Aug 072016
 

NEW DELHI – Lokalisasi produksi pesawat tempur F-16 bisa membantu India menggantikan armada usang yang sebagian besar tergantung pada MiG-21 Soviet yang telah usang sebagai ganti karena kesepakatan pembelian jet tempur Rafale antara Paris dan New Delhi yang tak kunjung diperoleh dan terkesan diulur-ulur, Praful Bakshi, mantan kkepada omandan Angkatan Udara India dan mantan juru bicara kepala Departemen Pertahanan, mengatakan Sputnik pada hari Sabtu (06/08/2016).

Pada hari Kamis (04/08/2016), wakil presiden kontraktor pertahanan AS Lockheed Martin mengatakan bahwa perusahaan bersedia untuk mengubah India menjadi produsen tunggal pesawat F-16 dengan menutup satu-satunya jalur produksi aktif di Texas dan bergeser ke India.

“F-16 dapat menjadi pengganti yang bagus untuk pesawat MiG-21. Karena kesepakatan yang belum jelas terwujud dengan Rafale”, katanya. Bakshi menambahkan bahwa transfer teknologi akan menjadi bagian penting dari kesepakatan tersebut.

“Kita harus melihat apakah mereka membawa teknologi mereka, kita harus melihat bahwa mereka tidak harus membuat India hanya tempat berkumpul. Mereka harus membawa teknologi mereka kesini dan pesawat tempur harus dibuat disini. Ini akan menciptakan kesempatan kerja disini dan mendorong kami pengembangan teknologi, “jelasnya.

Pada bulan Januari 2016, India dan Perancis menandatangani kesepakatan antar pemerintah atas pembelian 36 jet tempur Rafale. Produsen penerbangan Dassault Prancis awalnya meminta hampir 12 milyar dolar AS untuk pembelian pesawat tersebut, sementara New Delhi meminta diskon 30 persen dari harga tersebut. Pada bulan Mei, Paris telah sepakat untuk menurunkan harga antara 7 – 8 persen, sehingga tawaran Perancis saat ini sekitar 8,6 milyar dolar AS.

Artikel Terkait :

  14 Responses to “F-16 Mungkin Gantikan Jajaran MiG-21 India”

  1. f- 16 ndak da off nya

  2. weh the one yaa

  3. India beraninya beli f-16 baru, coba klo dia berani beli 24 f-16 dempulan yg sudah terbakar habis 1 dari ASU yg di beli presiden SiBoYo kemarin. Bisa stres mereka, karena pilotnya berkurang 1 demi 1 hampir tiap tahun.

  4. ga bakal beli ketengan dah, pabrik aja mau dipindahkan. :v
    dari pabrik bajaj ke f16 sebuah prestasi!!

  5. India mulai melepas rusia, krn tau rusia, china, pakistan, musuh nyata india..
    Seiring ketegangan kawasan..
    Sudah ancang ancang dulu..

    Usa sudah.menghitung india sebagai sekutu yang melawan ekspansi china di asia.

    Makin terpolar..

  6. ini murni kekonyolan asu yg mulai sekarat membiayai perangainya selama ini. demi rupee jual pespur ama pabrik2nya pun di jabanin haaahaaaa

  7. Hebat juga India.. Hampir tiap hari belanja alutsista gahar… Mngkin dalam otak para pejabat India adalah perang dan pertahanan Negara… Gk seperti Negara sebelah Selatan nya malaysia diotak pjabatnya duit dan duiiit mulu..

  8. ini bukan konyol bung didoy, ini adalah strategi bisnis. toh produksi f16 d amerika dah brkurang, klw ada peluang besar knapa ga…

  9. top bingit

  10. 1. Memproduksi?
    2. Merakit?

    Sebaiknya membeli F35 sprt korsel, beli 40 unit dpt TOT….

  11. india tengah berusaha membuat mesin sendiri untuk tejas. skrng tejas msih menggunakan mesin made in us…..tapi di indonesia masih bnyk yg mikir buat apa riset bikin mesin mending impor….hahay….ketika cina beli su 27. dari mesin sampe bodi di buat tiruannya…..

  12. Beli F16V untuk menggantikan mig21..
    Pilihan yg tepat…!!

  13. India ITU kekayaan SDA nya APA sih

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)