Apr 012016
 

Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Henri Alfiandi, mengatakan bahwa pesawat tanpa awak yang ditemukan di laut Kepulauan Riau, Kamis (31/03) sore kemarin, bukanlah milik TNI AU. Ia pun menjelaskan bahwa jika dilihat dari gambarnya, pesawat itu merupakan Drone Target.

Drone Target biasanya digunakan sebagai eksperimen untuk latihan menembak target sasaran (pesawat). Menurut Marsma Henri, drone itu mungkin gagal kembali, hingga akhirnya jatuh ke laut.

Drone Target itu merupakan produk buatan Meggitt Defence Systems, satu perusahaan asal Inggris yang mengembangkan produk aviasi untuk keperluan pertahanan. Drone Target Banshee itu memiliki kecepatan maksimum 200 knot dan diluncurkan dengan menggunakan katapel dari dek kapal. Drone Target dapat digunakan berkali-kali dengan jangka waktu penggunaan hingga 25 tahun.

Meggitt Banshee merupakan satu sistem target yang menyediakan simulasi penembakan untuk pelatihan senjata pertahanan udara, baik dari darat maupun dari laut.

Pesawat tanpa awak yang ditemukan nelayan di perairan Kepulauan Riau pada bulan November 2012. (Noor Kanwa/Batam Pos/JPNN)

Pesawat tanpa awak yang ditemukan nelayan di perairan Kepulauan Riau pada bulan November 2012. (Noor Kanwa/Batam Pos/JPNN)


Brunei Darussalam dan Malaysia adalah negara pengguna Drone Target di Asia Tenggara. Brunei sudah menggunakan Drone Target Banshee sejak tahun 1987 dan menambahnya pada tahun 2010. Sedangkan Malaysia, sudah menandatangani kontrak dengan Meggitt Defence Systems pada tahun 2012, untuk pengadaan Drone Target Banshee selama lima tahun.

Walau fungsi utama Banshee adalah drone, namun Indonesia harus tetap waspada. Alasannya, Meggitt ternyata mengembangkan Banshee dengan kemampuan tambahan jika diperlukan. Kemampuan itu meliputi angkut chaff & flare, penjejak infra merah untuk mengarahkan rudal, serta kamera untuk pencitraan. Banshee mampu melakukan operasi militer terbatas.

GoRiau.com

https://twitter.com/suparjorohman

Artikel Terkait :

  47 Responses to “Drone Target Banshee Milik Asing Jatuh di Kepulauan Riau”

  1. kasihkan LAPAN , LIPI atau lembaga yang lain agar dibuat penelitian , apanya yang perlu di oprek

  2. Siap di oprek liat dalemannya n pelajari copy paste..

  3. Wah malysia punya nee ,, knpa gk si nazib aja yg jadi bahan tembak ….

  4. maling sia
    bener bung biar di riset tu dron

  5. di laut indonesia banyak unknow alutsista berguguran….ada apaan nich??

  6. ini mah kayak nya kerjaan nya si malay, harus di selidiki lebih lanjut nih.

  7. Drone tersebut mengirim sejumlah informasi kongke-kongke najib dengan pasukan teroris pinoy abu syaraf, bisa dimaklumi drone ini milik malon karena tak de wang buat cos operation.

    Kongke najib Vs Abu Syaraf jelas hendak memeras tiap perusahaan kaya di indonesia dan negara eropa, aliansi jaguh masa jaya kini, Malonte Aliansi Force.
    (MAF)

  8. Ada warna kuningnya seperti yang biasa punya malaysia….he..he

  9. Wah,punya siapa nih?

  10. kemaren si Angkatan Tentera Maloon mencuba atgm pertahanan udara starstreak..mainannya gk balik krn operator drone nya bloon..

    • wakkkk….wakkkk….wakakakkkkkk…
      SDM Malon idiot hanya bisa caplok tak bise kerja keras, memeras dan tak berbudaye

  11. Itu pny malay buat latihan nembak pke manpad mrk, kan beritanya malay latihan pake manpad. Berhubung gk kena” nembakny jd droneny jatoh sendiri.

  12. Yg menggunakan drone ini di ASEAN cuma 2 negara. Brunei dan satu lg negara beruk yg ngaku serumpun.
    Kecil kemungkinan itu punya brunei krn lokasi jatuhnya terlalu jauh dr brunei.
    Jadi besar kemungkinan ini milik si jaguh sang beruk.
    Alasannya, beberapa waktu lalu terdengar kabar tentara negara jaguh beruk melakukan uji coba penembakan rudal startrek yg baru dibelinya.
    Sdh menjadi tabiat negara yg satu ini selalu mempamerkan barang yg baru dibelinya kpd tetangganya agar terlihat hebat dan jaguh.
    Maka drone tersebut dijadikan sasaran tembak sang rudal startrek.
    Namun sangat disayangkan, dr uji coba tersebut sampai dng semua rudal yg dibeli habis ditembakkan tdk ada satupun rudal yg dpt mengenai dan merontokkan drone tsb. Sampai akhirnya drone tsb kehabisan sumber energi dan jatuh sendiri dekat perairan kepulauan Riau.
    Yg jadi pertanyaan, Rudal Startreknya yg gak manjur atau Operatornya yg terlalu dungu sehingga tdk bisa mengoperasionalkan dan membidik dng baik.? Mengingat rudal ini jenis rudal yg mumpuni.
    Oalaaahhh …. drone…drone…nasib mu.

  13. yg penting sangat knpa uav tu boleh masok kat uadara awak..haibat mcm tu…!!

  14. Yang perlu di cermati dalam berita ini adalah:
    1. Drone ditemukan oleh nelayan jatuh di tengah laut. Bisa saja drone ini telah atau belum melaksanakan tugas nya, namun ia mampu masuk ke dalam wilayah udara Indonesia tanpa terdeteksi oleh TNI. Sialnya, drone gagal kembali ke markasnya,.Mungkin karena kegagalan sistem (sedang diselidiki).
    2. Kemampuan drone yg tidak hanya sebagai drone target tembakan, namun dapat dimodifikasi dengan Kemampuan itu meliputi angkut chaff & flare, penjejak infra merah untuk mengarahkan rudal, serta kamera untuk pencitraan. Banshee mampu melakukan operasi militer terbatas. Tentunya keberhasilan drone ini masuk tanpa terdeteksi adalah warning buat sisttem pertahanan kita.
    3. Pemilik drone ini diasia tenggara hanya malaysia dan brunai. Namun, drone sendiri buatan inggris. Mengapa drone ini bisa sampai ke kepulauan riau? Siapa pemilik drone ini?? untuk kepentingan apa? Kepulauan Riau dan batam adalah lokasi strategis dengan aset sipil maupun militer yg patut diwaspadai. Selamat menunaikan shalat jumat bagi kawasan Indonesia timur dan tengah.

  15. Lumayan dpt brng bru tni haha ga hrs ngeluarin duit lgi buat beli…lumayan dah

  16. kalo lihat diweb sudah 5000production primary pakai adalah :
    India
    Brazil
    Denmark
    mesir
    France
    Germany
    Hungary
    Norway
    Oman
    Pakistan
    Turkey

    kalo saya pribadi jatuh di batam adalah: milik malay,singapore kalo ditanya milik swasta atau negara lain lagi hehheheeh(kalo brunei ama india sepertinya terlalu jauh jangkauan jarak dan waktu).sedangkan maksimun range150-600km.

    kalo tetangga sebelah mengintip indonesia disekeliling patut untuk mengawasi dan hati2,karena kalo kita ngomong teritorial ini sudah diatas wilayah sendiri,seperti kasus ini drone sering jatuh diiran oleh drone amrik serikat

    salam damai selalu met siang 🙂

  17. Mungkin memang hanyut terbawa arus, bukan berarti loiter dlu d wilayah indonesia. Bisa aja bekas latihan negara tetangga. Mungkin aja yg jadi sasaran tembak singapore wktu nguji rudal barak 1 mereka. Imho..

  18. Mungkin dia (drone) lelah….
    Wkwkwkwkwk

  19. Itu milik malaysia kemarin tentara malaysia uji manpad starteak pelatihan juga di timur johor karna gak kena atau trouble jatuh kelaut kebawa arus sampai batam

  20. klo drone bisa di bajak ga sich sistem kendali’a???

  21. lumayan bt di obok2 sipa tahu di dalam’y da batu akik. Wkkkwwkkkwkwkwk

  22. waspada bolehlah tapi jangan berlebihan 🙂

  23. Kalau cuma buat target, kenapa sampai bawa 4 kamera ya?

  24. Lah kok dronenya gak kena apa ujicoba starstreaknya gagal katanya drone target tapi kok ditemukan masih utuh..macam sengaja saja utk diterbangkan wilayah kita kalo Riau hanya 2 kemungkinan yaitu malaysia(krn sayang kalo pake sukhoi biar gak kotor kena debu kalo dipake terbang) dan singapura (walopun punya F-15 dan F-16 canggih tapi gak punya wilayah udara yg luas) jadi harus dipanggil tuh dubes2nya utk klarifikasi maksud dan tujuannya diterbangkan crime tsb

    • sudah di clarifikasi pak, ternyata itu milik Malon Aliansi Force (MAF) yang hanya ada satu-satunya didunia ini yaitu ABU Syaraf dan Najib Botak. laporan selesai

  25. Malon manapunya kayak begininan, drone buatan malingsial dibantu buat nya sama orang indonesia. wkwkwk

  26. drone ga canggih.
    bru nyusup di jendela RI dah nyungsep.
    lbh hebat made in indonesia
    hati2 drone TNI sdah muter2 di perbatasan

  27. Era Drone tlah menggema.. menjadi warning bahwa sistem pertahanan anti drone perlu dibangun

  28. awak ni suka tuduh..blom tentu itu milik malaysia…

  29. iya itu drone kemungkinan besar milik malon dan jatuhnya diperairan johor, mungkin sampai ke perairan indonesia karena kebawa arus…mungkin malon mengira itu drone amfibi wkwkwkkk

  30. keledai sombong

  31. Drone 200 knot buat latihan sasaran tembak apa gak terlalu pelan jadinya gampang ditembaknya

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)