Sep 022015
 

emil

Jakarta – Ekonom kawakan dan mantan menteri di beberapa bidang, Prof. Dr. Emil Salim mengkritik rencana pemerintah memaksakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Selain belum terlalu dibutuhkan, penggunaan dolar Amerika Serikat sebagai denominasi acuan pembiayaan dianggap Emil sebagai kesalahan yang seharusnya dihindari pemerintah.

“Karena yang dikhawatirkan adalah dolar AS outflow, maka jangan ada pembangunan yang justru memakan banyak dolar AS, seperti kereta api cepat itu. Separuh dari biaya proyek adalah dolar AS, sama saja. Maka sebaiknya semua pengeluaran yang menggunakan dolar harus disetop. Moratorium,” ujarnya usai seminar ekonomi di gedung Kementerian Keuangan, Senin (31/8).

Emil menilai belum ada urgensi yang menuntut pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung karena jarak tempuhnya dianggap terlalu pendek. Menurutnya, moda transportasi kereta cepat lebih diperlukan untuk jarak yang lebih jauh, seperti menghubungkan antarpulau.

“Nonsense. Kita sudah punya banyak transportasi di Jakarta-Bandung. Ini seperti pancingan saja. High speed railway itu menghendaki jarak yang panjang. Jakarta-Bandung itu hanya 180 kilometer. Selain itu dia memakan dolar AS di saat kita harus hemat dolar AS. Jadi ini tidak konsisten,” tuturnya.

Emil justru mempertanyakan janji pemerintahan Joko Widodo membangun sistem transportasi massal yang ideal. Menurutnya, pemerintah tidak perlu membangun transportasi yang sebenarnya belum begitu diperlukan, dan di sisi lain juga tumpang tindih.

“Kita kan sudah ada double track rail juga. Lalu sekarang malah ada kereta cepat. Sistem macam apa yang kita inginkan sebenarnya?” kata Emil.

Sebagai informasi, proyek kereta cepat yang tengah diperebutkan oleh kedua negara tersebut memiliki panjang sekitar 150 km dan memiliki waktu tempuh sebesar 36 menit. Baik China maupun Jepang rencananya akan mengambil titik-titik rute yang sama.

Proyek milik China memiliki nilai investasi US$ 5,5 miliar, di mana 25 persen merupakan modal bersama konsorsium BUMN lokal dan pihak China, sedangkan 75 persen sisanya merupakan pinjaman dengan tenor 40 tahun dan bunga 2 persen per tahunnya. Apabila menang tender, China berjanji akam memulai proyeknya pada September tahun ini dan selesai pada 2018 mendatang.

Sementara Jepang menawarkan nilai investasi sebesar US$ 6,2 miliar, di mana 75 persennya akan dibayar menggunakan pinjaman dengan tenor 40 tahun dan bunga pinjaman sebesar 0,1 persen. Proyek Jepang akan dimulai selama lima tahun, yaitu antara tahun 2015 hingga 2021.

CNN Indonesia

  148 Responses to “Emil Salim Kritik Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung”

  1. 1

    • Jangan sampe cari yg murah doang. hanya dalam beberata tahun udah byk yg rusak. Udah banyak kasus produk cina ngejreng wah doang kekuatan nya gk ada. Sperti motor jialing, busway bobrok, jalan tol proyek cina yg garap pemeliharaan jalan nya jadi mahal byk jalan cepet rusak. Berpikir lah dua ribu kali. Udah byk kasus proyek cina berujung kita yg rugi. JGn sampe jadi beban negara ujung2 nya rakyat yg menanggung beban beratnya. ini Lebih berat 2x pake dolar pake penggarap cina. ancur minahhhh

      • benar bung@vantura….tapi kayaknya dominasi china terlalu kuat di pemerintah kita saat ini,sangat di sayangkan kalu sampai proyeknya di pegang oleh china.
        tapi di satu sisih peluang jepang tetap ada,walaupun menurut ane sangat tipis…..
        harapan saya kalau mau berguru bergurulah sama guru besarnya,jgn pada guru kecilnya alias guru KW2
        salam bung @vantura

        • pem RI sejatinya ingin menyeimbangkan antara dua kekuatan besar yang memegang proyek infrastuktur raksasa di Indonesia, di mana Jepang sudah mengantongi kontrak pembangunan Pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di asia tenggara dgn total invest +-US$4 billion….. jd kemungkinan besar proyek HSR kali ini dimenangkan oleh CN… walaupun track record keamanan HSR JP lebih baik drpd CN

        • kenapa jawa terus, jawa terus, jawa terus…………

          apalgi jkarta… surganya koruptor……
          pejabat dengan harta puluhan miliar sudah biasa di jkarta.

          jgn dunk seluruh proyek nasional dan internasional terus menerus di tumpuk di pulau jawa/jakarta. masih bnyk daerah lain yg lebih kritis dan tragis sistem transportasinya..

          daerah dibiarkan berjuang membangun daerahnya dengan apbdnya saja (di+ apbn seadanya), sementara jakarta/pulau jawa dimanjakan dengan apbn yang fantastis serta mendapat sokongan dana dari banyak kementrian.

          kalau ada proyek besar di jakarta, pasty banyak kementrian2 yang ikut mendukung sambil menjilat dan cari muka.. (contoh bendungan teluk jakarta)

          sekali2 bangun donk daerah luar pulau jawa…. banyak sungai yang tidak memiliki jembatan.. masih banyak daerah yang tidak teraliri listrik.

          sekali2 kementerian itu keroyokan kek bikin jalan tembus di belantara kalimantan atau papua..

          jawa/jakarta tidak akan ada apa2nya kalau tidak ada sumatera, kalimantan, sulawesi, papua dan pulau lain.

          Rapbd daerah yang kecil bukan alasan untuk dengan sengaja tidak memberikan dana yang besar ke daerah.
          Rapbd yang besar, bukan pula alasan untuk terus menggelontorkan uang segar dan memanjakan jakarta secara terus menerus dan semakin besar…

        • @desperado:
          kalau kmu gk suka…knpa kmu tinggal di indonesia…
          pindah sono…huss…huss

        • @bung denim
          *
          Panas bumi sudah kenak ke jepang?
          Mengapa meski susah payah, tidak ada yang ingin diolah sendiri. Oleh ahli anak negri sendiri plus sedikit teman asing nya, (masik boleh lah belajar bareng), semaksimal mungkin alat dan bahan dikerjakan di sini, pakai Rp. Yang ga bisa dibikin boleh lah import dikit-dikit.
          *
          Jika iya… sudah kenak jepang dan dengan yen atau us$
          *
          Saya hanya bisa prihatin.

      • Ya hal macam inilah penyebab kesenjangan pembangunan di daerah. Daerah di sekitar perbatasan, pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan. Satu sisi ada listrik yg belum mengalir, di sisi lain listrik mengalir deras di berbagai sektor bahkan bisa dikatakan daerah akan lumpuh tanpa listrik. Pemerataan di daerah sangat penting agar konsentrasi jumlah penduduk bisa merata. Banyak orang ke ibukota dikarenakan pembangunan di daerah kurang merata. Pemikiran orang pusat ini gimana??? Yang jauh ditinggal yang dekat dimanja. Kalo ga pengen yg jauh lepas, ya diperhatikan lahh…..

        • @bung Abang Saly, gak smua bung infrastruktur dijawa bagus, coba lewat di selatan banten arah malingping bnyak jln yg parah, dipemalang dan disepanjang kars pegunungan seribu hmpir rata2 jg rusak yg agak mnding di jateng karena kondisi sosialnya kuat, jd masyarakatnya aktif gotong royong mmbangun infrast walau pun cuma jln semen/cor yg pas ban kendaraan doang kanan kiri, salam bung

      • bknnya rusak dikarenakan dikorupsi sama org kita sendiri?

        hp sy buatan china…tpi ko tahan lama ya?

    • Numpang kang,
      Sekedar saran dari rakyat jelata yang cuma bisa komentar di web, dari pada bikin mega proyek super mahal yang cuma ada di Jawa melulu, lebih baik anggarannya dipake dulu untuk bangun infrastruktur di ujung timur sana. Di Jawa sini sudah penuh, sumpek, sesak. Bosen, sehari-hari liat logam dan beton melulu.

  2. kalo pemerintahan yg kroni kroni dulu gimana Pak emil….kerjanya bagus gak..

    • Masih bagusan yg kemarin,jauh kalau dibanding dengan yg sekarang,selama 10 tahun memerintah rakyat nggk pernah sesengsara ini,lha ini belum setahun rakyat udah sengsara,gimana kalau 5 tahun????????

    • cina – 5.5Miliar USD 75% dana pinjaman 25%modal bersama cina
      Bunga 2% pertahun + pekerja cina
      Jepang -6.2 Miliar USD 75 % dana pinjaman 25% bumn
      Bunga 0.1% + Pekrja dalam negri + ahli jepang

    • Ky Nurtanio? IPTN, itu juga belum perlu ya kek Emil? masalahnya bukan belum atau ga perlu, Indonesia sampe ga bisa menuhin kebutuhan transportnya dan amburadul dari sejak dulu itu gimana? masalahnya? karena dulu pengambil kebijakan “mau-nya makan duit dengan aman”, biar aman rakyat disubsidi terussss, tapi sediain yg murah-murah.. ya pasti amburadul terus dan imbasnya sampe sekarang ke rakyat, rakyat ga bisa mandiri dan dianggap masih ky orang miskinnnn karena hak-nya dimakan semau-maunya..

    • Bung sal kenapa sih selalu membandingakan dgn pemerintah kemarin…move on lah bung kt tatap masa depan ngapain hrs selalu melihat kebelakang justru dari kurangnya pemerintah kemarin bisa untuk perbaikan pemerintah skrg kedepan bukan sebagai alasan kegagalan dan ketidakmampuan…jangan sampai bsk ada alasan ekonomi turun karena album sby gak laku hahaha…becanda bung piss…

      Salam damai bung…

  3. Go head mr. president……KA cepat JKT – BDG tdk menggunakan uang negara sepeserpun……..murni investor…..kalau harga tiket KA nantinya masuk akal pasti di beli masyarakat, dan sebaliknya. Investor lebih cerdik dlm menginvestasikan dananya……lanjuuuuuttttt…..Yg ngga punya duit jgn banyak protes..he…he…he….

    • Kamu tidak mengerti bung, project dari luar negeri walaupun tidak dibiayakan oleh uang negara tetapi dijamin oleh negara seperti rencana proyek jembatan selat sunda apalagi ini berdonasi dollar. Pembiayan dollar untuk proyek ini akan menyebabkan membengkaknya import karena mesin dan peralatannya pasti akan diimpor dari cina atau jepang belum lagi ditambah tenaga kerja yang didatangkan dari negara mereka yang hanya akan membengkakkan defisit anggaran. Utang ini akan menambah pundi-pundi utang kita yang pastinya akan menjadi beban generasi yang akan datang untuk membayarnya yang mungkin tidak dipikirkan oleh pemerintahan sekarang.

      • Agree bung ihsan

      • kenapa gak beli peralatannya lalu dibangun sendiri.
        jepang itu peralatan pembangunannya canggih. bisa kita pesan dan bisa gunakan berulang. pemikirannya itu dimana?
        Pemalas jangan dibudibudayakan di NKRI

      • salah satu yang dibahas kemarin adalah pinjaman itu tanpa jaminan pemerintah, akhirnya jepang pun ikut2 an berani kasi pinjaman tanpa jaminan pemerintah (meskipun itu sifatnya diperbolehkan, artinya dijamin atau tidak tergantung pemerintah RI nantinya)…

      • BRarti gak nyarutang ya bung

        • Namanya hutang ya pasti harus dicicil bung Papa, dan yang bayar ya karena ini proyek swasta dibayar swasta dari pendapatan operasional. Jaminan pemerintah itu untuk menghindari masalah di belakang:
          1. si debitor mengemplang hutang (kalo saya orang asing, kasi pinjem uang kesini, trus siapa mau tanggung jawab kalo orang yang saya pinjamin itu kabur? kan saya gak kenal siapa-siapa disini).
          2. dengan jaminan itu, secara hukum juga kontrak-kontrak yang disign jadi lebih liquid, alias bisa aja dijual lagi ke kreditor lain sehingga nilai hutang itu cukup bonafide.

          Apakah dengan jaminan pemerintah itu, trus pemerintah ikut nyaur utang? Tergantung pemerintah bung Papa, kan namanya bisnis ada deal-deal, bisa aja tanpa jaminan pemerintah tapi bunga tinggi, atau bunga rendah tapi dijamin pemerintah hingga batas pembayaran tertentu, atau bunga menengah karena pemerintah cuma menjamin secara legal (gak mau ikut menanggung secara rupiah).

      • Koment ngawur…..jelas2 b to b non apbn dan pemerintah tdk menjamin msh blm jelas juga……setuju bung drmitri

    • Ini masalah nya bung dimitri,
      inilah yang saya sampaikan di artikel ikan kecil di samudra dusta.

    • Lah terus yg 75% hutang + bunga siapa yg nanggung Bung DBI ? ,,, ttp tercatat sbg hutang negara kan

    • investor hanya membiaya proyek sebesar 70% sisanya dana dari pemerintah (APBN)

  4. Dua paragraf terakhir patut diperhatikan bunga yang harus di bayarkan,
    kemana si tukang ngitung ya…?

  5. Lebih baik bikin rel dan kereta multifungsi yg bisa digunain utk berbagai kepentingan. Saat perang utk mobilitas militer termasuk angkut angkut logistik dan alat perang.., saat damai digunakan utk transportasi sipil.

    • duit mu awe truk !

    • Bung PKB,
      Kalo boleh usul, hentikan proyek itu, ubah seperti usul anda.
      Buat kuartet rel dari jkt-bdg, isi lokomotif yang banyak (30 menit berangkat dari jkt dan tiap 30 menit berangkat dari bdg), beli dari inka plus gerbong yang cukup. Tentu semua atau 95% (jika ada bahan yang harus import)
      bisa dengan rupiah, pengawasan lebih mudah, uang berputar di publik kita sendiri.
      Rp tidak semakin tergerus dollar, yen, yuan, ataupun euro.
      Tarif pasti terjangkau, jika lebih untuk tambahan apbn.
      Tahun-tahun berikutnya tidak ada keringat rakyat maupun sda terjual untuk membeli dolar, yen, yuan, euro demi melunasi “dana bantuan itu”.
      Kepala kita tegak, dan hati kita bangga. Anak negri makin kreatif karena merasa diakui oleh negara.

  6. Sangat benar apa yang di katakan bp emil tsb, proyek ini seperti bunga hias di ladang hutang…

  7. Lanjutkan….

  8. saya setuju dengan pendapat ini…. sebaiknya memang jangan menggunakan dollar terlalu sering…. tahan sekuat mungkin agar rupiah tidak terjun bebas…. gunakan rupiah untuk transaksi walaupun rupiah di luar negeri ‘tak berharga’ tapi di dalam negeri masih berjaya….
    lagi pula seberapa untungnya pinjam (utang) sebegitu banyaknya bagi Indonesia, sementara rutenya hanya jkt-bdg? kalau buat beli kapal (dapat berapa yaaa…) sebagai penghubung antar pulau, saya setuju… dengan syarat beli dari dalam negeri dan pakai rupiah

    • rute kreta cepat jkt – bandung sebagai proyek awal , dan dr proyek rute kereta cepat jakarta surabaya selanjutnya….cuma masalahnya pembangunan di jawa barat kalo untuk sekarang ini sudah cukup banyak lah uda tol jkt bandung sudah ada tol baru juga jawa barat jawa tengah…lebih baik benahi jalan trans sumatra dan kali mantan…say tau pembangunan itu di lihat dari jumlah kepadatan penduduknya maka efekti di buat pembangunan tol dan kereta api, tp setidaknya pembangunan itu hrs merata..

      • sangat brilian dan msk akal pemikiran anda…saya setuju
        salam bung@jemplak

        • Agree bung sal
          Smua bahan ada di negri ini untuk konstruksi, termasuk teknisi dan pekerjanya. Uang rupiah tinggal cetak senilai proyek riil ini. Tidak kurang -tidak lebih. Dalam hal ini tak akan menimbulkan inflasi.
          Inilah anehnya para pakar ekonomi kita.

        • bung @theyo,mohon pencerahannya………….knp bank BI tidak mencetak rupiah aja sebanyak-banyaknya untuk suatu proyek misalnya?
          apa ada aturan atau persyaratan khusus untuk mencetak uang????
          salam bung@theyo

        • @bung black devil.
          Itulah bung, harusnya bisa. Dan tidak menibulkan inflasi.
          Hanya saja pemerintah kita saat ini meski katanya memiliki BI, tak kuasa mencetak uang sendiri yang bukan hutang untuk rakyatnya.

      • kendala kereta cepat ini adalah waktu proyek yang kurang tepat (saat rupiah terpuruk) dan masalah urgensi (butuh sekali tidak? saat sudah banyak moda transport di jawa, sementara di luar jawa kereta api biasa aja belum dibuat) pada akhirnya hanya yang tinggal di jawa yang menikmati. sebenarnya saya tinggal di jawa juga sih. nanti muncul pertanyaan lagi “emangnya Indonesia cuma jawa doang?”
        pemerataan pembangunan itu harus. agar tidak semua orang pergi ke jawa hanya karena lebih ramai dan lengkapnya fasilitas publik. kalau di kotanya sendiri gak berbeda sama di jawa kan gak perlu merantau kemari…. Paling cuma main ke rumah saudara.

      • Benar bung, urgensi pembangunan kereta cepat ini belum ada. Alternatif transportasi yang sudah ada saja cukup banyak. Memangnya orang bandung yang kerja di jakarta sanggup beli tiketnya untuk pp setiap hari? Kalo dari jakarta ke surabaya mending kejar penyelesaian proyek jalan tol nya saja. Seperti halnya juga tol lintas sumatera, kalimantan dan sulawesi juga dipercepat realisasinya. Kita butuh pembangunan yang real dan praktis, bukan untuk gengsi semata

  9. dulu jaman waktu die ngejabat mentri, apa hasilnya liat sekarang??? denger denger juga ini bakal di danai suasta, keuntungan buat oemerintah yg kasih ijin ini proyek ya TOT .coba kita tanyakan sama opa emil dulu pas jd mentri hasilnya apa???? whooam …..met pagi semua

  10. Sudah diam saja yang tenang pak Emil Salim ….nikmati pensiun anda yang tenang ….
    Karena sebenarnya anda ini pak ES dan konco anda mafia berkeley itu semua ikut tanggung jawab terhadap semua konsep dan bentuk pembangunan ekonomi rezim OrBa ….yang rapuh dan kaya hutang ……biar ini jadi urusan orang baru yang tidak kenal anda ….

  11. Pake kereta gantung aja..sekalian wisata liat kemacetan jalur puncak,kebun teh,sukur2 liat org mandi diciliwung..hahaha..maaf keluar dr berita diatas..selamat kpd pak Teten Masduki ud jdi kepala staff kepresidenan.Waspada pak pohon diseputar istana banyak penunggunya.Jgn salah ucap,sikap & bikin blunder.Ngomong2 tangan bpk dingin tadi waktu salaman,grogi ya pak..

  12. kreta cpat dari cina bkn murni tekhnology dari..tetapi tekhnology siemens jerman yg di beli oleh cina jadi tdak semua produk cina itu abal2..

    • Cina Tuh sauddara TUA tapi belum tentu iklas ingin indoensia sebagai pasar
      Jepun mereka saudara kita dan ingin Indonesia berdiri tegap bersama jepun
      melawan dominasi CINA

    • bung @sasak…..kalau china saja bisa dan mampu dalam hal ini apalagi jepang
      china baru belajar dan belum 10 thn lamanya membangun kereta cepat ini.
      kalau jepang sdh 50 th mengoperasikannya tanpa ada kesalahan tekhnis dan human error alias tanpa ada insiden selama 50th.
      ibarat kita mau kursus las:anda memilih mau di ajar sama instrukturnya atau sama asistennya?
      kalau instukturnya bisa ajarin knp mesti belajar dari asistennya,tanggung kan rasanya….
      maaf ni pemikiran pribadi dari seorang petani saja… tolong dikoreksi kalau salah
      salam bung@sasak

  13. lebih baik bikin KA untuk sarana mobilisasi logistik pak,seperti dari pelabuhan ke bandara atau tempat tempat yang strategis dan sebaliknya,pelabuhan ke tengah kota daripada menggunakan truk kontainaer dimana lebih boros BBM,merusak aspal dan tidak bisa masuk kota,stasiun ke bandara seperti di kualanamu,contoh seperti di USA mereka logistik menggunakan KA antar negara bagian karena lebih murah dan daya angkut lebih besar

  14. Hrsnya pembangunan kereta cepat itu sejak jmn dulu kala ya sejak jmn suharto . tanah lahan msh pada kosong..dl ngapain aja

  15. Perkembangan proyek kereta api di kalimantan gimana progresnya…gk terdengar lg… jangan pulau jawa mulu napa….bikin kesal aja. Kalimantan ini perlu sekali kereta api antar kota..heeeeh…

  16. Great prof emil…. Marilah kawal negeri…keluarlah semua para profesor…karena ini sudah saat nya…. Jokowi dan pendukungnya hanya punya IQ yg kerdil dan sangat” dangkal… Tidak bisa diharapkan lagi…. Mari kita take over indonesia melalui badan krisis.

  17. kalo diliat dari tingkat suku bunga ya tentu milih yang suku bunganya murah.

  18. bung,,,, ada kabar kalau mobil listrik SILO bakal di ambil alih oleh Malaysia dikarenakan Pihak pemerintah RI menyatakan bahwa mobil karya asli anak bangsa RI tsb tidak layak di produksi,,,,

  19. rezim pem acakkadut kbannyakan jannji pallsu

    bikin kereta cepat Merak – Jkt – Surabbaya – Banyuwangi tu baru ada efek.. Jkt – Bandung jalan kaakki aja nyampe… ini project pencitraan ajja krn gk bs apa2 setahun memerintah..

    prooject kfx/ifx jg bakkall ditinjau ulang..
    10 thn lg bakkalan mennyesal, sama spt ketika N250 siap dipaasarkan 1995 trnnyatta dianulir..

  20. Dananya ada, uangnya ada, tinggal kita mau nggak ngutang ke Cina? Kita ngak perlu protes, toh bukan kita yg bayar hutang, tapi anak cucu kita. Nanti pajak yg dibayar anak cucu kita dipakai makan anak cucu orang cina. What a beautiful mind!

  21. Kereta cepat seharusnya dibangun jikalau semua infrastruktur kereta telah selesai dibangun di 5 pulau besar Oleh pemerintah

    Kalau mau bangun kereta cepat duluan di 1 pulau sedangkan dipulau lain belum sama sekali ada, sepertinya dibutuhkan 4 pemerintah tambahan

  22. Jika dihitung cermat,
    tawaran jepang lebih masuk akal dan menjanjikan, udah banyak kok perusahaan yang nyesel beli mesin made in cina walaupun katanya kw1 kalah jauh kualitas dari buatan eropa sama jepang,
    jangan tambah penyesalan lagi….

  23. Biarpun katanya gak ganggu Uang APBN dan katanya murni investasi tpi dengan sistem pinjaman yg disertakan emank yg mo ngelunasi sapa klo ternyata BUMN kita juga masuk ke situ
    Ngapain kok tidak dibikin saja jalur kereta yg menghubungkan kota2 bagian selatan jawa barat misalnya ato jalur kereta yg bisa langsung tembus ke pelabuhan merak banten malah kayaknya lebih berasa pengaruhnya
    Tapi ya wait and see saja lah

  24. Sepakat Pak Emil. Yang saya heran, Jakarta-Bandung itu sudah terkoneksi dengan cukup baik. Ada jalan tol, jalan biasa, dan jalur kereta api (Argo Parahyangan). Koneksi ini hanya terlihat padat saat akhir pekan saja. Dengan biaya tiket yang diprediksi pada kisaran US$ 200/penumpang, nilai ekonomisnya tidak terlihat. Menurut saya, yang mendesak itu adalah pembenahan sarana transportasi dalam kota Jakarta dan Bandung, dan peningkatan kualitas rel kereta, pemasangan rel ganda, dan penggunaan gerbong double-decker. Yang lebih mendesak lagi adalah pembangunan jalan nasional kualitas tol yang dapat dilewati kendaraan bertonase besar di luar Jawa, untuk merangsang pertumbuhan industri besar di luar Jawa.

    • Jawaban yang benar, saya tambahkan apakah dengan jarak yang sangat dekat itu proyek ini akan bernilai ekonomis, yang saya takutkan karena tidak bisa membayar pinjamannya dan proyek ini mangkrak maka yang akan menjadi beban adalah negara dan rakyat juga seperti kasus BLBI. Kemana arah kebijakan transportasi sebenarnya bukankah sudah ada double dekker yang dibuat pemerintahan sebelumnya.

  25. Saya juga kurang setuju

  26. sebenar diperlukan niat dan realisasi dr elite pemerintahan dengan uu ataupun peraturan,kalo tidak proyek apapun kebanyakan gagal,masalah kalo 5tahun pemerintahan diganti lage ditunda atau apapun alasannya(uud),pasti ujung22 peraturan kadang diganti nah disitu perlu komitmen dan konsep pemerintahan menggolkan setiap proyek untuk hajat org banyak.(biasa kalo proyek besar2 dijadikan proyek kkn,mau contoh cr sendiri ya)kalo proyek dilaksanakan saya lebih suka dr jakarta-bali jarak tempuh 3-4jam(300kmpperjam)jakarta-aceh(4-5jam)soal dana tanya kek pemerintah sekalian mimpi jd kenyataaan

    salam damai selalu met siang:)

    • ini dia salah satu komisaris jakartagreater…..hehehehehehe
      gmn kabarnya bung@bukek,sehatkah….
      ada info terbaru dan menarik yg bisa dibagi bung?
      sukses terus bung….
      salam

      • salam bung merah putih,sehat22 selalu.kamu juga sehat2 juga bung?info sepertinya tidak ada heheehehe.kabar tetangga jauh besok parade besar2an tgl3 sep(mau lihat alussitanya katanya 70%baru hehehe smg admin mengangkat itu),sayang indonesia tidak diundang,yg diundang paman bear,negara2 block barat boikot.

        semoga indonesia jaya,salam damai selalu met siang:)

  27. Kritikan yang kosntruktif, proyek kereta cepat untuk saat ini belum tepat karena lebih parah dalam memperlemah rupiah…

  28. Kritik doank mah gampang..asal ngedebrus ga modal…ini yang punya proyek pemerintahan kapan. Kalo china menang indonesia dpt tot dari siemen gmbh german langsung

    • ya emang gak modal…loe jg ngabacot ndak modal, kt sebagai rakyat yang akan menanggung akibatnya lewat pajak, ( kecuali kalo loe nggak pernah bayar pajak) dah sepatutnya kita ngasih masukan maupun kritikan yang baik…

    • Bayangkanlah pengemudi bus, yang berkata “Saya tidak setuju. Kalau proyek ini jadi, akan mematikan jalan nafkah saya.” Apakah kita harus bilang “lu kritik doang! kritik doang mah gampang … ga modal”.

      ***
      Jangan pernah bilang untuk berkritik tidak perlu modal. Untuk menghasilkan kritik, orang harus bisa berpikir kritis. Apakah semua orang mampu berpikir kritis? Paling tidak untuk mengembangkan cara berpikir yang kritis, orang harus sekolah. Sekolah itu pakai modal: waktu, uang, tenaga, pikiran, dan yang penting motivasi. Untuk menghasilkan kritik yang baik, modalnya lebih besar lagi: selalu belajar, selalu membaca, selalu berpikir, dan selalu mengambil hikmah dari pengalaman. Dan pengalaman adalah modal termahal yang tidak pernah bisa dibeli.

  29. Kritik itu mengingatkan…berhubung yang di kritik mempunyai kuasa mengambil keputusan dan setiap keputusan, banyak yang terkena efeknya.
    efek baik maupun buruk.

  30. Jika tetap nekat, mengukuh kan nkri jadi budak hutang. Ambilah barang yang bagus. Jelas barang jepang lebih bagus dari made in china, rumus bahan logam dan cara bikinya tidak akan sama. Demi keselamatan massal.
    Paksa mereka, mereka pasti mau. Uang mereka butuh orang lain untuk memutarnya. Mereka butuh, budak hutang.
    Inilah srtidaknya, saran terbaik dari yang terburuk.

    *
    NKRI meminjam USD 6,5 milyar dari Jepang/china. Katanya uang ini adalah untuk pembangunan kereta express di negara kesatuan republik indonesia. Tapi ternyata JPG ataupun china, tidak hanya memberikan uang, mereka juga menunjuk lansung siapa yang menjadi kontraktor utama dan supplier material, bahkan pekerja fan tehnisi, yang sebenarnya adalah bagian dari strategi para kreditur negara mereka sendiri. Untuk meminimalkan uang mengalir ke kantung budak. Uang mengalir dari JPG atau china (siapapun pemenang proyek ini) ke rekening lain yang juga ditunjuk oleh jepang/china. Dari USD 6,5 milyar ini, misalnya hanya USD 2,5 milyar yang akhirnya beredar di nkri kita.

    Pertanyaannya, bagaimana caranya negara kita ini, menemukan USD 4milyar + bunga untuk dikembalikan ke china/ jepang selama 40thn?

    Jawaban populer mungkin adalah dengan selesainya proyek kereta express ini, masyarakat bisa memproduksi secara lebih masif, efektif dan efisien, dan lama-kelamaan hutang akan terbayar, pokoknya pasti akan terbayar lunas beserta bunganya. Bagaimana matematika asumsi ini bisa di justifikasi, nobody cares, it just doesn’t matter you idiot…
    Hihihi

    Tapi bung… Paska selesainya proyek, sisa USD 2.5 milyar tadi sekarang sudah menjadi tabungan publik NKRI yang bekerja di proyek itu, ataupun yang menyuplai bahan, tanah, dan alat, itu bukan lagi uang negara kita. Bung…. come on, USD hanya bisa masuk ke kantong negara kita atas pajak dari rakyat nkri sendiri. Dari total pinjaman USD 6,5 milyar ini, anggaplah hanya ada USD 650 juta yang bisa kembali ke pemerintah menjadi pajak, lantas sisa USD 5,950 milyar + bunga yang harus dibayarkan akan datang dari mana?
    Ingat kawan… kereta express itu tidak akan serta-merta menghasilkan dolar bagi pemerintahan negara kita. Uang USD itu harus datang tentu, lewat cara yang lain.
    *
    Berapa banyak sebenarnya rakyat kita yang kasian dan pemerintah yang naif ini, harus menjual barang ke luar negeri??
    berapa banyak sebenarnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, harus mengeksplorasi alamnya dan menjualnya keluar??
    Berapa banyak keringat dan kekayaan riil publik dihisap, supaya pemerintah negara kita yang akan datang bisa mendapatkan pajak yang cukup untuk membayar tagihan USD 6,5 milyar + bunga dalam 40thn ini ??
    *
    Dan pertanyaan yang lebih mendasar lagi, apa bedanya USD$, yen¥, yuan, dan euro, dengan uang Rupiah negri kita tercinta ini? Mengapa ada proyek yang bisa dilaksanakan dengan uang yang dicetak Federal Reserve, jepang, dan china, tetapi proyek yang sama tidak boleh dilaksanakan dengan uang yang dicetak bank indonesia??
    *
    Kawan, pemerintah juga manusia, mereka juga butuh makan. Semakin panjang rantai proyek semakin banyak yang tertinggal. Cobalah mengimajinasikan sendiri.
    ~>buat pak emil salim, Prof, Dr.
    Dipihak mana anda kali ini berbicara? Buktikan.
    ~>buat pemerintah. Hentikan bantuan apapun dalam mata uang asing, kecuali berniat membenamkan rakyatmu dalam lembah hutang yang makin dalam.

    • > Ambilah barang yang bagus. Jelas barang jepang lebih bagus dari made in china …
      muahaha …. lha wong prs JK maunya win-win solution antara JP -CN … sedangkan JP sudah punya kontrak bangun Infra besar yg mau berjalan di Indo ….. tinggal CN sekarang dengan HSR nya …. dimata RI CN-JP sama2 penting …… biar gak salah 1 ngambek kemungkina CN yg dipilh……….. kalau mnrt sya … lebh baik jg ambil JP krn faktor safety dan track record lbh bgs ….. yah smg yg terjadi endak demikian

      • Bung theyo@
        Pertanyaan bung itu coba tunjukan kepada anda seumpama anda org usa cina jp mata uang apa yg anda pakai

        • Seandainya saya orang jepang ya harus pakai yen, saya seorang american ya pakai us$, kalo saya china ya pakai yuan.
          *
          Faktanya saya seorang indonesia, mutlak harus pakai rupiah untuk seluruh proyek infrastruktur dalam negri tercinta ini.
          *
          apa bedanya USD$, yen¥, yuan, dan euro, dengan uang Rupiah negri kita tercinta ini?
          Why…. ada proyek yang bisa dilaksanakan dengan uang yang dicetak Fed, jepang, dan china, tetapi proyek yang sama tidak boleh dilaksanakan dengan uang yang dicetak bank indonesia?? It’crazy.
          *
          Pelanggaran atas hal ini, jelas =menjual negara!
          Menggadaikan hasil kerja masa depan rakyat nkri sendiri,…. maaf inilah sebenar-benar penghianatan dengan menjual negara ke penawar tertinggi yang sering saya sampaikan.
          Alasan rinci sudah saya babar di artikel ikan kecil dan yang awal-awal di naikkan bung admin.
          Nkri harga mati!!

        • Waduh..pahami dulu yaa..baru commentar.
          Bikin malu aja.

    • Super sekali…..I Do agree …Bung @ They, sepemikiran dengan saya, tapi apakah pemerintah mau merubah pola…buktikan Revolusi mental itu benar adanya….
      terimakasih.

      • Bukankah dari awal itu, yang kita tunggu bung priangan.

      • Setiap org mencintai negaranya tumpah darahnya kecuali bla bla
        apakah indo sudah bisa bikin kereta cepat jika sudah salah besar jokowi , jika bung theyo di butuhkan cina bikin kereta cepat mata uang apa yg bung pakai
        Kok sampai menggadaikan negara yg betul itu negara menggadaikan rakyatnya
        Hee

        • @bung waduh
          Setiap orang mencitai negaranya, memang iya. Saya 100%setuju, meski orang itu dikeceewaka negaranya.
          Untuk kereta ini, saya tetap tidak sependapat kalo hutang dengan mata uang asing. Diatur pula sama kreditur.
          *
          Butuh kereta cepat, maunya secepat apa. Dengan kecepatan seperti itu apakah efektif dan efisien? Ok…., selisih waktu perjalanan berbeda. Dari pada 1 paket kereta senilai itu,
          Lebih baik yang mana menurut analisa bung waduh,
          ~>tambah “lajur ganda lagi”, dan buat 12 kereta di inka include gerbong. Jaraknya -+180km, anggap 1.5jam perjalanan. Setiap 15 menit meluncur dari jakarta (6 kereta) dan tiap 15 menit meluncur dari bandung(6kereta), tanpa henti. Tarif cukup Rp, kondisi gerbong sangat bagus.
          Ok, waktu tempuh diperjalanan bukankah bisa di cover oleh waktu antri yang berjubel. Dengan, aktifnya 12 kereta PP, jeda tunggu hanya 15 menit. Coba fihitung, Efektif efisien mana, apa sudah ada studinya vs kereta cepat mereka, ok… itu bukan yang saya permasalahkan.
          Bung Tng.PHD mana ini.
          *
          Percuma sebuah kereta cepat kalo menghantam objek dilintasan ga sampai juga. Kalo yang buatan sendiri pun bisa di optimalkan kecepatanya, kenapa tidak. Inka tentu bisa membuat yang agak cepat dari sebelumnya. Buatan anak negri, kalo tidak begitu, bagaimana mau maju.
          Yang terburuk, orang kita kan masih kurang disiplin berlalu-lintas, jikalo ada acident, kereta kita masih 11, kalo yang import abis sudah.

        • Kok ilang koment ane,?

        • justru saya mencintai negara ini makanya saya akan mencegah negara ini rusak hanya krn pemerintahannya korup dan tdk becus bekerja masih banyak orang di negeri ini yg bisa dipercaya utk mampu membawa negara ini menuju tinggal landas sbg negara maju, rakyatnya makmur, bebas kkn dan dihormati di dunia.

    • setuju dan sependapat…dengan anda….Buktikan revolusi mental itu benar adanya…

  31. nanti jangan pilih yg sekarang ini.
    nanti jangan pilih yg sekarang ini.
    nanti jangan pilih yg sekarang ini.

  32. Yo lah
    Jalan terus pak jokowi
    Thn 2016 sumatera pak..

    Pak emil di hanggap saja nyamuk2 nakal
    Mau presiden siapa yg org miskin . Phk tetap ada tp jgn jdkan alasan dan membiarkan jalan jd debu
    Biar berdarah2 bayar pajak asal ada bentuknya yg biadap itu gak ada bekasnya

  33. “biar tekor asal kesohor”
    slain yg bung They babar harap diperhatikan jg keamanan jangka panjangnya krena kreta cepat sarat dgn hi tech, jgn smpe ada back door disetiap softwarenya, siapa yg bisa jamin kita akan akur terus dgn slh 1 pemenang proyek,

    • Betul lagi ini, bung adbun.
      Ini nyang beginian nih yang paling gue ga demen, memanfaatkan ketakmampuan pemerintah dalam iptek. Jujur aj, bagaimanapun awalnya, buatan anak negri pasti lebih baik, setidaknya pasti tidak akan pernah diselipkan “trap”.

    • Ngomongin 10 gak ada pembangunan.,jalan berdrbu berlobang
      Masak gak ngerti
      Wawasan tambah lagi biar ngerti bahasa
      Pajak gw terbuang percuma
      Negara isinya cuma debu dan sampah
      Dan gw dukung pak jokowi untnk membangun negara ini
      Ngak ngerti jg
      Mendingan ente mati saja

  34. Jalan terus pak kalau perlu tambah lagi utangnya yg buanyak ya pak………….

  35. Aya aya wae,, bikin kereta lambat aja gak kelar2 ini malah mau bikin yg cepat… masyarakat kita siap gak dengan teknologi ini, dimana2 palang pintu kereta mau diapain ?
    Lebih baik dananya buat bikin kereta Aceh-Lampung atw Kalimantan dan Sulawesi
    kenapa melulu Jawa yg diperhatikan urgensi JKT-BDG itu apa? pariwisata kah, ekonomi kreative kah… dll

    gak strategis dan keliatan gak sekolah yg punya rencana ini.

  36. kampreeet…!!!Lampung jalan utamanya pun masih belubang dan bergelombang, eh di jawa sdh mau bikin kereta cepat. Di sini jalan raya lingkar sukarno hatta di kodya aja masih gelap gulita tanpa lampu penerang

    • ^ jalan utama solo-jogja pun kalau malam juga masih ada area yg gelap gulita bro ..!

    • 1

    • sebenarnya ya bung, di jawa juga banyak jalan berlubang lho, di jawa juga masih banyak daerah tertinggal…. ditempat saya jalan lingkar utara ke magelang dari kebumen jalannya parah banget. Lubang2 dalem2 sampe ada lelucon “dalane iso nggo ngingu iwak betik” (jalannya bisa buat melihara ikan betok). jembatan (gorong2) yang rusak udah 3 tahun gak keurus. Yang bagus cuma kota2 besar, yang di kabupaten kota kecil sama aja. Tapi gimanapun saya tetap mendukung pemerataan pembangunan. Jawa memang butuh biaya pembangunan, tapi di luar jawa lebih butuh lagi. btw, kota saya ada stasiunnya tapi baru satu kali saya naik kereta. dulu waktu masih murah, sekarang mah mahal dan prosesnya rumit (pake pesen tiket satu minggu sebelumnya segala)
      salam bung

    • klo gitu biar aja sekalian jalan lintas di lampung rusak parah, biar waktu pengiriman barang jadi lebih lama biaya transportasi ke daerah lain di sumatra jadi lebih tinggi dan harga2 barang jadi lebih malah juga. ini namanya sekilit hehehe

  37. Keretacepat jgn pake teknologi yg Kw, harus pake yg ori dn paling berkualitas donk biar aman dn gak berubah jadi kereta terbang …

  38. @bung They & bung Pri sory bukanya ane psimis dgn pemimpin negeri ini, slama mereka tdk berani menggelorakan “persatuan” ane sngat2 menyanksikan smua slogan mereka, mgkin para “JONGOS” premas*n pantang/pamali utk mnggaungkan persatuan krna jelas mnghambat NWO, yg ane tau hanya Soekarno lah yg pernah menggelorakan persatuan, mgkin bung They atau warjager tau siapa saja pemimpin/tokoh yg berani seperti Soekarno,

  39. sudah bisa dipastikan Aseng yang menang

  40. Bereskan 1 per 1 dlu
    double treck jkt surabaya
    kereta api sumatra Sulawesi kalimantan papua
    btu deh kereta cepat
    sya orng Sumatera walupn dr kepri tp kmi rindu da kemajuan d daratan sumatra
    akses antar prop parah lelet jauh
    klo da kereta api membelah plau smatrakn enk rakyat ekonomi pn mkn lancar
    jgn da ketimpqngan lgi lh
    Qt tk mau lg d blang asik jawa truuuuuuussss yg d urus kami kapan

  41. Kalo liat komeng temen2 n ngeliat keadaan jalan di pulau2 laen yg rusak (via gugel tentunya), bahkan banyak yg butuh dibangunnya jalan di kalimantan n papua, ane pikir enih proyek cuman proyek gaya gayaan doang..
    Dilaen daerah mangsih butuh banyak pembangunan infrastruktur tapi daerah yg dah baek n maju malah dijejali pembangunan terus ampe muntah..
    Ane kasih nilai jari tengah buat nih proyek 😀

    • bung ls lama gak nungul, apa kabar? iya bung , sepertinya kog gak adil dan merata nih pembangunan

    • Betul bung, Kalimantan, Papua masing butuh perhatian EXTRa dari segi transportasi. ontong dijawa muluuu … udah sumpek pulau jawaa. emang org kita mah kedoyanannya gaya2an bung, ngaku blangsakk tapi gadget wuah semua ,, tunggangannya juga wuah semua.. huffft naot gomah.

      salam kenal bung lare…

  42. salah urus!!
    padahal modal transportasi/infrastruktur jkt-bdn aja sudah ada buat apa menguntungkan pihak asing lebih baik uang masuk ke kas negara dan memutar roda perekonomian masyarakat

  43. janjinya fokus pemerataan pmbangunan indonesia timur… liat tu borneo .sulawesi ama papua gak da rel ka….. pemerintah bullshitt…. salam gigit jari lagi dari jokower.kena bohong lagi rakyat indonesia

  44. ada kok, kemaren2 sr doang bang lamp 😀
    lam kenal balik bang ripandan..

  45. Gajinya segede apa tu orang yg kerja bolak-balik jak-bndng tiket sehari hampir 1/2jt,,,saran w mending di bangun kereta listrik cepat,eropa banyak menggunakan kereta ini utk transportasi antar kota yg berjarak dekat

  46. kalau selama ini presiden dr jawa nggk mmpu mensejahterkan yg d luar jawa…d lepasin aja sumatra kalimantan sulawesi dan papua jadi negara merdeka..biar bs mngurus diri mereka masing2..

    • ehhmmm…. begini ya pak. siapapun presidennya, mereka tak akan melepaskan pulau yang anda tulis diatas…. tapi bila anda ngebet ingin daerah anda memisahkan diri dari NKRI, saya punya dua solusi.
      solusi pertama: anda melakukan propaganda di daerah anda, mengajak mereka memisahkan diri dari NKRI. keberhasilannya sangat kecil karena anda akan ditangkap oleh polisi dan impian anda membuat negara sendiri sirna.
      solusi kedua: lebih ekstrim dari solusi pertama dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. anda pernah mendengar GAM? anda bisa melakukan gerakan radikal seperti ini. biasanya akan didanai oleh asing untuk membeli senjata. resikonya tapi nyawa anda akan melayang jika anda gagal. nasib keluarga dan teman seperjuangan anda pun tak menentu.
      gimana pak? mau pilih yang mana? insyaallah kalau berhasil anda bisa mewujudkan negara yang dipimpin oleh putra daerah…. kalau gagal gimana?

  47. Utamakan absen

  48. Kalau dibilang perlu atau ngga, ya bisa aja dicari2 argumennya. Tapi yang jelas proyek ini bukan proyek yang mendesak. Kalo kita lihat, negara sekelas USA atau Australia juga ga punya kereta cepat begini. Bukan berarti ga usah bikin, tapi kalo menurut saya sih jauh lebih mendesak memperbaiki pelayanan PT KAI misal: Memperbaiki stasiun2, menambah akses kereta api di luar Jawa, memperbaiki pelayanan yang ada entah dari segi kualitas gerbongnya maupun kuantitas jumlah layanannya.

  49. Pak Sukarno membangun komplek olah raga senayan berskala intr’l utk keperluan asean games.Proyek prestisius tsb banyak yg mencemooh,rakyat lg susah koq bikin gedong olah raga.Tp pak Sukarno mnjawab dgn enteng,klo stadion ini jadi(senayan) maka rakyat akan lupa akan rasa laparnya.Dan memang pd saat itu kita blom punya stadion megah & sangat dibutuhkan.Apakah proyek kereta cepat tsb dibuat utk mencontoh prestise pak Sukarno utk asean games yg akan datang atau ada deal dgn pembangunan gedung dpr yg baru atau ada sesuatu yg mengharuskan krt cepat itu dibuat.Dibalik semua “atau” itu, pembangunan krt cepat tsb tdk tepat utk saat ini.Carilah prestise yg lain yg lebih tepat guna utk mengangkat nilai Rp kita agar roda perekonomian kembali baik.Ngomong2 botol bekas yg saya kumpulin ud banyak nih..minum duluh ah mumpung kopinya masih panas…

    • Saya termasuk orang yang menganggap kebijakan Bung Karno untuk bikin bangunan2 dan monumen2 megah dulu adalah tindakan yang kurang bijaksana bung. Dari proyek2 “mercusuar” Bung Karno itu, yang saya anggap bener2 tepat sasaran dan berfungsi secara ekonomis adalah Jembatan Ampera dan Jembatan Semanggi. Seandainya saja waktu itu uang yang ada dipakai untuk proyek2 infrastruktur dan perbaikan ekonomi, mungkin beliau tidak akan tergusur dari jabatannya secara menyedihkan.

    • benar sekali bung blue sky banyak yang tidak tau sejarah hanya di lihat dari unsur politiknya saja

  50. Penjajah modern..habislah..indonesia jd budak selamanya..

  51. benar sekali bung blue sky banyak yang tidak tau sejarah yang di lihat dari unsur politiknya saja

  52. Lagi2 sbuah hal yg ironik, telat jg. Yah, semoga seluruh proyek strategis bangsa diseriuskan utk dilakukan sendiri oleh putra putri bangsa dan tentu saja pemerataan pembangunan di luruh pelosok tanah air.

  53. test hari ini

  54. Maaf bung @asbun maksud dari daerah sekitar perbatasan adalah daerah yg letaknya di perbatasan, baik antar kota/kabupaten, provinsi & negara. Seperti kata bung @asbun, daerah yg letaknya jauh dari pusat pemerintahan baik pemkot/kab, pemprov & pusat tingkat pembangunan terbilang kurang maksimal daripada daerah di sekitar pemerintahan (kota-kota besar). Semoga pemerintah bisa terbuka mata, hati & telinga agar seluruh rakyat NKRI bisa menikmati hasil pembangunan. Salah satu penyumbang besar devisa negara adalah TKI/W dan kebanyakan dari mereka hidup di daerah… salam bung asbun (-”-)y

  55. Mbok sekali-kali proyek infrastuktur di luar jawa, mbok skali-kali pejabat blusukan ke sini. Boro-boro jalan di aspal…. wong mambu aspale wae durung. Boro-boro enek listrik, ws 30 th urung enek PLN melbu kene. Iki lho daerah transmigrasi nek Kalimantan Timur. Jajal ngunu kui pikiren sing tenang. Piye pendapatmu lur….

  56. Mbok sekali-kali proyek infrastuktur di luar jawa, mbok skali-kali pejabat blusukan ke sini. Boro-boro jalan di aspal…. wong mambu aspale wae durung. Boro-boro enek listrik ws 30 th urung enek PLN melbu kene. Iki lho daerah transmigrasi nek Kalimantan Timur. Jajal ngunu kui pikiren sing tenang. Piye pendapatmu lur….

  57. Heran, malah menghubungkan parahnya jalan di daerah-daerah dengan proyek kereta cepat ini! Kalau jalan daerah rusak ya tanya msg2 kepala daerah lah! Kok nyalahin Presiden.
    Saya pikir kereta cepat ini bukan proyek sia-sia seperti yg kita duga, Presiden tidak sebodoh itu! Ini bisa dibilang sbg tahap awal menuju transportasi Indonesia modern. Jd kapan lagi dimulai klo bukan sekarang. China dan Jepang mengalami kemajuan yg pesat tidak terlepas dr hadirnya kereta cepat sbg penyokong, transportasi yg cepat, efisien dan murah! Proyeksi ke depan seluruh Jawa akan terkoneksi kereta cepat ini hingga ke Surabaya. Saat ini berbicara ttg transportasi, membangun jalan atau tol bukan lagi solusi, krn toh akan semakin banyak kendaraan. Pengadaan transportasi massal adalah solusi yg paling cemerlang dan tepat, salah satunya kereta cepat ini. Kereta cepat jelas berbeda kelas dengan kereta api konvensional, artinya masyarakat diberi pilihan yg lebih luas memilih sesuai kepentingan dan kebutuhan msg2.
    Pak Jokowi selalu bilang,setiap titik rute perhentian kereta cepat ini ke depannya dengan sendirinya akan mengalami pertumbuhan pesat, krn sudah disokong transportasi yg memadai dan nyaman. Bayangkan berapa titik kota akan bertumbuh di sepanjang rute Jakarta-Surabaya!
    Jd mari kita dukung dan sokong proyek prestisius ini.

  58. Kreta api itu proyek strategis pak, klw buat lokal kereta gantung.

 Leave a Reply