Mar 202017
 

FEODOSIA – Tiga unit korvet kelas Karakurt (Proyek 22800) untuk Angkatan Laut Rusia akan dibangun di More (Laut) Shipyard di kota Feodosia di Crimea Rusia antara tahun 2018-2020, kata Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yuri Borisov pada hari Jumat, sebagaimana dilansir Sputnik News.

Salah satu fasilitas produksi yang berada di More Shipyard, Feodosia. (© Sputnik News)

“Tiga korvet [kelas Karakurt – red] akan dibangun di More Shipyard. Siklus teknologi konstruksi akan memakan waktu sekitar 32 bulan. Kami berharap pembangunan masing-masing korvet akan selesai pada tahun 2018, 2019 dan 2020. Peletakan lunas kapal ketiga diperkirakan akan berlangsung sekitar akhir tahun ini”, kata Borisov pada acara peletakan lunas korvet rudal kedua, Okhotsk.

Korvet rudal Karakurt telah ditetapkan untuk dipersenjatai dengan rudal jelajah jarak jauh Kalibr-NK dan radar canggih, mampu menjangkau target udara pada jarak hingga 100 kilometer (62 mil).

Sementara 18 unit korvet Proyek 22800 akan dibangun oleh Pella Shipyard di St. Petersburg sebelum tahun 2022, sebagian korvet yang lain saat ini sedang dibangun oleh Shipyard Zelenodolsk yang ada di Tatarstan, menurut Angkatan Laut Rusia.

Karekteristik Umum

  • Jenis: Korvet
  • Bobot: 800 ton
  • Panjang: 65 m (213 ft)
  • Lebar: 10 m (33 ft)
  • Kecepatan: 30 knot (56 km/jam)
  • Jangkauan Jelajah: 2.500 mil laut (4.600 km)
  • Daya tahan: 15 hari
  • Persenjataan:
    1 × senjata otomatis berfungsi ganda kaliber 59 AK–176M 76,2 mm
    1 × rudal Pantsir-M
    2 × 4 sel VLS dilengkapi sistem rudal Kalibr-NK atau P-800 Onix
    2 × senapan mesin MTPU 14.5 mm

Artikel Terkait :

  29 Responses to “Galangan Kapal Krimea Akan Menyiapkan 3 Korvet Rudal Tahun 2020”

  1. hore

    • Tidak beda jauh sekali dengan Ukuran KCR FPB 60 meter nya TNI AL…
      Tapi persenjataan nya beda jauh sekali….
      Lengkap sekali Dan powerful….
      Seandainya saja punya kita bisa sekuat ini…

  2. hullnya ada tunas seperti hydrofoil
    widih bakal cepet nih kapal di permukaan laut

  3. Busyeet..pinter juga Russia, bikin kapal murah banyak tapi bisa buat nenggelamin destroyer..

    • Nah itulah kelebihan Produk saya walau korvet ini kecil tapi senjata menakutkan..dah gitu harganya murah tapi kwalitas tdk murahan.. Tapi sayang TIDAK DI JUAL

  4. Kalau Indonesia berniat jadi macan Asia pasti bakal borong rudal kalibr buat ditempatkan dikapal perang TNI AL..Tp berminat pun tidak,,boro2 akan atau dikaji..Padahal cuman 3 juta dollar GK seberapa bila dibanding dgn negara yg harus dijaga..

    • Ayo silahkan borong produk saya jika beli lebih dari 300 unit rudal kalibr saya akan kasih Full ToT untuk membantu pengembangan Rudal Indonesia… atau saya kasih Lisensi untuk Produksi…

  5. oh Korvet kira Destroyed. saya masih bingung membedakan Korvet dan Destroy, Korvet adalah kapal perang membawa segala jenis rudal udara / bawah laut dan segala jenis senjata (exocet) konon korvet kembaran destroyed….

    seperti juga bedanya TANK dan PANSER beda tipis tapi peran khususnya sama. Cmiwwwwiwiw

  6. Dari foto tampaknya masih manufaktur Shipway, . . semoga PT PAL sudah menguasai manufaktur Modular yg lebih efisien, cepat, ekonomis, dan supel.

  7. Makin garang aja nih papa rusky

  8. KCR 60, VLS Kalibr or P-800 Onix

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)