Sep 272016
 

Apa perbedaan jenis pesawat tempur?

Ada tiga kategori luas di mana pesawat tempur dapat diklasifikasikan yaitu pesawat pejuang (fighter), pesawat pembom (bomber) dan pesawat tempur multi-peran (multi-role fighter).

Sebuah pesawat pejuang digunakan untuk mengamankan kendali atas wilayah udara tertentu dengan menghancurkan pesawat musuh. Bomber relatif lebih berat dan kurang dapat bermanuver digunakan untuk menyerang target permukaan dengan bom dan rudal.

Pesawat tempur multi-peran memiliki paduan kemampuan antara pesawat fighter dan bomber mampu digunakan untuk menyerang target permukaan, melakukan penyergapan, pencegatan dan menghancurkan pesawat musuh.

Kapan penerbangan militer dimulai?

Balon udara dan hidrogen panas awalnya yang digunakan untuk pengintaian militer pada akhir abad ke-18. Tetapi pesanan komersial pertama untuk pesawat yang lebih berat dari udara, diciptakan oleh Wright Bersaudara, untuk aplikasi militer yang datang dari tentara AS, yang menginginkan pesawat terbang untuk tujuan pengawasan.

Pesawat ini, bagaimanapun tidak cocok untuk situasi pertempuran. Pesawat pejuang dan pembom muncul pada Perang Dunia I. Perang Dunia II terlihat perkembangan lebih cepat pada penerbangan militer ketika pesawat pembom digunakan untuk menghancurkan kota dan formasi militer di darat.

Pesawat mana yang menjadi cikal-bakal pejuang modern?

Akhirnya segera disadari bahwa pesawat tradisional yang terbang dengan bantuan mesin dan baling-baling memiliki keterbatasan ketika diperlukan untuk mencapai kecepatan supersonik.

jerman-heinkel-he-178

Heinkel He-178 Jerman merupakan pesawat jet pertama didunia

Pesawat He178 Jerman yang diproduksi pada tahun 1939 adalah pesawat bertenaga jet pertama didunia. Selama akhir Perang Dunia II di pertengahan tahun 1944, Jerman mampu memproduksi Me262 pesawat jet paling canggih dan bertenaga saat itu.

Jet tempur itu mampu mencapai kecepatan 845 km/jam, namun terlambat memasuki layanan untuk memenangkan perang. Pesawat ini bersama dengan pesawat lain yang bertenaga jet dikembangkan oleh pasukan sekutu selama perang dan diklasifikasikan sebagai pesawat pejuang generasi pertama.

Apa saja generasi pesawat tempur lainnya?

Berbeda dengan pesawat pejuang generasi pertama, pesawat tempur subsonic dilengkapi dengan sistem avionik dasar yaitu sistem elektronik yang digunakan pada pesawat.

Para pejuang generasi kedua, yang dikembangkan antara pertengahan tahun 1950-an hingga 1960-an, memiliki radar, atau sistem perlindungan diri.

Jet-jet ini baru bisa mencapai kecepatan supersonik pada pesawat generasi ketiga, yang diproduksi antara tahun 1960-an sampai 1970, telah maju dalam hal manuver dan sistem senjata.

rusia-mig-23m

Jet tempur generasi ketiga MiG-23 buatan Rusia

Pesawat generasi ketiga ini termasuk MIG-23 dan Mirage III yang mampu menembak target di luar jarak pandangan pilot.
Pesawat pejuang generasi keempat lahir pada tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada awal 1980-an. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem fly-by-wire yang berarti penggantian kontrol manual penerbangan dengan perangkat elektronik.

Pesawat pejuang yang terkenal dari generasi ini adalah F-15 dan F-16 Amerika, Mirage 2000 Perancis serta MiG-29 Soviet.

Seberapa jauh perkembangan teknologi canggih pesawat saat ini?

Sebagian besar jet tempur yang digunakan oleh militer utama hari ini diklasifikasikan sebagai jet tempur generasi 4+ dan generasi 4++. Yang terbaru adalah jet tempur generasi kelima.

Perusahaan Dirgantara Lockheed Martin mendefinisikan pesawat generasi kelima sebagai pesawat super manuver, dengan sistem komputer canggih dan semua aspek siluman, sehingga hampir tidak mungkin bagi radar untuk mencegat dan menemukan mereka.
Sejak tahun 2005 perusahaan ini telah memasarkan F-22 Raptor sebagai pesawat tempur generasi kelima.

Dilaporkan bahwa pesawat tempur generasi kelima India saat ini sedang dikembangkan bersama antara Sukhoi dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dan rancangan itu akan didasarkan pada desain Sukhoi PAK-FA.

 

Vegassus © JakartaGreater.com

Artikel Terkait :

  14 Responses to “HAL dan Sukhoi Bangun Jet Tempur Generasi Ke-5 India”

  1. 😛

  2. judul dan isi artikel ga nyambung

  3. India sepertinya sabar dalam menjalani joint venture dengan Rusia.
    Ini di buktikan dengan uang yang nominalnya besar akan tetapi jadwal priduksi mundur beberapa kali, akan tetapi no problem.
    Mereka jug berinvestasi dengan sekala besar di bidang milter dikarenakan pernah mengalami perang dengan negara tetangga.
    Semoga KFX / IFX lebih cepat tercipta….

  4. Test test 1 2 3 … dok dok kodok test test kodok kodok kodok. Ok.

  5. Entar tahun 2099 kalo nggak keburu kiamat..NKRI bakal bikin pesawat siluman selemin generasi ke 6 dgn nama maklampir,roro kidul,dan Nini kewuk,nini pelet..Grandong dll…

  6. Judulnya salah……..

  7. Mungkin india belum mumusatkan diri untuk jenis pesawat apa yang akan mereka desain bersama HAL apakah “pesawat pejuang (fighter) “pesawat pembom (bomber)
    “pesawat tempur multi-peran (multi-role fighter) untuk jenis pespur bisa membawa si brahmos 😀

    “koment dengkul asal ngepul” kwek kehkehkeh….

  8. Mumpung judulnya ga nyambung, ijin komen yg ga nyambung juga ahh…hihi..
    GOWIND MALAY BERMASALAH

    DCNS juga telah memenangkan kontrak pengadaan korvet Gowind pertama untuk Angkatan Laut Malaysia, yang meliputi desain dan pembangunan enam korvet di Malaysia, pada galangan kapal Shipyard Boustead Naval melalui transfer teknologi. Kapal ini akan diklasifikasikan sebagai kapal frigate lokal.

    Namun hingga kini, pembangunannya seolah terhambat. Seperti diketahui Malaysia lebih dahulu memotong baja memulai pembangunan korvet spesial ‘Gowind” dengan ukuran yang lebih besar, 4 bulan lebih cepat dari pembangunan kapal Gowind Mesir. Namun hingga kini tidak ada berita kapan kapal tersebut siap diluncurkan.

    Menurut situs the star, Galangan kapal Boustead Naval menghadapi masalah keuangan dalam menyelesaikan kapal korvet pertama untuk Malaysia. Jadi kemungkinan peluncuran kapal bakal tertunda.

    ? Garuda Militer

  9. Inila pesawat Gen 10 khayalan negri Endon…

    https://content.artofmanliness.com/uploads//2014/09/IMG_3228.jpg

    KAHKAHKAHKAH….

    Cian de lo, Ndon….KERE…KERE….

  10. pesawat gen6 gambarnya keren…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)