Feb 192017
 

Kementerian Pertahanan Finlandia pada hari Jumat mengkonfirmasi bahwa negara itu akan membeli self-propelled howitzer K9 Thunder 155 mm dari Korea Selatan.

Jussi Niinisto, Menteri Pertahanan Finlandia, telah menyetujui pembelian 48 unit K9 Thunder 155 mm milik tentara Korea Selatan, dengan biaya sebesar $ 155 juta (sekitar 2,06 trilyun).

Menurut Kementerian Pertahanan Finlandia, kontrak tersebut meliputi pemeliharaan, suku cadang, pelatihan, dan pilihan untuk mendapatkan senjata tambahan.

Finlandia mengumumkan bahwa negosiasi K9 Thunder 155 mm dengan Korea Selatan berlangsung pada bulan Juli 2016, merujuk pada harga senjata dan kemampuan adaptasi militer Finlandia.

Akuisisi K9 Thunder 155 mm ini memungkinkan Helsinki untuk menonaktifkan sebagian besar sistem artileri tua buatan Soviet. IHS Jane melaporkan bahwa Angkatan Bersenjata Finlandia (FDF) telah melakukan uji coba senjata yang dimulai pada akhir 2016.

Pelatihan staf telah dimulai, howitzer tersebut dijadwalkan akan dikirimkan tahun ini, dengan pelatihan di markas militer Finlandia diharapkan akan di mulai pada tahun 2019. Pengiriman terakhir diperkirakan pada tahun 2024, dengan total pengiriman 48 unit .

FDF saat ini mengoperasikan self-propelled 2S5 Giatsint-S 152 mm, self-propelled 2S1 Gvozdika 122 mm, dan artileri derek D-30 122 mm serta artileri derek M-46 130 mm. Khusus artileri derek 155 GH 52 APU, akan dilengkapi oleh self-propelled howitzer K9 Thunder 155 mm.

Sementara itu, Estonia juga berencana untuk mengakuisisi 12 unit howitzer buatan Korea Selatan.

Sputnik News

Bagikan Artikel:

  31 Responses to “Finlandia Gantikan Artileri Buatan Soviet Dengan Howitzer Korea Selatan”

  1. Hmmmm…

  2. Laku keras jualannya si KorSel

  3. kok murah ya d bandingan caesar indon 37 unit harga 240 jt USD ini maw tambah lagi. smntra finlandia 48 unit penggerak rantai malah cma 155 jt USD. RASIONALITAS NYA DIMANA MILITER INDON ini apa jdi korupsi berjamaah ya.

    • Hei beruk malon,jgn jadi provokator kat blog nih,bezakan caesar dgn self propelled howitzer…kalo korupsi di militer indonesia jenderalnya di hukum berat,kalo korupsi di militer malon jenderalnya tak dihukum malah tambah altantuya…look ur scorpene,engine jet dan gowind…gowind yg kecik mesti lebih mahal dari iver yg punya berat 6000 ton

    • oiya saya coba baca lagi apa mungkin bekas ya. tapi misal dgn anggaran kita dlu 240 jt USD dibagi harga finlandia (155÷48), maka indo bsa dpt 74 unit K9. mskpn bekas.

    • Finlandia beli bekas bung

      • Lingkar@ pakcik negara sebelah itu suka ngiri dan nyampah komennya bung,ujug2 langsung ngatain indon korupsi berjamaah tanpa mengecek harga K9 produk baru dan K9 bekas

        • Harap maklum saja bung, sepintar apapun dan setinggi apapun sekolahnya ya tetap aja bung, levelnya adalah “beruk” alias mahluk yg gagal berevolusi, hahahah

          • Lingkar@ hahaha,betul bung…kalo soal bodoh dan suka nyampah mereka udah dari dulu sejak dari nenek moyang mereka…tp yg gk enaknya ada kata2″indon” itu lho bung…kalo mereka sopan dan tak nyampah tentu saya gk akan mencaci mereka seperti ini bung

    • TNI AD membeli self propelled howitzer Caesar+amunisi dgn harga 141 juta US dollar.

      Jangan percaya omongan beruk malon, maklum ga bisa baca tulis……

      Lagian korupsi paling parah ya di semenanjung, gimana ga parah ??….. sekelas PM aja ikutan korupsi !!…… lawak..

      kwaaaakk…kwaaakk…kwaaakk…

      • Colibri@ kalo masalah mereka suka komen yg bodoh,suka asbun dan nyampah saya maklum bung soalnya mereka iri selalu lihat indonesia yg tahap demi tahap mengejar kemandirian industri militernya…yg ngak ane suka dari nitizen malon itu,mereka suka memandang indonesia itu negara penuh rasuah dan pemakai senjata rongsokan alias bekas…makanya saya saranin mereka bercermin dulu sebelum berkomentar bung…muehehehe…salam bung

    • bung colibriiiii itu kebon pisangnya dijaga,,,

  4. Setelah indihe,estonia…finlandia jg berminat beli K9,indonesia kapan ?…kalo beli banyak dapat TOT lho,bukankah korsel tdk pelit TOT terhadap indonesia…
    Come on

    • Pemerintah indonesia mana tau barang bagus, mrk cari yg jelek dan mahala, udah jelas2 produk2 rusia canggih2 dan modern rp msh aja beli alutsistanya gado2, jet tempur negara ini, mbt negara ini, howitzer negara ini, kaprang negara ini, kasel negara ini, meriam negara ini dan panser negara ini, semua nya beda negara, gmn mau dpt tot banyak, klo mau banyak dpt tot, beli jet tempur su35, kasel kilo class, frigate gorskov, btr 80a, mbt t90s, sam s300/s400, truk peluncur rudal buatan kamaz rusia, heli angkut berat mil mi 26, heli serang mi 35 banyakin lg dan sam pertahanan swagerak beroda rantai buk m3…jika semua itu dibeli oleh pemerintah indonesia, apa rusia msh pelit tot…????. Klo skr kan belinya campur2 alias gado2 norak dan rasanya jelek….

      • Edodol@ bener jg sih kata sampean bung

      • klo saya pribadi gak suka gado” bung, saya lebih suka pecal :D hihihi

      • itu berarti pemerintah indonesia banting setir garis2 besar haluan negara dan uud 1945 utk tidak bergantung di balik ketek bangsa lain.
        menetapkan keseimbangan ketahanan ekonomi dan sosial termasuk segala aspek pembangunannya dengan anggaran belanja militer adalah yg terpenting.
        secacat2nya demokrasi namun itu pilihan yg terbaik utk bangsa ini yg pada jaman dahulu sering berperang dgn saudaranya sendiri lantaran perebutan singgasana kekuasaan baik dari faktor luar maupun dalam.

    • anda betul bung @Johan, tp sayang kita punya banyak kebutuhan, hanya saja anggaran “tidak mencukupi”… tidak mencukupi kantong pejabat mksd saya :D hehehe

      • Lingkar@ maka dari itu kita mesti mandiri dalam industri militer…kalo beli senjata dari industri militer sendiri tdk boleh2 macam2 lg bung,tdk pake makelar lg …muehehehe

        • Nah itu dia bung, teknologi rudal Korsel juga bagus menurut saya, andai kita bisa minta ToT dari mereka untuk Harpoon dan Tomahawk versi Korea Selatan, saya rasa bagus dipadukan dengan RHan dan ToT C705 dr China kmrn…

          Bila itu tercapai saya yakin NKRI makin disegani lawan

          • Yup setuju bung

          • gmna reaksi tetangga sonora klo kita bisa buat SAM dgn jangkauan 500 km ya? hehehe… membayangkannya saja sudah lucu banget rasanya… apalagi kalau pulau Natuna kita buat sbg Zona Identifikasi seperti kep. spratley di LCS ya… wah… bakal heboh deh…

          • Lingkar@ ntar sonora,malay n singaporn gk bs bobo tenang bung takut dipatuk ICBM indonesia…muehehehe

        • @lingkar SAM 500kmnya..Dikasih di Bintan..Putus sudah Malaysia..Untuk jalur udaranya…

  5. tidak layak ditiru apalagi diikuti sepenuhnya

  6. setahu saya K9 itu dijual $10 juta sudah dpt RSV, seperangkat alat deteksi cuaca, alat intai, dan alat utk me reload otomatis.

 Leave a Reply