Jan 012017
 

(© AFP 2016/ NOEL CELIS/POOL)


Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah meminta kepala pertahanan negaranya untuk memindahkan lokasi latihan angkatan laut bersama dengan Amerika Serikat jauh dari Laut Cina Selatan yang disengketakan.

“Kami mungkin memindahkan latihan angkatan laut yang menghadap Laut Cina Selatan ke daerah Mindanao untuk menghindari mengganggu tetangga kami (Tiongkok), jadi mari kita menjaga sensitifitas dari tetangga kita,” ujar Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana, seperti dilansir Sputnik News pada Minggu (1/1).

Keputusan itu telah dilihat oleh banyak orang sebagai upaya Manila untuk memperbaiki hubungannya dengan Beijing.

Sejak menjabat pada bulan Juni, Duterte mengatakan lebih dari sekali bahwa ia akan mengakhiri latihan bersama antara tentara Amerika Serikat dan Filipina, serta telah membangun hubungan dengan Tiongkok dan Rusia.

Hubungan Tiongkok-Filipina memburuk pada tahun 2013 setelah Filipina mengajukan banding pengadilan internasional di Den Haag atas klaim Beijing ke bagian besar Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur, yang juga diklaim oleh Jepang, Vietnam, Brunei, Malaysia dan Taiwan.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  5 Responses to “Filipina Pindahkan Lokasi Latihan Militer Bersama Amerika Serikat dari Laut Cina Selatan”

  1. bung diego mungkin judulnya kurang pas

    =gagalfaham saya jadi nya

  2. Katanya say no amerika, tp kok malah latihan bareng amerika? Knp seperti tidak konsisten??

  3. Ciut nyali Duterte…beda dg pak Jokowi yg bernyali besar..

  4. pak erte,..oh pak erte…..

  5. Retorika politik

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)