Apr 112016
 

Pekanbaru – Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (RSN) Marsma TNI Henri Alfiandi menyatakan Pangkalan Udara RSN Pekanbaru terus memperkuat alutsista, dengan kembali mendatangkan pesawat F-16 hingga akhir tahun 2016.

Marsma Henri mengatakan pesawat tempur F-16 Lanud RSN rencana akan berdatangan dan utuh pada akhir 2016 dan siap operasional pada tahun 2017. “Secara keseluruhan akan ada penambahan 24 pesawat F-16 pada akhir 2016,” ujar Marsma Henri di Pekanbaru, Riau (9/4/2016).

Nantinya ke-24 pesawat itu selain memperkuat Skadron 16 (RSN), juga Skadron Udara 3 Iswahyudi, Jawa Timur. “Sekarang (Lanud RSN) ada tujuh pesawat F-16. Tambah lagi sampai 24, nanti dibagi dan sisanya dijadikan satu di Skadron Udara 3,” tuturnya.

Kedatangan pesawat tempur buatan Amerika itu terus dilakukan meski ada beberapa hambatan antara lain produksi komponen.

AIM 120 AMRAAM

AIM 120 AMRAAM

Namun, Marsma Henri Alfiandiia memastikan Skadron Udara 16 Lanud RSN akan ditambah dan diperkuat dengan kedatangan puluhan pesawat canggih pada awal tahun 2017. “Proses terus berjalan, walaupun ada hambatan namun tidak menghalangi perencanaan, karena telah kita perhitungkan semuanya,” ujarnya.

Saat ini Lanud RSN memiliki dua skadron pesawat tempur sejalan dengan peningkatan status Lanud dari tipe B menjadi tipe A pada bulan Agustus 2015, yakni Skadron Udara Hawk 100/200, Skadron Udara F16 dan ditambah Skadron pemeliharaan.

Pemerintan Amerika Serikat juga telah menyetujui penjualan rudal jarak menengah AIM-120 AMRAAM, selain rudal jarak pendek, AIM-9 Sidewinder, sehingga menambah daya gebuk pesawat F-16 TNI AU

Sumber : CNN Indonesia

Bagikan Artikel :

  53 Responses to “F-16 Skadron Udara Pekanbaru, Komplit Tahun 2016”

  1. blep blep

    • Lemah?? China bertempur diatas “besi mengambang yg kecil”, kita bertempur di atas pangkalan raksasa yg tak mungkin tenggelam. 200 rudal pantai jarak jauh dengan 10 peluncur sudah cukup untuk mengatasi kekuatan laut china. Cukup dengan 1 Batalyon Rudal Pantai. Kalo mau.

    • Bukan lg pamer kekuatan om. Cuma jaga perbatasan…. 🙂

      • Kalo indonesia mau pamer, nanti jika su 35 udah dateng. Trus naruhnya di iswahyudi. Biar kalo latihan ke selatan suaranya nyampe ke negri om connelly… 🙂

    • Penempatan Alutsista TNI di Natuna bukan karena china semata. Namun situasi di Ambalat Juga menjadi fokus TNI. Natuna akan menjadi pangkalan strategis bila terjadi konflik di Ambalat.

  2. Awas nyunsep….barang rongsokan

  3. mugo mugo ae pesawat’e g rewel ben slamet pilote nek ape d gawe akrobat

  4. tinggal nunggu sukhoi…

  5. second lagi ,capeh deh!

  6. Elang botak, low quality!
    Pretelin j terus di produki ulang m PT. DI

  7. Ra popo…lumayan buat nambahin renking AU di ASEAN…hehehe

  8. Tambah terus pesawat tempur tni au,,,biar tetangga sebelah tidak lagi macam2 kepada NKRI…….rebut FIR dari singaompong……NKRI HARGA MATI.

  9. F-16 nya kurang gahar ahh mending Su-34 atau Mig-35 baru mantapss.

  10. Namun, Marsma Henri Alfiandiia memastikan Skadron Udara 16 Lanud RSN akan ditambah dan diperkuat dengan kedatangan puluhan pesawat canggih pada awal tahun 2017. “Proses terus berjalan, walaupun ada hambatan namun tidak menghalangi perencanaan, karena telah kita perhitungkan semuanya,” ujarnya.

    APA MAKSUDNYA TU ?????

  11. Tambah MIG kan lagi sepi peminat bung siapa tau kita dapet lisensinya hahahahhaha

  12. Pesawat canggih nya apa hayo?
    Typhoon ya?
    Duite sopo????????
    Wkwkwkwk….

  13. kalau isinya F16 gk komplit pun gk apa… janji d ganti sukhoi semua biar tambh komplit. f16 biar nyunsep.

  14. ngomong kok pelepotan………….

  15. mantaaf…akhir 2016 komplit F16nya datang,awal tahun 2017 ditambahin puluhan pesawat canggih?….merknya???..

  16. ehhh ternyata ono wedus iso ngomong,iki basa suroboyo broww yen ora ngerti wes nang lapangan ae mangan suket

  17. Yang kurang gahar dipublish, yang gahar dighoibkan. Kalau yang gahar dipublish juga, tidak ada suprise bagi musuh spt layaknya tentara philipina yg kena suprise dari abu sayyaf dan kemungkinan musuh menyiapkan antidot pasti terjadi.

  18. Ga percaya juga ga apa2 bro spion. Negara ga rugi ko kehilangan dukungan dari orang sepertimu… 🙂

  19. Amiin… 🙂

  20. ” Skadron Udara 16 Lanud RSN akan ditambah dan diperkuat dengan kedatangan puluhan pesawat canggih pada awal tahun 2017 “. Pesawat jenis apa lagi ya.? Apa maksudnya F16 yg direfurbise itu ya.?

  21. walaupun elang botak tetap berguna..sebagai penetralisir si naga dan penutup GAP sementara..mantap

  22. Iki Jakarta Greater cuk udu Suroboyan Greater

  23. Lumayan kenek gawe tambahan armada tempur tni au….kari ngenteni pesawat canggihe koyok su 35…senggol bacok seng ngganggu kedaulatan ri

  24. Alhamdulillah prlu disyukuri wlopun cm f16 tp klo bnyk jumlhnya,senjata lengkap dan performa SDH racing krn SDH diupgrade.. Pasti ditngn pilot kita akan jd pesawat yg handal dan tangguh.. Setidaknya bs menindak tegas stiap pesawat asing yg masuk tanpa ketok pintu..

  25. F 16 viper….??? Krn terintegrasi sama Apache….bisa jadi.

  26. F16 viper…? Biar klop sama Apache…

  27. Bagus , kalau pengamat dari austr…menyakini demikian
    Masuk jebakan betman

  28. T5O fakfa dah siap terbang di tmptnya Om Putin dah lngsng Teken sekalian kan Janjinnya RR cari Pesawat bagus kalian bungkus S 400 5 Batalion di jamin gerah,… klo lcs Asean Bergabung Tiongkok bakal batuk2 plus armada jepang + aus + taiwan + Asu,…

  29. Kalau Appolo 1 tidak terbakar mungkin manusia tidak pernah menginjak Bulan.

  30. ef namblass..gapapa klo nenteng pinsil di atas duaratus kiloan lebh jangkauannya..nyang penting kudu ada pesawat pemandu dan peringatan dini dengan penglihatan sangat sangat jauh apalagi ntu awacs aew..punya radar anti siluman…btw dah ada ga ,radar kaya gitu ?..syukur² sukro bisa ngobrol ma si palkon..kan sementara bisa diangon sukro…silahken dilanjut…

  31. dr opini pengamat di atas, spertinya indonesia diproyeksikan sbg tameng aussie bwt ngadepin naga dr utara dg menggoreng isu natuna… pst petinggi RI dah paham hal ini dan pny antidotnya. waspadai jebakan betman aussie lainnya, jg smp indonesia menjadi pemicu ww3. salam.

  32. Untuk sementara yg ditaruh di LCS ya F 16 CD….. selanjutnya clue berikutnya F16 Viper masuk ditaruh di pekanbaru dan natuna.
    Viper untuk pamer, F16 CD untuk workhouse… lapis kedua
    Klo SU 35 jelas iswahyudi itu untuk khusus antidot musuh dari selatan

  33. MENHAN Ryamizard Ryacudu (APR 2016) : “kami akan membeli dari EROPA dan AMERIKA juga dari RUSSIA”

    buat apa pesawat dari eropa dan amerika, pak? nanti di embargo lagi
    mending MIG-35, siapa tau dapat murah + TOT

  34. Kalo ada musibah lagi, sepatutnya KASAU juga ikut diganti… masa atasan hanya tahu laporan yang baik baik dari bawahan

  35. indonesia darurat s-400

  36. Gripen kayaknya tepat untuk indonesia
    Dengan TOT 100% indonesia bisa bikin Gripen mutan rasa indonesia
    Dengan gripen mutan rasa indonesia nanti ciptakan Gripen yg mesin ganda kalau perlu mesin 3 tau mesin 4 sekalian
    Huaka..ka..ka..

  37. Hati2 kalau ni pespur lewat diatas kepala bisa nyungsep…maklum udh sepuh masih dipaksakan…dan pilot exstra hati2 dengan nyawa cadangannya.

 Leave a Reply