Feb 212017
 

SOUTH CAROLINA – Presiden Donald J. Trump pada hari Jumat, 17 Februari 2017 mengumumkan bahwa ia sedang mempertimbangkan “order besar” pada jet tempur Super Hornet canggih yang disebut F/A-18XT dan diproduksi oleh Boeing Co.

Jet Tempur F/A-18XT Super Hornet Canggih. (© Boeing Co.)

“Kami serius pada pesanan besar”, katanya kepada hadirin di fasilitas Boeing yang ada di Carolina Selatan pada acara pembukaan Boeing 787 Dreamliner. “Apakah anda peduli bila kita menggunakan F-18 Super Hornet?”

Komentar itu muncul kurang dari sebulan setelah Menteri Pertahanan Jim Mattis memerintahkan review pada F/A-18E/F Super Hornet, jet tempur generasi keempat, sebagai potensi alternatif yang lebih rendah biaya atas jet tempur generasi kelima Joint Strike Fighter F-35C buatan Lockheed Martin Corp.

Pernyataan juga datang sehari setelah Laksdya (Purn) Robert Harward, mantan Navy SEAL yang menjadi seorang eksekutif di Lockheed. Ia menolak tawaran untuk menggantikan Michael Flynn sebagai penasihat keamanan nasional di gedung putih.

Menurut laporan orang dalam Gedung Putih dari acara yang dihadiri Trump, Reince Priebus, kepala staf Trump, terlihat memegang brosur “F/A-18 XT”. Kode XT adalah Advanced Super Hornet, atau konsep jet tempur Blok III untuk Angkatan Laut, tutur juru bicara Boeing saat dikonfirmasi oleh Military.com.

“Sementara itu Boeing telah menunjukkan kemampuan Super Hornet canggih dalam penerbangan pada tahun 2013, paket upgrade telah berevolusi sebagai pelengkap terbaik F-35, EA-18G dan E-2D karena mereka akan beroperasi bersama-sama dalam angkatan udara hingga tahun 2040”, menurut Boeing dalam mendeskripsikan pesawat XT/Blok III.

Boeing mengembangkan konsep jet tempur Blok III untuk “mengatasi kekurangan yang ada pada pesawat tempur serta untuk memastikan angkatan udara memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menang di tahun 2020-an dan seterusnya”, menurut keterangan tersebut.

“Varian baru tersebut akan menampilkan peningkatan kemampuan jaringan yang memungkinkan sinkronisasi data dalam jumlah besar dari dan ke pesawat, yang akan meningkatkan kemampuan untuk menerima informasi penargetan dari pesawat tempur lainnya seperti Joint Strike Fighter F-35, EA-18G Growler dan E-2D Hawkeye”, menurut Boeing.

Sebuah konsep Advanced Super Hornet F/A-18XT / Blok III oleh Boeing Co.

Pesawat bermesin ganda ini juga dirancang untuk dilengkapi dengan jangkauan yang lebih jauh, rendah drag, tangki bahan bakar konformal yang tersembunyi; sensor jarak jauh yang dapat mendeteksi target dan ancaman tanpa harus bergantung pada radar; sistem kokpit baru yang canggih untuk meningkatkan kesadaran situasional, menyediakan pilot dengan kemampuan untuk melihat, melacak dan menargetkan beberapa sasaran jarak jauh; dan peningkatan radar cross section generasi baru yang rendah pengamatan untuk meningkatkan survivability, menurut informasi perusahaan.

Beberapa minggu sebelum dilantik sebagai presiden, Trump telah vokal pada alternatif untuk Joint Strike Fighter, ia mengatakan bahwa “Program F-35 dan biayanya di luar kendali”.

F-35 adalah program akuisisi terbesar Pentagon yang diperkirakan mendekati US $ 400 milyar untuk pengadaan 2.500 pesawat.

Setelah berpidato di hari Jumat, Trump mengatakan kepada wartawan, “Jika harga tidak turun, kita akan membeli sejumlah F/A-18XT untuk menggantikan sejumlah pesanan F-35”.

“F-18 ini adalah pesawat terkenal dan sekarang komponen siluman akan dipasangkan kedalamnya”, kata Trump.

Petinggi militer telah menunjukkan bahwa jet tempur tua seperti F-16 dan F/A-18 tidak akan pernah cocok dengan F-35, menurut seorang jenderal Angkatan Udara kepada Military.com bulan lalu.

Brigjen Scott Pleus, mantan pilot F-16 Fighting Falcon yang mengarahkan kantor integrasi program F-35 Joint Strike Fighter untuk Angkatan Udara, mengatakan meskipun di upgrade, versi jet tempur generasi keempat tidak bisa bersaing dengan keunggulan pesawat siluman baru ini.

“Pesawat adalah bentuk dari pesawat tersebut, ukuran adalah ukuran dari pesawat tersebut”, kata Pleus.

“Radar cross section dari F-18 adalah radar cross section dari F-18, Anda tidak dapat mengubah itu”, tambahnya. “Teknologi pengamatan rendah, kemampuan untuk menghindari radar jika diinginkan, adalah sesuatu yang harus dirancang ke dalam suatu pesawat sejak awal”.

Military.com

  13 Responses to “F/A-18XT, Sang Penjegal Jet Siluman F-35”

  1. F/A 18 atau F35 semua bagus, hanya tidak cocok dengan TNI AU, pertama kemahalan, rawan embargo dan mustahil dijual buat negara bukan sekutu macam kita.

  2. Itu yang ada dipunuk F/A-18XT apa ya? apakah tangki bahan bakar eksternal?

    • tangki bahan bakar tipe siluman, rencananya f-18 mau dibikin jadi pes siluman, jadi harus rombak desain buang CFTnya ganti dgn panel anti radar/jammer.
      mau ngirit tpi nambah duit lagi hihihi 😀

  3. tangki bahan bakar konformal..
    mirip F16 yaa

  4. Alangkah indahnya diganti tangki bahan bakar onda CB

  5. Ngopoi mumet2 mikirin pespur dari amerika,,,
    Wong su35 indonesia sudah deal koq

  6. hm,…. super kornet

  7. I think it is the fighter is more updated as compared to Euro Fighter and Typhoon.

 Leave a Reply