Jul 272016
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan dan melantik 13 perubahan menteri dan ketua lembaga di kabinet kerja. Salah satunya adalah Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang sebelumnya dijabat Marwan Jafar dan diganti oleh Eko Putro Sanjoyo. Keduanya masih berasal dari partai yang sama yakni PKB.

Eko Putro Sandjojo, saat ini masih menjabat sebagai Bendahara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain sibuk sebagai politikus, Eko merupakan pebisnis yang pernah menjabat posisi Presiden Direktur PT Humpuss tahun 2006. Kemudian menjabat General Manager PT Indonesia Farming dan kemudian pada 23 September 2009, ia menjabat sebagai Presiden Direktur PT Sierad Produce Tbk, yang merupakan perusahaan yang memproduksi pakan ternak, peternakan ayam dan produksi tepung ikan.

Eko Putro Sanjoyo bukanlah orang baru bagi Presiden Jokowi, dirinya pernah tergabung dalam Deputi Tim Transisi Jokowi.

Eko Putro Sanjoyo bukanlah orang baru bagi Presiden Jokowi, dirinya pernah tergabung dalam Deputi Tim Transisi Jokowi.

Sebelum ditunjuk sebagai Mendes PDTT, Eko pernah menjabat sebagai Deputi Tim Transisi Jokowi. Pada jabatan tersebut, ia membawahi kelompok kerja di bidang perdagangan domestik, peningkatan ekspor, ekonomi kreatif, dan percepatan ekonomi di Papua.

Eko Putro Sanjoyo merupakan lulusan Teknik Elektro di Universitas Kentucky 1991 dan meraih gelar MBA di Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) Jakarta pada 1993. Dia pernah mengikuti sejumlah kursus kepemimpinan dalam pembangunan pascakonflik yang diselenggarakan oleh Universitas PBB di Amman, Yordania, pada 2000.

Eko juga pernah menjabat sebagai Ketua Tim Asistensi Menakertrans Tahun Anggaran 2010.

Dalam konsep kepemimpinan, Eko mengatakan bahwa seorang pemimpin itu tidak bisa langsung mengambilalih pekerjaan anak buahnya karena hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Hal itu merupakan kesalahan besar seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus mampu mempersiapkan anak buahnya bekerja dengan baik dan sempurna. (marksman/ sumber : antara.com dan okezone.com)

Artikel Terkait :

  6 Responses to “Eko Putro Sandjojo, Mendes PDTT Baru yang menggeser Marwan Jafar”

  1. kenalan rumiyin pak menteri sama rakyat Anda, nama saya Wagiman warga desa disebuah kabupaten di Jawa timur

  2. Bangun daerah perbatasan scptnya Pak biar gk tertinggal dr daerah lain dan warganya tetap berjiwa NKRI

  3. Pak PDTT,pak saya usul jangan transmigrasi yg penduduk lamanya kontras dgn penduduk pendatang, bahaya bisa kejadian konflik horizontal spt waktu itu.
    contoh dayak – madura dan kalo bisa di papua jangan di kirim lg migran yg kontras secara adat dan agama. lah wong sama sama papua satu agama aja panah panahan gimana bisa hidup rukun sama suku lain. supaya hal kontras ini tidak dimaanfaatkan sebagai pemicu awal stabilitas keamanan yg dpt di sulut oleh asing.

  4. semoga amanah pak.

  5. pelajaran: jadi mendes jangan ndeso, ditinggal pesawat malah ngamuk2..

  6. Comment:dpt kbr salah seorang dr intelrem tni yg tergabung dlm satgas tinombala tewas d tembak brimob….bener gk y