Apr 022016
 

Sabah – Sedikitnya empat warga Malaysia diculik kelompok Abu Sayyaf di perairan Malaysia, setelah kapal tugboat korban dicegat sejumlah pria bersenjata di wilayah Semporna, Sabah, Malaysia.

Sumber militer Filipina, dilansir media lokal Inquirer.net, Sabtu (2/4/2016) menyatakan, delapan pria bersenjata yang menggunakan perahu motor mencegat dan masuk ke atas tugboat yang ditumpangi para korban pada Jumat malam (1/4/2016) waktu Malaysia.

Semporna merupakan wilayah pantai timur Sabah, Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan. Menurut sumber militer Filipina, para pria bersenjata itu mengklaim sebagai anggota kelompok Abu Sayyaf.

Pria bersenjata itu memaksa korban ikut bersama mereka. Para penculik membawa serta sebuah laptop, uang tunai dan sejumlah telepon genggam milik korban.

Para pelaku berbicara dengan bahasa Inggris yang tidak lancar dicampur bahasa khas Filipina. Laporan awal menyebutkan, para pria bersenjata itu kabur membawa keempat korban ke satu pulau kecil di wilayah Sabah.

Mayor Filemon Tan dari Komando Militer Mindanao Barat telah mengkonfirmasi laporan penculikan warga Malaysia itu. Namun lebih lanjut, Tan menyatakan masih mengumpulkan informasi detail soal penculikan ini.

Penculikan 4 warga Malaysia ini terjadi setelah penculikan 10 warga negara Indonesia (WNI) oleh kelompok Abu Sayyaf akhir Maret lalu. Kelompok Abu Sayyaf meminta tebusan 50 juta peso atau Rp 15 miliar dan mengultimatum pembayaran paling lambat pada 8 April mendatang.

Hingga kini, upaya penyelamatan 10 WNI masih berlangsung. Militer Filipina menolak tawaran bantuan militer Indonesia dalam operasi penyelamatan WNI. Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu menyatakan siap membantu jika Filipina membutuhkan.

Sumber : Detik.com

  67 Responses to “Empat Warga Malaysia Diculik Kelompok Abu Sayyaf”

  1. Tahniah malon!!

  2. Ini kelompok harus ditumpas sampai ke akar2nya,buat oprasi gabungan militer Filipina,INDONESIA,dan malaysia.

  3. Gerakan ini kayaknya pengin eksis. Butuh dana buat pergerakannya, mungkin kiriman dari isis tersendat

  4. Menarik ditunggu apa yang akan terjadi selanjutnya.
    Kita akan melihat 2 pola manajemen konflik & problem solving dari 2 pemerintahan yang berbeda.
    1. Bagimana pemerintah Indonesia dan TNI menangani kasus penculikan 10 WNI oleh kelompok Abu Sayaff..? Pendekatan seperti apa yang digunakan..? Lalu, seperti apakah efektivitas dan tingkat keberhasilan operasi nya.?
    2. Bagaimana pemerintah Malaysia dan TDM menangani kasus penculikan warga negaranya..? Pendekatan yang digunakan..? serta efektivitas dan tingkat keberhasilan operasi..?

    Ini bisa menjadi bahan diskusi komparatif bagi para analis militer di dunia. Kemampuan Keduanya akan diuji dalam kasus yang hampir sama, dari segi lokasi, waktu, dan pelaku.

    Kita berdoa yang terbaik bagi Tim yang bertugas membebaskan sandera 10 WNI. Dan Berdoa untuk keselamatan sandera. Amin

    Salam Lestari

    • Sebelumnya saya ucapkan turut berduka karena warga sipil yg malasia turut menjadi korban..benar spt yg bung ayam jantan sampaikan..peristiwa ini bisa menjadi ajang komparasi dr diplomasi,strategi militer/intelijen kedua negara..terlepas nnt yg melakukan operasi dilapangan adalah militer pinoy,dr hasil akhir drama penyanderaan kelompok Abu syaraf ini akan terlihat keunggulan masing2 negara dlm menghadapi masalah yg sama..selamat berjuang TNI

    • Wait and see aksi dari kopassus n GGK..

  5. absen dl ah

  6. bentar lagi giliran pasukan hentak hentak bumi beraksi..

  7. kalau takde kuasa trus trus kerjaan tdm apa?
    serasa gagal faham.

  8. Ayolah, saatnya GGK beraksi, yg menurut klaim, pasukan para komando jaguh di dunia.

  9. Hihihi, terlihat sudah pola dan garis benang merah nya.
    Dah lah, pecaye saje sama tentera kerajaan malaise.. . Pasukan elite class! Jng ragukan keheibatan negara super powder malasie!

  10. ahahahha ketawa ane sambil guling2 bung colibri,…

    mantb lanjutken…xixiixixi

  11. Bro @colibri.. Jangan bawa2 kambing bro, kambing tidak bersalah & tidak tahu apa2.
    STOP EKSPLOITASI KAMBING….!
    Hahaha….

  12. cari itu otaknya jangan” sampe kamuflase teror,,tumpang tindih LCS + teroris.
    ada bunglon di balik udang dan batu

  13. @tong kosong&kevin

    Abu Sayaf dan abu-abu banci lainnya, braninya nyulik dan ngebomin warga sipil…kelakuan kalian nggak ada bedanya dg “ayam abu-abu”, menghalalkan segala cara utk mencapai tujuan

  14. Ye… Jangan gitu bro, anda harus optimis negara anda bisa membebaskan sandra.
    Anda harus bisa membuat negara anda menjamin keselamatan sandra. Suara yg paling kuat itu suara rakyat..

  15. ancam saja pemerintah filipina, kalo terjadi apa2 dengan abk indonesia yg disandera abu sayaf, maka kapal SSV Tarlac aka LPD buatan PT. PAL ditunda pengirimannya sampai waktu yg tidak ditentukan, atau dibatalkan saja, biar mewek itu pinoy, rugi2lah yg pentinf keselamatan WNI terjamin!

  16. Pertanda kawasan pinoy lemah,tdk ada pengawasan
    Ini hasil dari ketergantungan sama mamarika
    Melumpuhkan kreasi dan kemandirian suatu hangsa
    Untung bangsa indonesia tidak seperti ini
    Pemerintah sudah jeli dan pendai menata langkah serta rakyat tercinta sudah pada cerdas

    Kita lihat saja,apakah yang dapat dilakukan pemerintah pinoy dan militernya terhadap nasib warga negara asing yg disandra oleh pemberontak dinegaranya

  17. itu mungkin abu nawas KW bung KSSKS..ixixix.
    smoga ke 10 crew TB BRAHMA 12 dpt bebas secepatnya.salam sehat selalu bung KSSKS

  18. kalau terjadi pa2 sma WNI yg diculik alangkah baik’y pulau tersbut dibombardir pasti rame,,,,,

  19. Salut utk pak cik Putera JOHOR BAHRU…. karena lebih jujur dan open mind ketimbang pembaca JKGR dari malaysia lainnya…. 🙂

  20. @ bung Pokpink kayaknya ini jalan masuknya yak…. he he…

  21. Kan ada GGk yang bisa digunakan kerahkan pak cik. Tandem dengan PPRC Indonesia pun tak apa. Biar saling belajar.

  22. Ada akrobat apa ini di filipina?? Agak mencurigakan, mengingat sebentar lagi mereka kan ada pilpres, apa mungkin itu tim sukses salah satu capres yg kekurangan duit lagi cari dana buat kampanye? Sangat memungkinkan itu kelompok lain, karena disana pabrik senjata rumahan sangat banyak dan kontrol senjata disana juga lemah. BTW, info dr Philstar.com waktu kejadian ada 3 wn Myanmar dan 2 WNI tapi mereka dilepaskan, aneh kan?

  23. HAHAHAHAHA…. nyimak

  24. Maklum rakyat dan pemerintah malaysia lagi hikmat menyaksikan parade lewatnya kapal cina di persiran mereka. Tak bisa berkutik hanya menyaksikan saja

  25. Sebenarnya Pemerintah Filipina aja yg sedikit angkuh dengan mengatakan militernya sanggup menangani.kasus abu sayaf.coba ambil contoh kasus isis di Suriah yg notabene memang pemerintah Suriah Meminta bantuan dr Rusia untuk menggempur ISIS..andai saja pemerintah “Pil Ipin” mau membuka diri dengan kehadiran militer indonesia yang menurut Pantauan internasional GLOBAL Fire Power no 12 di Dunia dan no 1 di ASEAN Serta pasukan ELITEnya no 3di Dunia.bukan tidak mungkin akan lebih mudah menumpas ABU SAYAF yg cabang ISIS Asean.belum di tambah dengan gabungan TDM malaysia yang juga mempunyai kepentingan karena warganyapun ikut di culik.Seharusnya.untuk TERORIS tidak ada kaya NEGOSIASI.Tapi yang ada harus TUMPAS SAMPAI MATI DAN HABIS.Seperti ISIS di Suriah oleh RUSIA.salam semangat untuk PIL IPIN buka pintu hati anda dan bukalah mata pandang keluar secara internasional jangan merasa mampu.karena merasa di Negara Sendiri..ini juga menyangkut negara lain karena warga negara lainpun yang jadi korban.TERIMALAH MILITER KAMI TNI.ikut bergabung..

  26. nah kata2x ini apaan, bukan nya sama aja mengejek ” Yang suka mengejek itu kalau muslim berarti muslim KTP doang. Pasti jarang sholat lima waktu”

  27. mesti nak berusaha tak boleh berhenti.mereka juga sana kumpulan yg terkenal dngn sktiviti mrnculik untk mndptkn tebusan..

  28. mesti nak berusaha tak boleh berhenti.mereka juga sama kumpulan yg terkenal dngn aktiviti menculik untk mndptkn tebusan..

  29. woiiiiiiii gaduh sendri sahaja awak…tentera awak sahaja belom boleh lepaskan kru kapal…besar cakap..!!

  30. Bawah ane, kepala keluar jerebu !!… kwaaakk..kwaaakk..kwaak…

  31. Ah… pak ustadz ko sensi banget seh, ane khan cuma becanda doang pak ustadz !!… xixi…

  32. Terus musuh umat Islam yg sebenernya itu siapa Ustadz ??…. Akan lebih bijaksana seandainya pak Ustadz bikin artikel, terus minta tolong sama admin jkgr untuk dinaikkan di forum ini…. itu saran ane pak Ustadz, daripada bikin opini ga jelas terus akhirnya malah timbul fitnah dll….

    Ane yakin pak Ustafz pasti bisa…. pak Ustadz khan pinter !!… xixi…

    • Met malem mingguan juga bung Birin……

      Salam sejahtera… semoga berkah, hidayah, keselamatan dan kesehatan selalu bersama bung Birin dan keluarga, amin…..

  33. Pak Ustafz mah suka ngeyel….. dibilangin suruh bikin artikel malah komen kamana we…..tapi tetserah deh…

  34. tau nih..bingung ane…komen kadang gak sesuai dengan artikel yg di tulis…sebenernya pada smart apa..nggak ya..kayanya yang penting bisa tampil eksis dan up to date komennya ya…cuma menuh menuhin kolom aja apalagi komen yang ber ulang ulang isinya kurang lebih sama aja..jadi malah kaya..sampah kolom ini.sory bro kalau yang mersa kesentil peace..

  35. Penasaran sama orang negara sebelah yang komen negatif waktu berita penculikan warga indonesia pertama kali muncul . kok enggak nonggol ya giliran ada berita ginian

    • Iya bro… Pengecut semua mereka.
      Klo kayak gini mereka jadi silent reader semua..
      Mereka menghina kita waktu kkp menangkap 8 abk nelayan china tp tidak bisa menangkap kapalnya, giliran mereka yg dimaling lbh dr 100 kapal ( 500 abk) ngak bisa nangkap 1 orang sama sekali mereka sama sekali ngak nongol.
      Begitu jg kasus ini, mereka jg ngak nongol.
      Mungkin klo bung colibri kasih pisang baru nongol semua. Hhe”

  36. MALON binasah, banyek cakap ta de tekad. sekarang warga kalian di sandera. ane pengen lihat aksi TDM……

  37. TITOT TITOT CARAVAN banyak cakap. negara tak freedom mass media. penakot.

  38. kwaakk..kwaaakk..kwaaakk….

  39. Maaf bung sht..sy pernah kerja bareng gerombolan Malone disuatu perusahaan..pengalaman pribadi yg sy dpt mmg sdh tabiat mereka suka menusuk dr belakang..malas,kurang kreatif dan suka klaim ide orang lain..

 Leave a Reply