Jan 102017
 

Sebuah bentuk baru dari ranjau darat telah dikembangkan dan diujicoba oleh Angkatan Bersenjata Finlandia. Perangkat tersebut rencananya untuk menggantikan ranjau darat saat ini telah dilarang oleh Perjanjian Ottawa tahun 2011.

Sebuah perangkat militer anti-personil model baru yang berbeda dari bentuk ranjau darat sebelumnya telah dikembangkan di Finlandia dan dapat digunakan sebagai senjata yang efektif oleh Angkatan Bersenjata.

Outlet berita regional Lannen Media melaporkan bahwa proyek tersebut dimulai sejak tahun 2015 dalam mencari pengganti yang efektif untuk ranjau darat yang dilarang dan kini hampir selesai. Militer Finlandia kemungkinan akan menggunakan ranjau jenis baru sebagai arsenalnya pada awal tahun depan.

Perangkat ini didasarkan pada model sebelumnya yaitu berupa ranjau anti-personil. Ketika prajurit tersandung, ranjau baru tersebut meluncurkan bagian ranjau ke dalam bentuk fragmentasi udara dan memberikan percikan setinggi pinggang, memanfaatkan kekuatan destruktif vertikal dari ledakan horizontal atau seperti ranjau darat biasa.

Beberapa pemerintahan Eropa telah menyatakan minat dalam proyek itu, dan industri pertahanan Finlandia sedang mempertimbangkan untuk kemungkinan ekspor.

Finlandia telah bergabung dalam Ottawa Treaty yang bertujuan untuk menghapus penggunaan ranjau darat anti-personil pada tahun 2011. Sejak saat itu berbagai kontraktor pertahanan telah mencari alternatif lain sebagai langkah menggantikan ranjau taktis anti-personil.

Ranjau baru dibuat dengan memakai sejumlah besar baja, yang mana gampang dikenali menggunakan detektor logam.

Sumber: Finnish Broadcasting News

Artikel Terkait :

  12 Responses to “Finlandia Kembangkan Senjata Baru Gantikan Ranjau Darat”

  1. NICK NAME BANSER KURANG WARAS..

  2. Bedanya dengan ranjau model yang lama apa ya?

  3. Kan kalo ranjau model lama kan ada yg dari plastik, jadi susah dideteksi, itu yg dilarang.
    Maaf klo salah

  4. Tante mirna yang bahaya tu ranjau ku.kalo kena tante 9 bulan bengkak.hihihi

  5. Ranjau yg dikembangkan diatas, tdk terlalu vatal bagi personil yg terkena ledakan, krn di rancang efek destruktifnya dari gelombang kejut ledakan dan meminimalisir serpihan material yg sdh dinyatakan terlarang digunakan dlm perjanjian anti ranjau. Jd kemungkinan hidup dan tdk mengalami cacat fisik bagi yg terkena ranjau lbh besar drpd ranjau konvensional yg berbahaya krn serpihan material logam dan efek bakarnya. Kemungkinan besar material ranjau diatas dibuat dgn lapisan cangkangnya yg tebal agar efek gelombang daya kejutnya besar, dan material cangkangnya tdk menyerpih dan menyebar. Makanya ranjau diatas lbh gampang terdeteksi alat sensor logam. IMHO

    Salam..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)