salah….kembali ke jalan yg benar….cinta tanah air dan berbangsa serta bernegara…..sepertinya yg pada komen negatif perlu di rukyah, yg nopot Dandim juga sama, perlu di rukyah….jalan pikirannya sdh politik kotor melulu….

  48.  

    Ketemuan aja langsung, Terus ane mw liat siapa yg menang hahaha

 Leave a Reply