Dec 312016
 

KRI John Lie (JOL-358) dan KRI Usman Harun (USH-359) yang melaksanakan latihan formasi di Perairan Karimunjawa, Jateng, (28/9/2016). [Antara/Joko Sulistyo]

China kini memiliki angkatan bersenjata terkuat di Asia Timur. Di dunia, peringkat China hanya di bawah Amerika Serikat dan Rusia. Tidak heran Kementerian Pertahanan Taiwan melakukan scramble dua jet tempur F-16 dan dua pesawat pengintai untuk melacak kapal induk China, Liaoning, yang masuk ke wilayah perairan pulau terdekat negara Taiwan pekan ini, sambil mengawasi armada tersebut kembali ke pelabuhan di China.

Namun militer Taiwan hanys masuk ke dalam peringkat ke-10 Angkatan Bersenjata Paling Kuat di wilayah Asia Pasifik pada skala GlobalFirePower yang menempatkan China pada urutan ketiga. Di Asia Pasifik, Jepang menempati peringkat No. 4 dan Korea Selatan No. 6. Indonesia berada di peringkat delapan sedangkan Vietnam di peringkat sembilan.

Semua peringkat angkatan bersenjata ini berada dalam database di atas posisi 20 dari 126 negara yang dianalisis di seluruh dunia, sebelum sebagian besar negara Eropa dan Timur Tengah dimasukkan dalam survei. Survei mengevaluasi negara berdasarkan pada kepemilikan senjata, jumlah pasukan (termasuk cadangan) dan potensi pasukan yang tersedia jika sebuah negara membutuhkan layanan militer. Posisi geografis juga dapat membantu meningkatkan peringkat suatu negara.

Mengapa negara-negara Asia Timur meningkatkan kekuatan angkatan bersenjata mereka dalam jumlah besar? Jawabannya kembali ke kapal induk Liaoning China. Angkatan bersenjata terkuat di luar wilayah China sedang mempersiapkan sebagian besar kekuatannya untuk melawan China. “China adalah faktor utama yang mempengaruhi modernisasi dan pembangunan militer di kawasan itu,” ujar Denny Roy, rekan senior di East-West Center, sebuah lembaga think tank Amerika Serikat.

Ini negara paling kuat di di Asia Timur, tidak termasuk China :

Japan Ground Self-Defense Forces (AP Photo/Eugene Hoshiko)

1. Jepang: Meski Perdana Menteri Shinzo Abe berjanji pada peringatan Perang Dunia II di Hawaii bulan ini, bahwa Jepang tidak akan mencetuskan perang lain, pasukan pertahanan diri Jepang memiliki tiga kapal induk dan 287 pesawat tempur. Jepang melakukan patroli laut yang mencapai ribuan kilometer dari pantai selatan yang merupakan jalur penerbangan dan pergerakan kapal China. Kedua negara memperebutkan pulau Senkaku atau Diaoyudao, dan China telah menggunakan gerakan militer untuk menunjukkan ketidaksenangan atas kontrol efektif Jepang dari delapan pulau tandus tersebut.

2. Korea Selatan: Militer yang bermarkas pusat di Seoul dengan 406 jet tempur dan 214 sistem peluncur roket ini, khawatir dengan Korea Utara, yang menempati peringkat ke-25 dan telah menunjukkan kemampuan nuklirnya. Tapi China berada di belakang Korea Utara, sehingga Korea Selatan secara efektif membangun sebuah perlawanan terhadap Beijing.

Sejumlah frigat kelas van Speijk dan Multi Role Light Fregate bermanuver taktis di Perairan Karimunjawa, Jawa Tengah, (28/9/2016). (Antara Foto/M Risyal Hidayat)

3. Indonesia: Militer Indonesia juga tidak melewatkan isu naiknya kekuatan militer China. Indonesia adalah negara Asia Tenggara dengan lebih dari 13.000 pulau dan memiliki 66 kapal pertahanan pesisir serta 12 unit kapal perang penyapu ranjau yang menangani pembajakan dan illegal fishing. Tapi sejak tahun lalu, Indonesia bersikap lebih keras terhadap kapal China yang melewati perairan yang mereka klaim, dekat dengan gugusan kepulauan Natuna. Beijing menganggap bahwa itu adalah wilayah perairannya sendiri sebagai bagian dari klaim sekitar 95% wilayah Laut Cina Selatan, yang membentang dari Taiwan ke Singapura.

Kapal Selam Kilo HQ-182 Hanoi, Vietnam

4. Vietnam: Merupakan negara Asia Tenggara dengan suara paling kuat menentang ekspansi Beijing di Laut Cina Selatan. Negara yang juga terlibat perang dengan China pada 1970-an ini, memiliki 73 pesawat tempur dan lima kapal selam hasil pembelian awal tahun ini. Pemerintah AS mencabut larangan penjualan senjata mematikan pada tahun ini. “Pengadaan kapal selam Vietnam akan menaikkan biaya China untuk melakukan operasi maritim dalam 200 sampai 300 mil laut di sepanjang pantai Vietnam,” kata Bonnie Glaser, penasihat senior untuk Asia di Strategic and International Studies, sebuah think tank di Washington.

5. Taiwan: China adalah satu-satunya ancaman nyata bagi Taiwan namun itu adalah ancaman yang sangat besar. Menurut database, Taiwan memiliki empat kapal selam dan 287 jet tempur. Hubungan Taiwan-China menjadi sangat tegang sejak presiden baru menjabat tahun ini di Taipei. Latihan militer diumumkan di Taiwan yang biasanya dirancang untuk menangani skenario perang dengan China.

Ralph Jennings / Forbes.com

Bagikan Artikel:

  37 Responses to “Enam Negara Asia Timur Masuk Most Powerful Armed Forces, Dunia”

  1. Tambah lagi alutsistanya Pak.

  2. Malon gak di reken soalnya bukan negara wkwk

  3. Buat gua..kenapa Asia timur meningkatkan otot besinya?karena Asia timur sudah belajar banyak dari Arab spring Dan Asia timur ga mau kawasan nya Akan jadi rusuh kaya timteng…(kelakuan para penjahat rakus nan pengecut selalu melakukan proxy war dn false flag…;)

  4. Jepang kian bangkit.. jika perjanjian dg Amrik bisa diubah, kemungkinan langsung ngejar kekuatan Tiongkok..

    calon medan World War IV ada di Asia Pasifik..

    • ga lah.calon medan perang tetap ditimur tengah segi tiga israel-arab saudi-iran.jepang akan menjadi cangih tapi tetap ga bisa ngimbangin china,jangan lihat cina seperti pasca perang candu dulu.cina yang sekarang bangkit adalah cina yang mengirim pesan perlawanan kepada negara asing yang menginvasi negara mereka dulu pada masa qing.jepang bagaimanapun kalah sumberdaya manusia secara kuantitas dan militer china sekarang bukanlah militer era perang dinginn seperti saat meteka kalah dari virtnam di1979, militter mereka sekarang adalah militer modetn yang berusaha mengedepankan diplomasi terlebih dahulu demi amanya jalur ekonomi mereka.pemimpin mereka dibeijing juga paham kekuatan mereka saat ini belum mampu berhadapan dengan amerika di dua front sekaligus :LCS dan LCT.hal ini karena china masih menungu senjata terakhirnya;pembom masif berwujud siluman yang konon cloning B2 stealht USAF.

  5. indonesia top markotop

  6. kenapa malon tak masuk senarai kahkahkahkah

  7. lah negara sekolong langit kok ngak masuk… negara terjaguh….

  8. vietnam punya puluhan sukro, kilo class, scud B tank ratusan unit ga dikata kuat?
    rangking hoax aja pada saya.
    india punya nuklir, korut punya nuklir ga dikata kuat?

  9. di formil sblh ada info penutupan Kesatuan Persiapan Pengambilan Kapal (KPPK) untuk kapal Selam Diesel Electrik DSME 209 KRI Ardadedali 404 berarti ??????????????

  10. Weww,indonesia masuk nomer euy

  11. Kalau ingin lebih kuat Indonesia harus jadi kaya seperti Tiongkok banyak uangnya bukan banyak utangnya.

  12. Percuma urutan 3,masih belum kuat kalo rudal2nya blm di uprgade trbaru

  13. Indonesia tanah air beta
    pusaka abadi nan jaya..!!!

  14. Jawabannya singkat, karena perang dunia 3 akan segera pecah!!! So mari kita perkuat negara kita dgn alutsista gahar, canggih dan berefek gentar, tp klo msh presidennya org sipil sptnya susah….kita wait n see aja deh!!!,

  15. TNI ini …diukur Dari jumlah prajurit nya …kelengkapan …satuan pasukan khusus nya …
    Bukan macam …jumlah ..deterrent Alutsista nya ..
    Terus terang …Alutsista nya TNI ini sangat standard…
    Baik macam atau jumlah nya…
    Bahkan banyak sekali yang kuno…Dan rusak …
    Bagian ini…tidak masuk dasar penilaian ….
    Nanti hasilnya nya bisa kompleks Dan ruwet untuk disimpulkan..

  16. negara terkuat adalah yg banyak jet tempur dan kapal destroyer+ pertahanan rudal….bukan jamannya main darat….doktrin sudah berubah

  17. baca artikel diatas…indonesia punya 66 unit sistem pertahanan pantai…apaan yah?..bastion kah???…hmmm..atau jangan jangan spt omongan kapuspen wkt insiden natuna dengan CG china….kl kita bisa menindak kapal perang musuh dari jarak 400 km di lepas pantai… ada yang tahu???

 Leave a Reply