Aug 102016
 

LIAONING – Perusahaan industri galangan kapal Dalian (DSIC) meluncurkan sebuah kapal perusak jenis Luyang III-Class yang kedua (Tipe 052D) pada hari Rabu (03/08/2016). Kapal perusak ini diberi nama Chengdu, sementara kapal pertama yang dibangun di galangan kapal Dalian ini diberi nama Guiyang dan saat ini sedang dilengkapi dan yang kapal perusak yang ketiga saat ini sedang dipersiapkan.

Jiangnan Changxingdao, mengatakan bahwa kapal kesembilan dengan tipe 052D tersebut telah diluncurkan pada tanggal 28 Juli lalu. Melanjutkan produksi kapal Tipe 052D (Luyang III-Class) tersebut menunjukkan bahwa kelas ini akan lebih besar daripada yang diantisipasi sebelumnya.

Sebuah laporan dari CNA baru-baru ini mengungkap kekuatan maritim China bahwa negara itu telah memiliki beberapa kapal dari jenis ini dimana jumlahnya lebih banyak dari Jepang dan dilengkapi juga dengan Aegis.

Destroyer Baru Tiongkok, “Chinese Aegis”

Kapal perusak (Destroyer) tipe 052D ini dilengkapi dengan sebuah radar AESA flat-array, Sistem Peluncur Vertical (VLS) 64 sel, dan rudal anti-udara jarak-jauh modern. Kapal perusak ini diharapkan memiliki kemampuan yang setingkat dengan kapal perusak Arleigh Burke-Class Amerika Serikat yang memiliki Sistem Peluncur Vertical (VLS) 96 sel.

Ada spekulasi bahwa sistem Aegis versi China ini memiliki radar yang mampu mendeteksi pesawat tempur siluman, salah satunya F-35 Lightning II Amerika Serikat, terutama karena menggunakan radar tipe 346A yaitu sebuah radar S-band sama seperti radar SPY-1 buatan Amerika.

Bagaimanapun, radar SPY-1 dan radar pertahanan rudal udara beroperasi pada porsi frekwensi yang lebih tinggi dari radar S-band dan mampu menghasilkan jejak senjata berkualitas, jadi kemungkinan sistem radar China juga memiliki kemampuan yang mirip.

China berspekulasi untuk menurunkan ukuran dari besarnya resolusi sel radarnya dengan menghubungkan sejumlah radar frekwensi rendah melalui jaringan data berkecapan tinggi, yang mana mampu memperkuat resolusi hingga cukup untuk melacak sebuah rudal yang menjadi sasarannya.

Sumber: IHS Jane dan Sina

(Vegassus/JakartaGreater)

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  10 Responses to “DSIC Luncurkan Kapal Perusak Luyang III-Class (Tipe 052D) Kedua”

  1. cino

  2. Ternyata punya mbah bowo…

    Minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu…

  3. chinese arleigh burg class

  4. Lumayan

  5. kita mah yang imut dan mungil mulu bikinnya dan kadang persenjataan dan kelengkapan lainnya ga begitu lengkap di cicil belinya tpi mudah2an kedepannya tni lebih pokus kekapal yang berukuran lebih besar seperti real fregat syukur syukur destroyer,harapan abdimah tni teh nambah 10 lagi pkr 10 real fregat dan cukup 5 destroyer tpi ya bertahap khusus untuk al

  6. Gede banget dbanding PKR kita….set dah

  7. BAGAIMANA MAU LAWAN CHINA KLO DILAUT HEAD TO HEAD NYA KAYA GINI, SATU KAPAL INDONESIA CUMA BISA BAWA RUDAL BERBAGAI JENIS, DENGAN JUMLH YANG MASIH BELASAN, CHINA SATU KAPAL 64,
    REALISTIS AJA, TERJADI PERANG KILAT, ARMADA INDONESIA BISA CEPAT DIPUKUL MUNDUR KE PULAU NATUNA,

  8. Itu rudal anti pesawat om… klo c803 nya paling 12 unit…

  9. siapa yg bs ngalahin nasib seseorang ato negara, klo nasib n takdir seseorg ato negara beruntung, klo perang pun pasti tetep beruntung ga bkl hancur, rudal, bom or pluru pun ga bs ngalahin nasib bangsa ato seseorg, klo T ijinkan kita kalah perang ya kalah, klo T menghendaki kita menang ya menang tp yg aq heran bnyk warga jkgr kok ga pernh berpikir lbh sederhn mlh d buat ribet sendr nanti klo perang kita mesti begini bgtu, kok ga pernh mikir dikit msh ada Tuhan, tu brarti hidupnya bergantung ma okol alias dengkul bkn bergantung hidupnya dgn Tuhan, klo hidup org bergantung pnuh ma Tuhan mk hidupnya tdk ada kemarahn, kebencian, iri dengki atopun dendam, tdk pernh kuatir atopun takut akn masa depan krn percy bhw Tuhan yg menjamin hidup seseorg ato bangsa, bnyk org sdh ga pny iman mlh bnyk njeplak yg ga bermutu, parah2

    • Pemerintahan China komunis mana pernah percaya Tuhan bro? Apa lagi dg si T yg dimaksud…lha malahan lg siap2 mo caplok seluruh kawasan LCS termasuk Natuna koq (gak bawa2 T lagian)
      Baiklah mari kita bersama berdoa atas nama T,semoga sllu beruntung kedepannya-amin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)