Sep 212016
 
Modul SYLVER A50

Modul SYLVER A50 VLS buatan DCNS

Naval Defense and Shipbuilding Group (DCNS) Perancis mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan MBDA Italia untuk menyediakan SYLVER sel sistem peluncuran vertikal (VLS).

Kontrak yang ditandatangani selama pameran pertahanan Eurosatory pada bulan Juni 2016 adalah pengiriman VLS untuk dipasang di atas 5 kapal patroli multi-peran patroli masa depan Angkatan Laut Italia (Pattugliatori Polivalenti d’Altura atau PPA).

Setiap kapal direncanakan akan menerima 2 modul SYLVER A50 untuk menyebarkan rudal jarak-jauh permukaan-ke-udara MBDA Aster 30. Modul A50 yang sama akan memiliki kemampuan untuk meluncurkan rudal masa depan CAMM-ER yang pengembangannya sedang berlangsung.

PPA – Kapal Patroli Lepas Pantai Multiperan

Kapal Patroli Lepas Pantai multiperan akan dibangun di Galangan Kapal Terpadu Riva Trigoso dan Muggiano yang berada di Fincantieri, dengan pengiriman kapal pertama dari kelas ini ditetapkan pada tahun 2021.

Kapal patroli lepas pantai multiperan adalah kapal yang sangat fleksibel dengan kapasitas untuk melayani beberapa fungsi mulai dari patroli dengan kapasitas penyelamatan laut untuk operasi Perlindungan Sipil, dan dalam versi yang paling tinggi berfungsi sebagai baris pertama kapal perang.

Memang akan ada konfigurasi berbeda dari sistem tempur: versi “lunak” untuk tugas patroli terpadu dengan kemampuan pertahanan diri, dan versi “penuh” akan dilengkapi dengan kemampuan pertahanan yang lengkap.

italia-pattugliatori-polivalenti-altura-ppa
Pattugliatori Polivalenti d’Altura atau PPA

Kapal ini juga mampu beroperasi pada kecepatan tinggi dilengkapi RIB (Rigid Hull Inflatable Boat) hingga 11 meter melalui crane lateral atau ramp pengangkut yang terletak di ujung buritan.

  • Panjang 129 meter
  • Kecepatan lebih dari 31 knot
  • Jumlah kru 171 orang
  • Dilengkapi dengan kombinasi diesel dan gas turbin (CODAG)
  • Kemampuan untuk memasok air minum di darat
  • Kemampuan untuk menyediakan listrik di darat dengan kekuatan 2.000 kw
  • Kemungkinan mengangkut zona perumahan dan kesehatan modular

Dengan memiliki 2 zona modular di buritan dan bagian tengah kapal yang memungkinkan mengangkut berbagai jenis modul operasi/logistik/kesehatan (khususnya, zona buritan terdapat area tertutup untuk menerima dan menangani hingga 5 modul dalam kontainer ISO 20, sedangkan zona sentral dapat menerima dan menangani hingga 8 kontainer ISO 20.

PPA akan dibangun di Galangan Kapal Terpadu Riva Trigoso dan Muggiano, dengan pengiriman kapal pertama dari kelas ini diharapkan pada tahun 2021, untuk pengiriman selanjutnya akan berlangsung pada 2022, 2023, 2024 (sebanyak 2 unit), dan kapal terakhir akan dikirim pada 2025.

Sumber: Navy Recognition

  13 Responses to “DCNS Pasok SYLVER A50 VLS untuk Kapal Patroli AL Italia”

  1. semangat pagi…

  2. hola, DCNS baru akan meluncurkan rudal mematikan bernama CAMM-ER, tapi di indonesia CAMER s(Calon Mertua) udah di takuti sejak jaman dahulu… he he he… sepertinya yang beri nama orang Indonesia yak???? wkwkwk

  3. Nkri wajib borong nih…

  4. Terus nkri gmna.. Nganga sajah gitu..??

  5. Bisa gak Indonesia bikin tuh modul vls macam spt itu? Ayo pindad dan Krakatau steel,bikin juga sambil nunggu r Han jadi rudal beneran.

  6. wuihhh perkawinan kapal perang dan bulk carrier

    • @kodokneon

      Yang punya itali nih, idenya dari kaprang Absalon punya denmark….damen juga. sdh bikin rancangan serupa, namanya Crossover bung neon

  7. kalau buat modul VLS sih mudah, yang penting kembangkan dulu rudalnya 😀

  8. hak…hak…hak…tega nian ni orang calon mertua kok dijadikan rudal, emang nggk ada yg lain

 Leave a Reply