Aug 292016
 

Duta besar Wahid Supriyadi menekankan, Indonesia dan Rusia masih menyelesaikan kesepakatan pembelian Su-35, termasuk isu transfer teknologi Su-35 dan pembangunan Flight Service Center di Indonesia.

Menurut Wahid Supriyadi, pembelian Su-35 adalah tahap pertama, sedangkan tahap 2 adalah transfer kerjasama teknologi untuk meningkatkan industri pertahanan penting di Indonesia.

Indonesia memutuskan untuk membeli Su-35 setelah kedua negara mencapai kesepakatan untuk melepaskan simpul yang paling sulit dimana Rusia harus mentransfer setidaknya 35% dari teknologi pesawat tempur dari generasi 4 ++ ini.

Sebelumnya, Su-35 Rusia dan F-16V AS dianggap sebagai dua kandidat potensial untuk memperkuat Angkatan Udara Indonesia. Namun, Angkatan Udara lebih memilih Su-35 Rusia untuk menggantikan pesawat tempur tua F-5 Tiger.

Dengan pernyataan terbaru dari Duta Besar Indonesia untuk Rusia ini seakan menepis rumor tentang tergesernya Su-35 oleh Gripen JAS-39 C / D setelah Saab Swedia menawarkan proposal yang sangat menarik untuk Indonesia pada bulan Juli tahun ini.

  74 Responses to “Gripen Tidak Mampu Menggeser Su-35”

  1. goreng… trus

  2. Smoga niat baik pemerintah selalu d mudahkan Allah SWT.. Amienn

  3. Seharusnya kedua2nya diambil.. tapi sayang, lagi2 duit.

  4. pengadaan sukhoi 35 adalah keharusan,untuk tahap 1 mungkin bisa dipesan 8-10 unit 100 % dibuat di rusia,tahap 2,16 unit 8 unit dibuat dirusia,8 unit dirakit di PT.DI,tahap 3 ,16 unit semuanya dirakit di indonesia.itulah harapan anak bangsa yang mendambakan TNI AU kuat dan disegani….Amin.jaya selalu negeriku,jangan menyerah, merdeka………

  5. beli sesuai kebutuhan..bukan masalah mampu..hehehe

    • itu lah indonesiaku…..
      banyak yang berfikir MEF ADALAH PENAMBAHAN KEKUATAN TNI….
      YANG BENAR ADALAH MENGGANTIKAN ALUT SISTA YANG SUDAH TUA DENGAN YANG AGAK MODERN
      ha ha ha

  6. Wow… Semoga datalink tidak jadi masalah untuk kedepannya

  7. Semoga datalink tidak jadi masalah

  8. moga2 tdk ada lagi simpul2 yg harus dibuka biar bisa cepat deal

  9. PHP PHP PHP PHP PHP PHP PHP

  10. maunya sih.. SU35…hayoo.. Grippen jika ada tawaran yg menguntung monggo…sesuai fungsinya kan…kelas berat…dan sedang

  11. wow dan menteri keuangan akan cut budget

  12. BOAM (bodoamat) …gue taunya tuh barang dah keliatan ada disini..ga usah kebanyakan ngemeng di media trs..bosen bacanye..mending bahas yg lain..hahahaha..

  13. lanjutkan…

  14. udh gk sabar gw mau nunggang sang maestro su35

  15. hari ini masih ada aja upaya untuk menggagalkan pembelian su-35… buang jauh2 upaya itu…. lanjutkan

  16. Semoga ttp datang 2017… 3-4 biji dulu ngak papa … 2 biji bisa rontokin 12 F-18 atau F15. Buat tetangga merinding mikir2 meski cuman mau masuk iseng perbatasan.

  17. dimana Rusia harus mentransfer setidaknya 35% dari teknologi pesawat tempur dari generasi 4 ++ ini

    35% kira kira apaan nih….bisa adem panas kawasan wkakakakak

  18. Lah siapa yang mau geser ?

    Heavy dan medium serta light, semuanya dibutuhkan.

    Heavy untuk air superiority dan penjaga medium.

    Medium untuk multirole dan striker.

    Light untuk patrol.

    Semuanya dibutuhkan.

  19. pesawat sukhoi..?
    Begini kalau pesawat, sebenarnya Sukhoi itu sudah jadi mahal. Jadi buatan Amerika itu semua persis sama. Jadi kalau ada apa-apa kanibalnya gampang. Jadi ukuran kokpit masing-masing itu sama. Ukuran pesawat Rusia itu lain dan “INI CARA RUSIA MENJUAL”. Jadi untuk kokpit itu bisa beda 3 mili, 1 mili, 2 mili. Memang menurut saya itu sudah menjadi bagian dagangan dia karena kita tidak bisa kanibal.
    Nah sekarang begini ajalah, mau itu barang Rusia, barang apa, kalau saya bilang daripada Sukhoi kenapa kita juga tidak membeli Jian. Kita kan negara bebas, kita sudah punya F 16, kita sudah punya Sukhoi dan sekarang kita ingin membuat Skuadron Jian. Jian kurang apa canggihnya, Jian hampir sama dengan Sukhoi. Jian-10. Beli dong Jian-10, pasti China memberi kemudahan. Potong kuping saya kalau tidak. Makanya saya bilang Indonesia itu harusnya dibagi empat armada. Armada barat, Armada Timur, Armada Utara dan Armada Selatan.
    * connie bakrie

  20. tenang saudara-saudara, semua ada porsinya, apa yang jadi ukurannya SU35 tidak akan di isi oleh pesawat jenis lain yang beda kelas, jadi silahkan pikirkan saja pesawat sekelas SU35 yang mungkin di beli Indonesia kira-kira ada tidak. kalau medium jelas tetap di beli, masing-masing 1 skadud.

  21. bantu doa aja, smoga pesawat idaman TNI AU ini bisa cepat2 dipinang

  22. Mantaaappp , jgn ragu

  23. Pada suatu hari di masa depan saat latihan bersama dengan US terlihatlah melesat di udara sekian banyak puluh dan sayap delta. Semuanya dengan roundel AU. Padahal saat itu US sedang berlatih dengan RI dan RI menerjunkan 1 flight F16. Pilot US sempat melihat nomor di ekor 35xx dan 20xx

    Di saat yang sama saat latihan dengan tetangga selatan terlihatlah sekian puluh flanker dan sayap delta melesat di udara. Semuanya dengan roundel AU. Padahal waktu itu tetangga selatan sedang menggunakan F35 dan RI menggunakan F16. Pilot selatan sempat melihat 35xx dan 39xx dan 34xx.

    Di saat yang sama RI sedang berlatih dengan Sing dan Mal menggunakan F16. Dan nampaklah sekian puluh flanker dan sayap delta melesat di udara. Semuanya dengan roundel AU. Pilot Sing sempat melihat 35xx dan 39xx dan 34xx.

    Lalu saat itu tiga2nya bertanya berapa sesungguhnya 35xx dan 34xx , dan kepada masing2 RI bilang cuma 8 kok.

    Lalu mereka protes “kami melihat ada beberapa puluh 35xx dan 34xx terbang beriringan”.

    RI menjawab “Ah masa sih ? Kalian lihat bayangannya mungkin”.

    Trus ada lagi yang bilang ” Tapi kami lihat 35xx dan 34xx”

    RI jawab ” Ah itu kamu itu kepanasan kena terik matahari jadi salah lihat, lagian mata minusmu nambah tuh, sana periksa ke dokter mata.”

    Lalu 3 negara sekeliling plus US bertemu dan masing2 cerita tentang pengalamannya. Dan mereka sepakat mendatangi RI bersama2 untuk menanyakkan kejelasannya.

    Lalu mereka bilang ke RI : ” udah jujur aja, berapa sih yang kau punya, kami lihat ada 35xx, ada 34xx, berapa kau punya.”

    Ah cuma dikit kok, cuma 8.

    Bohong masa cuma 8 ? Kami lihat ada puluhan di waktu yang bersamaan di 3 tempat.

    Nggak kok nggak bohong, cuma 8 skuadron.

    8 skuadron ? Kau bilang cuma beli 8 unit, kau bohongi kami selama ini ya ?

    Ah nggak juga sih. Demi keseimbangan kawasan jadi kami bilang 8 unit saja.

    Ha ????

    Xixixixi

    • Lalu negeri sebelah berinisial MLS bertanya “Bukankah awak tak ada wang sehingga cume beli 8 ?”.

      RI jawab “Emangnya gua itu elu yang lagi tak ada duit ?”

      Xixixixi

      • bung TN

        harusnya US dan korsel diam2 aja menggelar THAAD supaya korut dan china tidak gaduh, kenapa rencana penggelaran harus diumumkan?
        karena emang gak bisa diumpetin, itu alasannya (dengan satelit mata2 china dan rusia yang berseliweran di angkasa).

        jumlah pespur bisa diumpetin jika setelah dibeli pesawat diparkir terus di hanggar tertutup (dinaikkan ke dalam antonov di dalam hanggar tertutup di rusia, diturunkan dalam hanggar tertutup di indonesia). pilot2 murni hanya berlatih di simulator, mungkin 1-2 pesawat / ska boleh keluar dan terbang untuk pilot2 giliran berlatih situasi sebenarnya (tekanan gaya-g dsb), para pilot gak bisa berlatih formasi, dogfight, penembakan dengan amunisi sesungguhnya dst.

        jika ini secara teknis mungkin ( sebagian besar latihan pilot hanya di simulator) baru para pilot pespur tetangga bisa kaget / surprise melihat jumlah pespur TNI-AU..

        • btw,

          armada pespur ‘ghaib’ itupun hanya akan keluar hanggar pada saat perang, jadi para pilot tetangga itupun gak akan punya kesempatan melihat dalam situasi damai..

    • Amiiiin YRA, semoga

  24. Semoga Setelah SU 35 untuk menggantikan f 5 kemudian F35 untuk mengatikan hawk amin….

  25. dikibuli semua..percaya deh,gak akan ada yang kebeli.lha wong semua anggaran dipangkas.PHP.

  26. Masalahnya lelet banget penandatanganan kontraknya. Pdhl wacana dan rencana sdh jauh jauh hari. Emanglah pemerintah indonesia ini makin bertingkah.

  27. haha… mabok semua… inga.. inga.. Pemotongan anggaran tahap dua sedang berjalan… eng ing eng…!!

  28. Su35 & Gripen memang berbeda yg sukhoi pakai 2 mesin yg gripen cuma 1 mesin. Kalau dipakai ngebut jelas sukhoi tp kalau dipakai dog fight yg menang jelas yg tahu dulu posisi lawannya krn dia lebih cepat nembakkan rudal. Ayo cepat2 borong su35 mumpung harganya belum naik. Gak Pake Lama

  29. terlalu banyak beli jenis pesawat tempur itu susah.
    kita udah punya kelas heavy dari Rusia, medium dari USA, light dari Korea n Inggris.
    suku cadang susah bro buat dikoordinir.
    apalagi nambah beli jet dari Prancis, Swedia….. Untuk negara sekelas Indonesia yang ekonominya lagi berkembang bakal susah ngaturnya.

  30. berita yang ber ulang ulang sejak 2013, BOSAAAAAAAAAAAAAN
    selama akad kontrak belum diteken, maka janur kuning belum dipasang

  31. emang yg mau beli griphen atau su35 siapa?????duit aja kagak gablek

  32. Iya, pasti datang kabarnya.. kemudian pergi lagi kabarnya.. datang dan pergi lagi. Ya nasib..ya nasib

  33. Antara gripen dan su35 bisa saling geser. Fifty-fifty.. yang satu geser pake goyang gergaji, yang satunya lagi geser pake goyang itik.

  34. SU 35, BUKAN SEKEDAR KITA BELI DAN PASTINYA JUGA GK LMA KITA PASTI DAPAT TOT SEPERTI NEGRI TIONGKOK, KANG PUTIN GK BANYAK UMBAR JANJI GK KY BARAT YG UJUNG2NYA ZONG..

  35. pilih j 20 atw j 31…china…mereka pesawat gen 5 …..di atas su 35.juga gripen yg gen 4 +

    https://www.youtube.com/watch?v=SWy7n-Eukow
    ha ha ha

  36. Maunya instant, segala cepet jadi, alutsista mau cepat datang,poros maritim pengen cepet kelar,infrastruktur maunya semalam rampung, emang dikira negara jin apa…

  37. Viper dan gripen masih masuk untuk kandidat pengganti f5 tapi kalau rusia mau berbagi tot dan datalink ..saya pesan 32 unit tapi kalau tidak cukup 8 unit tot rudal kalau tidak mau juga rafale gripen viper yg dibeli

    Su35 silahkan jual ke cina..hehe

  38. Wah…. hebat…. beli ngecer dapet TOT 35%… 🙂

  39. Wah…. hebat…. beli ngecer dapet 35% TOT…. 🙂

  40. Total su 35 tni au 10 unit + tot 35%…dan tibanya mungkin di akhir 2018 beberapa unit dl, dan sisanya tahun 2019 dgn kepemimpinan yg baru…

  41. ane demen nh artikel. mari kita ber doa semoga terwujud,yg nyinyir minggir dulu. Amin..

  42. Gimana ya kira-kira ketangguhan IFX dengan teknologi hybrid Rusia-AS? Gak sabar nunggunya nih…

  43. Pengganti F5, sudah ada, pengganti Hawk??

  44. Mau komentar tapi takut PHP lagi secara 4 tahun jadi member JKGR, dari anak saya lahir sampai umur 4 tahun ni barang kagak muncul2…

  45. hebat rusia,,kerennn .pesawat as mah rongsokan didepan pesawat rusia

  46. gripen bolehlah klo di bungkus, 1 atau 2 skuadron itung2 buat ngeronda wilayah perbatasan, terutama di kalimantan… hehehehe

  47. Koreksi tempat ane kerja mroyek..

  48. Walah ngecap lagi…gak ada duite pemerintahan jokowi,anggaran kemhan dipotong -+8triliun gitu koq! mo beli pake apa Ngarep,hutang LN tambah bengkak gitu koq
    SABAAARRRR DEK MBAH BOWO LG GALANG SAUDARA2 MBAH DI SINGAPORE UNTUK BALEK PULANG MODAL KE tanah air…yg mana tanah air mu MBAH????

  49. 35% TOT dari Rusia??????? dgn cuma beli cicilan 8-10 pesawat?????itu sih sama kek ngarep duid jatuh dari pohon

  50. China aja beli sukhoi-35 kenapa kita nggak?

  51. MDK……masa depan komunis….hiii

  52. selama kita selalu bersikeras bahwa setiap pembelian mutlak harus TOT sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa beli persenjataan yang mumpuni buat jaga NKRI, miliki dulu senjata yang cukup biar tak disepelekan orang, pelan2 pelajari teknologinya jangan malaslah tiru Cina, mereka bisa buat apapun sekarang….mental pengemis buang pelan2 (TOT identik dengan minta2) yang benar adalah design rekayasa pengembangan sendiri walau dengan copy paste dulu….

  53. Mereka cuma mampu minta heli black hawk rongsokan hibah dari brunei bung

  54. BELI KETENGAN MAU NYA SEABREK………..!!! MIRIS .COM

    MENDING KALAU BELINYA FULL 1 SKWADRON……..!!!!

  55. Duta besar Indonesia dan Rusia pada ketauan jadi CALO sukhoi, ahahahaha muahahaha . AKU CUMA NGAKAK GULING2 sama orang2 yang berjiwa pancasilais, ujung2nya duit, alias CALO!
    😀
    http://chirpstory.com/li/327116
    😀
    Apakah ada yang tau kebenaran informasi CALO SUKHOI ini?
    Mohon pencerahan.

 Leave a Reply