Dec 222016
 

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, saat ini tengah mengajukan adanya kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) Anumerta kepada Pemerintah Republik Indonesia, bagi 12 orang kru dan 1 orang penumpang Pesawat C-130 Hercules yang jatuh di Pegunungan Wamena, Papua.

Dasar pengajuan tersebut, dikarenakan mereka meninggal saat menjalankan tugas negara, melakukan misi latihan navigasi dan pengenalan medan di kawasan timur Indonesia.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdul Rahman Saleh Malang, Marsma Djoko Seno Putro menyebutkan pengajuan kenaikan pangkat luar biasa bagi personel TNI yang gugur dalam misi negara adalah hal yang wajar dan layak diberikan. Dasar inilah yang menjadikan TNI AU saat ini tengah mengajukan proposal kenaikan pangkat bagi seluruh kru dan penumpang pesawat hercules yang jatuh di Wamena Papua, pada Minggu pagi lalu.

Proses penggodokan proposal pengajuan KPLB Anumerta kepada 12 orang kru pesawat dan seorang perwira TNI AU yang ikut menumpang pesawat bernomor registrasi A-1334 tersebut, diakui Marsma Djoko Seno Putro membutuhkan sedikit waktu. Namun demikian, pihaknya berjanji bakal segera menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut dalam waktu singkat.

Djoko menambahkan, seluruh keputusan diterima tidaknya pengajuan KPLB Anumerta bagi seluruh korban, ada ditangan Presiden RI, Joko Widodo dan Jendral Gatot Nurmantyo, selaku Panglima TNI.

Marsma TNI Djoko Senoputro, Komandan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh memberikan keterangan pada wartawanmn usai mengunjungi rumah duka crew pesawat hecules A-1334 (foto : SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO)

“kami memang sudah mengupayakan mengusulkan KPLB, namun kita tunggu saja, semoga keputusan yang diambil pimpinan bisa secepatnya turun dalam waktu dekat,” ujar Marsma Djoko Seno Putro kepada Jakarta Greater (21/12/2016).

Saat ini seluruh jenasah korban jatuhnya pesawat angkut jenis C-130 Hercules, buatan Lockheat Amerika Serikat tersebut, sudah diserahkan ke pihak keluarga dan telah dimakamkan di sejumlah kota di Indonesia sesuai dengan keinginan keluarga para korban.

Artikel Terkait :

  5 Responses to “Danlanud Abdul Rahman Saleh Usulkan Kenaikan Pangkat bagi Korban Hercules Jatuh”

  1. Semoga saja di ACC…

  2. alutsusta hibah dan bekas pakai

    • Jadi ingat desember tahun lalu saya ikut ngantre ndaftar joy flight di lanud Adisutjipto. Kata orang-orang yang dipakai adalah pesawat Hercules. Lhah kalo pake Hercules tua mana saya mau!
      Padahal sebenernya yang digunakan adalah C-295 masih baru kinyis-kinyis kinclong. Sepertinya setiap pesawat propeler dengan warna doreng oleh masyarakat dikira Hercules. Itu gara-gara saking melegendanya pesawat itu, atau saking seringnya si Herky tua jadi bahan berita?

  3. Siapa sih yang suka beli barang bekas,…

  4. naik pangkatnya udah wafat sih???

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)