Mar 162017
 

Jet tempur siluman Lockheed Martin F-35 Lightning II telah berhasil melakukan uji coba penembakan perdana dari rudal MBDA ASRAAM (Advanced Short Range Air-to-Air Missile), sebagaimana dalam rilis pers MBDA. (15/03/2017)

Jet tempur siluman F-35 berhasil menembakkan rudal MBDA Advanced Short Range Air-to-Air Missile (ASRAAM)

Uji coba perdana menembakkan rudal yang dirancang oleh Inggris dari Joint Strike Fighter F-35, dan untuk pertama kalinya rudal buatan non-AS telah ditembakkan dari pesawat.

Dua uji coba yang dilakukan dari Naval Air Station Patuxent River dan Edwards Air Force Base di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa kedua uji coba penerbangan dan penembakan rudal ASRAAM yang diluncurkan dari udara telah berhasil dilakukan.

MBDA saat ini berada di bawah kontrak yang diberikan pada tahun 2016, untuk memproduksi rudal udara-ke-udara dipandu infra-merah (IR) berkemampuan tinggi  untuk F-35 Inggris.Roket pendorong besar ASRAAM dan desain aerodinamis yang bersih memberikan kemampuan kinematik tinggi yang mampu mengantarkan performa kinerja akhir yang superior dibandingkan dengan rudal IR yang ada dalam layanan negara lain.

Percobaan dilakukan oleh tim penguji terpadu di Patuxent dan Edwards, yang terdiri dari Lockheed Martin, BAE Systems, MBDA dan Northrop Grumman.

Uji coba pengembangan saat ini sedang dilakukan di bawah program integrasi ASRAAM ke pesawat tempur F-35 milik Inggris. Keberhasilan uji coba ini selanjutnya direncanakan untuk kegiatan integrasi yang memungkinkan Kemampuan Operasi Awal (IOC) dari pesawat tempur oleh Inggris.

MBDA juga telah dikontrak untuk Capability Sustainment Programme (CSP) ASRAAM untuk membangun rudal pengganti bagi pesawat tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Inggris.

Upaya CSP yang memanfaatkan kesamaan rudal ASRAAM ini dengan keluarga rudal CAMM, yang ada dalam pelayanan Angkatan Laut dan Angkatan Darat Inggris, sehingga memberikan penghematan biaya secara luas di seluruh Angkatan Bersenjata Inggris.

MBDA Missile Systems

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  17 Responses to “F-35 Berhasil Melakukan Penembakan Perdana dari rudal ASRAAM”

  1. Berhasil pertamak

  2. Emangnya sebelum2nya blom ada yy berhasil ya.? Kalo dibuat dr awal sampe sekarang blom berhasil menembakan rudal, lalu bisanya apa si kalkun ini.?

  3. Boloooong…

  4. Wah hebat..Dan Australia bakal punya 100 f35,70 An unit f18..Sementara Indonesia hanya punya pespur lawas dalam jumlah yg sangat sangat sediki iiiit sekaliiiii….Singapura juga diyakini bakal beli puluhan f35 bisa juga beli 1000 unit..disamping punya 60 F16 blok 60 dan 40 f15 sg..dan walaupun China sangat agresif dan mengancam natuna..Tapi Indonesia tenang tenang saja..Karena Indonesia walaupun alutsistanya dikit tapi punya rakyat yg sangat banyak untuk dikorbankan..Melawan pake ketepel dan bambu runcing..NKRI JAYA

  5. Dengar negara lain bikin beli ini itu jd senep dengarnya! Indonesiaku kapan bisa jor2an beli dan bikin ini itu klu KKN masih kembang biakkan!

  6. Bahagianya mereka krn sdh berhasil uji coba …
    Kemarin2 pada kemana tuh rudal? apa gak cocok vitaminnya kale yaa? 😀

  7. Ntah mau jadi kayak apa tuh pesawat f35 pengembanganya udah lebih dari 12 tahun gak selesai selesai. Tapi masih mending lah ketimbang Pak Fa masih belum jelas lanjut atau gak, dan kedepanya belum pasti di produksi masal.

    • Sukhoi T-50 Pak Fa lanjut terus sedikit lagi hampir sempurna cuma ada di masalah pengembangan mesin dan sedikit masalah di avionik .. :mrgreen:

  8. Gk perlu senjata canggih

    Yg penting santet indonesia
    Masih ada dijamin pesawat dan rudal musuh secanggih apapun akan mundur balik lgi

  9. AS setengah hati membangun F-35 dan berbagi ilmu dengan negara2 Eropa karena telah mempunyai Raptor.

    Disisi lain R&D dan Development memang banyak menyita waktu misalnya SUKHOI PAKFA dimulai dari tahun 2002 atau program J-XX / Project 718 Cina untuk menghasilkan pesawat siluman (J-20) dimulai dari tahun 1990-an

    • terlihat dari biaya yg digelontorkan itu bukan setengah hati untuk menghasilkan pesawat utk operasi SEAD
      kalau urusan superioritas udara urusan masing2 kecuali ada yg macem2
      seperti pemberian teknologi pespur as ke swedia sbgai bantuan pengembangan saab viggen utk menghadapi jet2 soviet di era perang dingin tahun 1950an

    • Setengah hati apaan? F35 itu merupakan proyek paling mahal sepanjang sejarah amrik. Kalo AS setenfah hati membangun F35, gk mungkinlah dana yg digelontorkan AS sebegitu besarnya

    • Makannya pilih produk saya … produk saya di bangun sepenuh hati. kwalitas sudah pasti. Tapi harga bisa di maklumi…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)