Jan 092017
 

BEIJING – Militer AS secara tradisional mengandalkan superioritas udara, namun para pengamat Barat mengatakan bahwa jet tempur siluman China tampaknya akan mengimbangi keunggulan AS, menurut laporan BBC News pada tanggal 2 Januari 2017.

Laporan tersebut mengatakan bahwa pesawat tempur siluman terbaru China sudah melakukan terbang perdana, reporter pertahanan Amerika, Davis Axe mengatakan bahwa China mungkin akan mengekspor jet tempur silumannya.

Debut FC-31 nomor dua akan membawa China lebih dekat untuk menjadi eksportir pesawat tempur yang mampu menghindari radar dan menarik Amerika Serikat lebih dekat lagi, mungkin suatu hari nanti, pesawat tempur siluman buatan AS akan menghadapi pesawat tempur siluman buatan China dalam pertempuran, kata Axe.

Davis Axe menulis di situs The Daily Beast bahwa ekspor jet tempur siluman China bisa menghapus salah satu keunggulan tempur utama Amerika di udara.

Di situs China Military mulai beredar video dan gambar dari pesawat tempur siluman FC-31 sedang melakukan penerbangan diatas kota Shenyang di timur laut China pada 23 Desember 2016. Beijing akan mengambil keuntungan dari berkembangnya blog militer China yang secara tidak resmi mengumumkan persenjataan baru.

Laporan itu mengatakan bahwa pesawat tempur itu bermesin ganda, produk dari BUMN Shenyang Aircraft Corporation, tampaknya semakin siluman dan sebentar lagi siap tempur. Salinan pertama jet tersebut berkursi tunggal yang lebih lebar, dengan sirip ekor berbentuk trapesium. Salinan kedua jelas lebih gagah dengan sirip yang berbentuk sudut sehingga lebih cocok dan membantu untuk meminimalkan tandatangan radar, kata analisis.

Analisis pertahanan mengatakan bahwa FC-31 pertama masih mengeluarkan asap mesin yang tebal, sama seperti buatan Rusia yang pertama kali terbang 2 tahun lalu. Pada FC-31 yang baru, tampaknya mesin bebas asap, hal ini terbukti dari indikasi yang tampak pada rekaman video tersebut.

Davis Axe percaya bahwa kemajuan pesat FC-31 ini sejajar dengan upaya China yang bertekad untuk membuat pesawat tempur siluman pertama, J-20 menjadi siap tempur. Angkatan Udara China tampaknya mulai melengkapi skuadron gugus depan dengan pesawat tempur bermesin ganda J-20 pada akhir tahun 2016, tujuh tahun setelah pesawat tempur itu terbang kini hadir pesawat tempur yang jauh lebih besar dimana Shenyang FC-31 melakukan terbang perdana.

Sebagai perbandingan, pesawat tempur siluman F-22 milik Angkatan Udara AS membutuhkan waktu 15 tahun dari prototipe awal tahun 1990 hingga siap tempur pada tahun 2005. Pesawat tempur siluman yang ebih kecil yaitu F-35, dimana prototipe melakukan terbang perdana pada tahun 2000, juga membutuhkan waktu selama 15 tahun sebelum siap tempur, kata Axe.

Departemen Pertahanan AS, dalam laporan tahunan 2016 kepada Kongres mengenai kemampuan militer China, mengklaim bahwa FC-31 memiliki beberapa teknologi yang sama pada J-20. Namun laporan itu tidak menjelaskan secara rinci teknologi apa saja yang terdapat pada kedua pesawat itu.

Media China melaporkan bahwa Beijing telah melarang ekspor untuk J-20. Larangan itu dapat memberikan tekanan pada BUMN industri pesawat terbang untuk menghasilkan pesawat tempur siluman yang cukup modern dalam menarik pelanggan asing, tapi belum cukup canggih sehingga Beijing mungkin melarang mengekspornya.

Industri penerbangan China secara aktif telah memasarkan FC-31 sebagai versi ekspor pesawat multirole generasi kelima untuk bersaing dengan F-35 bagi pelanggan asing, demikiam menurut laporan Pentagon.

Drone dan pesawat tempur non-siluman buatan China secara perlahan-lahan telah menjadi lebih populer di pasar global, terutama di Timur Tengah dan Afrika. AS sejauh ini, masih menjadi eksportir senjata terkemuka di dunia, kata laporan itu.

Departemen Pertahanan AS mengklaim pada tahun 2016, produsen FC-31 China telah melobi Beijing untuk mengakuisisi pesawat tersebut bagi Angkatan Udara Cina. Jika upaya itu gagal, FC-31 akan menjadi pesawat tempur siluman pertama di dunia yang langsung menjadi komoditas ekspor.

Sebagai perbandingan, F-35 adalah barang panas dalam pasar senjata global, akan tetapi jet tempur ini sangat kontroversial terutama sebagai proyek yang didanai oleh pemerintah AS. Saat ini, Pentagon berencana membeli sekitar 2/3 dari total sekitar 3.500 F-35 yang diyakini para analis harus diselesaikan oleh Lockheed Martin sebelum akhirnya mereka bisa mengekspor pesawat itu, menurut laporan tersebut.

Jika FC-31 berhasil disetujui sebagai komoditas ekspor, maka akan sangat bisa melipatgandakan risiko bagi pasukan AS di perang di masa depan, tulis laporan itu.

Pilot pesawat tempur Amerika yang berpatroli zona konflik, sebutlah, Timur Tengah dan Afrika, sudah dipastikan mereka akan bertemu “head to head” dengan para pejuang siluman buatan Cina, tambah laporan tersebut.

Sumber: Defense Aerospace

Artikel Terkait :

  33 Responses to “Ekspor FC-31 China Akan Tingkatkan Resiko Bagi AS Dalam Perang Di Masa Depan”

  1. Ramaikan… 😀

  2. Udah diem2 man jha..
    Kan sama stealth..
    Jadi ntr sama sama bingung pa yang mau di tembak??

    • jadi kebayang saat F-35 dan FC-31 ketemu dan saling diem-dieman, tiba-tiba muncul Su-35 dan duduk diantara keduanya 😀 hahahaha

  3. perbandingan dengan f35 masih unggul made in china kliatannya
    https://www.youtube.com/watch?v=P-Fovzb0LXQ

    • @kantong biking tolong dibanned aja !!!

    • @kantong bolong, tolong dibanned aja !!!

    • Jadi korban ya mba eni..?…
      memang menjengkelkan,…. itulah cara tipu-tipu,..yang dipakai bung kantong bolong agar dipaksakan didengar. padahal tidak semua,.. bahkan banyak yang tidak suka…

      Jadi kalau ada yang menjebak seperti itu ya pasrah saja. Mudah-mudah an bisa memuaskan penjebaknya….

      Seneng kan bung Kantong bolong ada yang terjebak hingga kesal????

    • apa yg salah dng komen ini ?? ¨¨perbandingan dengan f35 masih unggul made in china kliatannya¨¨

  4. ga ada bilang borong nih haha

  5. Ganas ni china gak mau kalah sama usa..
    Selankah demi selangkah pasti bisa buat pesawat canggih..beda sama pejabat korup cangkeme ngahh nggihh bae…

    Bayangin asu mau cetak 3500 F35 nah.. berapa jml FC31yg mau dicetak china ??

    Silhkan…Borooooooongggggh…kudanil dari afrika…
    Kahh kahh kahhh

  6. Jangan2 kita juga nanti tertarik dgn pesawat ini kalau harganya setara su35 tetapi teknologi lebih maju dr su35.

  7. seluruh dunia mengakui kehebatan china hanya org indonesia yg mencibir china.
    indonesia hanya bisa jual yg Tuhan berikan china sudah dagangan ciptataannya.

    pantaskah negara lain menganggap remeh kiya?

    potensi kerugian pencurian ikan minimal 500 triylun perthn
    potensi hasil laut indonesia yg bisa diperbarui
    mencapai min 5000 trilyun perth.
    nugrah kesuburan tanah apotensi tanaman pangannya min 2000 trilyun perthn.
    jadi gak perlu pintar pintar amat kl bisa kelola itu dg baik akan sangat mudah seluruh kebutuhan alusista yg bung phd itung terealisasikan.
    jadi apa kerja pemimpin pemimpin sblm ini..

    kah kah kah

    hari gini ada calon presiden Masa dpn jualan program 1M per rw…nanti kl ada yg jualan program tandingan 300M satu rt gmn

    kah kah kah

    bikin batu bata saja masak kalah sama pekerja ilegal dari China.. ini kan sdh ruuaarrrr biasa.

    kah kah kah.

    geli geli ayahku melihat semua ini.

    • zuzu, kita liat nanti trump efek, mo jualan kemana nanti tuh cina, iphone musti made in amrik, penerapan tegas barang berSNI, halal MUI, dll

      NKRI bukan tak mampu menguasai dunia bung, tapi sedang tidak ingin sahaja
      bisa apa us dolar tanpa emas tembga pura, cuma kertas kacang, bohong aja fiat reserved, itu akal2an supaya orang tidak marah emasnya diambil

      klo memang fiat eksis, knp ada imbal dagang, knp ada perjanjian curency swap, knp ga bayar aja pke uang negara yg bersangkutan?? kan fiat money, knp dibatesin??
      emas papua banyak, tembaga pura cuma 1 dari 10 tambang emas di papua, yg 9 lg belum dikeduk, itu baru papua, ada lg pulau lain yg bergelar pulau emas

    • Setuju …skl. Rakyat RI hrs mencari pemimpin yg mau bekerja keras, pintar dan jujur, bukan pemimpin yg suka habis2in dana negara bagi2 duit, proyek mangkrak, duit neg ga jelas kemana. Yg penting hasilnya utk kemajuan RI. Aamin RI pasti bisa.

    • Oke gini aja buat @ZuZu,

      ente buat batu bata deh, mau jual berapa per pcs nya?
      saya beli deh, dengan catatan cocok harganya… bisa lebih murah dari batu bata buatan pekerja china gak?

      😀 simpel kan?

  8. Wkwkwk bukti supremasi us semakin keteteran hadapi cina, saatnya RI jg hrs lebih fokus mengembangkan ifx.

  9. Psawat yg keren jga.. DILIHAT DARI FOTONYA.. xixixi.. Luas ZEE yg kita miliki hampir mencapai 7jt km.. Lalu dalam radar, kita kurang.. Ya mnding pemerintah kita beli lebih bnyak kapal interceptor.. Ya PT PAL ditantang untuk membuat kapal interceptor trsbt,klo beli pesawat china trsbt buat tandingan F22 di Aus boleh jga tuh..

    • Pesawat China buat nandingi F22 ?
      Ha ha ha ha ….

      • klo harga cocok, misalnya harga 4 x FC-31 sama dengan 1 x F-22 , masa yang 4 kalah sama 1 pesawat? kan sudah menggunakan teknologi modern warfare 😀 heheheh

        edisi mimpi

  10. gak yakin tuh pesawat dijual pasti yg dikasih KW hahahaaaa

  11. Saya Cuma Suka Gambar” Pesawat China nya aja…(Sangar banget) Tapi klu Kualitas Terbang dan Tempur masih
    NO BATTLE PROVEN……!!!!
    Semoga Indonesia Ga Beli Pesawat Tempur dari China…, jangan” nanti Mesin nya buat Terbang Delay 5 menit…Dan takut nya Buat Dogfight Rudal nya nembak sendiri…

  12. khawatir dgn mesin copy-an rusia

  13. kebayang jika mesin nya pake mesin asli rusia,,wow ganas tuh siluman cina..sama sama doble engine wusss,,,,,,,

  14. Untuk apa beli pesawat siluman, lebih baik bangun pabrik pesawat terbang.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)