Jan 312017
 

Photo : Abbas Almutwkel via YouTube

Sanaa – Gerakan bersenjata Houthi menyerang kapal perang Arab Saudi di pantai barat Yaman, Senin, 30/1/2017, menyebabkan ledakan yang menewaskan dua awak kapal itu dan melukai tiga orang lain, kantor berita Saudi SPA.

Houthi mengatakan telah meluncurkan peluru kendali balistik ke arah pangkalan militer gabungan pimpinan Saudi di puau Zuqar, Laut Merah, yang terletak di antara Yaman dan Eritrea, pada Selasa pagi, ujar lembaga berita kelompok itu, Al Masira.

Belum ada tanggapan langsung dari kelompok itu terkait pernyataan bersangkutan dan belum jelas apakah jatuh korban dalam serangan tersebut.

Serangan itu menandai peningkatan perang di pantai barat Yaman antara kelompok Houthi, yang bersekutu dengan Iran, dan persekutuan pendukung pemerintahan Yaman, yang diakui internasional.

“Sebuah kapal pengawal Arab Saudi, yang meronda di sebelah barat pelabuhan Hodeidah, mendapatkan serangan dari tiga kapal bunuh diri petempur Houthi,” kata persekutuan pimpinan Saudi, yang melawan yaman, dalam pernyataan di SPA.

Salah satu kapal menabrak bagian belakang kapal Saudi itu, menyebabkan sebuah ledakan dan kebakaran yang menewaskan dua awak kapal dan melukai tiga orang lainnya.

Saluran Al Masira milik Houthi memberikan tanggapan yang berbeda terkait hal tersebut, dengan mengutip seorang sumber militer yang menyebutkan ledakan itu disebabkan oleh sebuah peluru kendali.

Itu adalah serangan kedua Houthi terhadap kapal di lepas pantai Yaman dalam enam bulan belakangan.

Kelompok itu terlibat dalam sejumlah pertempuran di daratan dengan pasukan koalisi dan para petarung pro-pemerintah, yang mencoba bergerak ke arah utara untuk menyingkirkan kelompok Houthi yang ada di sejumlah pelabuhan Laut Merah.

Sekutu pimpinan Arab Saudi memperingatkan bahwa serangan terhadap kapal “akan berdampak terhadap navigasi internasional dan bantuan kemanusiaan ke arah pelabuhan untuk warga Yaman”.

Arab Saudi beserta sekutu Teluk Arab mereka melancarkan ribuan serangan bom di Yaman sejak Maret 2015, mencoba mengembalikan pemerintahan Presiden Abd Rabbu Mansour Hadi, yang digulingkan.

Antara/Reuters

  29 Responses to “Gerakan Bersenjata Houthi Serang Kapal Perang Arab Saudi”

  1. Semoga cepat damai.

  2. O*ta a*ab dihantam Rudal Kualitas KW 😀

  3. begitu mudahnya pertahanan kapal bisa di tembus….

    • Wajar ….itu kan kapal patroli pantai kelas ringan …
      TNI AL punya banyak sekali yang Seperti itu…berisiko tinggi sekali untuk diserang

      • kapal frigate bukanlah kapal patroli biasa
        lihatlah gotongannya
        1 meriam 100mm
        8 peluncur rudal anti kapal
        8 peluncur rudal darat ke udara
        4 tabung torpedo
        1 helikopter anti kapal selam beserta hangarnya

        kemampuannya melebihi van speijk class milik tni al yg belum dimodif membawa yakhont
        taktikdan pelatihan awak kapal mereka lah yg patut di pertanyakan. kenapa mereka tidak belajar pengalaman bhwa houthi punya rudal anti kapal dan sudah botol pulpen pengalamannya dgn melakukan patroli lepas pantai.

  4. Mas jefri sebaiknyan tidak usah mengunakan kata Arap. Apalagi situasi bangsa lagi sesitif. Arap identik dengan Islam. Terimaksih mohon kita budayakan kata kata santun dan bershabat.

  5. houthi bukanlah gerakan bersenjata…namun sudah masuk perjuangan rakyat yaman melawan intervensi asing

  6. Betul bung omin zero. Barat juga bnyaknyg muslim begitu juga asia. Makanya saya bilang arp identik . Mengapa saya katakan begitu.1. Dikareanakan nabi Muhammad SAW orang Arab.2. Quran pake bahasa Arab.3. Orng muslim indonesia sholat pake bahasa Arap. Makanya Islam identik dengan Arap. Israel bnyak nabi yg diyakini muslim juga dari bangsa israel kok klu gak salah bangsa bani isroil awalnya seperi nabi Musa,nabi Isa,Nabi Daud dan nabi IBrahim. Apa salahnya kita saling menghormati. Utk mas jefri trimaksih mas.klu komennya ginikan adem.salam NKRI

  7. Nah itu dia bung @Anu… Itulah kesalahan terbesar dari saudara kita yang muslim, karena kebetulan lahir dan dibesarkan dlm lingkungan keluarga muslim sehingga, sebagian mereka menjadi tidak kritis, dan hanya mempelajari Islam secara turun menurun, bukan secara luas melalui hakikat, tarikat dan ma’rifat.

  8. Ya abg abg yg di ats. Memang Arap saudi itu kiblatnta Islam krena negarantersebut mengunakan hukum Islam. Alhamdulillah saya membaca Alquran,membaca artinya, memahami tafsirnya dan membaca penjelasannya kenapa ayat ini diturunkan.saya juga belajar sejarah Islam. Saya aneh saja pada teman teman begitu benci dengan Arap saudi. Ada apa bung?ya memang nabi Muhammad SAW diturunkan ke mekkah karena penduduk arap waktu itu di jaman jahiliyah(jahat) Alahamdulillah dengan izin Allah Arap saudi bahkan alam semesta menjadi tentram dengan adanya Islam. Abg abg semua bila ada 1 orng muslim jahat bukan agamanya jahat tetapi dia tidak mengamalkan agamany .sebaiknyan yg bukan Islam jng bicara tentang Islam bila tidak mengetahui.saya suku batak karo dimana di kota berastagi sumatra utara antara muslim dan kristen damai antara batak karo,jawa,sunda dan chines damai. Malah saudara saya masih bnyak yg kristen. Bahkan kejadian 1998 tidak terjadi ditempat saya karena toleransi yg begitu tinggi. Maka dari itu saya mohon tidak usah mengunakan kata arap dan unta. Salam damai

    • 😛 maaf, penyebutan anda salah bang @Iwan Syahputra Ginting, seharusnya Arab Saudi bukannya Arap Saudi. Salah penulisan huruf bisa menjadikan artinya berbeda bung. Apa anda yakin anda membaca Al-Qur’an dengan benar? dengan anda tidak hafal dan memahami huruf-huruf latin, saya sangat meragukan anda akan fasih dalam membaca Al-Qur’an apalagi memahami isinya, ditambah Al-Qur’an ditulis menggunakan huruf arab (hijaiyah).

      Dan seperti yang saya katakan diatas, anda tidak memahami hakekat, tarekat, ma’rifat. Dan satu hal lagi, melihat kemampuan anda saat ini saya tidak akan melayani lagi pembahasan masalah agama dengan anda, silahkan anda pelajari lebih jauh.

      Wassalam

    • wilayah arab memang pusatnya agama islam,karena di situlah letak mekkah madinah dan baitul maqdis namun arab saudi bukanlah kiblatnya umat islam…bukanlah mereka yg menentukan kebenaran hakiki ttg ajaran islam..bukanlah keluarga bani saud beserta kroni2nya yg menentukan arah umat islam ke depannya dgn jalan sumbangsih sana sini dgn tujuan dan kepentingan tertentu
      bacalah sejarah geopolitik di wilayah timur tengah dari berbagai sumber minimal 200 tahun ke belakang.

      budayakan SALING menghormati..
      anak baru gede juga punya hak utk dihormati pendapatnya….dibimbing jika menuju ke arah yg salah lagipula orang dzalim pun juga akan bertambah tua.

  9. Rudalnya yg anti radar dan jaming atau kapalnya yg odong2 atau jg kru kapalnya yg gak mahir. Ada Iran sebagai penyokong Houthi, sebenarnya ini sudah berebut pengaruh politik antara Iran dan Saudi cuma membawa2 nama agama! Sebaiknya forum ini jgn saling sara jg menghujat.

  10. Bukan ane bung, sumpah……

    Ane ga pernah demo, apalagi ke Polda…….. ane juga ga bilang Pancasila ada di pant**…

    Jelek2 begini ane juga ga pernah makan bangku sekolah bung…… 😆

 Leave a Reply