Jan 042017
 

Dok. AASAM Australia 2016

Jakarta – Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengatakan tindakan Panglima TNI untuk menangguhkan sementara kerjasama militer dengan Australian Defence Force (ADF) adalah langkah yang tepat.

“Ini menanggapi insiden di pusat pendidikan pasukan khusus Australia atas tiga hal,” ujar Hikmahanto Juwana di Jakarta, Rabu, 4/1/2017.

Pertama, lanjut Guru Besar UI itu, pendiskreditan peran Sarwo Edhie dalam Gerakan 30 September PKI. Kedua esai yang ditulis peserta didik terkait masalah Papua. Terakhir tulisan Pancasila di ruang Kepala Sekolah yang seolah melecehkan ideologi Pancasila.

Hikmahanto menegaskan penangguhan kerjasama merupakan tindakan yang tepat karena Panglima ADF menjanjikan untuk melakukan investigas atas hal ini. Penangguhan dilakukan selama investigasi berlangsung hingga hasil nantinya diumumkan.

“Kemungkinan hasil investigasi adalah kesalahan dilakukan oleh oknum personil militer ADF dan bukan merupakan sikap resmi dari ADF, bahkan sikap resmi pemerintah Australia,” ujarnya.

Atas tindakan oknum personil tersebut, ADF akan menyatakan akan mengambil tindakan terhadap mereka-mereka yang bertanggung jawab.

Ia mengatakan hasil investigasi demikian yang akan menyelamatkan kerjasama militer TNI dan ADF. ADF dan Pemerintah Australia lebih mengutamakan hubungan baik dengan Indonesia ketimbang melindungi personil milternya.

“Peristiwa ini bagi Indonesia menjadi preseden yang baik agar Australia melalui pejabat-pejabatnya tidak mudah melakukan tindakan pelecehan terhadap tokoh Indonesia ataupun merendahkan isu yang sensitif bagi Indonesia,” kata Hikmahanto.

Antara

Artikel Terkait :

  35 Responses to “Guru Besar UI : Tindakan Panglima TNI Terkait Australian Defence Force, Tepat”

  1. Tepat banget…
    Lebih Tepat Di down kerjasamanya selama Lama nya….ga guna….Lebih tepatnya…kita Bikin Australia sengsara…hahahaha

    • Harus lebih dari itu
      Bukan sekali atau dua kali negri kanguru melecehkan martabat bangsa ini
      Tidak ada untungnya pula kerjasama militer dengan bule kampung di selatan jika mereka terus yg belajar dari kita
      Ingat buku putih “balkanisasi indonesia timur ” adalah tujuan utama dr negri arogan dr selatan tsb
      Jangan sampe timor leste jilid 2 kembali terjadi,..

    • Cuma anget-anget sesaat. Sebentar lagi juga mendingin dan kerjasama lagi. Dari dulu bgitu.
      Cobalah sesekali beri tindakan yang lebih tegas sampai angustralia tobat.

      • Tante sebenarnya sudah usul sama pak presiden spy menyetop impor sapi asal angustrali…ehh yang ada malah disomasi sama ABS (Asosiasi Blantik Sapi)

    • AAMIIN……………………….

      • Ehhh…maaf-maaf, tante gak tau kalo oom ABS ada disini, xixixi

        • ayo tante disomasi lho ckck…
          btw impor sapi selain asutralia jg msh bnyk koq.
          bisa dr china yg mulus2putihbening
          dr india/timteng yg gede2 alias montok
          belanda/rusia (yg lbh dekat) yg jg besar2 lbh “legit” dagingnya juga banyak susunya.
          sbg alternatif jg bs dr vietnam/thailand yg sebelasduebelas sama china, sama2 mulus putih bening cmn beda ras aja.
          Jd sebenarnya bnyk sumber” selain dr bule asutralia.

  2. memang harus di beri peringatan. dan pelajaran.. bila perlu di didik di SLB khusus anak nakal…

  3. daftar negara parasit :
    1.malingsial
    2.singaporno
    3.asutralia
    4.p.n.g
    tni kerja sama dgn adf lebih bnyak ruginya dr pd untungnya,sama sprti dgn TDM,
    ayo tni buka saja jalur manusia perahunya biar masuk semua ke asutralia.

  4. Dari sumber diatas…1.masalah PKI(komunis)2.papua..3.pancasila…berarti mereka mendoktrinkan 3 itu yg bisa menghancurkan indonesia,1.dia akan melindungi HAM masalah PKI(komunis)dia akan memblow up sedikit saja..lantas ada penunggangnya..negara penunggang ini juga berkepwntingan besar juga diindonesia,dan penunggangnya akan menyelesaikan pekerjaan J-Z,soalnya yg A-I sudah diblow up tutupnya…2.papua..merupakan target terdekat meraka untuk mempeeluas kawasan..itu nyata!!.dilihat dari segi militer terutama..3.pancasila adalah target yg harus mereka pecahkan..karena hanya pancasila pengikat keperbedaan kita swlama ini..yg bisa diterima diseluruh suku/ras/agama diseluruh indonesia…jadi mwnurut saya itu bukan lagi bentuk pelecehan…tapi doktrin yg ditanamkan diotak mereka…terutama para mesin pembunuh mereka(tentara)…apakah kita selama ini…memikirkan atau mendoktrinkan kelemahan negara laen untuk generasi kita…tentu tidak!…makanya harus kita lawan juga..doktrin mereka..jika komunis/orang yg tidak setuju dengan pancasila berkembang,maka pecahlah PANCASILA,habis itu mereka akan menguasai yg terdekat dg mereka..PAPUA…maka jadilah manusia indonesia yang mempunyai sifat PATRIOT,CERDAS dan BERIMAN,SALAH SATU CIRI2 ORANG YANG BERIMAN,AKAN MEMPERTAHANKAN TANAH AIRNYA,YANG MERUPAKAN ANUGERAH DARI YANG MAHA KUASA…

    • Tante prihatin denger komennya seorang penggiat LSM (diblog sebelah)….kelihatan loyo, gak ada militansinya sama negara sendiri, malah minta pemerintah melakukan investigasi dulu sebelum mengambil sikap

      #heran tante, pulang dari UK makin gak jelas aja tu orang…?

    • mungkin…profesor2 kita pada goblog2…kale ya?
      nggak ngeh ttg apa yg menjadi pikiran, target, dan ambisi mereka (aussie).
      sehingga cenderung…pemaaf, positif thinking…(kemakan ujar2 yg sering bule2 barat tanamkam ke ahli2 kita). selalu defensif (malah cenderung inferior).
      Kayaknya di dalam pikiran2 intelektual2 kita yg nasionalistis nggak ada yg galak, superior, radikal, agresif, tanpa ampun thdp bule2 ini…(apa karena telah terlalu lama dididik dan dicekoki pendidikan ala barat? (baik dari institusi pendidikan indonesia maupun di luar negeri )

  5. ustali harus di hukum keras.. gk usah ada hubungan lagi.. biar nyaho..

  6. Klo guru besar muridnya murid besarkah???

  7. Ntr d ksih c130 udh jinak2 merpati.. indonesia bukan merpati tapi garuda… Jayalah nkri

  8. Tes

  9. @Tante Mirna cocoknya berpasangan sama om @Pocong Merem karena sama-sama pintar … ha ha ha …

  10. Kalo di tawarin hornet Bekas sotralia mau gak?

  11. Songong Norak Tanggung…. Itulah aussiet

  12. Ngga barat dan nggarab lokal sama sama menghina pancasila… giliran kita akrab dan mesra sama blok timur lgsg issue pki dihembuskan oleh barat dan ngarab

  13. SUDAH JELAS MEREKA MEMENDAM BENCI PADA RI,SEPERTI JUGA USA, AUSTRALIA SUDAH BERKALI2 MEMBAHAYAKAN RI DAN SESUDAH ITU MEREKA BILANG DENGAN ENAKNYA KESALAHAN TEKNIS/OKNUM,PADAHAL MEREKA JUGA TAHU BAHWA TINDAKANNYA SANGAT BERBAHAYA BAGI NKRI (TINDAKAN SANGAT BERBAHAYA)KARENA MENGUNDANG REAKSI KEKUATAN DUNIA YANG LAIN TENTANG ISU2 YANG MEREKA LONTARKAN,MEREKA SEMUA TIDAK INGIN INDONESIA KUAT.

  14. AUSTRALIA ATAUPUN AMERIKA TIDAK TAHU BAHWA KAMI LEBIH CERDAS DAN CERDIK DARI MEREKA.

    KAMI BANGSA INDONESIA PUNYA PRINSIP HIDUP SALING MENJAGA DAN MENGHORMATI.

    MEREKA TIDAK TAHU BAHWA BANGSA INDONESIA BISA SAJA MELAKUKAN PROXY WAR TERHADAP MEREKA YANG DENGAN SATU JURUS SAJA SUDAH HANCUR NEGARA MEREKA.

    KAMI BANGSA INDONESIA TIDAK MELAKUKAN HAL ITU KARENA BANGSA INDONESIA DILANDASI RASA SIKAP KASIHAN SESAMA MANUSIA,SESAMA BANGSA.

    MEREKA TIDAK TAHU….
    BODOH SEKALI PEMERINTAHAN NEGARA ITU DAN KASIHAN SEKALI MEREKA…

  15. Lebih baik di hentikan selama lamanya kerjasama dengan ausie, di semua bidang, biarkan bule perantauan kampung itu merasa tersisih sekalian

  16. Jangan biarkan australia terus mengganggu garuda,,,sekali kali ledakan australia

  17. ausrali bangsa setan..

  18. Ngambek sama tetangga sebelah boleh2 saja.

    Marah sama anak tetangga yg nyolong mangga kita juga boleh.

    Tetapi jangan terus2an marah dan ngambek. Apalagi sampai jothakan lama.

    Nanti lama2 yang rugi juga kita sendiri.

    • Enak an jhotakan lama, daripada di apusi dan dikadali terus….ndak rugi kok jotakan sama hemaprodit aushitralia….untung apa jika kita kerjasama militer dgn mereka??? justru militer mereka yg kurang ajar sama kita….mulai mbonceng Belanda dan sekutu mendarat di Makasar hingga terjadi pembantaian besar-besaran oelh Westerling, konfrontasi dan provokasi Irian Jaya, membantu pelepasan Timor-Timur dari NKRI, penyadapan pejabat negara, hingga ikut-ikutan masuk ke area PINDAD….jelas sekali mereka itu berbahaya….malah sekarang TNI kok ya mau di ajak kerjasama dgn mereka….mau ta ilmu kita di curi oleh mereka? Mbok ya TNI itu yg garang sama mereka, jika perlu sekali-kali kita kasih pelajaran mereka…kalau simbol negara di lecehkan, balas dong….mosok kita diam saja….sekali-kali bikin konfrontasi dgn mereka….sabotase militer mereka

      • jangan hanya sekali2 kang kasih pelajarannya.

        berkali2 boleh …malah sudah seharusnya…sehingga lama 2 mereka akan merasa menjadi bangsa real pecundang,.lama2 akan timbul rasa inferior didalam hati mereka. harus di target…dalam 1 tahun, harus berapa kali mereka menelan malu dan pahit.

  19. Sekalian aja pesawat hercules nya juga di kembalikan… .agar personil militer kita tidak ada lagi yg jadi korban pesawatnya yg usang.. …

  20. door…door…doooorrrrr…pecahkan suara i2 bung

  21. Ini Negara apa sih…udah jelas…terang benderang…mereka memusihi Indonesia…selalu dirangkul…bikin jera..ga mungkin…sby gimana ga keras dengan aus..tapi tetep Aja ngulangin..mereka bukan ga sengaja..itu mah uji nyali tni Dan Indonesia..berani gak sm gue..?gue baru beli f22 nih.. barang belom nyampe gimana?kalo udah nyampe gimana?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)