Jan 042017
 

AASAM Australia 2016

Jakarta – Komisi I DPR akan mendalami keputusan TNI yang menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australian Defence Force, dengan melihat penyebab utama keputusan tersebut, ujar Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari.

“Saya kira kita setuju dengan keputusan penghentian sementara, akan tetapi harus dilihat penyebabnya sehingga tidak mengganggu hubungan bilateral kedua negara,” kata Abdul Kharis di Jakarta, Rabu, 4/1/2017.

Dia mengaku belum tahu secara rinci dan teknis penyebab keputusan itu namun yang pasti sebagai negara bertetangga, Indonesia-Australia harus tercipta saling menghormati.

Menurut dia langkah menghentikan sementara kerja sama itu sudah tepat karena bagian dari mendinginkan suasana, dan diharapkan tidak mengganggu hubungan bilateral kedua negara.

“Saya katakan harus saling menghormati, jika tidak ya begini, kita tersinggung berat juga kalau benar mereka menghina lambang negara kita,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldi mendukung penuh respon TNI yang menghentikan sementara kerja sama latihan militer dengan Australia karena sudah seharusnya negara itu menghargai Indonesia sebagai mitra yang sejajar, bukan melecehkan.

Dia menduga militer Australia iri dengan kemampuan prajurit TNI, misalnya, menjuarai lomba menembak di Australia dan seharusnya negara itu berterima kasih kepada Indonesia karena TNI mau berbagi ilmu.

“Militer Australia kali ini menunjukan itikad tidak baik yang cenderung provokatif. Rapat kerja masa sidang berikut, akan kami konfirmasikan secara rinci bagaimana bentuk pelecehan tersebut,” tegasnya.

Menurut dia, masyarakat Indonesia berhak tahu siapa sahabat Indonesia yang benar-benar menghormati bangsa Indonesia.

Namun, Bobby masih berharap kejadian itu adalah kesalahpahaman, tetapi apabila benar ada pelecehan, bukan hanya penghentian kerja sama, kalau perlu langkah-langkah diplomatik harus dilakukan.

Sebelumnya, Markas Besar Tentara Nasional Indonesia memutuskan untuk menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australia. Selama ini kerja sama bidang pertahanan antarkedua negara dinilai tidak menguntungkan Indonesia.

“Iya betul menghentikan sementara, bukan memutuskan kerja sama,” kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayor Jenderal Wuryanto, di Jakarta, Rabu.

Wuryanto mengatakan TNI memutuskan penundaan kerja sama militer dengan Australian Defence Force (ADF) setelah melakukan evaluasi yaitu ada hal teknis yang dianggap tidak menguntungkan TNI.

Dia menjelaskan ada masalah teknis yang harus diperbaiki disempurnakan untuk meningkatkan hubungan kerja sama dan semuanya masih dalam evaluasi perlu adanya penyempurnaan, perlu ada peningkatan sehingga hal-hal teknis itu supaya diperbaiki.

“Intinya kerja sama ini mestinya harus saling menguntungkan, saling memberikan manfaat, saling menghormati dan saling menghargai,” tuturnya.

Dia mengatakan penghentian kerja sama sementara itu meliputi berbagai aspek, di antaranya latihan bersama, pendidikan, tukar menukar perwira, hingga kunjungan antar-pejabat.

Antara

Artikel Terkait :

  27 Responses to “DPR Dalami Penyebab Kerjasama Milter Indonesia-Australia Dihentikan”

  1. Sebaiknya memang gak usah kerjasama lagi

  2. Jgn malah mundur kitanya, harus protes dan bilaperlu ancam dgn perang…ayo siapa yh paling siap utk brperang??.. tni dan rakyat indonesia siap taruhan nyawa demi nkri…negara mana yg menghina lambang dan simbol2 negara wajib kita ancam dgn perang skala besar!!,,

  3. Gak usah didalami…pengen mereka diam….belikan TNI rudal KALIBRE YANG BISA 2500 KM,MINIM 32 UNIT…dah…selesai…diam mereka semua…sampai mereka punya perisai udara sekelas tommahawk…baru berani koar2 mnegusik lagi…

  4. aus musuh srigala berbulu domba….dulu, sekarang dan yg akan datang..kuatkan militer kita..bersatu, waspada.

  5. gak usah di lanjutin mending , gak ada untungnya .. ingat siapa dulu yang ikut campur dalam urusan timtim?? musuh dalam selimut itu ngaku sahabat padahal menusuk dari belakang

  6. Kirimkan segera liaoning full pespur yg di simpan di cina ke australi..
    Ambil dongfeng kita yg dititip di cina..

  7. tinggal tunggu reaksi pak jokowi.???

  8. ausi lg2..ga..kapok2 petinggi TNI kerjasama militer..tu..kan sakit hati sendiri…maka.y buka 2 forum militer d sini juga wajakrg pd muak dgn tingkah ausiprett..p joko aja males k ausipret…mikir ..jgn d kasih herki rombeng langsung lumer mana nyungsep..hadeh2..uang rakyat sia2

  9. Tante tau kenapa “anggota yang terhormat” gemar melakukan pendalaman….karena sudah terbukti salah seorang diantara mereka sukses “mendalami” cita-citaku, xixixixix

  10. Tes

  11. Hadeh DPR kemana aja sih aneh masa baru mau siperdalam udah kayak ilmu goib aja.
    Sudah jelas penghinaan yg tidak termaafkan.
    Habis ini kira kira ditawarin apa lagi ya..
    Elang botak bobrok apa c130 pembunuh tni.
    Klo ga ada kerjasama lagi, brati manusia prahu bebas sesuka hati. Ada beberapa lahan kosong yg luas buat ternak sapi asalkan pemerintah serius. Kerjasama sama bule nyasar gak ada untungnya. Harusnya mereka hormat sma RI karna masih bebas berkeliaran k asia, eropa, aprika, adll. Besok besok biar lewat kutub aja, kan katanya dunia bulet

  12. Walaupun pemerintah austai minta Maaf,tetep aje ..ada niat pembiaran oleh pemerintahnya terhadap pelecehan ini…dasar negara sampah austai…

  13. jika oknum yg berbuat,, negaranya harus minta maaf.

    jika ada indikasi institusinya yg berbuat..
    bagi saya terkesan proxy war..
    aus diadu dengan RI,, jika pecah maka FPDA bergerak.
    5 vs 1
    jika 5 masih seimbang,, USA dan Inggris ikutan…
    7 vs 1.
    menurut saya arahnya disekitaran masalah Papua atau perbatasan laut timor.

    • Senopati@ betul bung ane setuju sm pemikiraan ente. Karena jeda perpanjangan kontrak freeport gak lama lg, asu udah membaca arah politik jkwi karena tambang emas ntu kalo ga di ambil alih sm antam (bumn) ya paling di oper ke rusia. Om putin udah mangap aja soal nye. Sudah saat nya APBN kita belah 2. 50:50 (belanja negara) (belanja alutsista) BOORRROONG !!

    • Jangan lupakan rusia,cina,n korea utara…ini ksempatan mereka untuk menghajar usa+sekutu untuk mengambil alih tatanan dunia…jika bener2 keos…aku rasa 7 vs 4 cukup imbang

  14. HUALAH…HELADALAH….
    INI LAGI ANALISIS APA DARI KOMISI 1 YANG MENGANGGAP AUSTRALIA IRI DENGAN LOMBA TEMBAK.
    AUSTRALIA TAK PERDULI SAMASEKALI DENGAN LOMBA TEMBAK,YANG MEREKA MAU INDONESIA PECAH,AUSTRALIA INGIN INDONESIA HANCUR,INGIN BONEKA INDONESIA,INGIN PAPUA ,DLL.
    ANALISIS DPR KOK MENGGELIKAN BEGITU.

  15. SADARLAH PARA PEMIMPIN RI,AUSTRALIA SUDAH JELAS BERNIAT BURUK TIADA HENTI DENGAN NKRI.

    PENGHINAAN ITU BERASAL DARI MATERI PELAJARAN YANG DITERAPKAN.
    JADI SUDAH JELAS DOKTRIN MEREKA,AJARAN MEREKA,TUJUAN MEREKA.

    DAN YANG NAMANYA MATERI PELAJARAN ADALAH PENGGAMBARAN YANG SANGAT JELAS DAN GAMBLANG MENGENAI MAKSUD DARI AUSTRALIA KEPADA INDONESIA.

  16. waktu ada acara pertemuan naval di jakarta, dan ada 2 org marinir menggunakan seragam pahlawan usman dan harun, singapore jg lgsg pulang… biasa aja lah… bagi australia ini biasa. bagi Indonesia hinaan. ntar juga balik baek lagi… seinget ane nih.. sampe sekarang kerjasama navy singapore sm tni al baik baik aja, tapi emang sih, singapore ga mau ke surabaya ke kandang tni al hehhe

  17. INDONESIA MEMUTUSKAN KERJASA MILITER DENGAN AUSTRAILA SEBAGI SIKAP PROTES TERHADAP TIDAK ADA TANGGUNG JAWAB DARI PIHAK AUSTRALIA TERHADAP MINYAK TUMPAH DI MONTARA LAUT TIMOR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! fak opp :angry:

  18. SERTA PENGDISKREDITAN dan UPAYA CAMPUR TANGAN YG LAIN

  19. Nasib mu SANCA PINDAD ;P

  20. DPR Dewan Perlobian Rakyat hhmmm australia pasti akan melobi melalui dewan terhormat kita supaya di cabut pemutusan kerja sama militer.

    • Putus saja kerjasama militer dgn aushitralia….lobi ndak perlu lagi….ra ngurus….negoro kurang ajar gitu kok di ajak kerjasama militer…kalau saya di gituan sama ADF, saya ambil bendera mereka, saya tempel di sepatu saya…lalu saya injak tai kucing…lalu saya tunjukan ke muka ADF…dan saya posting upload ke web mereka….

  21. udah jelas dari dulu australia itu bukan sahabat kita………..ingat peristiwa timur-timor.
    janganlah di ajarin cara menembak…….ntar kalo skill menembak mereka udah bagus bisa2 lebih belagu ke kita-nya…..

  22. Ingat akan Papua Pak.. Ausas* itu hanya drama ingin menetralkan kawasan Pasifik.. Mereka menaruh pangkalan ke aus untuk intervensi Negara kita! Jgn lengah, jgn baik hati sama mereka terus pak.. Kita capek dibohongi! Kita harus perpandangan secara luas untuk menjaga wilayah Timur kita terutama Papua.. Mereka bahaya! Tak pedulikan maaf mereka, jgn sampe mereka berhasil mengintervensi timor yg tlah lepas, tu gara2 aus! Krna mengintervensi, tapi alasannya membantu ngara kita! Kita rugi bsar!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)