Sep 172016
 

NEW DELHI – Sebuah delegasi tingkat tinggi India akan berkunjung ke Rusia dalam waktu dekat untuk menyelesaikan kesepakatan rental kapal selam kelas Yasen (Project 885) bagi Angkatan Laut India.

Sumber di pemerintahan mengatakan bahwa delegasi tersebut bermaksud merental dua kapal selam bertenaga nuklir dari Rusia sehingga dapat menghasilkan pengenalan teknologi baru ke India, yang pada akhirnya akan membuka jalan bagi kerjasama Rusia dan India untuk program membangun 6 (enam) Kapal Selam Nuklir (SSN) baru.

Rusia telah menawarkan kapal selam kelas Akula ke India seperti yang sudah dimiliki India dalam bentuk INS Chakra. Para ahli menganggap bahwa mungkin ada beberapa kesulitan karena karakteristik kapal yang berbeda, tapi akan menawarkan lebih banyak teknologi baru yang dibawa Yasen dalam program Kapal Selam Nuklir (SSN) buatan India dalam jangka panjang.

Proyek-75I berhubungan dengan pembuatan 6 (enam) SSN baru dengan perkiraan biaya sebesar US $8,5 miliar yang sedang dihentikan karena penundaan finalisasi Kebijakan Pengadaan Pertahanan 2016. Sekarang kebijakan telah siap, tender kemungkinan akan diumumkan pada akhir tahun 2016 ini.

Sementara itu, dugaan keterlibatan perusahaan galangan kapal DCNS Perancis dalam kebocoran data kapal selam Scorpene yang kontroversi memunculkan alternatif kolaboratif India-Rusia untuk proyek ini.

Kapten Khurana mengatakan bahwa keputusan pemerintah India untuk membangun secara lokal 6 (enam) SSN didorong oleh kepentingan maritim negara itu di daerah yang jauh.

“Sebuah SSN diperlukan untuk membawa pengaruh di daerah yang jauh dari kepentingan maritim India, di mana permukaan konvensional dan penerbangan terkait tidak dapat beroperasi karena alasan apapun. Pemerintah India tampaknya telah menyadari pentingnya untuk menyetujui pembangunan 6 (enam) SSN didalam negeri”, kata Kapten Khurana.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  25 Responses to “Delegasi India ke Rusia untuk Rental Kapal Selam”

  1. Rental? Serius?

  2. aakhhh kesalip lagi…..

  3. Indonesia akan borong kapal selam nuklir yasen 3 unit.

  4. India lagi india lagi….ckckckck.

  5. bangun dulu militermu baru ekonomimu

    • ada lagi orang oon….??
      ha ha ha

      • Kadang ada benernya ..

        Ekonomi bnyak yg bermain, n duit buat pemain ekonomi adalah lambang negara

        Korut dulu carut marut gara2 punya nuklir n agak kurang se-ons pemimpinnya sekarang mandiri

        Rental kasel : bukan prioritas negara ni, buat India … Yah namanya juga India dipilemny inspektur vijay aja pake pisang bisa ngebunuh segerombolan preman

        Intine: jgn percaya ma India

        • tuh ks di rental keqnya sekalian buat latihan para awak kapal supaya terbiasa bermain dengan SSN soalnya india berencana bangun SSN di dlm negeri, jadi bgtu SSN mereka jadi maka sudah tersedia awak kapal yg cukup pengalaman mengoperasikan SSN dan gak perlu baca buku manual lagi 😀

  6. Kapal selammade in RUSIA, USA, JEPANG, CINA dan KOREA SELATAN kalah dengan kapal selam made in PALEMBANG

  7. Negara India sangat concern sekali thd pembangunan alutsistanya…seakan2 tdk habis2nya dana yg di glontorkan utk pertahanannya…

  8. India benar2 negara maritim dunia yg akan menyelami samudra luas dunia dgn kasel nuklir bahkan sampai nyewa demi memenuhi ambisinya. Kita cukup berdebat saja yg rame.

  9. India sibuk borong alutsita gahar,kl negara yg katanya kaya raya cuman sibuk jaga kawasan he..he..he…..tp aneh jg ya jaga kawasan kok beli alutsista nya ketengan he..he..he…..

  10. Negara aneh itu ya nkri..negara kaya yg luas tp militer seadanya.. Pertahanan adalah nomor yg kesekian, yg diutamakan malah hura hura para pejabatnya.. Otaknya cuma pengen…. Duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit duit…(1000x)

    • WNI sendiri memiliki aset sekitar 200 miliar dollar AS yang ditempatkan pada perbankan privat Singapura, atau sekitar 40 persen dari total aset perbankan Singapura.

      kaya raya….

  11. Gara2 bocor, kapal selam bukannya tenggelam tapi malah ngapung…. jadi Scorpung…

    Gara2 sewa jet pejuang dan helikopter, India juga ikutan sewa…. tapi India bukan sembarang sewa, karena ada duit dan SDM-nya …. wiu..wiu…wiu…wiuu… ciluk baaaa…

  12. boleh gak ya kita rentalin KS CBG ke Timor Leste? 😀

  13. Keuntungan India adalah posisi tawar negaranya lebih tinggi dibanding produsen senjata militer 😀 itulah arti kata “strategis” yang sebenarnya. 😛

  14. india jago..diplomasi…
    daya tawar negaranya tinggi di banding negara yg ktanya poros maritim tapi pelit

  15. India..Emng Pelit,investorx trllu prhitungn mox modal dkit keuntungan gede trkdg jg dy bs lari leps tnggung jwb ksihn patnerx Org Qt..Sprti yg prnh dialami tmn sya tmbng btubra..Di Borneo..

  16. india begitu jor joran dalam membeli alutsista,,padahal kesenjangan ekonominya sangat jomplang,,,sedangkan RI yg kesenjangan ekonominya sedikit lebih baik untuk beli 8 biji su 35 aja sampai sekarang belum terealisasi juga

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)