May 252016
 

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol. Badrodin Haiti, mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki keterkaitan antara kelompok Santoso dengan kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Diduga, ada hubungan antara dua kelompok tersebut dalam pemberian pasokan senjata. Dugaan itu muncul setelah polisi menangkap seseorang yang diduga menjadi kurir senjata bagi kelompok Santoso.

“Dari komunikasi yang dilakukan kurir ini jelas kedua kelompok ada keterkaitan, tapi terkait pembelian senjata atau tidak sedang kami selidiki,” ujar Jenderal Pol. Badrodin di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (24/05).

Jenderal Pol. Badrodin juga menjelaskan bahwa pihaknya masih menyelidiki kemungkinan keterkaitan lain antara Abu Sayyaf dengan Santoso, seperti hubungan pelatihan atau aksi terorisme kedua kelompok tersebut.

Sebelumnya, seorang kurir senjata kelompok Santoso berhasil ditangkap di Bitung, Sulawesi Utara, saat akan melakukan perjalanan ke Filipina.

Saat ini, anggota kelompok Santoso yang masih tersisa di pedalaman Poso diperkirakan tinggal berjumlah 23 orang, termasuk satu orang Uighur. Kelompok itu diyakini menguasai senjata pabrikan seperti M-16 dan SS1, yang diduga didapat dari Filipina Selatan dan sisa konflik masa lalu.

Sumber: Berita Satu

Artikel Terkait :

  15 Responses to “Diduga Ada Hubungan Antara Kelompok Santoso dan Abu Sayyaf”

  1. Pertamax kah?

  2. BASMI…..

  3. Smoga bisa tertangkap hidup atopun mati…hidup lbih baik biar bs mmpertanggung jawabkan kjahatanx d dunia….

  4. Dah biasa lah sesama kelompok separatis mempunyai hubungan…semoga lekas tertangkap dan cepat selesai operasinya sehingga masyarakat mendapatkan jaminan keamanan kembali

  5. santoso sepertinya sengaja dibiarkan hidup, untuk latihan prajurit2 muda di medan gerilya

    latihan gerilya di medan yang sebenarnya
    bukab latihan di camp

  6. Nyimak….

  7. Biar aja hidup, Mayan buat latihan

  8. Buat latihan? Apa alasan gagal diburu?
    Jika sukses diburu apa pula beritanya?
    NGAHAHAHAHA

  9. Sesama teroris memang harus saling bantu membantu.. btw hubungan nya apa yaa?? Sepupu jauh kali yaa

    • Santoso ini tetangganya saudaranya tetangga Insolon. Hhe”
      Kalau kayak gitu gmana bung hubungannya?

  10. Bukanya di poso itu ada pasukan merah yg membantai 2000 umat islam.

  11. Bukanya di poso itu ada pasukan merah yg membantai 2000 umat islam.Pasukan merah lepas tanggung jawab setelah melakukan pembantayan

  12. Ptoxy war misi asing

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)