Jan 102017
 

KALININGRAD – Frigate ketiga Rusia, Proyek 11356 Admiral Makarov yang telah commissioning pada akhir 2016 lalu akan terus menjalani serangkaian ujicoba tahun ini, kata Roman Martov, juru bicara Armada Baltik Rusia, Selasa (03/01/2017).

“Ujicoba frigate modern Rusia, Admiral Makarov akan dimulai oleh Armada Baltik segera setelah berakhirnya liburan Natal dan Tahun Baru”, katanya. “Selama ujicoba, indeks kinerja kapal, kinerja unit penggerak utama, sistem dan perangkat yang ada di kapal akan diperiksa”.

Menurut Martov, perhatian khusus akan difokuskan pada unit daya penggerak, sistem kontrol kemudi, sistem komunikasi, sistem deteksi dan peralatan navigasi serta pengendalian jangkarg. Kecepatan dan manuver kemampuan kapal, persenjataan serta sistem pesawatnya juga akan diuji.

Laksamana Makarov adalah frigate ketiga Proyek 11356. Laporan sebelumnya mengatakan bahwa kapal itu dijadwalkan akan ditransfer ke Angkatan Laut Rusia sebelum akhir 2016. Dua kapal perang lainnya, yaitu Laksamana Grigorovich dan Laksamana Essen, masing-masing telah ditugaskan pada tanggal 11 Maret 2016 dan 7 Juni 2016.

Laksamana Makarov dibaringkan di Galangan Kapal Yantar pada tanggal 29 Februari 2012, dan terapung pada tanggal 2 September 2015. Kapal perang kelas ini memiliki bobot sekitar 4.000 ton, kecepatan 30 knot dan daya tahan laut selama 30 hari.

Frigate ini dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr-NK, sistem pertahanan rudal Shtil-1, artileri A-190 100 mm, artileri anti pesawat, peluncur roket, torpedo dan juga dapat membawa helikopter Kamov Ka-27 atau Ka-31.

Sumber: TASS Defense

Artikel Terkait :

  23 Responses to “Frigate Admiral Makarov Lanjutkan Ujicoba Tahun 2017”

  1. Mantappp…..

  2. Hanya bisa menelan ludah…berharap pemerintahan periode berikutnya mau dan akan selalu beli produk2 dari rusia yg kuat, besar dan gahar…klo skr kapalnya kecil2 dan produk barat yg rapuh, jelek dan rongsokan semua….iish iish ishh!!,!

    • Kalo masi kurang, nanti tante tambahin….xixixixi

    • Iya, gak cocok buat Indonesia. Dah bekas dibeli mahal, ehh alat komunikasinya gak ada, bagian atas cuma dikasih senjata mesin manual kal 7,56mm, gak ada pelindung armor aka ERA. Yang asal pesen tuh siapa coba ???

    • Leopard emng gak cocok 😀 sebagus apapun barang bekas, meski sudah dipermak dan di ketok magic, tetap saja, usia tidak bisa dobohongin 😀 apa perlu dibuktikan seperti Leopard milik Turki ya? Sama ATGM HJ-8 buatan China aja pasti hancur tuh… Pantesan Malaysia beli HJ-8 dari China, karena ATGM tersebut sudah cukup buat hancurkan si Leo…

      Wah.. gawatlah…

  3. NANTI DI 3 WILAYAH NKRI AKAN ADA DRONE TERBANG TIAP SEMINGGU SEKALI.

    SAPA DULU YG PERNAH BILANG YA….???

    AYE LUPA.

  4. Iiiiishhh…tak patut-tak patut

  5. perasaan tante mirna gimana ya? jantan pake nick betina?

  6. borooooooooong

  7. Tapi kok lho????Kok g pakai pitch propeler y???Brrti masih keren sigma class donk?

  8. Admiral Makarov…hmm ini pasti yang ngajarin para. terduga makar…

  9. Akusisi rudal Kalibrnya di frigate iver huitfeldt TNI AL

  10. Aduh…tante udah takut diembargo sama bung. Diego, xixixi