Jan 062017
 

Pada 23 September 2016, saat melakukan take-off dalam sebuah latihan di Mountain Home Air Force Base, sebuah F-35 mengeluarkan api pada bagian belakang pesawat yang terlihat seperti terjadi kebakaran pada mesin pesawat.

Pihak penyelidik yang diturunkan akhirnya menyimpulkan kebakaran pada bagian pipa nozzel belakang diakibatkan oleh bahan bakar berlebih yang menggenangi bagian nozzel sehingga ketika mesin dinyalakan dan take-off bagian belakang pesawat F-35 telihat seperti terbakar, dan bukan karena mesin pesawat yang terbakar.

Insiden terbaru menurut penyelidik tidak ada hubungannya dengan insiden terbakarnya mesin F-35 pada tahun 2014, dan juga bukan karena terlepas dan rontoknya isolasi pendingin (polyalphaolefin cooling) mesin seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Sayang, pihak penyelidik enggan menjelaskan penyebab adanya genangan bahan bakar berlebih di ‘knalpot’ pesawat yang mengakibatkan semburan api besar seperti terbakar saat pesawat lepas landas.

Meski disebut sebagai kemunduran besar, namun program dan produksi F-35 kini masih terus berjalan, dan 13 pesawat tempur F-35 yang sebelumnya dilarang terbang akibat nozzel yang terbakar di homebase Mountain, kini sudah diperbolehkan terbang dan beroperasi seperti biasanya.

JakartaGreater

  11 Responses to “F-35 Terbakar Knalpotnya Akibat Genangan Bahan Bakar”

  1. Pertamax coy..

  2. Kenapa gk sekalian meledak?

  3. Ko bs jet tempur yg hrgnya mahal bgt tangkinya bs meluap gitu, kan pengisiannya udah pake sistem, jd sistem itu yg bekerja otomatis…aneh bgt, mirip ngisi bahan bakar di spbu aja…drdl emang f35 udah bermaslah, inilah itulah, jd warning kpd yg akuisisi nie barang, jgn ampe meletus di udara, mang enak beli mahal2 tp kualitas murahan…rusia baru strooonggg!!,,

  4. A looo rugi rugi deh masak sih harga elektrik naik mahu beli baru ..korupsi nya bertambah

  5. Biarin aussie beli f35 sampe 100 unit ntar juga pada jatoh tuh pespur karna belum botol pulpen dan teruji kemampuan nya di medan tempur ..

  6. jangan di borong… spuyernya lembik dan avturnya jadi gampang banjir
    bahaya…

  7. woowww,, masih kah bisa di bilang pespur yg terbaik dikelasnya,, !?? yang termahal sih iya pasti hheeee…

  8. sebegitu rumit dan panjannya proses pembuatan pswt tempur handal.kira” pembuatan f16 dulu apa juga kayak gitu ya…

  9. mungkin pake brong itu

  10. bocor tuh… sekarang gimana caranya tni bisa nge hack sistem f 35. biar pas masuk indonesia malah diatur sama tni dan diturunkan

 Leave a Reply