Jan 022017
 

Kapal Zahro Express tujuan Pulau Tidung Kep Seribu terbakar di Muara Angke, 1/1/2017 (photo credit : Sutopo Purwo Nugroho @Sutopo_BNPB)

Jakarta – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyayangkan adanya manifest “abal-abal” pada KM Zahro Express yang mengalami kecelakaan kebakaran dalam perjalanan dari Muara Angke ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, (1/1/2017).

“Saya menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban KM Zahro yang meninggal dunia. Saya juga menyatakan sedih dan prihatin pada keluarga korban yang masih hilang,” kata Taufik Kurniawan melalui telepon selulernya, di Jakarta, Senin.

Menurut Taufik, ada sebanyak 23 orang meninggal dunia, sejumlah orang mengalami luka-luka, dan 17 orang lainnya dinyatakan masih hilang dari sekitar 180 penumpang.

Mantan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) ini menyatakan, kecewa dan prihatin pada insiden KM Zahro Express, karena ternyata manifest atau daftar penumpangnya “abal-abal”.

“Manifest abal-abal ini untuk kesekian kalinya kembali terkuak pada kecelakaan kapal. Soal manifest ini, merupakan persoalan yang memprihatinkan pada dunia pelayaran Indonesia,” katanya.

Taufik menjelaskan, dari pemberitaan di media massa, manifest KM Zahro tercatat penumpang 100 orang, ternyata tidak sesuai dengan realitasnya yakni sekitar 180 orang.

Jumlah penumpang KM Zahro Express meskipun tidak melampaui kapasitas kapal, kata dia, tapi banyak penumpang yang tidak tercatat dalam manifest sehingga sulit mendapatkan klaim asuransi.

“Ini bentuk pelanggaran berat dan sudah melanggar SOP (standar operasional prosedur),” katanya.

Taufik mencurigai adanya permainan pada manifest “abal-abal” untuk memperoleh keuntungan secara personal dari penumpang yang tidak tercatat atau ilegal.

Menurut Taufik, dari informasi yang diterimanya, nakhoda dan kapten kapalnya sudah lompat ke laut untuk menyelamatkan diri sendiri ketika mengetahui kapal terbakar.

“Kalau informasi ini benar sangat disayangkan, karena ternyata nakhoda dan kapten kapalnya juga bermental abal-abal. Menurut saya, ini pelanggaran berat etika profesi. Memalukan,” katanya.

Taufik menegaskan, nakhoda dan kapten kapal seharusnya memimpin evakuasi untuk penyelamatan penumpang, bukannya malah menyelamatkan diri sendiri dan mengabaikan penumpang dalam jumlah banyak.

Menurut Taufik, kapten kapal adalah orang yang bertanggung jawab di kapal dan mengetahui tata cara evakuasi jika terjadi kondisi darurat.

“Kalau kapten kapal bertanggung jawab dan membantu evakuasi, mungkin korbannya tidak sampai sebanyak yang terjadi,” katanya.

Terhadap kecelakaan KM Zahro Express, menurut Taufik, agar segera ditangani oleh Basarnas, Kepolisian, Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT).

Taufik juga mengimbau lembaga berwenang terkait untuk terus melakukan pengawasan di pelabuhan, menegakkan SOP, serta melakukan audit secara menyeluruh pada dunia pelayaran.

Antara

Artikel Terkait :

  18 Responses to “DPR : Manifest Abal-Abal untuk Kesekian Kalinya Kembali Terkuak”

  1. Sama, seperti PM abal-abal negeri jaguh se kolong langit. Mau bantu ya bantu aja, nyinggung-nyinggu Presiden kami.
    https://www.youtube.com/watch?v=Rvksyy03SXk

  2. Tampaknya lautan Indonesia menyimpan potensi api. Dari mulai kapal sipil sampai klewang bisa terbakar.

  3. Turut berduka cita

    smng operator sgera di tindak tegas

  4. Kapten dan atau nahkoda kapal adalah yg terakhir meninggalkan kapal jika ada bencana yg menimpa kapal.

    Kapten / nahkoda nyebur duluan ? Pasti masuk bui.

    Petugas KPLP dan syahbandar yg sedang bertugas pun juga pasti kena sanksi sebab membiarkan penumpang naik melebihi jumlah di manifest.

    • yg model siluman bkn hanya pespur n kaprang manifestnya juga siluman mungkin sahbandarnya beserta kroco2nya juga sering nrima uang siluman

  5. weleh..dpr nya bingung..selama ini dpr ngapain aja?ga pernah cek kelengkapan dari hubair?dpr jgn cuma koar koar ajah…masyarakat sudah menunjuk perwakilan di gedung parlemen..maka lakukan tugas mu..kalo ga bisa ya..rakyat saja yang lakukan tugas nya..
    #ayo aksi bela dunia pelayaran #jilid berapa ya???
    semoga next nya dunia pelayaran akan semakin baik…
    imho

  6. Jadikan momentum benerin dunia pelayaran kita…semuanya bebenah…
    yg bawa,
    yg naek,
    yg punya,
    yg ngawasin,
    Termasuk yg komen dimari ….

  7. Kadang kita lupa bahwa berita kebudayaan maling kita sudah mendunia.

    Haram sudah jelas

    Org china terkenal pekerja ulet dan cerdas
    Org malay terkenal budaya santun dan ramah
    Orang korea terkenal inovasi dan tangguh

    Om indonesia om apa ?

    Kah kah kah

    • Hanya Malaysial negara yg santun se alam semesta.. sekolong langit kah kah kah kah .., uhuk uhuk uhuk.. kekkkk (mati ketawa)

  8. hooooooh

  9. Hebooooooh….

    Blm ke’jd’an yaa biasa”x aja’tuh….

    Jgn heran’lah…..
    semua podo-kabeeeeeeh….

    Mendingan kita” sndr yg hrs mikir yg gmn”x….

  10. Biar tidak terulang lagi manifest abal2 serta nahkoda dan kapten yang bermental abal2, tolong dong dikasih contoh lebih dulu bagaimana rapat pembahasan undang2 yang bukan abal2, dan seperti apa wakil rakyat yang tidak bermental abal2.

  11. Turut berduka cita, amat sangat memprihatinkan, ……… bgm ni kerja Kemenhub ?????

    • Ini lgi nyalahin kemenhub….

      • Tapi bener kok….

        Tante ingat, begitu menhubnya ganti, kedisiplinan aparat Syahbandar jadi kendor. Ga lama setelah pelantikan, ada kejadian KM sulawesi tujuan NTT mogok ditengah laut…waktu dievakuasi basarnas baru ketahuan kalo penumpangnya melebihi kapasitas

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)