Aug 222016
 

Terkadang kita tidak menyadari, bahwa sebuah kebijakan akan mempengaruhi di dua sisi, yaitu dampak baik dan dampak buruk. Seperti halnya dengan kebijakan kenaikan harga rokok yang isunya akan dberlakukan oleh pemerintah.

Sebenarnya siapa yang memprakarsai kenaikan harga rokok?

Kepala Pusar Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan dari Universitas Indonesia, Hasbulla Thabrany, membuat sebuah studi. Hasil studinya mengungkapkan bahwa perokok aktif akan berhenti merokok jika harganya dinaikkan menjadi dua kali lipatnya. Survey tersebut dilakukan kepada 1000 orang melalui telepon dari Desember 2015 sampai Januari 2016. Sebanyak 76 % perokok menyatakan setuju jika harganya dinaikkan dan 72 % akan berhenti merokok jika harganya diatas Rp.50.000.

Hal serupa juga diungkapkan anggota DPR dari fraksi Nasdem, Irma Suryani Chaniago. Menurutnya kenaikan dari harga rokok memang tidak bisa menekan perokok aktif secara signifikan. Namun dengan naiknya harga rokok akan mampu menekan jumlah anak dibawah umur yang ingin merokok. Irma juga berpesan agar kenaikan ini tidak menguntungkan perusahaan rokok. Kenaikan perlu murni untuk cukai dan 50 % dari kenaikan digunakan sebagai dana masyarakat.

Jadi harga rokok naik karena alasan kesehatan. Strategi ini sudah terbukti ampuh di beberapa negara yang menerapkannya. Rokok di Indonesia memang paling murah dibanding negara-negara lain. Di Singapura contohnya, sebungkus rokok adalah Rp.120.000. Sedangkan di Indonesia dengan Rp.12.000 sudah mampu membeli sebungkus rokok.

Siapa yang memprakarsai harga rokok naik?

Intinya berawal dari studi dari Kepala Pusar Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan dari Universitas Indonesia, Hasbulla Thabrany, yang membuat sebuah studi tentang rokok.

Kita lihat Kompas.com

Ketua DPR Ade Komarudin setuju dengan wacana kenaikan harga rokok yang rencananya akan naik hingga Rp.50.000 per bungkus. Menurut Ade, wacana tersebut sekaligus dapat mengurangi kebiasaan masyarakat agar tidak lagi merokok. Rokok, kata Ade, merupakan musuh bangsa yang sudah disadari semua orang.

Harga rokok diwacanakan naik sekitar Rp.50.000 per bungkus. Lantas apakah sudah memperhatikan skala perbandingan antara dampak baik dan buruknya?

Disini saya akan mengkaji secara sempit tentang dampak buruk kenaikan harga rokok. Berikut adalah asumsi dan kemungkinan dampak buruk yang akan timbul dengan kenaikan tajam harga rokok.

Kita lihat Metrotvnews.com

Kenaikan pajak dan cukai membuat industri rokok terus tertekan. Tak ayal, jika hal tersebut dilakukan bukan tidak mungkin bagi jutaan orang yang menggantungkan nasib mereka di industri rokok bakal menjadi pengangguran.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, industri rokok merupakan salah satu penyumbang pendapatan negara terbesar. Bahkan jika dibandingkan minyak dan gas bumi (migas), devisa negara yang diperoleh dari industri rokok jauh lebih besar.

Ia menjelaskan, pendapatan dari rokok terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2014 pendapatan dari rokok untuk APBN sebanyak Rp.140 trilyun, naik 22 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak Rp.115 trilyun.

Selain itu, jumlah tenaga kerja di industri rokok secara keseluruhan melibatkan 6.1 juta orang. Sebanyak 1.6 juta orang diantaranya merupakan petani tembakau yang jika ditekan dengan pajak dan cukai yang tinggi, maka petani tembakau akan berpotensi kehilangan pekerjaan mereka.

Karyawan Pabrik Rokok

Kenaikan harga rokok tentunya akan menurunkan jauh konsumsi rokok. Para karyawan pabrik rokok perlu siap-siap untuk di PHK. Semisal di Indonesia ada 100 juta perokok, 50 juta diantaranya orang miskin, 30 juta orang adalah kelas menengah, dan 20 juta adalah kelas atas. Jika dilihat dari segi finansial, kemungkinan besar orang miskin akan mengurangi jatah rokok mereka. Sedangkan orang dari kalangan menengah akan berfikir ulang untuk merokok.

Asumsikan saja, perokok akan berkurang 50 %. Ini artinya jumlah tenaga kerja di industri rokok yang secara keseluruhan melibatkan 6.1 juta pekerja, kemungkinan sekitar setengahnya (3 juta orang) akan di PHK, utamanya tentu dibagian manual (meracik rokok). Untuk itu pemerintah perlu menyediakan lapangan kerja baru.

Lalu bagaimana dengan harga tembakau?

Jika dilihat secara gamblang, harga tembakau akan semakin murah dikarenakan permintaan tembakau akan berkurang dari pabrik rokok.

Bagaimana dengn keuntungan pabrik rokok?

Rata-rata harga rokok sekitar Rp.16.000 per bungkus, apabila dinaikkan menjadi Rp.50.000 berarti terjadi kenaikan 3 x lipat. Bisa dimungkinkan keuntungan pabrik rokok sama saja – merujuk dari pernyataan anggota DPR dari fraksi Nasdem, Irma Suryani Chaniago – kecuali jika cukai rokok naik, seperti yang diberitakan di media massa.

Bagaimana dengan devisa negara?

Apakah berdampak juga pada devisa negara? Jika kita lihat dari untung perusahaan rokok yang tetap sama, devisa negara kemungkinan tidak akan tercapai seperti yang ditargetkan. Ingat bahwa industri rokok adalah penyumbang devisa terbesar bahkan jauh lebih besar dari penerimaan sektor migas.

Bagaimana dengan kriminalitas?

Tindak kriminalitas mungkin akan meningkat tajam jika harga rokok benar-benar dinaikkan. Kita lihat, siapa saja yang merokok? Anggota DPR, dosen, guru, petani, buruh, preman, pelajar, pengamen, yang merupakan kalangan intinya. Kalau orang-orang kaya sudah pasti tidak akan berpikir masalah kenaikan harga rokok.

Namun bagaimana dengan masyarakat kelas bawah? Kebanyakan anak-anak SMA sederajat juga merokok, biasanya mereka yang merokok itu “agak nakal”. Apa saja peningkatan kejahatan yang mungkin akan timbul? Yah, itu dia contohnya, “pemalakan”. Kasian nanti emaknya jadi korban (pemalakan) buat jajan rokok anaknya. Mungkin juga pencurian akan marak akibat keinginan memiliki uang buat beli rokok. Nah, sekarang apa yang akan terjadi dengan para karyawan yang kena PHK? Bagaimana nasib anggota keluarga para karyawan yang terkena PHK tersebut? Silahkan kita fikirkan bersama-sama.

Sumber: Kukau Blogspot

Artikel Terkait :

  417 Responses to “Harga Rokok Naik Tajam, Sudah Lihat Dampak Buruknya?”

  1. wan wen one test pertamax

      • Bukan cuma nelayan ..bung
        Petani yg biasa ke sawah di pagi hari yg dingin ..imbasnya tak ada rokok tak ada kopi..males jadinya

        Perkebunan yg di malam hari tuk menjaga kebun butuh rokok untuk hilangkan ngantuk dan pengusir dingin akan malas ke ladang atau kebun
        Imbasnya anak bini makan apa..
        Byk org mati bunuh diri karena tekanan si perokok yg sangat butuh rokok ke laut sawah ladang

        Beras akan mahal karena upah buruh tani naik akhirnya males kesawah ..rakyat indonesia silahkan makan angin
        Balita akan kekurangan susu dan gizi ..menjadi penyakit busung lapar lemah dan mati
        Ibu dan bapak akan turun kejalan karena semua mahal dan susah di dapat
        Maka INDONESIA AKAN BUBAR ..aSING ASENG TERTAWA SENANG BERHASIL MEMBODOHI PEMIMPIN DPR DAN DOKTER

        • Linting aja tembakau sama kemenyan lebih murah.rp100 dapat sekresek.

          Ha ha ha

        • rokok tengwe, utis laris manis bung juga pabrik rokok rakyat yg ilegal mulai tumbuh

        • Yg lebih bodoh adalah sampeyan yg dibodohi oleh artikel bodoh ini. Emang musim dingin di luar negeri menyebabkan org ngerokok? Jawabnya TIDAK. Temen saya yg ngerokok di indonesia, pas kuliah di UK yg dingin ga ngerokok gara2 mahal. Emang petani jd males ke ladang gara2 ga merokok? Jawabnya TIDAK. Mereka tetap akan bertani demi keluarganya. Malah dgn stop merokok petani bisa konversi duit 1 bungkus rokok dengan telur/sembako yg bergizi buat keluarganya. Situ kali yg males orgnya, ga bs mikir klo ga merokok. Emang dokter yg mendukung pelarangan atau pemahalan rokok adalah org bodoh? Jawabnya TIDAK. Situ kuliah kedokteran apa? Kurasa SD pun ga tamat dan otaknya butek krn asap rokok jd ga tau bhw di scr medis rokok tdk baik bg perokok aktif dan pasif. Emang situ paham kenapa Sampoerna dulu dibeli asing? Jawabnya TIDAK. Krn ga peduli yg penting bs merokok puas. Asing yg beli Sampoerna melihat pasar yg besar (baca: jumlah perokok yg byk) di negara2 berkembang di afrika dan asia termasuk Indonesia, sedangkan di negaranya sdh sedikit krn sdh sadar kesehatan dan tax yg tinggi. Masih mau bangsa lo dibodohin rokok? Lebih baik uangnya beli panganan yg sehat buat tubuh dan jiwa yg sehat. Emang klo bisnis sdh tidak menarik/jadul, rakyat terlalu bodoh spt ente jd pengemis di jalan? Jawabnya TIDAK. Dulu perusahaan surat kabar dan pos usa memiliki ratusan ribu pegawai, tp zaman beralih dgn adanya berita online dan email. Kayanya jumlah pengemis di usa ga nambah ratusan ribu. Jd jgn anggap sepele kepintaran dan etos kerja keras bgs sendiri bro.

          • rokok yang beredar ada banyak jenisnya, ada yang cocok buat daerah dingin, buat daerah panas dan buat di daerah sedang… makanya beda-beda rasanya…

          • EMANG SITU PINTER?,,DEK KALO KOMEN PAKE OTAK NYOCOT PALING PINTER …DARI COMENNYA AJA PALING JEBLOK SANA CUCI MUKA DULU BIAR NDAK NGREMEHIN ORANG !!!

          • Lo saja yg tak ngerti bule pada merokok di hawa dingin dan ditemani wine dan tentunya sex bebasnya. Lo saja orang kampung gk pernah tinggal diluar negeri tapi sok hebat melebihi yg tinggal di luar negeri. Makanya sekali kali ke eropa bung, gak cuma tinggal diketiak ibumu sampai sampai cara pandang picik dan benar menurut lo sendiri. Well mich of cucumbie…

          • Ente ngatain orng bodoh tp ente ga nyadar sama bodohnya ketipu jg.. ente bilang musim dingin Tidak menyebabkan orng merokok?? Ente punya asumsi dari mana?? Ente aja belom nanya sama yg ngerokok.. udah berasa paling pinter pake bilang TIDAK.. Emang didunia ini dokter aja yg pinter?? Ente makin kelihatan bodoh kalo menganggap pinter kalo udah jd dokter.. kalo emang dokter pinter itu knp bnyak yg gagal operasi? Knp masih banyak orng yg mati gara2.dokter ga bisa nyembuhin kalo emang pinter.. pake ngata2in orng lulusan SD, itu bu susi lulusan smp dan ngerokok pula masih bisa sukses.. ente mau bilang bu susi bodoh?? Mau.bilang bung Karno bodoh gara rokok??
            Kalo negara maju udah pd sadar knp masih ada yg ngerokok??
            Mending ente kagak usah ngatain orng bodoh kalo trnyata ente memperlihatkan ke bodohan ente.. lantas apa untungnya ente dukung kenaikan harga rokok ampe ngatain orng bodoh.. orng ente sama bloonnya, toh masih bakal ada yg ngerokok juga..
            Lebih pinter yg komen di bawah noh yg bilang supaya ditutup pabrik rokok,, trus dibikin undang2nya kaya narkoba.. kagak ngatain bodoh,, simple tp berisi dan fair..

            daripd kaya diperas begini, masih manfaatin orng yg ngerokok buat cari uang,, tp numbalin pengangguran buat rakyat kecil.. alasan demi kesehatan, tp dibalik itu semua demi keuntungan sepihak.. lagi2 rakyat yg jadi korban.. kalo emang pinter mending tuh petani tembakau dari awal ente kasih kerjaan yg bisa memakmurin.keluarganya baru ente.koar2.. bodohnya ente mau menumbalkan banyak orng demi kepentingan politik semata..

          • bung @ Roy anda perokok…..?
            ” Emang musim dingin di luar negeri menyebabkan org ngerokok? Jawabnya TIDAK.Emang petani jd males ke ladang gara2 ga merokok? Jawabnya TIDAK. Mereka tetap akan bertani demi keluarganya. Malah dgn stop merokok petani bisa konversi duit 1 bungkus rokok dengan telur/sembako yg bergizi buat keluarganya.”
            —————————————-
            asumsi anda salah besar bung,anda jelas bukan seorang petani….,!!!!!
            merokok itu paling nikmat di hawa dingin….
            keladang,ke proyek,ke hutan,ke kota perokok aktif akan loyo klw g da rokok….
            gw kasih tau ya bung paling nikmat ngerokok itu di Toilet bung …..aaakhhhhhhhh sedoooooot maning sigaret kreteknya aaakkhhh ohok ohoooookkk……..hihihiiiiii

          • Lu liat apah yg di perbuat Negara dampaknya apah,,
            Klo rokok naik emng uangnya bisa di simpen buat keperluan lai, tapi lu tai gax bos apa bisa jika rokok di naikan pemerintah bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang di phk atau pedagang asongan yg tak mampu belanja rokok dan bahkan warung warung kecil yg tak sanggup mempunyai modal untuk membeli rokok,,,
            Berpikir sejenak,,,
            Apah lu mau nyediain lapangan pekerjaan buat mereka,,,
            Jangan liat hari ini tapu lu liat beberapa thun kedepan,,,
            Di singapur rokok 120rb / bungkus,,,
            Pendapatan suangapur sama Indonesia lebih besar mana,jelas singapur mahal penduduknya ajah sama kaya Jakarta,,,
            Bahkan masih banyakan Jakarta,
            Engkong gue ngerokok ampe sekarang asih idup,,, dokter nyari muka,,,
            Klo gax ada yg sakit lu mau ngobatin siapah dok,,,
            Hadeh,,,

          • mantap nian……super

          • @Bung roy kadangkala ada baiknya diam walau benar. Krn yg ngomongnya gak karuan spt komen2 dibawah anda menurut saya jg udh ngebul sm asap rokok otaknya wkwk

          • Itu kan di usa bukan di Indonesia, dimana pemerintahnya mikir untuk mencarikan kerja orang yang kena phk la di sini indonesia yang pemerintahannya gak mikirin rakyatnya

          • Cuman yg ngerokok yg bisa rasain,sedangkan anda tidak,,kalau anda memang asalnya perokok,mungkin cara merokok anda buat sebatas gaya gaya,an bukan kenikmatan,,

        • In otaknya kebanyakan merokok n makanya mikirnya batuk2

          • wah salah besar ini… pernah liat “bkn perokok” duduk bersama perokok gak??? tau gak siapa yg batuk??

          • @bung lingkar
            Tergantung siapa “bukan perokok”nya itu
            Tapi sih emang iya, yang “bukan perokok” yang malah batuk batuk ketika duduk disamping org yg sedang merokok
            Berarti sudah jelas rokok sangat buruk dan mengganggu sehingga pantas untuk ditiadakan

          • bung @CounterTerrorist

            dalil anda tidak kuat, tidak ada penjelasan yang spesifik mengenai masalah rokok…

            anda jangan seperti teroris yang menggunakan dalil qur’an hanya untuk tujuan anda sendiri

            salam

          • @bung lingkar

            Beribu maaf sebelumnya bung karena saya sempat tersenyum merendah membaca komentar anda.

            Anda benar, hanya Allah SWT lah yang maha tau

            Tapi, saya ingin memberi tau sesuatu
            Tentang komentar anda di komentar lainnya “tidak ada penjelasan hadist tentang rokok”

            Bahwa, Hadist dan Quran bukanlah ucapan, perbuatan, dan kitab yang merupakan bahan sains, sejarah, dan masa depan.
            Melainkan adalah sebagai petunjuk bagi ummat.
            Memang didalamnya terdapat sains, sejarah, dan masa depan. Namun itu hanya sebagai bukti bahwa ia adalah petunjuk yang benar.

            Al-Quran dan kitab lainnya juga tidak menceritakan tntng narkoba itu haram
            Al-Quran dan kitab lainnya juga tidak mencetitakan tntng obat nyamuk itu haram dikonsumsi (diminum) manusia

            Tapi kita tau itu haram adanya

            Dalil telah ada tentang menghirup/mengkonsumsi zat berbahaya yang merugikan.
            Dalil tentang “bunuh diri” juga ada (penjelasan tntng rokok itu sprti bunuh diri ada dalam resiko rokok dan ada tulisan di bungkusnya, “merokok membunuhmu”)
            Dan saya telah berikan link dari orang yg benar benar meneliti tntng bahaya rokok.
            Sedang kan anda tidak memberikan pendapat anda tntng baiknya merokok

            Dan menurut saya anda hanya berkata menurut pendapat anda tanpa meneliti bahan bahan rokok dan mempelajari kitab petunjuk (kitab suci) anda.

            Sebelumnya saya minta maaf bila menyinggung, namun sprtinya anda perlu membaca lebih banyak.

            Ini gk ada hubungan topik, tapi berkaitan.
            Pelajaran Matematika adalah pelajaran yg penting karena dapat membentuk pola pikir yg kritis dan dapat mengaitkan suatu aspek dengan aspek lainnya.
            Sehingga sebaiknya anda perlu belajar matematika lebih banyak
            Anda bs mencari perkataan saya ini di Google sendiri

        • Numpang nulis dalil bung
          Ane mendukung Indonesia tanpa rokok dan narkoba

          Dari Abu Hurairah Radiallah ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda
          “Barang siapa yang menghirup racun hingga mati, maka dia akan menghirup racun selama lamanya di neraka jahanam”
          (HR. Bukhari dan Muslim)

          Disitu penekanannya bukan “menghirup racun selama lamanya”, tetapi “di neraka jahanam” yang menandakan bahwa ia akan masuk ke dalam neraka jahanam (neraka paling buruk)

          Ps: hukuman teringan dineraka adalah (dalil), seseorang berdiri diatas batu neraka yang panas hingga membuat otak mereka mendidih dan mereka berkata, “tidak ada hukuman yang lebih berat dripda kami”, padahal mereka adalah orang yang mendapat hukuman paling ringan

          Kurang meyakinkan dalilnya? Search di google aja

          • menurut anda begitu bung ….teroris? cuma hadist? dalil qur’annya mana? biar saling melengkapi

          • silahkan googling lagi… saya tunggu deh… 😉

          • @bung lingkar

            QS Al-A’raaf:157

            Pertanyaannya, rokok itu baik/buruk?

            Sedikit artikel dari http://www.alodokter.com/segudang-bahaya-merokok-terhadap-tubuh
            Selengkapnya langsung ke link aja

            Salah satu konsekuensi utama yang bisa Anda dapatkan dari rokok adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok. Kenapa rokok begitu berbahaya? Apa saja efek negatif lainnya dari rokok?

            Lihat saja kandungan yang terdapat pada sebatang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. Ratusan di antaranya zat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat kanker. Bahan-bahan berbahaya pada sebatang rokok, antara lain:

            Karbon monoksida. Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalang penyediaan oksigen ke tubuh. Hal tersebut membuat Anda cepat lelah.
            Tar. Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya keluar dari paru-paru Anda.
            Gas oksidan. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.
            Benzene. Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia.
            Selain bahan-bahan di atas, masih banyak kandungan beracun pada sebatang rokok seperti arsenic (digunakan dalam pestisida), toluene (ditemukan pada pengencer cat), formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), hydrogen cyanide (digunakan untuk membuat senjata kimia), dan cadmium (digunakan untuk membuat baterai).

            Ketika Anda merokok, Anda akan lebih mungkin terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Risiko lebih tinggi lagi jika Anda perokok wanita yang sedang mengonsumsi pil KB.

            Saat merokok, Anda akan turut memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk tubuh, khususnya jantung. Contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat buruk terhadap organ tubuh yang lainnya.

          • Gk perlu di googling lg bung lingkar.
            Semua orang juga pasti tau dalil Quran yg sblmnya saya berikan.
            Pasti udah akrab ditelinga kita

          • “(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

            Cuma itu dasarnya? Tidak penjelasan spesifik bung, maaf dalilnya tidak kuat…. kalau sebatas penafsiran, setiap orang bisa memiliki penafsiran yang berbeda…

            silahkan cari lagi.

            salam

          • perlu anda ingat, para ulama tidak memiliki pendapat yang sama dalam hal rokok ini… nah lho koq jadi saya yang menjari anda… maaf 😛

          • @bung lingkar

            Sekarang berikan pendapat anda tentang baiknya rokok
            Setiap orang punya tafsir berbeda. Tapi tentu saja ada pendapat kuat dibalik perbedaan.
            Saya telah memberikan link tntng buruknya rokok sblmnya

            “Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan : “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa) : “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” (Qs.Al-Baqarah : 285)

            Dalam ayat di atas, Allah ?????? ? ????? menggambarkan tentang orang-orang beriman yang bersama dengan Rasulullah, di mana mereka telah beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. Mereka (orang-orang yang beriman) senantiasa mengatakan ????????? ??????????? (”…kami dengar dan kami taat…”).

            Mendengar apa yang difirmankan Allah dan memahaminya, lalu mengerjakan apa yang diajarkan atau diserukan di dalam firman Allah tersebut, adalah karakter orang-orang yang beriman. Karakter ini telah lekat, dan banyak disebut di dalam ayat-ayat Al-Qur’an, karena itu fenomena “mentaati apa yang didengar“ akan senantiasa terlihat di kalangan orang-orang yang mempunyai cap “beriman”. Sebaliknya, hal ini tidak akan terlihat di kalangan orang-orang yang mempunyai cap “kafir”, karena orang-orang kafir tidak mungkin mentaati apa yang difirmankan oleh Allah ?????? ? ????? .

            https://sekteislam.wordpress.com/2013/10/20/orang-orang-beriman-dan-samina-wa-athona-3/

          • Jangan sok suci,,bawa2 agama,,ni soal rokok,,gksah bhs yg laen2.klo mw ceramah dimasjid,,sklian ceramahin dlu kluarga lo.apa kluarga lo ada yg bebas dr rokok??

        • Gpp naikin aja jok..drpd ngutang mulu yg dinaikin..

        • banyak mana pekerja rokok sama manusia yg menghabiskan uang nya hanya untuk rokok, dan anda pernah membandingkan berapa kerugian dari rokok tersebut? benarkah berjuta-juta orang kehilangan pekerjaan hanya karna harga rokok naik, lebay bnget kaya nya nga dah ?

          masalah malas tidak kerja hanya karna tidak ada rokok, ko aneh yah, malas itu karna orang nya, semngat ko dateng nya dari rokok zz, aneh!

        • Kalo masyarakat kelas bawah sebagai konsumen rokok, mungkin akan menggrutu karena harga rokok favorit mereka naik diatas pendatan harian mereka ( asumsi para buruh tani, buruh tambak, kuli, becak, nelayan kecil area Jatim Jateng ) yg sehari2 pendapatn kisaran 30- 50/hari. Namun ingat, kalangan ( maaf ) bawah ini merupakan kalangan yg tidak terlalu ambil pusibg dalam hal seperti ini. Mengingat rokok adalah barang subtitusi, dimana masih ada rokok kliting, rokok klobot ( daun jagung ) yg harganya lebih murah. Namun ingat, pada awal2 penerapan kebijakan ini pasti harga bako eceran naik namun akan turun pada jangka waktu dekat.

          Hal ini akan berbeda pada kalangan menengah, seperti kalangan guru atau pegawai2 kelas menengah. Mereka akan cenderung berpikir2 kembali untuk membeli atau cenderung berhenti.

          Dengan kata lain. Produksi bako tidak akan berhenti secara tiba2, namun akan terjadi pengurangan produksi tembakau karena penurunan harga. Akan timbul pengangguran 1.6 jt jiwa dari kalangan petani bakau tidak mungkin terjadi. Karena petani tidak akan hanya menanm tanaman yg sama dalam 1 tahun penuh. Akibatnya, petani akan beralih menanm sayur atau pangan pokok atau lainnya. Yg mengakibatkan tanaman subtitusi tembakau tersebut akan memiliki harga lebih murah dipasran, sehingga minat masyarakat untuk membeli hasil tanaman pengganti tembakau tersebut meningkat

      • Bukan cuma nelayan,, bu susi jg kena efeknya langsung.. kan dia perokok berat bung..

        • Kalo bu susi pribadi gk urus harga rokok.jutaaanpun mampu dibeli. Pesawat dan bisnisnYa cukup utk biaya rokok. Tapi yg jadi masalah macam saya ini, pendapatan dan pengeluaran tak seimbang.

          • berhenti rokok lebih bagus bos.maaf.kuat beli rokok ya beli klo gak ya g usah beli.g merokok g bakalan mati,jangan sampe makan.santai saja jangan marah saya jg perokok ditanggapi sabtai saja.peace.

      • yg suka merokok SUSInya.. TEKOOO (O lafalnya bukan O dari Eko.. tapi O dari d(o)nat)

      • ko sumber blogspot zzzz 😀

    • Lebih baik harga rokok emang dimahalin klo gk bisa langsung ditiadakan perusahaan rokok di Indonesia
      Gk ada keberkahan dari penjualan rokok di Indonesia.
      Pantes aja negeri kita masih dianggap kurang baik kesejahteraannya padahal negeri kita kaya raya. Pengelolaan negara aja masih kurang berkah begini

      • sangat setuju sekali jika harga rokok dinaikkan
        dengan menaikkan cukai rokok 200%
        terus terang saya sendiri perokok aktif 2-3 bungkus
        sehari, menurutku apabila cukai rokok dinaikkan
        sedemikian rupa, tidak akan menjadikan Indonesia
        kiamat, bagi petani msih bisa bertani tembakau
        dan hasilnya bisa langsung dipasarkan sendiri, bagi
        karyawan bisa memulai belajar membuat rokok
        sendiri dan memasarkannya,bagi perokok yg tidak
        gila merk(yg pentingkan rasanya BUNG) bisa
        mencoba/membeli rokok yg belum familiar/terkenal
        (minim cukai) atau bahkan bisa membuat sendiri
        (tanpa ada cukai yg membebani)
        menurutku yang paling dirugikan oleh kebijakan ini
        nantinya adalah si pengusaha itu sendiri yg
        kebanyakan dimiliki oleh si ASENG dan si ASING,
        mereka bisa BANGKRUT dan tidak bisa menjadi
        orang terkaya lagi

    • Yg usul bego,dampaknya justru lbh mengerikan drpd kebaikannya,dia bilang pendapatan negara bs bertambah,pdhl klo harga naik,konsumsi berkurang,pabrik rokok mau tak mau juga mengurangi produksi,drmn pajak bs bertambah klo produksi menurun ?? Blm lagi pengurangan buruh rokok akibat kurang produksi,alias PHK besar2an. Apa ini yg disebut perbaikan ekonomi ?? Ngacoo ..!!

      Keiminalitas Akan meningkat,akibat ketergantungan rokok org bisa nekat melakukan kejahatan. Maraknya produk rokok ilegal bakal merajai indonesia.

      Kalo singapore jadi perbandingan,kenapa tidak bandibgkan harga barang yg lain ?? Misalnya mobil Avanza,di singapore seharga 1,1 M..disini ?? Murah sangat…

      Yg musti di naikan itu harga primer kaum menengah keatas,bukan malah harga rokok yg notabenya (sorry) di konsumsi rakyat kalangan menengah kebawah..

      • Namun bagaimana dengan masyarakat kelas bawah? Kebanyakan anak-anak SMA sederajat juga merokok, biasanya mereka yang merokok itu “agak nakal”. Apa saja peningkatan kejahatan yang mungkin akan timbul? Yah, itu dia contohnya, “pemalakan”. Kasian nanti emaknya jadi korban (pemalakan) buat jajan rokok anaknya. Mungkin juga pencurian akan marak akibat keinginan memiliki uang buat beli rokok. Nah, sekarang apa yang akan terjadi dengan para karyawan yang kena PHK? Bagaimana nasib anggota keluarga para karyawan yang terkena PHK tersebut? Silahkan kita fikirkan bersama-sama.

        Maaf ini masalah karakter bangsa ini bung. Urgent

      • In otaknya kebanyakan merokok n makanya mikirnya batuk2

    • Daerah ane merupakan penghasil tembakau terbesar ketiga di Indonesia dengan kualitas tinggi menurut PT. Jarum. Tembakau rajangan petani bisa langsung dikonsumsi. Jadi kalau harga rokok naik tentu perokok akan dengan mudah mendapatkan penggantinya dan ini tentunya akan meningkatkan permintaan tembakau rajangan murah dari daerah lain sebagai pengganti rokok pabrikan. Kalau ini yang akan terjadi, tentunya target yang diinginkan dari isu kenaikan harga rokok tidak akan signifikan.
      Hal ini tentu berbeda dengan negara2 eropa yang memang bukan penghasil tembakau. Masalah lain yang jg kemungkinan akan muncul adalah maraknya penyelundupan rokok ilegal dari china dan india sebagai penghasil tembakau terbesar, mengingat masuh mudahnya menyelundupkan barang ke negara kita.

    • sangat setuju sekali jika harga rokok dinaikkan
      dengan menaikkan cukai rokok 200%
      terus terang saya sendiri perokok aktif 2-3 bungkus
      sehari, menurutku apabila cukai rokok dinaikkan
      sedemikian rupa, tidak akan menjadikan Indonesia
      kiamat, bagi petani msih bisa bertani tembakau
      dan hasilnya bisa langsung dipasarkan sendiri, bagi
      karyawan bisa memulai belajar membuat rokok
      sendiri dan memasarkannya,bagi perokok yg tidak
      gila merk(yg pentingkan rasanya BUNG) bisa
      mencoba/membeli rokok yg belum familiar/terkenal
      (minim cukai) atau bahkan bisa membuat sendiri
      (tanpa ada cukai yg membebani)
      menurutku yang paling dirugikan oleh kebijakan ini
      nantinya adalah si pengusaha itu sendiri yg
      kebanyakan dimiliki oleh si ASENG dan si ASING,
      mereka bisa BANGKRUT dan tidak bisa menjadi
      orang terkaya lagi

      • rokok selundupan cuma Rp.5000 bung… pasti pengusaha rokok dari negara tetangga yang untung… pajak pemerintah dari sektor ini??? anda pasti bisa menjawabnya bila lebih banyak beredar rokok selundupan…

        • Bukannya kita y yg ekspor rokok ilegal data sampean tdk falid Mbah

        • Ga usah melebar kemana2 om lingkar. Brg selundupan apapun itu hrs dihentikan krn mengurangi pendapatan negara. Tolong klo pake logika yg jelas. Coba anda jawab dalil ilmu pengetahuan (kesehatan), psikologi, agama yg blg bhw merokok itu baik?

      • pikir bung… bila pabrik rokok tutup, pemerintah pasti melihat “wow masyarakat banyak menjadi pengusaha rokok baru”… pastinya bakal keluar peraturan bahwa mereka wajib dikenakan “pajak” juga… ujung-ujungnya siapa yang menjerit???

    • kalau rokok naik,,, bakalan banyak pemulung puntung rokok….
      yg parahnya,,, rokok bakal di hisap sampai busa-busanya….
      ck….ck….ck….

    • Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.?
      ____________?

      Tuhan Sembilan Senti
      Oleh: Taufiq Ismail

      Indonesia adalah sorga luar biasa ramah bagi perokok,

      tapi tempat siksa tak tertahankan bagi orang yang tak merokok.

      Di sawah petani merokok,
      di pabrik pekerja merokok,
      di kantor pegawai merokok,
      di kabinet menteri merokok,
      di reses parlemen anggota DPR merokok,
      di Mahkamah Agung yang bergaun toga merokok,
      hansip-bintara-perwira nongkrong merokok,
      di perkebunan pemetik buah kopi merokok,
      di perahu nelayan penjaring ikan merokok,
      di pabrik petasan pemilik modalnya merokok,
      di pekuburan sebelum masuk kubur orang merokok.

      Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu-na’im sangat ramah bagi perokok,

      tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok.

      Di balik pagar SMU murid-murid mencuri-curi merokok,
      di ruang kepala sekolah…ada guru merokok,
      di kampus mahasiswa merokok,
      di ruang kuliah dosen merokok,
      di rapat POMG orang tua murid merokok,
      di perpustakaan kecamatan ada siswa bertanya apakah ada buku tuntunan cara merokok.

      Di angkot Kijang penumpang merokok,
      di bis kota sumpek yang berdiri yang duduk orang bertanding merokok,
      di loket penjualan karcis orang merokok,
      di kereta api penuh sesak orang festival merokok,
      di kapal penyeberangan antar pulau penumpang merokok,
      di andong Yogya kusirnya merokok,
      sampai kabarnya kuda andong minta diajari pula merokok.

      Negeri kita ini sungguh nirwana kayangan para dewa-dewa bagi perokok, tapi tempat cobaan sangat berat bagi orang yang tak merokok.

      Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru, diam-diam menguasai kita.

      Di pasar orang merokok,
      di warung Tegal pengunjung merokok,
      di restoran, di toko buku orang merokok,
      di kafe di diskotik para pengunjung merokok.

      Bercakap-cakap kita jarak setengah meter tak tertahankan asap rokok,
      bayangkan isteri-isteri yang bertahun-tahun menderita di kamar tidur
      ketika melayani para suami yang bau mulut dan hidungnya mirip asbak rokok.

      Duduk kita di tepi tempat tidur ketika dua orang bergumul saling menularkan HIV-AIDS sesamanya, tapi kita tidak ketularan penyakitnya. Duduk kita disebelah orang yang dengan cueknya mengepulkan asap rokok di kantor atau di stop-an bus, kita ketularan penyakitnya.

      Nikotin lebih jahat penularannya ketimbang HIV-AIDS.

      Indonesia adalah sorga kultur pengembangbiakan nikotin paling subur di dunia, dan kita yang tak langsung menghirup sekali pun asap tembakau itu, bisa ketularan kena.

      Di puskesmas pedesaan orang kampung merokok,
      di apotik yang antri obat merokok,
      di panti pijat tamu-tamu disilahkan merokok,
      di ruang tunggu dokter pasien merokok,
      dan ada juga dokter-dokter merokok.

      Istirahat main tenis orang merokok,
      di pinggir lapangan voli orang merokok,
      menyandang raket badminton orang merokok,
      pemain bola PSSI sembunyi-sembunyi merokok,
      panitia pertandingan balap mobil, pertandingan bulutangkis, turnamen sepakbola mengemis-ngemis mencium kaki sponsor perusahaan rokok.

      Di kamar kecil 12 meter kubik, sambil ‘ek-’ek orang goblok merokok,
      di dalam lift gedung 15 tingkat dengan tak acuh orang goblok merokok,
      di ruang sidang ber-AC penuh, dengan cueknya, pakai dasi, orang-orang goblok merokok.

      Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu-na’im sangat ramah bagi orang perokok, tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok.

      Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru, diam-diam menguasai kita.

      Di sebuah ruang sidang ber-AC penuh, duduk sejumlah ulama terhormat merujuk kitab kuning dan mempersiapkan sejumlah fatwa.

      Mereka ulama ahli hisap.
      Haasaba, yuhaasibu, hisaaban.
      Bukan ahli hisab ilmu falak,
      tapi ahli hisap rokok.

      Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka terselip berhala-berhala kecil, sembilan senti panjangnya, putih warnanya, kemana-mana dibawa dengan setia, satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya.

      Mengintip kita dari balik jendela ruang sidang, tampak kebanyakan mereka memegang rokok dengan tangan kanan, cuma sedikit yang memegang dengan tangan kiri.
      Inikah gerangan pertanda yang terbanyak kelompok ashabul yamiin dan yang sedikit golongan ashabus syimaal?

      Asap rokok mereka mengepul-ngepul di ruangan AC penuh itu.
      Mamnu’ut tadkhiin, ya ustadz. Laa tasyrabud dukhaan, ya ustadz.
      Kyai, ini ruangan ber-AC penuh.
      Haadzihi al ghurfati malii’atun bi mukayyafi al hawwa’i.
      Kalau tak tahan, di luar itu sajalah merokok.

      Laa taqtuluu anfusakum. Min fadhlik, ya ustadz.
      25 penyakit ada dalam khamr. Khamr diharamkan.
      15 penyakit ada dalam daging khinzir (babi). Daging khinzir diharamkan.
      4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok. Patutnya rokok diapakan?

      Tak perlu dijawab sekarang, ya ustadz. Wa yuharrimu ‘alayhimul khabaaith.
      Mohon ini direnungkan tenang-tenang, karena pada zaman Rasulullah dahulu, sudah ada alkohol, sudah ada babi, tapi belum ada rokok.

      Jadi ini PR untuk para ulama.
      Tapi jangan karena ustadz ketagihan rokok, lantas hukumnya jadi dimakruh-makruhkan, jangan.

      Para ulama ahli hisap itu terkejut mendengar perbandingan ini.
      Banyak yang diam-diam membunuh tuhan-tuhan kecil yang kepalanya berapi itu, yaitu ujung rokok mereka.

      Kini mereka berfikir. Biarkan mereka berfikir.
      Asap rokok di ruangan ber-AC itu makin pengap, dan ada yang mulai terbatuk-batuk.

      Pada saat sajak ini dibacakan malam hari ini, sejak tadi pagi sudah 120 orang di Indonesia mati karena penyakit rokok. Korban penyakit rokok lebih dahsyat ketimbang korban kecelakaan lalu lintas.

      Lebih gawat ketimbang bencana banjir, gempa bumi dan longsor, cuma setingkat di bawah korban narkoba.

      Pada saat sajak ini dibacakan, berhala-berhala kecil itu sangat berkuasa di negara kita,
      jutaan jumlahnya, bersembunyi di dalam kantong baju dan celana, dibungkus dalam kertas berwarni dan berwarna, diiklankan dengan indah dan cerdasnya.

      Tidak perlu wudhu atau tayammum menyucikan diri, tidak perlu ruku’ dan sujud untuk taqarrub pada tuhan-tuhan ini, karena orang akan khusyuk dan fana dalam nikmat lewat upacara menyalakan api dan sesajen asap tuhan-tuhan ini.

      Rabbana, beri kami kekuatan menghadapi berhala berhala ini

      • Lebay… yg buat sok puitis, secuil ilmu merasa langit..
        Niat menyampaikan Dakwah berujung Menjadi seorang pemFitnah..!!

        Ga bisa bedain yg mana namanya berhala dan yg namanya Rokok, trus jaman nenek,kakek,mbah,bibi,eang,pakde,bukde,paklek……. nyuntil/ngemut sirih dan tembakau menduakan tuhan atau menganggapnya nya berhala?
        Trus kebiasaan nabi memakai minya wangi, dan bersiwak adalah menduakan tuhan atau menganggapnya nya berhala? aneh bin ghoib….. jika ucapan tak berukur siap2 dianggap pembual

        yang ada tuh kebiasaan buruk/jorok dan kebiasaan baik/bersih, dan kebiasaan buruk/jorok belum tentu berdosa Contoh, yg buat sajak/puisi ini punya kebiasaan suka kentut… tanya kenapa??

    • saya perokok berat, saya setuju sekali harga rokok mahal, biar pengusaha rokok tambah kaya wkwkwk

    • NGOMONG PODO URA DIPIKIR AKIBATE, SOKUR NJEPLAK
      YANG JELAS SAMPAI SAAT INI DAMPAK OMONGANE CENGKEH TURUN DRASTIS, PADAHAL INI WAKTUNYA PANEN RAYA. APA GA KESIAN SAMA PETANI CENGKEH???

  2. Alhamdulillah coment gw langsung nongol….makasih mimin….hiii

  3. baru ajah di puji et dah ilang lagi coment gw. ….mimin kumaha ieu min waduehhhh

    • perhatikan kata-kata yang anda tulis bung @Najong… kalau ada salah satu kata yang tidak sopan bakal kena hapus otomatis, begitu katanya… 😀

      • bung @Lingkar….gw orangnya baik hati, tidak sombong dan rajin menabung…jadi g mungkin bung gw berkata kotor atau tidak sopan…..mungkin gw di sangka anak soleh kali bung…..hihiiiii
        makasih bung @Linggar sudah mengingatkan gw bung….salam kenal bung….

  4. Pertamax….. Plussss…. Cocok setuju…..!!???

  5. nah loh…rokok lagi…..
    karena kalian rata rata pada perokok….yah…
    jadi yg terpukul kalian….
    mendingan beli beras deh buat anak bini dirumah…
    ha ha ha

    • jangan salahkan perokok, kami penyumbang devisa terbesar buat APBN lho… 😛

      • Penyumbang terbesar devisa? Cuih! Byk baca ya om. Devisa terbesar itu sektor pajak, kedua esdm (terurama minyak). Jgn asal jeplak (tp gw maklum lah, lo dah kelamaan ngisep rokok. Trus misalnya klo roko penyumbang devisa bangga gituh? Ibarat pemabok yg bangga di jalan menganggap dirinya kuat/berani pdhl lg mabok he3x.

        • @Roy

          Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, industri rokok merupakan salah satu penyumbang pendapatan negara terbesar. Bahkan jika dibandingkan minyak dan gas bumi (migas), devisa negara yang diperoleh dari industri rokok jauh lebih besar.

          baca tuh artikel diatas baik-baik

        • anda meludah tapi sayang balik ke wajah anda sendiri

        • bukan bangga menurut saya, harus dipikirkan ulang kebijakan itu bila tidak mau penerimaan negara akan terjadi kemunduran, kemerosotan dan penurunan pendapatan negara.

          anda org yang sehat dan tidak merokok tapi sayang pola pikir anda seperti anak balita

          • itulah bung, anda bodoh… sangat jelas beda antara BATUK BENERAN dengan BATUK PURA-PURA… 😛 anak-anak aja tau bedanya

          • masalah bangga atau tidak sudah saya jawab diatas… ini gaya politikus, ngomong diulang-ulang… 😛

          • COBA DEK ROY NGLUDAHNYA DI TERMINAL ATAU DI PASAR DI JAMIN MULUTMU BONYOK!!!

        • roy roy.. jangan terlalu sering ngeludah ke atas, takutnya nanti kena matamu sendiri,, kok situ ngehina bgt yah ke orang merokok ? pernah dikatain banci gara” gak ngerokok yah ?
          tenang roy itu kamu cuma salah gaul aja wkwkwk.. kalo gaul sama kita” kamu ga dikatain banci kok.. wkwkwkwk,

    • Ha ha ha ha…..

      Opo nk tuku rokok…njur ora tuku beras ngono ???

    • Rata rata orang bukan perokok pelit dan tak suka memberi sebagian rejekinya ke orang lain. Ibaratnya tahinyapun masih dikorek korek ada sisa makanannya untuk dimakan lagi. Persis lo….

      • hahahahaha…. saya gak tau mau komen apa ini… biarlah mereka yang bukan perokok yang menjawab 😛 (meski dalam hati saya membenarkan maksud anda)

        • gw jadi heran bung @lingkar, gw baca coment rekan2 Jkgr yg bukan perokok jadi comentnya pada aneh gitu padahal katanya hidup tnp rokok itu jauh lebih sehat…????
          dan lebih herannya coment2 yg perokok di sini pada masuk akal…..
          aaaghhhh bingung gw tentang nasehat itu jadinya……serupuuut lagi aaakhhh kopinya…….aaaaaaghhhh…..
          sedoooooooot maning sigaerttttnya……ssssttttthhhhh aaakhhhh rasanya dunia ini indaaaah sekali kawan……selamat malam jkgr….

          • Bung @Najong

            hehehehe…. pola pikir tidak dipengaruhi oleh kebiasan merokok atau tidak bung, semua terbentuk dari lingkungan dan kedewasaan berfikir, serta pengalaman dari yang bersangkutan… bahwa sesuatu hal itu bila dilihat dari berbagai sudut pandang akan memiliki pemahamannya sendiri… kita tidak boleh kaku dalam masalah ini… lagian kebanyakan dari teman-teman kita masih memiliki pola pikir yang sempit… cukup disayangkan memang… tapi ya sudahlah… inilah dinamikanya… kita nikmati saja…

            silahkan dihisap bung sigaretnya, tapi ingat jangan berlebihan… 😛

            salam

          • Yes tepat sekali, paham juga dia Drpd beli rokok dan nti kena kanker paru2 buang2 uang pribadi anda yg tentunya kere jd cuma habisin uang negara lwt bpjs. Klo bu susi kaya dia bs byr berobat ke luar negeri. Oya reply kata2 anda di atas, maaf saya lbh byk keluar negeri dr anda. Saya smp di luar negeri, kuliah di luar negeri, sering dinas juga keluar negeri. Dan tolong jgn makin ga nyambung dgn sex bebas, anda kyanya juga perlu keluar kampung anda, di jkt, bdg, yogya, plmb juga sdh byk yg sex bebas bhkn remaja. Ga ngaruh musim om. Libido ya libido aja. Yg saya kemukakan di atas adalah reply opini ngawur om lingkar yg sampe blg petani males ke sawah krn ga ngerokok, dokter bodoh krn ngelarang rokok. Tp yasutralah susah ngomong sama yg juga sok2 bela petani dan nyalahin dokter pdhl krn kere ga bs beli rokok wkwkwk.

          • Om Najong, anda blg masuk akal komen perokok krn anda sepemikiran dgn mereka. Tp science dan terlebih lagi agama ga perlu byk orang utk mengatakan atau menunjukkan kebenaran. Tabik!

  6. Inti dari kebijakan harga rokok ini:
    “Orang kaya silahkan Merokok, yang miskin dilarang merokok.”

    Gak adil, DPR keplek.. 😀

  7. usul naikkan harga rokok senilai harga ganja.

  8. Hahaha…sungguh dilema ya tapi uraian diatas tidak menyebutkan Perusahaan Rokok modern krn Perusahaan Rokok moderen (Rokok Mild/Putih) kenyataan nya sangat keberatan dengan adanya divisi Rokok Kretek, mungkin saja isu ini di hembuskan oleh perusahaan Rokok Asing sendiri yg sebenarnya pengen meminimalisir peredaran Rokok kretek Manual utk menekan biaya produksi terbesarnya di Biaya Upah Buruhnya

    • Saya yakin nanti kalo rokok mahal orang kecil seperti saya ini akan beralih ke rokok lintingan.,beli tembakau sendiri,linting sendiri,. Merokok gpp,,asal jgn berlebihan,.

  9. orang kaya harus wajib ngroko..

  10. SAYA SETUJU KALAU PARA ANGGOTA DPR SUDAH PADA TIDAK MEROKOK SEMUA.

    KALAU MAU BERHENTI MEROKOK.TUTUP SAJA PABRIK NYA SEKALIAN.

    ATAU PETANI TEMBAKAU GA USAH DI SURUH NANAM TEMBAKAU BIAR ADIL.

    SELAMA MASIH ADA TEMBAKAU….YA GA BELI ROKOK MASIH BISA NGELINTING ROKOK TINGWE.

  11. uang rokok buat satpam portal ,dan buat nyogok di jalanan….jadi naik..
    juga korupsi yg minta uang rokok jadi ikut naik..

  12. Kalo kmrn-kmrn hanya org gila yg mungutin puntung rokok di jalanan, besok akan bnyk org waras ikutan mungutin puntung di jalan krn sakau nikotin tp gk bs beli. .
    Mau ngebon di warung pun gk bakalan boleh sm yg pny warung..

  13. Mari berpikir…
    Mari berhitung
    Mari mencari siapa yg bikin gaduh

  14. Masalahnya data survey oleh UI ini bener2 valid ngak?saya kok meragukannya ya

  15. 1).
    Kepala Pusar Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan dari Universitas Indonesia, Hasbulla Thabrany, membuat sebuah studi.
    “Survey tersebut dilakukan kepada 1000 orang melalui telepon dari Desember 2015 sampai Januari 2016.”

    Survey koq lewat telpon? bisa publish gak tuh hasil survey nya, jgn2 keluarga mbah bowo dan cari aja yg di telpon!!!

    2).
    Detua DPR Ade Komarudin setuju dengan wacana kenaikan harga rokok yang rencananya akan naik hingga Rp.50.000 per bungkus. Menurut Ade, wacana tersebut sekaligus dapat mengurangi kebiasaan masyarakat agar tidak lagi merokok. Rokok, kata Ade, merupakan musuh bangsa yang sudah disadari semua orang.

    Musuh bangsa?? justru antek2 asing adalah musuh bangsa yg ingin mendikte negri ini…!!
    Kesan sangat dipaksakan untuk kenaikan tarif harga rokok dlm negri..

    Perlu untuk diketahui, Tembakau Kuba dan Indonesia adalah tembakau terbaik dunia, so… bisa menilaikan ada agenda asing yg terselubung dlm perjanjian pengendalian tembakau (FCTC) tsb.

    monggo… jgn jadi kebo yg dipasangi tali di hidung kalo g ya… manut terus… kwakakakak…

    • Setujuuuu..

    • betul banget bung, asing telah pelajari bahwa sumber dana APBN terbesar bangsa Indonesia berasal dari pajak industri rokok… karena itu, strategi mereka ya yang seperti skrg ini mereka lakukan, melalui agen-agen mereka yang ada di NKRI.

    • buat yang punya otak pasti mikir bila bandingkan harga rokok di indonesia dengan negara maju… ya wajar, saat mereka sudah maju maka mereka bisa menaikkan harga rokok berapapun mereka mau… klo indonesia ingin naikkan harga rokok, BUAT INDONESIA MENJADI NEGARA MAJU DULU baru naikkan harga rokok sesuka hati…

      • Perkataan anda sama spt: “kasih saya Motor 500 cc maka saya bisa jago ngebut spt Rossi/Marques”. Negara maju atau tidak memang tidak ditentukan oleh rokok tp mental warganya. Dan mental org yg berkata ‘buat Indonesia jd negara maju baru naikkan harga rokok sesuma hati’ jelas bukan mental warga negara yg maju.

        • maaf itu perkataan anda, bukan saya 😛

        • Hahahahhaha…rokok 15ribu=1 kali makan di negeri ini ya podo wae rokok 100ribu=sekali makan di negara maju… Lha kok org2 koplak..keblinger ngebandinginnya..pinter ngebacot doang kyk anggota haiwan..di ged.ijo….hahahahaha
          Defisit apbn aja pemerintah pusing apalagi ditambah hilang 140 trilyun..silahkan dicoba gejolak sosial dari dampak ini akan menghancurkan ekonomi..

          • Bablas bgt nih dalil om penggemar LGBT. Pemerintah menaikkan harga rokok om, bukan memberhentikan industri rokok. Jd pendapatan pajak rokok tdk hilang 140T. Wkwkwk untung anda bukan di depkeu.

    • Kapan Indonesia maju nya klo gk berani ambil keputusan baik?
      Jangan takut APBN berkurang. Selama keputusannya baik, ntar juga bakal berkembang sangat pesat negeri ini dengan cara yg lebih baik
      Jangan jadi setan/iblis yang selalu protes klo pemerintah buat kebijakan yang baik

      • Apa?? keputusan?
        Keputusan sepihak maksud anda??

        Kalau kamu ingin jadi org bijaksana kamu harus adil dalam mengambil keputusan, dan tidak merugikan semua pihak/sektor!!!

        Pihak 1: Jelas industri rokok akan terpukul (permintaan produksi akan menyusut bukan diakibatkan bnyk yg akan berhenti merokok tapi persaingan rokok2 ilegal lokal dan impor), Faktor kesehatan dan menekan angka perokok adalah alasan klasik, banyak yg perlu untuk dibatasi dan di awasi dari sektor2 industri asing yg lebih potensial merugikan jiwa dan kesehatan org banyak.

        Pihak 2: Petani tembakau tidak pernah diuntungkan dan harga tembakau indonesia tidak akan pernah ada nilainya lagi jika perjanjian ini telah di tandatangani. (jika pemerintah menaikan 2 s/d 3 kali lipat harga tembakau diindonesia itu baru nama nya adil dan merakyat sesuai dengan pancasila dan amanat undang2).

        Pihak 3: Karyawan/ti akan PHK besar2 (sudah terfikirkan oleh pemerintah dan dapat mengatasinya jika asumsi ini akan terjadi?)

        Pihak 4: Perokok, Ga ngaruh lagi…. mau berapa pun harganya tetap terbeli, percayalah… akal manusia itu panjang tdk bebal seperti beruk!! tak ada rotan akar pun jadi (maknai lah pribahasa ini baru sanggahi)

        saya bukan anti pemerintah, tapi bangga memiliki pemerintahan saat ini, wong pemerintah saat ini lebih cerdas! lagian FCTC ini baru sebatas kajian belum diimplementasikan dan ditandatangani oleh pemerintah. pemerintah baru akan mengambil keputusan setelah melihat, mendengar, menerawang riak2 politik, industri , pengusaha, rakyat dan pihak2 lainnya.

        Monggo…..

        • Pihak 1: Masalah kesehatan yang ‘klasik’ itu sampai saat ini masih merajai jumlah kematian anak bangsa
          Pihak yg diuntungkan hanya orang yang berada dilingkaran usaha (pekerja, petani, pengusaha, dll)
          Sedangkan pihak yang dirugikan bisa seluruh manusia didunia (perokok aktif maupun pasif)
          Mereka dapat pekerjaan, dapat uang banyak, tapi orang bego yang gk mau mikir bahayanya rokok tu malah yg terbebani dengan masalah kesehatannya (gw bertahun2 jd perokok, dan gw rasain sndiri gmn sakitnya)
          Yang kaya menjadi lebih kaya, yang miskin menjadi lebih menderita

          Pihak 2 dan 3: Indonesia ini kreatif. Pasti ada orang yang mampu mengolah tembakau jd bahan seni atau bahan sains dan teknologi. Air kencing ataupun daun ganja aja bisa dibuat bahan medic.
          Saya yakin tntng PHK ini pemerintah udah memikirkannya. Mngkin yg awalnya petani menanam tembakau, bs diberi penyuluhan/pelatihan untuk menanam tanaman yg lebih berguna untuk manusia. Rokok tidak hanya menghancurkan manusia, tp juga bumi. Hanya orang berotak kecil yang menyangkalnya dan beranggapan rokok itu baik dengan segala cara

          Pihak 4: Penjelasan anda membuktikan bahwa rokok telah memberi dampak kecanduan yang sangat buruk sehingga emang pantas untuk dihilangkan.
          Klo pun masalah kriminal dll, harusnya jangan menarik kembali keputusan harga rokok naik, tp lebih kerasnya hukuman yang dijatuhkan untuk kasus kriminal

          Jangan mau kalah sama setan dan jangan jadi setan yang memberi dampak buruk kepada orang lain

          • Pihak 2 dan 3:
            saya tau indonesia emang kreatif. tapi buktikan dulu baru komen… udah nampak hasil nyatanya baru silahkan mau dinaikin jadi 1juta juga gpp bro.

          • 1. Hasilkan Protein Anti Kanker
            Tembakau tidak selalu berkonotasi negatif sebagai penyebab kanker, ternyata tanaman tersebut dapat pula menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker, kata peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), DR Arief Budi Witarto MEng, demikian seperti dikutip Antara.

            “Protein dibuat oleh DNA dari tubuh kita, kita masukkan DNA yang dimaksud itu ke tembakau melalui bakteri, begitu masuk, tumbuhan ini akan membuat protein sesuai DNA yang dimasukkan. Kalau tumbuhan itu panen, kita dapat cairannya berupa protein,” katanya.

            Selain untuk protein antikanker, GSCF, ujarnya, bisa juga untuk menstimulasi perbanyakan sel tunas (stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang sudah rusak.

            Mencegah kanker mulut rahim :Tembakau mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi antibody terhadap human papilloma virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

            2. Melepaskan Gigitan Lintah
            Manfaat tembakau, selain bisa diekstrak dan diambil bagian tertentu seperti nikotin yang digunakan di berbagai macam produk baik makanan maupun minuman, tembakau juga bisa kita gunakan untuk melepaskan gigitan lintah kalo lagi di dalam hutan, tembakau juga bisa digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk serangga. Serangga aja mati …. pantes aja kalo manusia bisa mati karenanya.

            3. Obat Diabetes & Antibodi
            Para ilmuwan berhasil menggunakan tembakau yang dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi obat diabetes dan kekebalan tubuh. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal BMC Biotechnology, awal Maret lalu.

            4. Anti Radang
            Ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian Eropa berpartisipasi dalam proyek bertajuk “Pharma-Planta” yang dipimpin Profesor Mario Pezzotti dari Universitas Verona itu. Mereka membuat tembakau transgenik yang memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang ampuh. Cytokine adalah protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar aktif.

            Kode genetik (DNA) yang mengode IL-10 ditanam dalam tembakau, lalu tembakau akan memproduksi protein tersebut. Mereka mencoba dua versi IL-10 yang berbeda. Satu dari virus, yang lainnya dari tikus. Para peneliti menemukan, tembakau dapat memproduksi dua bentuk IL-10 itu dengan tepat. Produksi cytokine yang aktif cukup tinggi, yang mungkin dapat digunakan lewat proses ekstraksi dan pemurnian.

            Langkah selanjutnya, IL-10 hasil tembakau itu diberikan kepada tikus untuk meneliti seberapa efektif ia membangkitkan kekebalan tubuh. Penelitian menggunakan IL-10 hasil tembakau dalam dosis kecil dapat membantu mencegah kencing manis atau diabetes melitus tipe 1. Diabetes melitus tipe 1 atau diabetes anak-anak dicirikan dengan hilangnya sel beta penghasil insulin pada pankreas. Sehingga terjadi kekurangan insulin pada tubuh. Diabetes tipe ini dapat diderita anak-anak maupun orang dewasa.

            5. Obat HIV/AIDS
            Tembakau juga bisa menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin. HIV adalah virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.

            6. Pemelihara Kesehatan Ternak
            Ekstrak tembakau (nikotin 1,68%) mempunyai ptensi untuk membasmi cacing H. contortus. Sebagai akibatnya hasil pengobatan akan memberikan keuntungan bagi para pemelihara ternak, sebab kesehatan ternak tersebut makin baik.

            7. Penghilang Embun
            Tembakau bisa juga digunakan untuk menghilangkan “embun” pada kaca dalam mobil pada waktu hujan dengan cara menggosokkan tembakau pada kaca tersebut.

            8. Obat Luka
            Untuk obat luka dipakai ± 25 gram daun segar Nicotiana tabacum, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. ditambah minyak tanah ± 25 ml diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka.

            9. Sebagai Biofuel
            Baru-baru ini, para peneliti dari Laboratorium Bioteknologi Universitas Thomas Jefferson telah mengidentifikasi beberapa teknik untuk meningkatkan kadar minyak nabati dalam daun tanaman tembakau, hal tersebut merupakan langkah awal dalam memanfaatkan tanaman ini untuk keperluan biofuel. Hasil penelitian mereka ini kemudian dipublikasikan di Jurnal Plant Biotechnology.

            Menurut Vyacheslav Andrianov, Ph.D., asisten profesor di bidang Biologi Kanker di Lab. Jefferson Medical College of Thomas Jefferson University, tembakau dapat menghasilkan biofuel lebih efisien daripada produk pertanian lainnya. Namun, sebagian besar minyaknya hanya terkandung di dalam biji/ benih tembakau (sekitar 40 persen minyak per berat kering).

          • Yang diatas adalah 9 MANFAAT TEMBAKAU SELAIN ROKOK

            Source: http://www.google.com

          • bung @….teroris

            sudah googling dalil Qur’annya?

          • @bung lingkar

            Sudah saya balas di “reply” dari komentar pertamax artikel ini

          • bung @CounterTerroris

            dalil anda tidak kuat, tidak ada kata-kata spesifik mengenai rokok, seseorang beriman atau tidak itu hablum minallah, rokok haram atau tidak juga hanya allah yang bisa menilainya, terima kasih masukan anda untuk kebaikan kami, siapa yang benar diantara anda dan saya hanya tuhan yang berhak menjadi hakimnya… Qur’an dan Hadist hanya menjadi rujukan, disana tidak tertulis dengan jelas mengenai hukum rokok/tembakau/merokok. hal ini masih menjadi perdebatan para ulama, sedangkan kita yang hanya bisa mencari.. silahkan mencari.. tapi apakah kebenaran yang kita temukan?? wallahu a’lam…

            saya tidak pernah menyalahkan anda mencari dalil… saya malah menyuruh anda… tapi dalil yang anda temukan belum kuat…

            salam

          • @bung menhan ghoib

            Banyak orang yg ingin berbagi kisah tntng bahaya merokok. Tp org pada gk peduli dan cuek smpe akhir nya kena sendiri

            Mati gara gara penyakit yang disebabkan krena sring menghisap racun rokok kali bung.
            Seperti penyakit aids. Virusnya tidak membunuh manusia langsumg. Dia menyerang antibodi manusia, sehingga apabila terkena flu ringan saja bisa meninggal karena tak ada lg antibodi
            Terakhir saya baca artikel, penyakit mematikan ya penyakit jantung. Dan itu sebagiannya disebabkan oleh rokok

            Btw, daun ganja dan air kencing dijadikan bahan medic dan bahan bakar sudah ada bung. Tidak perlu pake biaya riset. Tinggal biaya penggunaannya aja lg
            Dan manfaat tembakau selain rokok telah saya kasih linknya diatas

            Mungkin tentang “candu” ada benarnya bahwa perokok itu seorang pecandu.

            Anda yakin ketika UU dibuat bukan karena kepentingan rakyat tetapi karena kepentingan diri sendiri/kelompok?
            Coba deh bung sering “wisata” ke beberapa RS yg trdapat orang perokok yang menderi penyakit sangat serius
            Coba tanya se-menyesal apa mereka krena trbiasa merokok
            Apakah UU dibuat utk kepentingan pendapatan dripda kesehatan dan kehidupan rakyatnya?

            Asap dri pembakaran lahan sawit dan asap dri pembakaran tembakau. Bukannya serupa, namun hanya kuantitas nya yg berbeda.
            Saya dri Riau tinggal di Jln Riau deket mall ciputra seraya, tepatnya deket hotel Novoton, pekanbaru.
            Saya udah tau tntng Riau gimana

            Masalah asap rokok juga menimbulkan penyakit bagi perokok pasif yg menghindari rokok
            Itu adalah korupsi hak dan kesehatan. Klo uang msih bs dicari Innsya Allah. Klo kesehatan, mau dicari gmn? Olahraga tiap hari pun ttp aja sakit klo jd perokok aktif/pasif

          • @bung lingkar

            Beribu maaf sebelumnya bung karena saya sempat tersenyum merendah membaca komentar anda.

            Anda benar, hanya Allah SWT lah yang maha tau

            Tapi, saya ingin memberi tau sesuatu
            Bahwa, Hadist dan Quran bukanlah ucapan, perbuatan, dan kitab yang merupakan bahan sains, sejarah, dan masa depan.
            Melainkan adalah sebagai petunjuk bagi ummat.
            Memang didalamnya tersapat sains, sejarah, dan masa depan. Namun itu hanya sebagai petunjuk bahwa ia adalah petunjuk yang benar.

            Al-Quran dan kitab lainnya juga tidak menceritakan tntng narkoba itu haram
            Al-Quran dan kitab lainnya juga tidak mencetitakan tntng obat nyamuk itu haram dikonsumsi (diminum) manusia

            Tapi kita tau itu haram adanya

            Dalil telah ada tentang menghirup/mengkonsumsi zat berbahaya yang merugikan.
            Dalil tentang “bunuh diri” juga ada (penjelasan tntng rokok itu sprti bunuh diri ada dalam resiko rokok dan ada tulisan di bungkusnya, “merokok membunuhmu”)
            Dan saya telah berikan link dari orang yg benar benar meneliti tntng bahaya rokok.
            Sedang kan anda tidak memberikan pendapat anda tntng baiknya merokok

            Dan menurut saya anda hanya berkata menurut pendapat anda tanpa meneliti bahan bahan rokok dan mempelajari kitab petunjuk (kitab suci) anda.

            Sebelumnya saya minta maaf bila menyinggung, namun sprtinya anda perlu membaca lebih banyak.

            Ini gk ada hubungan topik, tapi berkaitan.
            Pelajaran Matematika adalah pelajaran yg penting karena dapat membentuk pola pikir yg kritis dan dapat mengaitkan suatu aspek dengan aspek lainnya.
            Anda bs mencari perkataan saya ini di Google sendiri

          • Dalil telah ada tentang menghirup/mengkonsumsi zat berbahaya yang merugikan.
            Dalil tentang “bunuh diri” juga ada (penjelasan tntng rokok itu sprti bunuh diri ada dalam resiko rokok dan ada tulisan di bungkusnya, “merokok membunuhmu”)
            Dan saya telah berikan link dari orang yg benar benar meneliti tntng bahaya rokok.
            Sedang kan anda tidak memberikan pendapat anda tntng baiknya merokok

            itu semua adalah penafsiran yang anda yakini, tapi maaf, saya tidak sependapat… dan bukan cuma saya saja yang tidak sependapat… anda tidak bisa memaksakan doktrin tersebut, ilmu anda belum cukup untuk itu…

            “Jangan mau kalah sama setan dan jangan jadi setan yang memberi dampak buruk kepada orang lain” saya juga mengingatkan hal sama buat anda, jangan sampai setan membisikkan ke hati anda sehingga anda merasa “benar” yang ujungnya menimbulkan sifat “ria”…

            salam

          • @PengusahaRokokLebihMematikanDariPadaTeroris alias @Counter Terorist

            “Mati gara gara penyakit yang disebabkan…..bla..bla…bla….Dan itu sebagiannya disebabkan oleh rokok”

            Itu asumsi anda pribadi kan atau anda baru sekedar membaca informasi yg belum dapat dipertanggung jawabkan? saya sudah menebak anda akan menjawab demikian yg akhirnya anda bisa diberi gelar atau di juluki ilmuan atau profesor baru indonesia yg menemukan virus mematikan sama berbahaya dgn virus AIDS pada rokok/tembakau… penjelasan yg tak logis dan seumur2 belum pernah saya membaca dan mengetahuinya dalam dunia medis rokok memiliki virus berbahaya seperti AIDS, yg ada Virus dan Rokok mempercepat kematian seseorang.

            “Terakhir saya baca artikel, penyakit mematikan ya penyakit jantung. Dan itu sebagiannya disebabkan oleh rokok”

            Sekali lagi itu adalah asumsi pribadi anda, jika benar penyakit jantung disebabkan oleh rokok sekali lg tolong beri saya sumber dan penjelasannya!

            penyakit jantung masih banyak diperdebatkan dlm dunia medis bung…tolong dicatat
            dan asalkan anda tau banyak org koid sakit jantung backgroud/kebiasaan justru tidak merokok! itu fakta…!!

            semua yg anda jelaskan adalah asumsi pribadi atas dasar/sumber/referensi dr blog2 alay, serta website yg tak jelas.. jika perlu kasi saya link atas pendapat IDI (Ikatan Dokter Indonesia) tentang rokok mengandung virus mematikan sama halnya seperti virus AIDS..!!

            “Btw, daun ganja dan air kencing dijadikan bahan medic ….bla..bla..bla..saya kasih linknya diatas”

            terus.. langkah nyata selanjutnya apa buat para petani/karyawan tembakau dan rokok?? kalau itu yg anda jelaskan itu bukan solusi atas dampak PHK dan Tembakau murah..tapi sama saja anda menjadi penggiat GOW (Gerakan Organisasi Wanita) yg peduli terhadap lingkungan sprti memberi dan menyuluhkan Pengertian dan Pemanfaatan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). itu cuma gerakan organisasi kecil tak berdampak besar thdp pergerakan ekonomi kerakyatan.

            penjelasan yg anda berikan tentang manfaat tembakau secara tidak langsung sdh dirasakan khasiatnya oleh perokok makanya 10 manfaat tembakau tadi sangat efektif bagi pria punya selera (maaf ini cuma guyonan… jgn ambil hati)

            “Mungkin tentang “candu” ada benarnya bahwa perokok itu seorang pecandu.”

            Sekali lagi itu adalah asumsi anda pribadi, sudah saya katakan merokok adalah kebiasaan hidup seseorang bukan candu… kamu tau arti/defenisi candu sepenuhnya? nanti saya jelasin untuk selanjutnya.
            ni analogi simple nya saja, jika anda setiap hari suka mencongkel/mengorek lobang kuping dan hidung , jadi adil dong jika saya mengatakan bahwa anda adalah pecandu mencongkel/mengorek lobang kuping dan hidung ????!! tanya kenapa?

            “Anda yakin ketika UU dibuat ….bla…bla…bla… da kesehatan dan kehidupan rakyatnya?”

            eh bung… undang2 dibuat dan dirumuskan oleh siapa dan kemudian disah kan oleh siapa?
            tanya kenapa jika yg mengkonsep UU justru dilatar belakangi oleh kepentingan pribadi dan golongan..(saya harap anda sdh memahami untuk yg ini, jika belum akan saya jwb dlm komentar selanjutnya)

            “Asap dri pembakaran la…bla…bla…bla….deket hotel Novoton, pekanbaru. Saya udah tau tntng Riau gimana.”

            tak usahlah bung berbicara anda dari mana, aral melintang sabang sampai marauke kita tetap satu jua, sudah taukan kuantiti bebeda dan dampak juga berbeda? so… knapa masalah rokok yg menjadi prioritas justru seharusnya sebaliknya kan??

            “Masalah asap rokok juga menimbulkan penyakit bagi perokok pasif yg menghindari rokok
            Itu adalah korupsi hak dan kesehatan”

            Sumpah baru denger yg namanya “Korupsi Hak dan Kesehatan” setahu saya yg pernah saya denger adalah “Memperkosa Hak”

            -Salam hormat dan terima kasih sudah berdiskusi secara sehat yg sdh tdk menggunakan kata2 yg tak wajar.

          • Bung @Menhan Ghoib,

            sudah biarkan aja si pemain CS pemain PB atau apalah namanya dibuat, kita sudah sama-sama tahu bagaimana pola pikirnya, dia cuma seseorang yang memelihara janggut kambing (menurut saya), menggunakan celana digulung sebatas mata kaki (asumsi saya), pola pikir orang begini sudah bisa ditebak, tipikal begini yang akan mudah di doktrin oleh Alm. Santoso dan teman-temannya… baru “mengerti” sedikit yang bersumber dari mbah google tapi merasa paling “hebat”…. seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa, dalil-dalil yang diungkapkan hanyalah doktrin untuk keuntungan sendiri saja… absurd… orang-orang ngeyel ya emang bgtu tabiatnya 😀 hahahaha…

            dah biarin aja… saya yakin saat ini dia masih panas mencari referensi-referensi bari dari mbah google… 😛

            Salam

          • klo argumen kenaikan harga rokok bawa2 agama dikarenakan rokok penyebab kematian dan diharamkan karena sama aja bunuh diri sih dobol menurut saya….tafsiran sebutuhnya mereka aja ….skalian aja dinaikkan harga gorengan…tuh minyak gorengan bikin kolesterol penyebab kematian…mengkonsumsi minyak gorengan sama aja bunuh diri…

          • Sabar bung @Parodi, dodol juga digoreng kan?
            Hahahaha

          • Mantab om counter teroris. Tambahan lagi, bbrp riset menyatakan bhw sebagian besar pemakai narkoba diawali dr merokok. Namun (sebelum lgs diserang pihak perokok) bukan berarti perokok adalah pemakai narkoba, namun dpt mengurangi kecenderungan ke arah sana. Semoga para perokok mulai sadar dan mengurangi rokoknya serta merokok pd tempatnya. Tentang masalah kriminal cepat sekali mengambil kesimpulan bhw berkurangnya rokok dpt menimbulkan kejahatan. Byk perokok disini beropini tdk menggunakan dalil lmu pengetahuan medis, kriminologi, bahkan agama, hanya berdasar asumsi dan pengalaman pribadi. Wkwkwk.

    • Setujuu….. #sambil.berdiri.dari.duduk.dan mengangkat.jari

    • wkwkwkwk pada omdo nih mbah lingkar dan mbah menhab.rokok naik ya dibeli kalo pingin beli.segala sesuatu dan akan yang terjadi sudah ada ahlinya,nurut aja mbah.kalo kalian ahli g akan komen disini hehe.nurut aja g ada efeknya kalian bisa apa klo naik.harga rokok naik aja masih bingung mikirin karayawan pabrik,petani tembakau,segala cuba dibawa2.nganggur nih.

  16. Sebaiknya yg memiliki nasionalis tinggi harus menghabiskan rokok dua bungkus perhari agarnegara cepet bayar utang dan beli alutsista yang banyak,J tp masalahnya ika rokok harganya mahal hampir setara sabu-sabu dan ganja terus prokok alih profesi lahgimana jdinya “semoga saja tidak”

    • setuju bung Uups, biar makin besar APBN kita, makin besar dana buat beli alutsista, makin jaya NKRI… 😀 😀 😀

    • wkwkwk…negara baru bisa bayar hutang kalau produktifitas masyarakatnya meningkat dan bisa bikin surplus negara, seingat saya dari jaman pak harto produksi rokok sudah membanjiri pasaran tapi tetap saja utang menggunung(ini saya ambil singkatnya aja…), kalau menargetkan merokok 2 bungkus sehari maka asas manfaatnya hanya ke negara dan produsen, sementara anda hanya mengundang lebih cepat penyakit menghampirimu(ini tidak bisa dibantah). Apa bisa produktifitas seorang perokok nan penyakitan bisa melunasi hutang negara.

      Kalau mau beralih ke ganja dan sabu2 anda sudah tau konsekwensinya.
      jadi anda tinggal pilih:

      -Rokok dengan harga 50000
      -sabu atau ganja —–> Nginap hotel prodeo (kalau ketangkap)
      -Atau tidak memilih ke-2nya dan alihkan dananya untuk produktifitas yang lain.

      Para perokok memang paling pintar membuat alibi…, walaupun mereka pada tahu resikonya …yaa namanya juga pecandu bagi mereka sah2 saja.

      • rokok 50.000 per bungkus x 2 bungkus per hari = 100.000 x 30 hari = 3.000.000 bulan
        berarti yang tidak merokok koq bisa kumpulin 12 x 3.000.000 = 36 juta per tahun…
        banyangin misalnya 10 tahun gak merokok udah berapa banyak uangnya…
        wah… sudah KAYA RAYA dong yang TIDAK MEROKOK ya 😀

        tapi faktanya yang perokok dan tidak perokok tetap sama-sama jadi buruh dan sama-sama naik angkot… wkkkwkkkwkkkwkk 😀 😛

        • Tapi kualitas hidupnya dan sekitarnya beda bro. Supir yg ksh mkn anaknya telur dan supir yg byk habiskan uangnya merokok pasti beda. Saya kenal supir angkot yg tdk merokok dan anaknya bagus dlm pendidikan. Saya pernah dengar kesaksian seorang ibu yg kanker pita suara (sampai lehernya dilubangi) krn sekitarnya (baca: suaminya) perokok berat. Kira2 brp uang yg dihabiskan utk berobat? Dan yg pasti tak terkira harganya yaitu pita suaranya telah rusak. Jd silahkan aja situ coba tp jgn maksa yg lain ngikut kebiasaan jelek anda.

          • klasik banget… kenapa sample harus diambil dr supir? coba ambil dari perokok yg ada di DPR, atau Pemerintahan dong…

            silahkan di babar beserta itung-itungannya…
            monggo…

          • Kakek saya perokok, Bapak saya perokok, Pakde saya perokok, Kakak saya perokok, saya perokok..

            Hasilnya??
            Saya dan Kakak saya tetep bisa kuliah dan skarang kerja di BUMN. Tidak ada lubang2 leher sgala. Kakek saya meninggal di usia 80an, Pakde saya masih hidup skarang umur 85, Bapak saya masih sehat walafiat. Kakak dan saya jg masih sehat, bahkan paru2 tidak ada flek…

            Rokok bikin Kanker, Jantung, bla bla bla??? BULLSHIT

      • Bung Menhan Ghoib,
        mereka tidak akan tau dan sepertinya emang tidak mau tau bung… susah jelasin hal begini sama anak-anak 😀 mereka taunya maen pokemon

        • Saya dulu perokok dan sdh berhenti krn sadar dlm agama juga dilarang dan dlm medis juga tdk baik. Tp ya mungkin anda yg sdh tua (krn blg yg lain anak2) msh belum bs berhenti, saya doakan segera sadar sblm anda atau keluarga anda yg dirugikan oleh asap rokok anda.

        • saya ucapkan selamat buat bung @Roy, bisa diceritain gak pengalaman anda hingga bisa berhenti merokok?

        • Om lingkar, pengalaman berhenti rokok? Ok tp pengalaman saya bukan berarti jd patokan ya, krn org punya alasan beda2 knp berhenti rokok. Waktu sekolah saya rokok djisamsoe krn murah dan tahan lama. Kuliah thn pertama msh merokok. Namun saya berhenti rokok setelah mendengar ceramah agama. Awalnya saya pingin berhenti bertahap sot beberapa teman yg ksh tips, tp gagal mulu. Sehingga saya niatkan lgs berhenti. Dan memang berhenti selama belasan thn. Kemudian pas kerja di suatu tempat yg tekanannya tinggi saya mulai merokok lg selama 6 bln, tp krn atasan saya yg sering ngajak merokok pasang ring di jantungnya saya pun tersadar kembali dan tdk merokok hingga saat ini. Sekali lagi alasan dan cara org berhenti rokok beda2. Namun yakinlah dibanding kebaikan dan kejelekannya, merokok lbh byk jeleknya.

      • Negara yg maju jika produktifitasnya meningkat coba saja dari dulu gak ada rokok udah seberapa besar hutang negara?

      • Kagak ada tuh yang teriak2, emank kosmetik tiap hari beli,…analogi apaan tuh bung, istri saya tidak makan lipstik dan bedak paling cepat sekali sebulan beli. Masalah palsu apa kagak kan ada badan pengawas.

        Begini saja anda silahkan merokok pada tempatnya, sepanjang tidak melanggar UU dan rokok itu masih di legalkan. Tapi silahkan tanya hati nuranimu apakah merokok itu kebutuhan atau keinginan???? jangan karena sudah kecanduan dibilangnya sudah menjadi kebutuhan karena saya yakin waktu mulai merokok hanya karena iseng dan ikut2an.

        hampir semua anak laki2 dinegeri ini pernah mencicipi rokok hanya karena iseng.

        dulu dikampung saya hampir semua petani adalah petani tembakau tapi seiring dengan waktu mereka lebih memilih tanam jagung dan ubi jalar karena peternakan setempat sudah lebih berkembang.
        jadi,
        petani, pabrik rokok dan burunya lebih tau apa yang harus dilakukan dibandingkan perokok itu sendiri.

        • @ibenk

          Poin 1:
          saya kasi referensinya justru sy membawa anda untuk menyimak dan menganalisanya, bukan malah melemparkan nya kembali kesaya, itu tdk fair krna anda terkesan sprti menggurui tapi tak memahami konsep yg diajarkan.

          garing dengernya bung jika tak berwibawa berani tampil untuk menasehati, anda seolah2 berbicara keadilan tapi menutup mata dan telinga pada lingkungan sendiri.
          knapa sy katakan demikian? jika berbicara terukur sprti kutipan rdr anda “..karena banyak dibeli masyarakat dan mengabaikan dampak disekitarnya…” sama halnya kehidupan sehari2 bapak, yg saya tanyakan bapak kerja pake motor atau mobil? klo anda pake motor rasio anda lebih kecil dari mobil yg merampas hak pengguna jalan kaki dan ikut mencemari lingkungan, adakah bapak membuka mata dan telinga untuk hal demi kian? jadi tak perlulah nak berbijaksana menilai/menasehati org lain tapi mata dan telinga sendiri ditutupi, justru secara tdk langsung anda menyingkirkan hak pengguna jalan kaki dan turut andil dlm mencemari lingkungan.

          soal ganja??? g usah jauh2 dl bung, menurut saya anda sdh jauh melebar dan ilegal arah diskusinya,, cukup motor dan mobil saja sbg perbandinganny dan itu legal yg sama2 sdh diatur dalam undang2 atas peredaran dan konsumsinya.

          oke…lanjut…
          Poin 2:
          “nah dalam artikel itu disebutkan hanya karena “awalnya iseng terus kecanduan” sekarang bung langsung bilang kalau merokok itu kebiasaan.”
          jika bapak mengacu pertanyaan yg ambigu dlm artikel akan hal “awalnya iseng terus kecanduan” saya jelaskan agar bapak dpt memahaminya dan tak asal menyanggah..
          prilaku pd seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkingan sekitar, contoh.. bapak perokok, bisa saja anak akan mengikuti prilaku org tuanya atau bapak tdk perokok tapi teman2 sekolah anak bapak berperilaku merokok dan bisa saja anak bapak terpapar menjadi perokok.

          jadi “prilaku” itu adalah kata sifat, sedangkan “awalnya iseng” itu adalah kata ungkapan dr seorang anak! justru bapak yg tdk memahami penggalan artikel di atas dan wajib mengulang membacanya kembali, jadi sanggahan bapak alias ga nyambung…

          Poin 3:
          “-Kalau masalah perang dagang dalam negeri itukan rananya pemerintah, sudah ada badan yang mengkaji itu dan saya yakin anda tidak lebih pintar dari mereka2.”
          Sekali lagi saya katakan anda ngawuuur…. konsumen itu lebih bijak dari produsen dan pembuat regulasi, tak ada rotan akar pun jadi, tak dapat yg mahal murah pun jadi, tak dapat yg legal ilegal pun jadi, jadi mau salahkan siapa jika peredaran rokok lokal dan impor ilegal menutupi kebutuhan konsumen? apa dampak nya? itu sudah saya jelaskan di atas…. monggo scroll lagi mouse bapak keatas dan baca!! paham?

          sok menilai kepintaran seseorang tapi tulisan dan bahasa blepotan sulit dipahami.. klihatan koq dr komentar bapak (sumpah gw emosi jika dlm berdiskusi ada org yg sprti bpk bisanya menilai2 kemampuan org lain).

        • oke bung @ibenk

          anggaplah nasib petani tidak berubah… lalu apa yang mereka lakukan? egois seperti anda kah? apa anda tidak memikirkan nasip para pekerja di pabrik rokok?

        • “Kagak ada tuh yang teriak2…..kan ada badan pengawas.”

          Jujur saya ngakak baca komentarnya bung… jauh api dari panggang maksud hati mnyampaikan lain eh yg diterima malah lain, pak…? kita berbicara rokok pak… emang rokok buat dimakan? pak… kita berbicara kosmetik sbgi analogi yg membedakan gaya hidup/kebutuhan pria dan wanita bukan malah memakan kosmetik dan lipstik pak.. maaf ini tdk akan saya tanggapi lagi dan tolong cari sanggahan anda yg lain buat kita diskusikan disini secara sehat..

          “Begini saja anda silahkan ….bla…bla..bla.. karena iseng dan ikut2an.”

          eh pak..hari gini berbicara hati nurani yg mau saya tanyakan bapak punya hati nurani gak jika melihat produsen kolaps gulung tikar, trus bapak punya hati nurani gak jika karyawan produsen rokok di PHK, dan bapak punya hati nurani gak jika tembakau petani sdh g ada harganya lagi? tanya diri sendiri baru kita berbicara hati nurani.

          “hampir semua anak laki2 dinegeri ini pernah mencicipi rokok hanya karena iseng.”

          pak…sudah saya jawab pd komentar sebelumnya.

          “dulu dikampung saya hamp…bla…bla…bla…bih tau apa yang harus dilakukan dibandingkan perokok itu sendiri.”

          Bapak hanya menilai dan melihat dari sebuah HASIL bukanlah dr sebuah PROSES!!
          JIka bapak menyadari PROSES yg telah mereka jalani maka bapak akan mendapatkan alasannya… karna apa???? TEMBAKAU murah, Tembakau tak laku, Tembakau busuk, Tembakau kalah bersaing dgn Tembakau impor, Tembakau lah salah satu kekayaan negri ini yg sdh bnyak berkontribusi dlm membangun negri ini!!

          Kebiasaan/Gaya hidup Perokok yg dianggap buruk ini turut berkontribusi untuk negara! FAKTA…!!

          so..siapa sangka didalam keburukan dari kebiasaan/gaya hidup seseorang dapat memberikan kebaikan dlm membangun negri. makanya jangan menilai seseorang itu dari luarnya saja, makanya jangan melihat sesuatu itu dari hasil nya saja karna semua itu adalah persoalan waktu yg akan menjawabnya…

        • bung @ibenk yang terhormat,

          Anda tanya saya perokok? saya jawab iya… Anda tanya saya bukan perokok? saya jawab iya bukan perokok. paham maksud saya??? dampak atau efek samping dari nikotin berbeda untuk setiap orang. kalau saya pribadi, MEROKOK oke, TIDAK MEROKOK tidak masalah bagi saya… paham?? gak perlu pusing, Seorang ibu yang positif HIV/AIDS bisa melahirkan anak yang alhamdulillah SEHAT WAL AFIAT tanpa ada tertular virus HIV/AIDS. Tanya kenapa?

          saya banyak menanggapi anda-anda yang bukan perokok karena POLA PIKIR anda SEMPIT bukan karena kenaikan harga rokok. Anda boleh tidak suka dengan rokok atau perokok, tapi BISAKAH anda memberikan SOLUSI atas masalah kenaikan harga rokok??? saya yakin anda cuma BISA OMONG alias OMDO, bisanya mencibir dan memojokkan orang lain, tapi tanpa bisa memberikan solusi apapun. Malah menyerahkan semua solusi kepada para petani dan para pekerja pabrik… cerdas banget pemikiran anda…

          kerdil betul pola pikir anda bung

  17. Lebih buruk mana dampak secara langsung rokok naik apa dampak panjang perokok berkurang…..akan banyk penggaran mungkin,tapi bila tak banyk perokok aktif pasif masyarakat sehat produktifitas meningkat bisa jadi dampaknya lebih luar biasa bagi bangsa ini.salammm

    • usul nih… buat yang tidak merokok sebaiknya pindah ke daerah terpencil dan perbatasan, selain banyak pohon sebagai paru-paru dunia, kan bagus buat pembangunan didaerah terpencil 😛

      • Disana malah sangat butuh tembakau karena dingin dan sepi..

        Orang yg tak merokok rata2 punya penyakit,
        1, bengek
        2,sesak nafas
        3,bau mulut
        4,darah rendah karena sering pusing dan mual
        5,ejakulasi dini
        6,alergi bau bahan
        7,keturunan jantung
        8 ,impoten atau susah tegak burungnya
        9, kikir
        10, kredit mobil
        11,kredit rumah
        12, karena takut istri
        13, asma turunan..dst
        Jadi orang yg tidak merokok adalah orang yg diagnosa nya positif terkena penyakit di atas

    • yang pro rokok kesini aja bos.wkwkwwkw ini lebih mantap komenya nih daripada copas sumber2 dari google yg g jelas kebenaranya memicu perdebatan.lakukan penelitian sendiri dong bro wah kacau.sok ahli tapi masih komen disini g ada efeknya.usaha bos pada omdo doang.dagelan.

  18. 1. Pekerja rokok sebagian besar wanita. Ingat…. wanita tdk wajib mencari nafkah, kecuali janda.
    2. Rokok bukan kategori sembako.
    3. Penyakit yg diderita perokok pasif jauh lebih berbahaya dibanding perokok aktif.
    4. Ayah yg baik tidak akan meracuni anak2 dan istrinya dg asap rokok.
    5. Uang rokok lebih baik ditabung untuk investasi masa depan, seperti untuk perumahan, kesehatan, pendidikan.
    6. Laki2 yg baik itu tdk merokok.
    7. Sudah itu saja….! 😀

  19. Jgn berfikir untung terus pak…lihat kondsi petani tembakau…jgn hanya keuntungan yg anda fikirkan,bagaimana dampak petani tembakau jika bnyk org brhenti mrrokok….apakah pejabat negara sdh bsa menjamin para petani tmbakau tidak kelaparan ? Tolong dikaji lagi.

    • Apa bapak bisa menjamin anak istri yg sering dipukulin sama kelaparan gara2 uang sembako dibuat untuk ngrrokok, apa bapak mikir jika rokok itu merusak kesehatan apa bapak mikir negara itu bukan menghitung untung rugi untuk kebaikan seluruh masyarakat negra itu menjamin kehidupan yg layak baik kesehetan maupun kesejahteraan, rokok menyumbang devisa namun menyumbang kematian dan penyakit,
      Maaf kepanjangan tpi mikir

      • hidup itu pilihan, hidup itu hak azasi manusia 😛

        • Hahaha anda ngomong hak azasi, anda mikirin anak itu punya hak untuk hidup gak, orang lain punya hak hidup sehat gak, klo liat kawasan dilarang ngerokok aja anda masih ngerok gak usah dah ngomong hak azasi, saya juga perokok bos udah lama pingin berenti tp pelanpelan tp karena ada kebijakan ini semakin termotivasi buat berenti,

        • Yes hak asasi. Akhirnya bs juga perokok ngomong hak asasi. Tp problemnya, mereka melanggar hak asasi orang utk hidup dan hidup sehat. Yg dihilangkan dr anda adalah hak (bukan asasi) hobi merokok anda, tp anda menghilangkan hak asasi org utk hidup dan hidup sehat. Sudah ada penelitian dimana2 bhw rokok tdk baik buat kesehatan si perokok aktif dan org sekitar msh aja ngeyel. Maklum sdh kecanduan ga bs berpikir jernih.

      • Belum pernah dengar kasus bini sama anak dipukuli Krn mslh lbh mengutamakan rokok drpd sembako
        Jangan terlalu lebay lah…

        • Orang kaya kali ya bos, tukang ojek klo dpt 20 buat rokok 12 klo gak rokok ttp 20 sederhananya gitu sih pikiran orang susah bos

      • Belum pernah dengar kasus bini sama anak dipukuli Krn mslh lbh mengutamakan rokok drpd sembako
        Jangan terlalu lebay lah…
        Apalagi anda bilang perokok, mungkin kasus pemukulan bini, Anda lakukan sendiri

  20. Klo Alkhool Naek 10000000000% ane dkung dh…Klo yg nie ceutu udh jd bini kedua ane…lbh baik ntu gunting yg diats sono jgn gunting lg kbwh…Rakyat udh susah dbkin merana lg….Aplgi org prbtsn kya ane udh rokok mahal dbkin mahal lg….Mhn Pengertiaanx Wahai yg Berdasi…..

    • Berarti itu bukn salah pemerntah bos, memang situ yg gak mau berubah, bos hanya melihat dampak positifnya gak liat dampak negatifnya yg lebih banyak dr ngerokok
      Klo saya dr dulu udah mau berenti tp pelanpelan eh dikasih kebijakn gini ane senang biar lebih termotivasi gituuu boa

    • investasi modal asing tembakau yang dilakukan PT. Phillip Morris AS  dengan mengambil alih perusahaan nasional yang memiliki pasar sangat besar adalah bentuk investasi kolonial penjajah.Perusahaan tersebut pada akhirnya menikmati keuntungan dalam jangka panjang sangat besar baik bagi perusahaan tersebut sendiri maupun negara asal. diambil alihnya HM. Sampoerna oleh Phillip Morris perusahaan asal AS merupakan contoh nyata. .Secara otomatis seluruh keuntungan atas perdagangan tembakau dan rokok berpindah ke negara  imperialis AS. Phillip Morris juga menjadi saluran bagi impor tembakau asal AS.
      120.000 ton tembakau di impor dari AS.tribun

      • Nah kalo udah gini masih mau ngerokok, penyakitnya kita dapat keuntungannya buat luar negri.. kalo gua mah ogaaaah dah mending masem nih mulut sebulan dua bulan ilang jg entar
        Tp kopi jangan di mahalin lg ya, gak bisa ntn bola entar hahaha

        • @Anaka kencur

          5 manfaat merokok yang jarang diketahui dan cenderung disembunyikan:
          – Turunkan Risiko Operasi Sendi Lutut
          – Jauh dari Parkinson
          – Obesitas Berkurang
          – Turunkan Risiko Kematian Akibat Serangan Jantung
          – Obat Jantung Clopidogrel Bekerja Lebih Baik

          sumber: livescience

      • Klo mau comment dilacak jejaknya dulu jangan sepotong asal nyap nyap, Sampoerna dibeli Philip Morris itu betul, lalu setelah itu Anda ikuti perkembangan tidak?, Setelah Sampoerna dibeli Phillip Morris dia beli mansion ( ingat logo mansion di kaos Hotspur? mirip logo A dihuruf A mild)
        Setahun berikutnya apa yg terjadi???? Induk Phillip Morris dicaplok sama HM Sampoerna,trus Anda bilang uang Phillip Morris lari ke Amerika? Wong yg punya induk Phillip Morris adlh Sampoerna kok

        • hahaha… kasian deh @blonceng kena repetan bung @Hary 😛

        • Berarti ungnya buat indonesia dong, bisa jual rokok keluar lewat morris jd gak usah jual ke indonesia dong wkwkwkwk

          • Itulah cerdasnya HM Sampoerna, padahal secara moneter jumlah real hanya 2.5 trilyun, Phillip Morris berani bayar 5 trilyun,dengan 2.5 trilyun adalah nama besar branch Sampoerna, tetapi trik cerdas Sampoerna blm bisa terbaca oleh Phillip Morris ( kalau anda pernah ikut workshop kiat bisnis sukses, pasti kasus Sampoerna jd menu wajib sbg ambasador workshop)
            Klo mslh jual keluar negeri itu haknya yg punya pabrik, tp intinya laba Phillip Morris tetep masuk ke owner-nya yaitu Sampoerna

          • @Hary,

            bukannya kata temen-temen disini (yang tidak merokok) bahwa org-org di dunia perokokan (termasuk industrinya) gak pinter dan bloon serta tidak produktif lho… hahaha…

          • Bung @Menhan Ghoib

            saya setuju dengan ucapan anda “Rokok murni adalah bisnis…. Merokok adalah hak dan kebiasaan seseorang.. Perokok adalah seseorang yang menghisap asap rokok, kenyataan (perlu dicatat): rokok dan perokok adalah penyumbang devisa negara”.

            kalau untuk masalah kepintaran dan kebiasaan saya juga sepenuhnya paham maksud anda 😉

      • modhar…. wkkwkkwkkwkk 😛

  21. menurut sy yg di tutup pabrik miras, misalkan mau makan di warteg A yg byk perokok kita duduk di sebelahnya nggak apa2 tp di warteg B yg byk pemabuk duduk di sebelahnya palingan bunuh bunuhan gara2 melotot

    • sudah banyak yang masuk melalui batam dan jalur laut lainnya (termasuk rokok yang dibawa oleh awak kapal barang)

      • dan harga rokok dari luar terutama china, cuma Rp.5.000 per bungkus. sekarang mikirlah pemerintah, bila banyak rokok selundupan seharga Rp.5.000 dan harga dalam negeri Rp.50.000 berapa banyak PAJAK yang akan DIDAPAT PEMERINTAH.

        Yang ada Pajak Rokok Pemerintah = 0
        Pengusaha Asing yang selundupkan rokok bakal menikmati Rupiah kita.

        • Perfect…!!

          analisa yg cerdas…
          sudah bisa menilaikan kemana arahnya?
          jika dlm negri rokok naik,,, Booom…. pas bgd timingnya rokok asing menguasai rokok lokal tumbang!

          jd.. berhati2lah dgn kebohongan publik yg dikemas rapi seolah2 peduli tapi makna syarat licik untuk mengalihkan pandangan publik. #antek asing berusaha merampas bumi pertiwi

          • namun sayang kebanyakan teman-teman yang beraliran “putih” tidak menyadari tipu muslihat ini

  22. Lebih baik rokok tdk usah diperjualbelikan tapi digunakan sbg bonus pembelian susu anak.
    Jadi klo selama ini susu anak berhadiah gelas, skrg susu anak berhadiah rokok. Jadi tiap org mau ngerokok hrs beli susu duluuu.. win win solution ; anak minum susu sementara bpknya bisa ngerokok nikmaat..

  23. Dengar – Dengar Adzan juga dilarang pake Speaker juga yaaa, sekaligus ajha bisik – bisik, Miras dilegalkan, Narkoba bebas lancar dari China, Begal dimana – mana??? ZAMAN SBY sama pemerintahab Sebelumnya ga’ begitu kok Oom??!!

  24. Dampak negatif kenaikan harga rokok yg tajam:
    1. Menyebabkan tembakau over suplay sehingga harga anjlok, petani berkurang penghasilan atau malah gulung tikar.
    2. Pita cukai palsu akan semakin banyak beredar, maka penerimaan negara berkurang
    3. Jumlah perokok berkurang, maka penerimaan cukai jg berkurang
    4. Barang” substitusi seperti ganja akan lebih diminati, karena harganya cenderung tetap dan lebih enak
    5. Ada kemungkinan penyelundupan rokok
    6. Tercipta pengangguran baru yg berarti tercipta masalah baru
    7. Mbah bowo ga bisa merokok lagi, warung sepi

    • mbah bowo gak nongol ini… apa lagi “dirokok” ya? 😛

    • 1. Tembakau over kate siapa bos, bisa diekspor, negara lain jg butuh kita gak ekspor karena utk mnuhin dlm negri klo ekspor kan lbh mahal biasanya
      2. Kan setiap kebijakan udah ada antisipasi bos, masa pemerintah gak mikir
      3. Jumlah perokok berkurang, itulah tujuannya biar menekan jumlah perokok, negara gak mikirin untung rugi klo soal kepentingan bersama
      4. Kita lagi perang dengan narkoba, ya karena ada kebijakan ini semakin gencar pemberantasannya, itu jg tugas kita sebagai warga negara untuk ikut membantu memerangi
      5. Ya dijagalah bos jangan dibiarin
      6. Semoga pemerintah bisa mengatasi dan menciptakan lapangn kerja baru
      7. Klo pada gak ngerokok warung rame ragara istriistri mbah bowo bisa beli sembako

  25. memang sekarang ini lebih mudah melakukan pekerjaan dengan telephone atau cukup online.
    hasilnya nanti bisa dikira kira.
    imbas itu diasumsikan tidak ada.
    lalu setor hasil analisanya pada pembuat kebijakan.
    dan nantinya setelah meleset…aahh, namanya juga manusia.

  26. Tambahan lagi buat orang saraf pencetus ide kenaikan rokok

    Pengangguran adalah 5,2% – 5,5% dari jumlah penduduk indonesia
    Berarti 258 juta jiwa x persentase pengangguran = 13.416.000 hingga 14.190.000 orang
    Bila 50% x 6.1 juta jiwa (pekerja industri rokok) = 3.050.000 orang
    Maka Totalnya akan menjadi 16.466.000 hingga 17.240.000 orang yang menjadi pengangguran

    Angka kemiskinan adalah 9% – 10%
    Berarti 258 juta jiwa x angka kemiskinan = 23.220.000 hingga 25.800.000 orang

    Maka angka pengangguran akan bertambah dan sudah pasti persentase kemiskinan juga meningkat. Saya salut akan prestasi pemerintah saat ini bila kebijakan itu diterapkan. SALUT.

    (sumber: APBN 2016 Kemenkeu)

    Salam

    • Tambahan buat yg kayaknya bakalan mati kalo gak ngerokok,
      Negara tidak menghitung untung rugi jika itu untuk kepentingan orang banyak

      • @ anak kecncur

        merokok atau tidak merokok semua orang bakalan mati…..

        untuk kepentingan org bnyak yg mna? semua serba naik ditambah harga rokok naik…
        kalo memang harga rokok naik dengan alasan agar rakyat nya sehat dengan lbh mengutamakan membeli makanan sehat ketimbang rokok harusnya pemerintah turun kan harga bahan pokok untuk rakyat.

  27. Dampaknya pasti ada, masalah klasik PHK massal.tapi solusinya harga tembakau yg murah bisa kita ekspor ke LN karena konsumen dalam negeri berkurang.yang jelas ada hasil Penjualan tembakau di LN.kita bisa bisa ekpor ke cuba,panama yg merupakan pasar cerutu dunia.

    • klo ngomong sih enak, dengan banjirnya tembakau di dalam negeri, apa anda pikir luar negeri akan mau membeli dengan harga mahal dari indonesia? jika mereka bertahan tidak membeli selama 1 bulan saja, apa yang terjadi dengan petani tembakau?

    • Yg bisa di ekspor cm yg kualitas bagus, yg ga bagus ga laku

    • sebagai catatan, untuk cerutu kuba itu menggunakan tembakau deli dari medan, nah sedangkan petani tembakau banyak tersebar di pulau jawa.

      klo mikir pake otak, jangan pake muncung

  28. Kpd yth ketua dpr ri,bung ade komarudin..musuh bangsa yg sesungguhnya adalah koruptor dan pengkhianat bangsa sedangkan perokok malah bikin devisa negara

  29. sindiran maut ruhut untuk sby

    “Ingat, Pak SBY, ingat. Mereka bilangaku terlalu mendukung KPK. Tapi kan KPK memang benar, harus didukung. Dengan pernyataan mereka menyatakan Putu bukan ditangkap tangan, orang bertanya, masih katakan tidak pada korupsi nggak? Oo rupanya katakan iya,” lanjutnya mengejek.(

  30. ntu yang disurvey yg gk ngrokok kaleee wakakakak

  31. kok sik rokok ae dibahas kang….kuwi hoax titik. La wong kumpulan mie instan campur aggota hewan disuruh komen soal nikotin yaaa mungsrett …
    Ini dagelan kami dijalanan, ayo buat isu anget, maka sumbu pendek pasti ngebul kek tai ayamnya…lah tai ayam mo dibahas apane ?
    Semprull…
    Mending lsm sama anggota hewan dikarantina di wisma atlit hambalang. Kasih maenan dakon, smntara tukino latian ngebom pake buatan lokal diatasnya….case closed !

  32. oalah ontran2 yang gak mutu..kalo dipikir2 merokok itu sehat asal porsinya tepat..buktinya orang dulu umurnya panjang karena merokok..yang berbahaya itu asap kendaraan bermotor..

  33. kalau gx merokok jkgr mungkin akan susah mendapat inspirasi untuk artikelnya….bung karno juga merokok…coba kalau tak merokok mungkin sila ke lima jadi bebek nungging

  34. SETIAP ADA KEBIJAKAN ROKOK SEBELUM AMBIL KEPUTUSAN SEBAIKNYA PAKE REVRENDUM ATAU VOTING, BUKAN KAH ITU LEBIH ADIL DAN DEMOKRATIS, SAYA PRIBADI PEROKO DAN GK INGIN PEROKO DIJADIKAN AKSI POLITIK YG GK JELAS DAN GAK ADIL, SEMUA KEPUTUSAN PEMERINTAH HARUS MEMIHAK RAKYAT YG PEROKO ATAUPUN YG GK..

    • bukan demokratis yang baik, itu cuma sekedar anggar kekuatan!!!
      musyawarah win-win solution adalah pilihan yang tepat.

  35. Lg2 rakyat kecil yg dirugikan.
    Rupiah melemah jg yg dirugikan mrk.

    Dulu rupiah mahal, skrg kyk ga ada harganya kl ditukar uang asing.
    itu salah siapa?
    Ya salah yg mengelola negara!

    Skrg stlh rupiah tdk ada hrgnya dikatakan hrg rokok disini paling murah sedunia.
    Ga benar itu, yg benar termahal didunia, itu pasti!
    Perhitungannya jgn pakai dikurs dgn mata uang asing dong! Tp pendapatan rakyat masing2 negara.

    1000 dolar /bln bg org asu itu msh miskin, pdhl kl dikurs dgn rupiah sdh wah.

  36. Sekarang yang utama bukan menunjukkan KEKUASAAN pemerintah tetapi harus lebih kepada KEBIJAKAN pemerintah, ingat KEBIJAKAN yang BIJAKSANA.

  37. Dari perkembangan yg ada bisa-bisa istana negara dan dpr bisa digerudug demo petani tembakau nih.
    Menunggu kabar yg pasty aj.., sambil nyruput kopi dipojokan, monggo”..

  38. intinya disini masih bnyak dah yg ga terima kalo rokok dinaikan ga usah pake kalimat alibi nanti pengangguran buruh rokok meningkat, kejahatan kriminalitas mningkt, petani tembakau sengsara, atau komentar lebih baik menganggap koruptor lebih besar sebagai musuh bangsa dibnding rokok(pdahal 22nya sama berbahayanya)atau apalah itu, itu semua bagian dari resiko konsekuensi hidup kita agar lebih sehat dan sejahtera dinegeri ini, niatnya baik kok pemerintah,

    • lebih bahaya mana, bahaya untuk diri sendiri (perokok) atau bahaya kekacauan lingkungan ???

      • Kekacauan lingkungan? Bung lingkar, tolong jgn anggap rokok jd kebutuhan utama rakyat shg sampe kacau rakyat gara2 harga rokok naik. Jgn sepelekan bgs sendiri lah. Bangsaku tdk akan kacau dgn naiknya harga rokok/pembatasan rokok. Bangsaku bisa kacau dgn pola pikir anda.

        • Kalo harga rokok naik pendapatan negara tambah naik dari cukai pajak. Darimana logika tu datangnya? Kalo harga rokok naik ga banyak yang bakalan beli rokok akhirnya penjualan rokok menurun. Pabrik rokok bubar karna dikit yang beli. Trus yang ngasi cukainya siapa? Trus dana bpjs sebagian besar digunakan untuk orang yang sakit akibat rokok. Hei orang itu bisa pakai bpjs karna dia bayar angsurannya ga gratis jadi buat apa rusuh kalo orang sakit karna rokok pakai dana bpjs. Lagian orang ngerokok kok dilarang yang sakit dia sendiri, yang mati dia sendiri ngapain pemerintah yang ribut. Karna dana bpjs. Dia bayar kok. Kalo anak kecil ga boleh ngerokok. Batasi usia boleh ngerokok. Caranya setiap mau beli rokok tunjukun ktp. Udah cukup umur apa belum. Gitu sja kok repot itu kalo mau ngelarang anak2 ngerokok

          • sudah bung @stafungky, kita mungkin perokok tapi bukan pemabuk, sayang saudara kita @Roy sedang mabuk ternyata… 😛

        • “kebutuhan utama”… kata-kata itu keluar dari mulut anda, bukan saya… 😛 tidak akan pernah kacau saudaraku @Roy, sejak bangsa ini berdiri kami para perokok juga ikut membangun dan berjuang, tidak ada kami maka tidak ada anda, begitupun sebaliknya…. apa anda pikir dengan memusuhi kami dan membuang kami anda akan lebih baik?? silahkan.. lakukan yang menurut anda benar…

  39. koq ngembandingan harga rokok dengan negara maju,singaporno?? Hadeuh, koplak DPR

  40. Antara setuju dan tidak setuju.. agaknya bila wacana ini ditegakan, berikan 3 bulan untuk masa pengetasan.

    liat dampak yg terjadi di sektor gaya hidup, kriminalitas, transportasi, barang/jasa, pendidikan, dll

    bila lbh bnyk negatif nya, bahkan hingga timbul demo, kerusuhan hingga tanda tanda revolusi.. segera hentikan, di dicari solusi yg adem ayem tp menyengat.

    • itu namanya bukan pemimpin yang bijaksana karena tidak memikirkan dampaknya jauh-jauh hari… ini negara yang jangan seenaknya menggunakan metode trial & error dong. berarti pemerintah tidak punya program yang jelas..

    • Kasamago
      Coment gk mutu blaz. sssttt. Mending diam kaya gua nich dari pada kliatan ….??? Jempol to ghoib, hari, lingkar & spcial buat pandova atas minyak goreng kolestrol

  41. Menaikan harga rokok hingga tidak terjangkau oleh kalangan bawah, sebaliknya kalangan menengah atas, berapa pun harganya pasti terbeli juga……… !!!
    Lalu kebijakan konyol bin tolol ini untuk apa, untuk kepentingan siapa, kalo untuk sekedar menaikan APBN dan dalih kesehatan, jelas sekali pemerintah seperti kehilangan akal dan tidak becus ….. !!!
    Lalu bagaimana dgn nasib jutaan buruh pabrik rokok, pedagang asongan, warung2 kecil, dan rakyat kecil pada umum nya, apakah pemerintah sudah tidak peduli dgn mereka, …………… ???
    Apakah mereka harus menjadi pencopet, rampok dsb hanya karena ingin merokok, …….. ???
    ” wong cilik ” kok jadi korban mulu, dikibulin, di PHP, tidak sesuai dgn janji kampanye, …………. Preeeth ………… !!!

    • Ente bener bung,, lagi2 rakyat dijadiin tumbal dan alat buat memeras penghasilan rakyat oleh pemerintah.. mencoba menyelesaikan masalah, tp disisi lain bikin masalah baru.. nafsu besar tenaga loyo.. nafsu membangun tp ekonomi loyo.. karena ga pernah serius melihat efek dari setiap pengambilan keputusan..

  42. kalo serius ingin generasi bangsa bebas dari rokok tinggal
    masukkan rokok menjadi salah satu UU narkoba, selesai
    perkara. TAPI kalo TUJUANnya sekedar buat POLITIK
    belaka yaaaa paling ujung ujungnya DUIT !!!!!

  43. Lebih baik pabrik rokok bangkrut daripada generasi penerus bangsa candu rokok !

  44. bego lu… banyak personil TNI/POLRI juga perokok, bila harga rokok mahal, siap-siap anda di hentikan polantas di pinggir jalan dengan alasan ini itu hingga tutup pentil yang sebenarnya ujung-ujungnya cuma cari dana buat beli rokok… hayoooo 😛 hahahaha

  45. hadeeh,… aya aya wae…

  46. untung saya tidak merokok, di naikan perbungkus 100ribu pun tak masalah huahahaha

  47. yg komen membela rokok naik harga idiot bin bodoh, apa kalian ngaa mikir setelah industri rokok tumbang maka indonesia akan di serbu rokok asing yg jelas untungnya yg nikmati asing, dasar yg bikin survei lulusan kebun binatang

  48. Mulai sekarang yang suka ngerokok berhenti ya.,,,

    Yng komen gak suka harga rokok naik, berarti tiap hari suka ngerokok.

  49. pemerintahan macam apa ini mencekik rakyat bawah..kudeta diberlakukan klo , gk bisa mensejahterakan rakyat,.

  50. pemerintahan bodoh,,klo gk bisa mensejahterakan rakyat..wajib kita kudeta bersama tni

  51. di malaysia pasal harge roko tak sampi buat gaduh kerana ekonomi malaysia masih bgus,so harga mahalpun biasa sahaja.indo gaduh kat mana2 je..

    • hey malon bodoh , ekonomi bagus darimana orang negara gagal lu hutang setinggi langit sampai beting ali digadaikan ke cina kahkahkah

    • you cakap tak best lah..
      banyak menyemak je kat sini..
      maling tak gaduh memang pasal hrge rokok kat kedai awak tu naik..
      tapi maling gaduh kalo nak bayar gaji hasil jeripayah keringat korang lain..

      awak paham tak budak aska begayut hentak2 bumi yg besetubuh dengan bumi?

  52. Satu orang perokok perbulan menghabiskan berapa duit? Asuransi menanggung akibat rokok sekali sakit itu gak bisa menutupi. Orang sakit karena rokok menghabiskan uang kecuali orang tersebut mati. Sebelum mati, mungkin kakinya menghitam dan dipotong biaya operasi mahal, terkena kanker paru obat khemo mahal, penyumbatan pembuluh jantung dilakukan tindakan invasif mahal juga. Intinya keuntungan didapat pemerintah tidak sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan. Apalagi terkena juga keluarga dan orang lain yang perokok pasif. Perokok saat ini boleh sombong gak sakit, umur panjang,tapi perlahan dan pasti akan menderita.
    Rezeki tidak hanya ada di rantai rokok bagi orang berpikir jernih.

    • Bodohnya asuransi udah tahu merokok kok dijadikan klien……itu klo direkturnya asuransi Anda bro…wekekeke……..

      • Asuransi gak ada yang bodoh, yang bodoh kliennya, baru sakit klaimnya ditolak sudah bayar gak bisa diklaim hehehe…nasib perokok. Siap2 bagi perokok mengeluarkan uang ekstra untuk berobat.

    • itu yang pinter ya sales asuransinya… 😛

    • Justru itu gunanya asuransi.. kan yg ikut asuransi bayar, kagak minta gratisan.. trus kita bayar asuransi buat apaan emang???? mending ane sumbangin kemasjid dapet pahala kalo kaya gitu caranya bahlul..

  53. selain asap rokok yg bisa berdampak buruk pada kesehatan, api pada rokok juga berdampak buruk pada lingkungan seperti:
    1.kebakaran hutan
    2.kebakaran rumah
    3.kebakaran pabrik
    3.kebakaran pasar
    selain hal hal diatas api pada rokok bisa juga menimbulkan perkelahian karena tersulut api rokok biasanya terjadi pada waktu:
    1. nonton konser
    2 nonton pawai
    3.nonton dangdut
    4.berdesak desakan di antrian dan
    5.berdesak desakan di pasar

    Itulah dampak buruk akibat merokok
    Gk Gk Gk Gk !!!!!!!

  54. komen ga bermutu semua, cuma koar2 aja kyk bebek kampung, pencetus kebijakan yg sharusnya diserang bukan pemerintah, lagian ini berita HOAX klo rokok beneran naik, dijamin kapolri bakal ganti sebulan sekali karena kapok angka kriminal yg meledak 10 kali lipat,
    anak2 SMA yg gantian malakin preman, preman alih profesi jadi banci kaleng karena harga rokok mahal jd terpaksa isep yg laen, smua kbutuhan pokok akan naik drastis dan kemudian pihak asing datang seolah mereka adalah malaikat dari surga yg datang mmbantu kaum lemah, IMF pun kembali mmberi pinjaman lunak dan sekali lg indonesia kena “moneter” dan capek gw lama2 jelasinnya ngopi dulu pake obat nyamuk sruput… sruput…

  55. Ada sebuah cerita ni rekan-rekan, sekedar hiburan saja..
    bagi yg sudah denger gpp kedengaran basi tp bagi yg belum mohon jangan ngakak keras-keras.

    Tokoh:
    1. Carin (Anak kos yg kuliah S1 gak rampung2)
    2. dr. Bowo Sp.Kj (Dokter Psikiater Gadungan)
    3. Ibu Kos Carin (Nama dirahasiakan, sumber tdk mengizinkan nama untuk dipublikasikan)

    Alur cerita:

    Suatu hari, ada seorang pemuda loyo yg bernama Carin mendadak pengen berheti merokok, alasan carin untuk berhenti atas kebiasaan nya adalah karna ingin berusaha meghilangkan kebiasaan buruknya dan berhayal akan bisa nabung atas pengeluaran sebelumnya jika niat tsb berhasil.
    maklumlah suport dana dari emak dan babe sdh tdk lancar karna bosen lihat anak bego g selesai-selesai kuliahnya, uang jajan menipis dan tiap hari nebeng makan&rokok bareng temen kos yg mulai gerah melihat prilaku carin yg menjengkelkan.

    suatu malam saat carin terbangun dlm tidurnya, carin resah den gelisah atas nasib yg dialaminya. dgn wajah kusut dan bingung sejenak berfikir dan menyadari akan kehidupannya yg tidak sejahtera, sambil berkata seperti terdengar berbisik “Esok aku akan mencari inspirasi kenyataan hidup…!!”

    Pagi hari tepatnya pukul 06.00 wib carin teringat akan inspirasinya sambil begegas mandi untuk melanjutkan aktifitas kuliahnya jam 7.30 wib, sambil berkata dlm hati bingung…. mau konsultasi dimana agar dapat pencerahan dr niatannya, selepas mengikuti pelajaran kuliah smester ulangan yg belu lulus carin bergegas pulang agar tidak bertemu dgn rekan2 tongkrongannya kemudian ingin melanjutkan istirahat tidur disebabkan ubun2 yg mulai terbakar akibat mata kuliah yg tak kunjung dimengerti terlebih lagi sudah dr pagi carin belum menghisap rokok satu batang pun karna uang didompet tinggal recehan Rp.500 dan Rp.50, sambil berjalan menunduk lesu (lirik bawah, kanan dan kiri berharap nemu uang kececer atau puntung rokok yg masih panjang), godaan yg begitu besar ingin menjerumuskan carin kembali kedalam kebiasaan buruknya.
    saat dlm perjalanan menuju kamar kos melewati sela2 jalan sempit samping rumah pemilik kos, tiba2 carin disapa oleh ibu kos.. eh carin..!! kanapa wajah kau kusut begitu kek “lepat tepijak..” (bahasa daerah, maksudnya kue lepat yg jatuh ketanah trus ke injak).

    carin menghentikan langkahnya seraya membalikan badan meladeni sapa ibu kos, anu bu…anu…(sambil garuk2 kepala dan sesekali terlihat menggaruk pantat), carin mau berhenti mrokok buk..!
    carin mau konsultasi ke siapa yah atas masalah carin sambil mencari cara juga agar bisa menghentikan kebiasaan jelek carin utk tdk merokok kembali (ekpresi wajah sedih).

    Kemudian ibu kos berusaha menjawab keluhan carin (sambil garu2 perut dan mata carin naik-turun kegirangan, maklum otak parno carin sdh kebiasaan nonton bokep 12 jam wajib berharap ibu kos salah garuk). anu rin.. ibu punya kenalan, kebetulan bapak (suami ibu kos) memiliki keluhan yg sama dengan kamu, tuh bapak sudah berhenti merokok sekarang… iya buk??? (carin lekas menjawab).

    Kemudian ibu kos kembali menjelaskan kronologinya kpd carin, Ia rin..sebelumnya Ibu dapet info dr ibu Neni (ibu kos tetangga sebelah) kata beliau suami nya sdh berhenti dr kebiasaan merokok setelah berkonsultasi dgn dokter profesional, trus ngasi alamat prakteknya.. eh….ternyata dokternya temen SD ibu (dan kemudian berlanjutlah ibu kos bercerita kpd carin ternyata si ibu kos punya kenalan temen SD yg sukses jadi dokter psikiater dan bla…bla… kemudian ibu kos ngasi alamat dokter pada carin).

    Tanpa pamit carin lantas bergegas meninggalkan ibu kos untuk secepatnya melangkahkan kakinya agar segera menemui dokter psikiater tsb.
    Singkat cerita tibalah carin ditempat praktek tsb kemudian bertemu dan berdialog secara langsung dgn dr.Bowo Sp.Kj

    Dokter: Ada masalah apa carin..? (merasa aneh ngelihat makluk hidup tampangnya kok kusut amat)
    Carin: Anu dok, katanya dokter bisa ngobatin pasien untuk berhenti merokok ya. (merasa aneh ngelihat dokter kok jlek amat, g sperti dokter yg bersih dlm penampilannya)
    Dokter: Kamu tau dari mana?
    Carin: Dari ibu kos saya dok..
    Dokter: Siapa ibu kos nya?
    Carin: Ibu *****
    Dokter: Oh.. ibu anu toh….(sok cool, macam betul aja..!!)
    Carin: Jadi gimana dok? bisa keluhan saya diatasi?
    Dokter: Tenang saja, gampang itu mah..
    Carin: Trus brapa biayanya dok..? (sok nanya, klo mahal langsung kabur kaga jadi konsultasi)
    Dokter: Buat anak kos saya Gratisin dah..
    Carin: Carin senyum bahagaia (sambil usap dada, aman dah g ngeluarin modal)
    Dokter: Kamu bawa rokok?
    Carin: G’ dok.. knapa?
    Dokter: Syukurlah, itu tanda nya kamu sudah bener2 niat mau berhenti.
    Carin: (ekspresi wajah tersenyum malu2, dlm hati berkata… g tau dia dompet gw tinggal Rp.550) makasi dok, trus dok gmn selanjutnya?
    Dokter: Dokter tak menjawab, sambil mengambil rokok dalam saku almamater putihnya kemudian mengeluarkan sebatang rokok marl**** kemudia mempraktekkannya dihadapan pasien.
    “kamu ambil rokok sebatang, kemudian usap ujung filter nya kdlm bokong kamu” (mata melotot dan suara tegas bak komentar dlm artikel JKGR akan kehebatan PLA dan Brimob supaya dapat meyakinkan pasien)
    Carin: (sambil mengikuti perintah dokter carin dlm hati berkata, kok aneh ya.. yaudah gpp ikutin saja yg penting bisa berhenti mrokok) udah dok… terus..
    Dokter: coba kamu bakar dan hisap (sambil menyerahkan zippo chrome original)
    Carin: anu dok… anu… (garuk2 kepala dan pantat)
    Dokter: kenapa?
    Carin: Gak deh dok.. bau… amit2… kalau gini mah mendingan saya berhenti merokok (berbicara spontan tanpa menyadari maknanya, emang aslinya gitu koq “bebal”)
    Dokter: Bagus… itu lah tips dan secret supaya kalian bisa dengan segera menghentikakan kebiasaan merokok (boleh dan silahkan diikuti bagi rekan2 JKGR)
    Carin: (wajah cengengesan seraya mengagumi) udah dok…gitu aja dok… kalo gt saya mau pamit dok (buru2 mau beranjak pergi ga nahan lihat wajah dokter mau muntah)
    Dokter: silahkan… (kemudian) “Ooooiiii….” (dokter teriak)
    Carin: knapa dok?
    Dokter: Rokok sebungkus saya jgn dibawa, cukup saja ambil sebatang rokok yg sdh kamu praktekkan tadi jadi resep nya..!! ga perlu bayar…!! (sambil menggerutu: dasar gembel, udah jlek kbiasaan nilep lagi)
    Carin: Maaf dok…maaf… makasi ya dok (sambil mengembalikan rokok keatas meja dokter)
    Dokter: Kalau sudah tdk ada pertanyaan lagi silahkan keluar, kembalilah jika kamu sudah 100% berhenti merokok!
    Carin: makasi ya dok, ga tau harus bilang apa (kemudian keluar sambil membawa sebatang rokok pemberian dokter).

    Setelah 1 bulan mengikuti anjuran dokter bowo, carin sukses melewati harinya tanpa rokok dan asap rokok kemudian ingin sgera menemui sang dokter kembali, bahwa ia telah berhasil menjalani metode tsb dan memiliki persoalan lain untuk berkonsultasi kembali.

    (disebuah ruangan dokter bowo)
    Dokter: bagaimana cari, sudah berhasil berhenti merokoknya
    Cari: Sudah dok… terima kasih… metode dokter TOP Markotop… sy sekarang sudah bebas dari kebiasaan merokoknya dok.
    Dokter: Wah… bagus dong… kabar baik… saya juga bilang apa, ini lah tips dan secret saya agar pasien tdk lagi melakukan kebiasaan buruknya.
    Carin: Ia sih dok… mujarab bgd, tapi ada yang aneh loh dok…
    Dokter: Kenapa?
    Carin: Kok saya jadi ketagihan colekin lobang pantat dan cium bau pantat sih dok???
    Dokter: @#@$!%^&*()+_

    “cerita ini hanyalah fiktif belaka, jika ada kesamaan tempat, nama dan juga cerita adalah hanya kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan”

    • begok loe

      • Mau tau gak resep ampuh berhenti merokok..gini singkatnya..kalo kepengen banget ngrokok..itu cepet cepet ke kdandang ayam…olesin tu rokok sama kotorannya…terus nyalain coba isep..pasti muntah…lakukan hal ini selama sebulan..nanti pas akhir bulan pasti udah gak suka rokok…tapi ganti ketagihan kotoran ayam….wakakakaka…

    • gw suka banget ceritanya apalagi pemeran utamanya itu Carin…..hahahahahahaaa mantaapssss bung ceritanya….alhamdulillah carin insaf merokok walau selera rasa dan otaknya jadi ngaco….wkwkwkwkwkwkkkkk
      trima kasih bung @ Ts ceritanya menghibur banget…..hihihiiiiii

  56. Klen kalo mau mrokok ya beli,jgn bnyak kali roha klen nyalain presiden..itulah gunanya pemerintah,ada yg ngatur,bukan klen yg nentukan hrga roko,lagipun yg naik cukainya,bukan untuk prusahaan rokonya,.gitu aja pun tak tau.kugas juga nanti.

  57. No drug, no smooking, no money, non ton baeee..!! Jgn diperbudak rokok, lagi apa sih enaknya ngrokok? Klo bikin hati seneng, pede, dan pembrani, itu bohhhooonngggg., ga masuk akal rokok biar pede, klo org introvert ttp aja rokok ga ngaruh…

  58. mungkin ini semua karena dampak dari Djarum yg menaruh uangnya di luar negri muehehehe, Djarum aja bisa begitu apalagi itu tuh philip moris yg notabene dari amerika muehehehe. tenang aja wahai kalian para perokok,ibarat kita sekarang sedang nenanam pohon berbuah, kita rawat dulu baru kita petik nanti hasilnya. muehehehehe

    • tadi ngobrol” dengan teman dia bilang katanya Djarum akan pindah ke luar negri. wahhh berarti tepat dugaan saya kemaren sempat di ingatkan sama pak jokowi sebelum ada isu kenaikan harga rokok. agar ikut tax amnesty. apa isu ini ada buntutnya

  59. saya perokok aktif dan saya katakan ini kebijakan yang konyol…bukan masalah diri tidak mampu beli akan tetapi menyangkut hajat hidup orang banyak..berapa juta rakyat yg akan menganggur..melakukan survey jangan cuma libatkan perokok aktif saja tetapi survey juga para petani tembakau,perusahaan rokok..baru akan dapat kesimpulannya…

    • antara 3 – 6 juta

    • Yg bilang pabrik rokok berenti siapa bos, masalah penjualan kan udah bisa lintas batas, tuh liat iklan udah ada yg di thailand. Pabrik boleh diindonesia tp jualnya ke luar.. Kyak jepang la bos mobil jepang dimanamana yg orang jpang sendiri kalh banyak dinegaranya keuntungan buat jepang sendiri.. Gak usah bnyak alesan mau ngerokok beli harganya ditentuin negara, kita sebagai perokok tnggal pilih mau sering atau berenti kan gak ada yg ngelarang buat ngerokok kecuali kawasan tertentu, nih si bung lingkar ni yg kayaknya bakalan mti klo gak ngerokok banyak bener alasan noh makan tu rokok 62 kan keren ngsep duit

  60. Waahhh….yg perokok makin esmosi. Bagi kelompok perokok silahkan lanjutkan merokok tp asapnya jng disedekahkan kpd yg bukan perokok.
    Bagi kelompok tdk perokok silahkan menghormati yg perokok dng mengusir org yg sedang merokok….xixixi

    Kabar baik buat perokok bahwa asuransi kesehatan anda termasuk BPJS akan gugur tdk berlaku jika anda dideteksi menjadi perokok aktif. Aturan mainnya sedang mereka buat.

    Dilarang keras mengekang kebebasan org utk menikmati rokok. Dan dilarang keras membuang asap rokok di sembarang tempat. Buanglah ditempat yg telah ditentukan….xixixi

  61. @Hary,
    bukannya kata temen-temen disini
    (yang tidak merokok) bahwa org-org
    di dunia perokokan (termasuk
    industrinya) gak pinter dan bloon
    serta tidak produktif lho… hahaha

    yang pintar tu yang punya pabrik Rokok.yang kaya itu yang punya pabrik rokok..para perokok tetap saja di bidohi dan pasrah saja.pemilik jarum,sampoerna,bentoel,gudang garam,,tidak ada yang jadi perokok.karena mereka tahu(pintar) resiko jadi pecandu rokok

    • yang tidak merokok juga gak kaya-kaya bung…
      hihihihihi…

      (sambil garuk-garuk kepala)…

    • Berarti ente anggap bung karno bodoh,, pinter atau enggak nya bukan karena rokok bahlul.. tapi karena gizi yg diasup dan gen turunannya.. contohnya ente,, mungkin ente kurang gizi.. ente udah minum Aqu*?xixiixixixix

  62. Ngibul kok dipercaya

  63. bung@Lingkar data 3-6 juta itu asumsi anda apa data statistiknya..saya kira lebih dari itu…saya kebakaran jenggot bukan masalah naiknya akan tetapi dampaknya…jika negara MAJU sebagai acuan harga ya tidak masuk akal…nilai currency nya saja sudah jauh berbeda..tapi silahkan pemerintah terapkan dan dilihat apa yang terjadi…

    • ada 6.1 juta orang yang terlibat pada industri hulu hingga hilir… termasuk petani dan para pekerja bung…
      bayangkan 6.1 itu calon pengangguran baru lho… sementara sekarang menurut data statistik di kementrian ada 5,2 hingga 5,5 persen penduduk indonesia yang jadi pengangguran…

      silahkan dihitung aja deh… 😀

    • sama, meskipun saya perokok, saya memikirkan nasib para pekerjanya… kasihan mereka…

      • saya juga perokok ….mau mahal berapapun pasti gw bisa beli tapi gimana nasib 9 karyawan tokoku perokok semua….
        pasti yg kerja pada minta naik gajih gara gara harga rokok naik. ngaco bener dah yg mau naikan rokok 50 rb/bungkus…..huuuaseeeeemmmm kebijakan ngaco….

    • bung@Paijo

      Ia menjelaskan, pendapatan dari rokok terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2014 pendapatan dari rokok untuk APBN sebanyak Rp.140 trilyun, naik 22 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak Rp.115 trilyun.

      Selain itu, jumlah tenaga kerja di industri rokok secara keseluruhan melibatkan 6.1 juta orang. Sebanyak 1.6 juta orang diantaranya merupakan petani tembakau yang jika ditekan dengan pajak dan cukai yang tinggi, maka petani tembakau akan berpotensi kehilangan pekerjaan mereka.

  64. ngopi ah campur sianida..xixixixi

  65. pemerintah klo sampe naekin harga rokok berarti kena jebakan betmen. dan bahaya bagi negara. chaos udah pasti. klo setengah penduduk laki dan setengah dari laki tersebut perokok aktif. bisa dibayangkan berapa jumlah penduduk yang kecewa dengan negaranya. dan bukan hal yang tidak mungkin jika dipicu bisa meledak. dan puncaknya yah kudeta. apa berani pemerintah berjudi dengan resiko sebesar itu. penyakit, hidup mati, kaya miskin gak ditentuin oleh rokok. info aja, gw perokok. opini pribadi

    • saya juga perokok, tapi kalau sampai kudeta sepertinya bukan berasal dari para perokok seperti kita, tetapi para politisi yang sengaja merebut kekuasaan dari pemerintah…

      • benar bung. dari politisi yang menunggangi rakyat perokok yang lagi kalap. klo perokonya sendiri sih paling cuma nuntut harga rokok dibalikin seperti semula. dan sy jamin maksimal seminggu aja dinaikin udah kerasa dampaknya

  66. yaa silakan dicoba aja dinaikkan jadi 50 rebu…kita2 ndak masalah beralih ke tingwe….tp kalo tatanan ekonomi negara jdi ribut dan rusak karena multiplier efeknya….yaaa harusnya rame2 kita gantung orang2 bertanggung jawab yg mendorong ini terjadi….

    • Nahh, ini ane setuju.. kalo yg bikin statement & survei bilang berani mati ngerokok bakal bikin ekonomi lebih baik selama 2tahun kedepan ga apa2.. ane penasaran bngt pengen liat nih orng mati setelah 2 tahun.. trus balikin lg tuh harga rokok kaya harga sekarang kalo gagal.. yg ngambil keputusan jg bertanggung jawab buat ga pernah jd pemimpin negara ini lg..

  67. Lu pade sibuk ngurusin rokok, gw disini byar pret mulu listriknya, zaman streaming gini listrik nya byar pret wadohhh, urusin listrik dulu baru rokok.. mau pengusaan tekhnologi tinggi listrik nya aja tengkurep..

    sekian wassalam..

  68. @bung Gue aja sabar ya bung…mungkin pasokan listrik PLN ke daerah anda belum maksimal..mudah mudahan ada tindak lanjut PLN mengatasi masalah listrik yg tak kunjung usai…jawabannya PLTN segera terealisasi

    • @paijo. Sabar sih iya, tapi gak da solusi dri tahun ketahun wadohh.. sabarnya tambah lama tinggal dikit :).. nanggepin rokok naik gue jadi ikut senyum.. pihak asing yg beli saham rokok kehilangan konsumen.. kikikikik.. ini langkah brilian atu bunuh diri gw gak ngerti waktu aja yg ngejawab.. kalo petani gw yakin nanemnya pasti gak tembakau lagi alias pindah haluan, lah priuk kagak ngebul ngarepin tembakau yyg gak nguntungin ngapainn ditanem.. nah yg kerja dipabrik nih dicariin solusinya.. IMO yah..

  69. hahaha TUMBEN PARA PEROKOK KELUAR JIWA SOSIALNYA,MAU MEMIKIRKAN PETANI TEMBAKAU,tapi orang yang dekat tidak di pikirkan!!! lihat di angkot,terminal,hadeh…

  70. di negara lain sdah 3 tahun lepas harga rokok d mahalkn,,d kita hanya wacana,,

    • Aku petani tembakau.. kau mau ngasih duit ane kalau kami kehilangan pekerjaan? Dasar lu mikir tu harus rasional!

  71. kalau biasanya saya selalu mendukung kebijakan pemerintah untuk kali ini saya akan bersikap kritis MENOLAK…sebuah kebijakan yang akan menambah sengsara rakyat dan terkesan asal njeplak..

  72. rokok dan minyak sawit kita selalu di tolak uni eropa, as, ausy katanya produk tsb merusak lingkungan & kesehatan pdhal itu cuma alasan sj, meskipun indonesia sdh mengajukan tuntutannya ke WTO ttp di tolak

  73. Coba survey aja para perokok,tanyakan,apakah mereka pengen berhenti dari kecanduan merokok?pasti rata 2 jawab iya.Tapi ya gitu niat dan keinginan untuk berhenti merokok hanya sekedar ucapan.seperti asap rokok yg terhempas oleh angin.

  74. KALO NAIKAN LANGSUNG HARGA ROKOK…PEMERINTAH SANGAT AROGAN TIDAK MIKIRIN NASIB KARYAWAN YABG AKAN SIAP DI PHK

  75. Rokok mahal semua beralih ke vapor (rokok elektrik) yang terbuat dari bahan kimia dan semakin banyak orang yang mati,seharusnya itu juga dipikirkan

  76. dinaikan karena alasan kesehatan? omong kosong. apa pedulinya lo dengan kesehatan gue, bpjs gue bayar sendiri. asap kendaraan betmotor kurang bahayanya apa?, gula kurang bahayanya apa sampe ada istilah penyakit gula, masih aja memojokan rokok dan penggunanya. duit dari roko itu lbih gede dari duit receh yg d kasih freport.

  77. gak papa lah rokok naik. tapi isinya jadi 100 batang / 50 ribu. sama aja beli sekali dapat nya banyak. hehehe

  78. Yang mesti dipirkan itu adalah gimana supaya gas LPG 3kg itu isinya bener2 nyampe 3kg

  79. joooo….paijoooooo…..kuwi bukan kebijakan jooo…..lah yg usul aja calon mntri gagal joooo…..bapak hewan yg komentar kuwi pd gak update mediaaaa….makanya asal njeplak !!! Lah kamu kok mlqh ikut mungsret toww joooo…..
    🙁

  80. Ki simple tp g ad yg “ngeh” ni…
    Realita hidup d kampung saat acara hajatan…

    Kl di kampung ada acara hajatan….yg bantuin d kasih rokok (kl g d kasih g semangat) am yg pny hajat…iyo pora ???

    Tk terbayangkan yg mw pny hajat bsok kl naik 50rb/bngkus…
    Mw g d kasih rokok koq piye…
    Mw d bagiin rokok koq tekoooooorrrrr……

    nyumbange 30rb…entuk rokok 50rb…..tekor 20rb noh, blm makan minume…

    wkwkakakeaneeeee…..ngeriiii…ngeriiii…

  81. Rumput aja mengeluarkan oksigen untuk makhluk lain, tidak beraroma lagi sehingga cocok untuk makhluk hidup lain. Kecuali kotoran ayam dll, yang mengeluarkan bau tidak sedap dan tidak layak dihirup.
    Mau jadi seperti apa saudara sekalian?

    • tapi tetap memerlukan tanah, air, bahkan karbondioksida…
      ingat bung kita hidup dinegara yang sama, tanpa kami, anda bukan apa-apa dan begitu pula sebaliknya… semua saling membutuhkan…

      salam

      • Saling membutuhkan? Negara membutuhkan nilai positif tanpa nilai negatif (pengurangan). 250juta lebih penduduk indonesia merupakan makanan empuk bagi luar negeri. Buat pabrik disini di jual disini keuntungan setelah dipotong pajak dibawa keluar negeri, efek siapa yang nanggung? Menyediakan obat,rs,dokter,perawat,alat kesehatan. Males bekerja tanpa rokok, Menurunkan kinerja dan mengganggu kinerja orang lain, penurunan fisik dan stamina.
        Rencana kenaikkan rokok memiliki dampak mengurangi penderita yang jadi tanggungan negara karena semakin lama biaya berobat mahal, mengubah pola hidup masyarakat dari perokok menjadi menghemat dana untuk modal lain sehingga menciptakan lapang pekerjaan. Memaksa pengusaha rokok untuk jadi pengekspor sehingga menghasilkan devisa negara. Yang lain dipikir sendiri…hidup sehat dan hemat untuk indonesia jaya

  82. woww…koment rokok bisa lebih dari 500 coment…….hebat dehhh

    • itulah bedanya Carin, klo bukan perokok bakal bingung dan pusing klo kelamaan berdebat bahkan bisa stress… sementara perokok dengan tenang sambil menghisap rokok dalam-dalam dan menghembuskan perlahan… lalu sruput kopi sianida… masih bisa melanjutkan perdebatan dengan kepala dingin…. 😛

      • ini coment sdh lebih dari 200 coment…belum lagi comen yang nyasar ..di thread kiri kanan…wowww…
        perokok vs non perokok
        di lanjuttt mas…..

  83. Mayoritas penduduk Indonesia perokok,jika harga rokok naik tajam dan tk terbeli oleh kalangan bawah,saya kira itu bisa berdampak sangat buruk,kemungkinan akan terjadi kerusuhan dimana”dan yg paling buruk aksi teror akan semakin merajalela

  84. Di Aussie rokok 20-30 dollaran. 200 ribuan ke atas, rata2 250 ribu. Org perokok indo, baek yg duitnya pas2an jg di sini tetep aje beli rokok

  85. memang kita harus mengakui, merokok itu banyak ruginya. baik rugi materi maupun rugi kesehatan. ini sekedar cerita dulu aku jg seorang perokok, kerjaan buruh, peganngan hp jadul.
    begitu kepengennya aku punya hp android, akhirnya aku berhenti merokok. uang rokok 15 ribu tiap hari bener2 aku tabung. alhamdulillah selama satu tahun akhirnya aku bs beli hp baru. dan skarang aku sdah bebas dari rokok. uang yg dulu buat beli rokok bisa bermanfaat buat yg laen. yang penting ada niat pasti ada jalan.

  86. Koq g ada study upah buruh d banding singapura inggris amerika australia….

    Mbok d adaken…buat masukan pemerintah jg…nk kuli bangunan d sana it brp dollar perhari ne ngono pak prof….

    Syukur bs d terima oleh pemerintah…langsung d samaken…

    Pak prof. kl butuh pulsa buat survey dan study pasti temen2 warjag siap urunan beliin pulsa buat survey…

    Lihat d kompas TV td…..ternyata di biayai asing….confirmed di akui…

    • profesor apaan ane denger dia ngomong aja gak ada wibawa sama sekali, dari cara dia ngomong juga kesannya enteng banget tinggal jeplak, kalo misbakhun ketara kaya nanggung beban berat, mugkin mikirin nasib karyawan pabrik rokok/petani tembakau…

    • bandingin harga rokok ama negara maju tp nggak mau bandingin upah ama negara maju jg,lbh”lagi anggota DPR main setuju aja dn kl di suruh nyumbang buat study yg blm kelar saya sanggup kok hahahaha……..

  87. setuju aj hrg rokok naik..tapi nanti pasti ad dampak burukny. ntar banyak yg beralih jd petani kecubung.. hi.hihi

  88. Dl gw perokok. Gara2 liat bayi gw kena asep gw trs, gw brenti merokok. Skrg rokok mo naik 10x lipat kek gw kagak peduli.

  89. ya walaupun masih sebatas wacana TETAP SAJA SUKRO SELALU DI HATI..

  90. salah lu sendiri pada ngrokok,,, atur tu keuangan kamu,,
    bila perlu naikin aja perbungkus 200rb, biar kapok
    jangan takut berbuat baik,, percuma pendapatan banyak tp masyarakat pada bego akibat rokok,, mending di tabung jdi berkah

  91. Negara klo mau hancur ya begini ini…pengambil kebijaksanaan dipenuhi para sengkuni dan konco”kurawanya…pikirkan kesejahteraan rakyat dulu klo mau memeras rakyat…pemerintah kq kyk penjajah saja sak karepe dewe

  92. Ya udah harga rokok cepet dinaikan,,,aku ora popo…ku jga perokok berat,,masalah rokok bagiku banyak solusi tanam tembakau untuk tengwe sendiri malah jimat cermat ora ono cukai….
    Tapi dipikir jga tu pekerja pabrik rokoknya tu,,,harus ada sllusi yg bijak..
    Heeee wassallam…

  93. sangat setuju sekali jika harga rokok dinaikkan dengan menaikkan cukai rokok 200%
    terus terang saya sendiri perokok aktif 2-3 bungkus sehari, menurutku apabila cukai rokok dinaikkan sedemikian rupa, tidak akan menjadikan Indonesia kiamat, bagi petani msih bisa bertani tembakau dan hasilnya bisa langsung dipasarkan sendiri, bagi karyawan bisa memulai belajar membuat rokok sendiri dan memasarkannya,bagi perokok yg tidak gila merk(yg pentingkan rasanya BUNG) bisa mencoba/membeli rokok yg belum familiar/terkenal(minim cukai) atau bahkan bisa membuat sendiri(tanpa ada cukai yg membebani)
    menurutku yang paling dirugikan oleh kebijakan ini nantinya adalah si pengusaha itu sendiri yg kebanyakan dimiliki oleh si ASENG dan si ASING, mereka bisa BANGKRUT dan tidak bisa menjadi orang terkaya lagi

  94. PERTAMAX PLUS

  95. Mantap,setuju…sukseskan Indonesia yang sehat jasmani rohani….

  96. Jadikanlah Indonesiaku ini adil makmur bagi seluruh warganya, baik kaya ataupun miskin.

    Kebijakan tax amnesty itu utamanya utk si kaya.
    Sedang kenaikan cukai rokok akan membebani si miskin, sbb pengusaha rokok ga mungkin mau rugi.

    Jadi pemerintah itu pro siapa?
    Yg taat pajak orang kecil, orang kaya malah dapat tax amnesty.
    Ingat!
    Orang Indonesia yg kaya itu cuma sedikit.

    Kl mau menghentikan perokok itu tdk begini caranya.
    Contoh tuh ISIS, haramkan rokok dan robohkan pabriknya. Beres
    http://www.google.co.id

  97. ane bayangin malam-malam yang mereka jelang pasti tak seindah dahulu kala, akan banyak mimpi buruk yang mereka lalaui, sambil sesekali memaksa mereka terbangun ditengah malamnya hari, dan bergumam “njirrr sue banget dah aaah gimana kedepannya gue kerja? moga aje ga kena phk gegara harga rokok 50rb”

  98. DARI MUDA ENGKONG GUA MEROKOK , MASIH SEHAT AJA TUH !!!

    KLO YG MERASA TERGANGGU DENGAN YG MEROKOK, CUKUP DIBIKIN ATURAN MEROKOK PADA TEMPATNYA YG TELAH DISEDIAKAN DAN HARUS TERSEDIA

    MAAF BUKAN MEWAKILI KAUM PEROKOK, HARGA MAHAL BUKAN BERARTI KAMI TIDAK BISA MEROKOK. TAPI SUDAHKAH DIPIKIRKAN DAMPAK RENCANA INI ?

    JGN2 YG NGEDUKUNG KENAIKAN INI, DLO PEROKOK BERAT ??? KARENA FAKTOR EKONOMI, BERHENTI MEROKOK DAN CUMA BISA KOAR2

    SURVEI ITU BISA SAJA CUMA AKAL – AKALAN DENGAN DALIH BAHAYA MEROKOK DAN ADA KELOMPOK TERTENTU YG MENGINGINKAN KENAIKAN HARGA ROKOK TANPA MELIHAT DAMPAK SOSIAL EKONOMI BAGI PETANI TEMBAKAU, BURUH ROKOK DAN PEROKOK DI SELURUH INDONESIA.

  99. Ane ndak hobi maen cewek. Ane ndak hobi nyabu. Ane ndak hobi mabuk. Ane ndak hobi pijat plus2. Ane ndak hobi nggelek. Ane cuma hobi ngrokok. Punya hobi satu aja mau ditindas. Kasihan deh gue. Btw ane rasa yang lagi mo ditembak adalah kaum nahdliyin deh. Coz tapal kuda jatim termasu madura adalah penghasil tembakau yang cukup besar di indonesia. Setelah dulu operasi naga hijau, operasi apa lagi yg mo dijalankan utkngobok obok basis nu

  100. 98 dulu ditempat ane, kenaikan harga rokok ikut mendorong kerusuhan & penjarahan, smoga pemerintah bijak & peka membaca sikon,,,edisiparno

  101. ga usah alasan karna kesehatanlah atau bla bla bla.. klo mau naikin silahkan tpi ingat buka lapangan kerja baru. ingat yg jelas” haram “MIRAS” tutup tuh pabrik ny, dh jelas merusak itu..
    pemerintah jokowi setengah hati klo cuman rokokk aja yg dijadikan alasan…

  102. ane bukan perokok, kenapa gak ngerokok? jangan tanya kenapa yang ada ntar bikin sakit hati yang ngerokok xixixi
    yang jelas ane ga setuju harga rokok naik jadi 50rb, kecuali sebelumnya pemerintah membuat kebijakan yang sebijak-bijaknya mengenai nasib karyawan pabrik rokok yang kena PHK mau di kemanain? petani tembakau mau di avain? kebiasaan rezim sekarang itu suka ngelempar wacana istilahnya test the water, terus bagaimana reaksi masyarakat?, heloooow emang kaga ada kerjaan lain? bikin geger seisi negara! cara kerja nya persis kaya bocah !

  103. Lucu liat bangsa sendiri, perokok dan anti rokok saling berdebat kata2 tak pantas..lalu merasa hebat..
    Melupakan dasar negara pancasila.musyarawarah untuk mufakat.bukan debat adu pendapat.
    Saya perokok aktif.saya setuju harga rokok naik.tapi…… Semua harus ada step nya bro. Naik perlahan..karna untuk berhenti merokoo jg harus perlahan.. Andai naik 10rb tiap tahun..yakin saya jg tiap tahun mengurangi menghisap rokok.
    Sampai akhirnya benar2 berhenti merokok. Dan saya jg yakin tidak akan ada phk besar2an..
    Pemgurangan pekerja pasti sedikit2..sambil pemerintah menyiapkan lapangan pekerjaan sedikit demi sedikit..
    Bagi para perokok : saya tidak setuju pendapat anda bahwa rokok mempengaruhi kita jadi malas tanpa rokok karena saya jg merokok.itu hanya pikiran orang yg mengatakan hal tersebut.
    Bagi para anti rokok: kami para perokok jg punya hak untuk keadilan.liat fasilitas bagi perokok di tempat umum..apa kami di sediakan tmpt layak untuk merokok agar tidak merokok di tmpt umum?
    Pemerintah jgn hanya inginkeuntungan dari kami yg membajar uang kami untuk negara.
    Gak sekalian aja rokok diblarang di indonesia…itu baru fair..pemerintah tidak dapat devisa dr para perokok dan para perokok tidak punya hak di indonesia.

    Hargai sesama. Dulu pejuang kita berjuang bersama(yg prokok dan tidak perokok) agar indonesia merdeka.lah ini..udah merdeka tp dasar negara ga di hargain..
    Komen kok saling hujat…saling caci…

    Salam merdeka.salam damai nusantara.

  104. merokoklah di tempat yg telah di sediakan dan jauhlah dr yg tidak merokok

    *mumpung sepi nyumet sek lanjut ngopi… ngopi is ngolah pikir

  105. Kebijakan yang konyol bila itu terjadi.. Agama saja tidak melarang kok..
    Merokok sudah menjadi kebutuhan.. Kalau kami merokok yg rugi bukan pemerintah dan orang sekitar jika kita merokok di tempat yg sudah ditempatkan..
    Kenapa tidak bangun fasilitas smoking area dan undang2 yg mengatur tempat merokok dan orang orang yg merokok..

    Jika seperti itu.. Inti dari masalah kesehatan bisa di tekan.. Yg rugi pastinya juga perokok itu sendiri bukan orang lain!
    Bukan hanya sekedar hasil survei saja yg jadi dasar.. Tp lihat segi ekonominya juga dong… Katanya dosen ui.. Kok berpikirnya satu arah saja dan tidak berfikir dengan opsi opsi yg lain.. Emang kalo gw ngrkok bikin loe mati?! Yg rugi kan gw sndiri bukan elu!

  106. MOHON MAAF YANG BUKAN PEROKOK JANGAN KASAR PAKE ACARA MELUDAHI KAKI …COBA SAMA WARGA JKGR SEPUH UDAH BINYOK DUKUAN YANG MODEL BEGINI…
    KALO MEROKOK SAMPE DI LARANG KASIHAN DEK CARIN …DEK CARIN MAU MEROKOK JARUM COKLAT MBAH LAGI…??,?EHMMMM

  107. kata siapa orang perokok males kerja,justru perokok malah rajin kerja….contohnya pengen ngerokok tapi g punya duit,terpaksa dia ngutang rokok dulu dan otaknya muter untuk perfikir buat bayar utang rokok,apapun kerjaanya pasti di kerjakan yg penting halal dan bisa buat bayar utang agar mudah di kasih utang rokok lagu sama si empunya toko itu……ahhhh sudahlah itu cuma contoh temen gw ajh….

  108. sebenernya yg jahat itu si perokok atau malah sebaliknya bukan si perokok sih…..?????!!!!!!
    klw menurut gw yg jahat tuh papah yg minta pulsa…..udah minta pulsa mamah di goyang goyang lagi…..papah jahaaaaat mamah di goyang goyaaang…..!!!!!!

  109. jika rekan rekan JKGR tidak ada yg coment lagi maka akan saya tutup dengan doa nih….hihihiiiiii

  110. dengan adanya isu kenaikan rokok disinyalir bakal diikuti juga dengan kenaikan harga lem aibon….siap2 nimbun lem neeh….

  111. Yang kontra pasti perokok__yang pro sudah jelas ga merokok ?
    Mau beribu_berjuta_bermilyaran alasan wis ta laah intinya itu diatas ?

  112. Naikkan saja!! Demi kesehatan rakyat Indonesiaku ini!! Di Sabang kawan aku udah ada yang ngerokok umur 12th!! Ayo cegah generasi muda Indonesia agar tidak merokok dan menyukseskan bangsa Indonesia ini!!

  113. jika anda bilang “rokok tidak baik u/ kesehatan” mestinya anda selektif dalam memilih makanan sebelum konsumsi?
    jika Anda bilang “asap roko merugikan org banyak” mestinya anda ingat2 kembali apakah samasekali anda belum pernah merugikan org lain?
    ada hadits “ikhlas bersedekah bisa mencegah bencana dan memanjangkan umur” bersedekah 10 ribu pada anak yatim, kadang2 qta mengingat’n dan berharap imbalan dari tuhan (gak ikhlas) tp faktanya… dgn menggelar sbungkus rokok dalam satu kumpulan, tak terasa qta telah bersedekah dan qta jarang mengingatnya (bangblas aja), mungkin itu bisa dikatakan ikhlas. Maka dari itu kebanyakan dari perokok panjang umur walaupun pendek nafas.

  114. yah klw hnya rokok yg di ungkit2 bahayanya gak adil donk pdhl GULA Dan Gorengan2 jg punya bahaya klw dikonsumsi berlebihan’

    konon perokok pasif lebih berbahaya dari itu saran ane aktiflah merokok untuk menekan bahayanya 😀 😀 😀

  115. gak peduli harga rokok mau naik
    yang penting gue masih bisa di rokok

    neng Carin kemana ya??

  116. @lingkar. Memang salah gw bang, gw nglembur dirmh ato ada tmn/sodara dtg sambil ngrokok, tnyt asap kena ke bayi gw padahal diruang lain. Skrg gw malah bangga 0 bungkus dr awalnya 1,5-2 bungkus. Brenti merokok bnyk alasannya, kebetulan klo gw krn anak.

  117. Gile nih postingan byk bener,
    ngalahin carin vs mbah bowo

  118. Rokok Rp. 50.000,-/bungkus. Tapi Bu Sri Mulyani (Menkeu) belum memutuskan masalah kenaikan pendapatan dari Cukai. Jadi kesimpulannya rokok Rp.50.000/bungkus untuk isi 50-60 batang nantinya.
    Ide rokok semahal itu gara2 perokok yang brengsek-brengsek yang kaga tertib ngerokoknya sih di tempat umum. Jadi kita2 yang merokok tertib di tempat2 khusus jadi kena imbasnya.

  119. sebenarnya dengan wacana kenaikan harga rokok ini tujuannya adalah lebih kepada untuk menekan perokok pemula(anak sd,smp)……cth saja dengan uang saku anak sekolah 10rb,dia sudah bisa membeli rokok 1 bungkus.jika nanti harganya mnjadi 50rb jelas kemampuan anak untk membeli rokok akn brkurang.

    untuk orang dewasa/punya penghasilan sndiri ya meskipun harga rokok mahal saya pastikan dia msh sanggup membelinya,ibarat kata rokok kn sudah mnjadi kebutuhan primer bg perokok.biar mahalpun akan tetap di beli.

  120. enaknya klo koment kya gini..sambil ngerokok um
    dtemanin scangkir kopi..feat gorengan boled

    klo harga rokok naik
    sekalian harga korek apinya di naikin..
    biar adil..

    ahaaaayyyyy…
    disruput dlu ach.. 😀

  121. Kl ambil perbandingan yg seimbang donk harga rokok disingapura 120 rb dan di indonesia hanya 12 rb & jangan lupa pendapatan warga singapura 120 rb perjam sedangkan diindonesia 12 rb sehari jd wajarlah kl harga rokok & kebutuhan lainnya lbh tinggi karna memang mereka secara ekonomi lbh mapan & makmur

  122. yaah sekalian wae pabrik e ditutup,,ora wong sugih ora wong mlarat ben ngrasak ke kecut kabeh!!!gimana?OK!!@

  123. PETANI TEMBAKAU DARI DULU KEKNYA NASIB TIDAK BERUBAH,PARA PEROKOK DIKIT2 MENGATAKAN…KASIHAN PETANI TEMBAKAU…SEPERTINYA BAGI PARA PETANI TEMABAU DAN JUGA PEROKOK,GAK BAKAL HIDUP TANPA TEMBAKAU..
    PERNAH LIHAT KEHIDUPAN PARA TRANSMIGRASI PEMULA?? MEREKA LEBIJ SUSAH BRO..BEKERJA KERAS DI KAMPUNG ORANG..JANGAN BAYANGKAN TANAH TINGGAL TANAM,MAKAN TINGGAL BUKA MULUT( WALAU KATANYA PEMERINTAH MENANGGUNG HIDUP SELAMA 1 TAHUN) ITU HANYA KATANYA..MEREKA TIDAK TAHU MAU NANAM APA,PEMASARAN GIMANA,KARENA L9KASI MEREKA EMANG TERPENCIL.JATAH TANAH 2HEKTAR ITU HANYA 0.5 YANG SUDAH BEBAS DARI POHON BESAR,TIDAK TUNGGUL BESAR,NAMUN KARENA P3NGEN MERUBAH NASIB JUGA SEMANGAT HIDUP LUAR BIASA..AKHIRNYA….ANAK ANAK MEREKA BISA MENIKMATI HASIL DARI JERIH PAYAH ORANG TUA MEREKA,NAH PETANI TEMBAKAU [yang katanya miskin] apa mereka tidak berfikir seperti itu,,modal sudah ada,kan dari turun temurun sudah jadi petani tembakau,SEDANG PARA TRANSMIGRASI HANYA PUNYA MODAL TENAGA PLUS TANAH YANG DI BERI [2HEKTAR,TAPI YANG 1.5 H3KTAR ADALAH HUTAN YANG PERLU DI BERSIHKAN]

    • sekarang pekerja di industri rokok yang bakal bernasib lebih buruk dari petani… bila harga rokok naik, perusahaan akan lakukan efisiensi dengan menggantikan tenaga manusia menggunakan tenaga mekanis, karena 1 tenaga mekanis bisa menggantikan 900 tenaga manusia dalam produksi rokok…

      sudah naikin aja, biar 6 juta pekerja bakal jadi pengangguran… toh saya masih bisa beli rokok murah dari batam, cuma goceng…

      untuk apa saya peduli dengan petani tembakau dan pekerja pabrik rokok toh saudara saya disini yang tak merokok tidak mau peduli, bagi saya nothing to loose, karena bagaimana pun caranya saya pasti bisa merokok, saya tak peduli uang yang saya belanjakan buat rokok masuk ke kas NKRI atau kas negara lain, yang penting mulut saya bisa berasap… dan saya sangat bahagia melihat rekan-rekan warjag (yang tak merokok) yang batuk-batuk terkena asap rokok saya… dalam hati saya berkata, rasain lo… lebih nyesek mana? sap rokok dulu (sebelum naik) dengan asap rokok sekarang (setelah naik)…

      hahahahaha 😛

      loe egois gua juga bisa men

  124. 6juta pekerja, kalo rokok mahal bakal banyak rokok ilegal yg justru merugikan negara!!!!!!!!!
    sudah ada hitung hitungnya silakan di barbar

  125. adekomarudin cuma buat gaduh saja. jelas itu hanya wacana studi. bukan pemerintah yg usulkan. heran ama bangsa inni suka sekali buat kacau di negaranya sendiri. beginilah nasib ini jika diisi pakar politik

  126. Setelah harga rokok di naikkan 50 ribu satu bungkus….Harga kuota internet juga akan dinaikkan karena sering di gunakan buat main game online dan nonton film bokep……

  127. Baguslah dampaknya kecuali admin-nya perokok … semoga negeri ini secepatnya bebas dari para perokok !!!

  128. biasa nya rokok mgrokok ngurangi beban pikiranku. . tp skrang malah bikin pikiran hahaaaha. .

  129. biasanya merokok itu bisa ngurangi beban pikiranmu tp sekarang malah nambahi pikiran :'( hahahaha

  130. biasanya merokok itu bisa ngurangi beban pikiranmu tp sekarang malah nambahi pikiran gawe loro pikir:'( hahahaha

  131. buat kbijakan itu mbok ya dipikir,dilhat,dibandingkan,jgn asal2 an,s bandingin ama malaysia,singapura new zeland,hongkong,taiwan,,mata km melek kagak??km pernah kagak tinggal di negara2 yg loe sebutin tadi??loe tau kagak brp gaji buruh dinegara2 yg elo sebutin tdi???kl blm tau dtg dan cek dinegara2 itu,dan cari tau brp gaji buruh disana,,trus bandingin ama harga rokok disana yg katanya mahal???kl smp harga rokok bner naik 50 rb,,rakyat jls banyak yg gak akan milih jokowi dipemilu yg akan dtg,,dipilih cm nyengsarain rakyat,nambah beban rakyat,kwalitas hidup rakyat jg gak ada perubahan,,ayo bu susi km next presiden indonesia,,merokok bersama rakyat,,mendingan yg terkesan bodo tp tau keadaan rakyat,drpd yg sok blusukan mrakyat tp gak peduli ama rakyat,kl dinaiknya harga rokok dgn alasan peduli kesehatan rakyat,,,is BULSYIT….!!!rakyat gak butuh itu,,,yg dibutuhkan rakyat adlah peningkatan kwalitas hidup…dr yg dulu kere bs naik derajat sedikit menjdi org yg gak kere2 amat lagi,dr yg dlu gak kere2 amat ,skrg menjdi org yg lumayan mapan,,dr yg dlu gak bs kuliahin anak skrg bs kuliahin anak,,dlu yg harga obat2 an mahal skrg jd murah,pupuk murah,hasil panen meningkat dan harganya lumayan,daging bisa terkonsumsi bkn oleh org2 yg berduit sja,tp bs dijangkau oleh petani2 desa,gak usah senggol2 mslah rokok,kl mau cari duit lebih tuh berdayakan masyarakat bawah,gerakin ekonominya,beri kemudahan akses,beri bimbingan,ktrampilan,agar rakyat bisa membuat produk,agar sektor ekonomi rakyat kecil trus aktif,jgn buat kbijakan2 yg asal njeplak tnp melihat sikond,bego amat,,amat aja gak terlalu bego..!!!

  132. Didunia ini yang paling pintar itu adalah perokok.







    Makasunya pinter ngeles.

  133. Wow banyaknya yg komen,, saya mendukung rokok naik jd 50rb, klo perlu 100rb perbatang!! jangan ngeladenin komen saya,, karena itu hak asasi saya.. Wkwkwkwkkkk… Jangan marah yaa,, klo marah berarti anda perokok berat,, klo perokok berat biasanya merokok disembarang tempat,, udah gitu aliran darah ke otak pasti tersumbat,, ga percaya?? Sini ikhlaskan tubuhnya buat dikupas2 diteliti brp banyak kandungan racun rokok dlm pembuluh darah.. Udah lah gak usah ribut,, berhenti merokok ga bakal bikin hidupmu kiamat kok,, kecuali udah kaya suami istri, rokok mati, anda juga mati.. Lho kok jd bunuh diri? Ya berarti betul dong rokok membunuhmu dgn cepat,, udah gitu pasti dosa lagi.. Saya dukung rokok naik 1juta% sekalian BPJS diblokir saat berobat untuk yang terindikasi perokok aktif.. Sudah2,, renungkan bahwa kesehatan itu mahal harganya,, mungkin sekarang sedang sehat walafiat.. Besok, lusa, seminggu, sebulan, setahun lagi siapa yg tau,, terlebih anda kepala keluarga,, sayangilah keluargamu,, jangan jadikan anak mu jadi yatim, dan istrimu menangisi kepergianmu gara2 penyakit yg timbul dari merokok spt jantung,, serangan jantung datang tiba2 dan tanpa permisi,, jadi sayangilah jantung anda, dan jantung hati anda(keluarga)..

    • ra ngurus… biarpun di naikan 1jt perbungkus yg penting ada rokok, g ngerokok mati ngerokok jg mati!!!.. tp ttp setuju klau di naikan 50rb dan klau bisa smpai 100rb

      • setuju banget bung @kencur… sebagai perokok selalu memiliki akal selangkah lebih maju, dan lebih cerdik untuk memenuhi kebutuhannya “merokok”… tak peduli darimana yang penting berasap! hehehe

  134. Merokok tapi tdk minum arak…Lin Biau meninggal umur 63 thn.
    Tidak merokok tapi minum arak…Zhou En Lain meninggal umur 73 thn.
    Merokok dan minum arak…Mao Ze Dong meninggal umur 83 thn.
    Merokok, minum arak dan main kartu…Deng Xiao Ping meninggal umur 94 thn.
    Merokok, minum arak, main kartu dan cewek (bini muda)…Zhang Xue Liang meninggal umur 103 thn.

    TIDAK MEROKOK..
    TIDAK MINUM ARAK..
    TIDAK MAIN KARTU..
    TIDAK MAIN CEWEK..
    Cuma main futsal…Adjie Massaid meninggal umur 43 thn

    TIDAK MEROKOK..
    TIDAK MINUM ARAK..
    TIDAK MAIN KARTU..
    TIDAK MAIN CEWEK..
    Cuma ngelawak…Olga Syahputra meninggal umur 31 thn

    PILIHAN ADA PADA DIRI ANDA….

    • Merokok tapi tdk minum arak…Lin Biau meninggal umur 63 thn. (Klo tdk merokok umurnya 67thn)
      Tidak merokok tapi minum arak…Zhou En Lain meninggal umur 73 thn. (Klo tidak minum Arak umurnya 78 thn)
      Merokok dan minum arak…Mao Ze Dong meninggal umur 83 thn. (klo tidak merokok dan minum arak 89thn)
      Merokok, minum arak dan main kartu…Deng Xiao Ping meninggal umur 94 thn. (Klo tidak Merokok, minum arak dan main kartu umurnya 101thn)
      Merokok, minum arak, main kartu dan cewek (bini muda)…Zhang Xue Liang meninggal umur 103 thn.( Klo tidak Merokok, minum arak, main kartu dan cewek (bini muda) umurnya 126thn)

      TIDAK MEROKOK..
      TIDAK MINUM ARAK..
      TIDAK MAIN KARTU..
      TIDAK MAIN CEWEK..
      Cuma main futsal…Adjie Massaid meninggal umur 43 thn (Klo merokok, minum arak, main kartu main cewek mungkin umurnya 38thn, ga jadi anggota DPR, dikejar2 bandar judi)

      TIDAK MEROKOK..
      TIDAK MINUM ARAK..
      TIDAK MAIN KARTU..
      TIDAK MAIN CEWEK..
      Cuma ngelawak…Olga Syahputra meninggal umur 31 thn (klo merokok, minum arak, main kartu, main cewek mungkin ga jadi artis, ga laku lawakannya umurnya bisa-bisa cuma 20 thn karena terlibat perang antar geng)

      PILIHAN ADA PADA DIRI ANDA….

  135. semuanya benar !!!!! antara cukai naik dan tidak naik !!!!!
    sebelum pemerintah melakukan kenaikan cukai,tolong petani tembakau di beri pengarahan di diberdayakan ke pertanian yg lain, kasian itu tiap kk misal menghidupi 3 org x berapa juta ??, perhitungan pemerintah hanya dilakukan KEPADA KARYAWAN PABRIK ROKOK blm petaninya, mayoritas para pekerja rokok yg pabrikan itu adalah wanita, lalu mereka mau di berdayakan ke mana setelah cukai naik ?? ketika cukai naik bisa jadi separuh perokok aktif mungkin akan berhenti merokok. pengurangan pekerja pun pasti akan terjadi, lihat para pekerja rokok, usia mereka 30thn an rata2, lalu mau di alihkan ke mana ????
    ingat saudara, mereka yg sudah mengabdikan diri buat bikin rokok itu yg sudah lama itu pekerja tetap,bukan pekerja kontrak. kalo mereka harus jadi pekerja kontrak di pabrik baru apa ga kasian ??? saya sendiri perokok aktif dan saya tidak melarang pemerintah untuk menaikkan harga rokok, tapi tolong kaji lagi nasib mereka2 jangan anda secara sepihak seperti itu, kebijakan anda selalu berpihak ke golongan menengah ke atas, contoh mobil pribadi vs truck, subsidi kok yg pake mobil lalu supir truck yg nota bene mereka yg mengerakan roda ekonomi di straatakan dgn yg naik mobil, mustinya kebijakan itu harus saling merata,lihat itu dr yg terkecil para pejabatku wakil rakyatku, kau anggap apa org2 golongan kebawah itu ??? tolong lebih seksama, kasian saudara2ku yg nasibnya belum berkecukupan !!!
    sekalian nambah buat kalian yg cuma adu argumen saling kukuh pada pendapatnya paling benar yang bawa2 ajaran agama juga tolong instropeksi diri saja, saya lihat seakan_akan seperti ……… inilah negriku

  136. saya dari tahun 97 sampai skrg rokoknya marlb*** bukan karena gaya gayaan tp pingin berhenti merokok susah bnget..makanya beli rokok itu biar cepet abiss kan ga di isep juga habis ama angin…kalau harga rokok naik yg alhamdulillah biar mikir mikir dulu mau beli rokok karena mahal..semoga harga rokok jadi 100rb /batang biar pada manyun semua hehehe

  137. wah parah kalo naik mah.. makin banyak aja pengangguran di negara ini..

    Semoga tuhan memberkahi para pengusaha muda yang kreatif, cerdas dan berani juga tidak tergantung pada pemerintah

  138. semua yang di makan di minum di hisap ada efek sampingya yang penting jangan berlebihan penggunaanya. harga terlalu mahal sama saja membentuk kasta hidup orang. nantinya rokok mahal bermereck hanya di hisap orang penghasilan tinggi dan rokok tingwe yang hanya penghasilan rendah. bagi ane rokok pemersatu bangsa kok tua muda(17++) kaya miskin bisa berbaur bersama ngopi bareng sambil udud makan gorengan. hhe

  139. Gagal lagi aja beli sukro 35
    Ga ada duitnya,,
    Penyumbang devisa berkurang
    Hehehe
    Rokok memang bisa mengganggu organ tubuh,
    Tapi bukan penyebab kematian,
    Kematian hanya Allah SWT yg tau,
    Hindari adu argumen berdasarkan dalil, karena Kita semua satu syahadat, untukmu yg km percayai Dan untuk Ku yg AK percayai, untuk para perokok hormatilah yg tdk merokok,
    Dan yg tdk merokok jangan usik para perokok,
    Ini Baru sebatas wacana, Sama halnya dengan menteri pendidikan yg Baru, yg mengeluarkan wacana jam sekolah untuk anak,
    Kita kan blm tau, APA memang akan JD PP atau pencitraan semata.

    NKRI Harga mati,

  140. Jgn dikira cukai akan membebani pengusaha rokok, sebab saat cukai naik, maka harga rokokpun naik.

    Jadi kl bgt siapa dong yg dibebani?
    Ya pasti rakyat kecil!
    Kasihan mrk. sudah pendapatannya kecil, dibebani lbh berat lagi, padahal kebanyakan rakyat Indonesia itu ya orang kecil.

  141. harag rokok mahal cuma bisa di rasakan kalangan atas yg mampu membelinya secara terus menerus kalau dilihat dari kesehatan memang tapi kalo harga nya di naikan yang akan membeli cuma kalangan atas yang mempunyai pendapatan berlebih berarti embel embel sehat belum terpenuhi di indonesia kalaupun harga nya di naikan Rp 50.000 kalangan bawah hanya bisa melihat kecemburuan berlebih dan kalau rokok penyumbang terbesar di indonesia harga normal kan saja karna sifat negatif ada pada perokok tersebut kalau mau sehat jangan merokok saja dan tidak merokok di sembarang tempat agar tidak menimbulkan pertentangan

    • manusia yang memiliki sifat pencemburu ialah sudah tentu kurangnya cahaya ilahi dalam jiwanya dan terlebih lagi tidak lah mungkin untuk mengatur setiap manusia yang merokok untuk tidak merokok disembarangan tempat karena sudah dari pengaruh rokok itu sendiri yang membuat manusia lupa diri dan lupa waktu, yang namanya kecanduan rokok itu lebih sulit diatur bahkan daripada kecanduan game dan sejenisnya karena kecanduan zat adiktif itu adalah pengaruh dari zat kimiawi yang langsung menjalar ke otak , karena sudah ada penelitian medisnya zat yang terkandung dalam rokok melemahkan daya pikir dan daya ingat otak manusia , tidak mungkin kan membuat zona isolasi bagi manusia khusus perokok di dunia ini

      • jadi menurut anda merokok sebabkan lupa diri dan waktu ya? apa dasarnya anda katakan demikian? adakah bukti riset yang telah anda lakukan? kalau cuma sebatas “kata mbah google” anak SD sekarang malah jauh lebih pinter dari anda bung @anti rokok. mending anda berwudhu dan banyak berzikir deh….

        salam

        • saya juga mantan perokok bung jadi saya lakukan riset langsung , ini bukan sekedar mbah google saja tapi sudah masuk ranah medis , kalau anak sd sekarang jauh lebih pinter itu bagus mana tau bisa penemu nanti

          anda tidak usah suruh saya berwudhu dan berzikir sudah pasti akan saya lakukan ,salam

  142. ingat rokok membunuh mu (#TAPI MAUT DI TANGAN ALLAH BUKAN DI TANGAN PRODUSEN ROKOK ) sehat bukan patokan pergi ke jalan menghirup asap kendaran pun sudah tak sehat rumah makan cepat saji makananya pun sudah tak sehat mie instan pun sudah tak sehat segala yang ada real itupun belum tentu sehat sampai duduk lama lama di kantor lihat monitor komputer pun sudah tak sehat

    • maut memang ditangan allah bukan ditangan rokok oleh itulah makanya allah memerintahkan manusia untuk berikhtiar sebaik baiknya di dunia ini baik menjaga kesehatan jiwa ataupun raga karena nabi sendiri bersabda penyesalan tiada gunanya waktu yang berlalu tidak akan kembali dan tentu saja mati karena rokok itu bukanlah suatu hal yang khusnul hotimah sama seperti mati karena oplosan

  143. Ngerokok gak ngerokok itu tergantung orangnya masing masing, kalo niat mau bikin indonesia sehat kenapa baru sekarang ? Dari dulu kemana aja ? Giliran perokok uda banyak harga mau dinaikin

    • dulu atau sekarang tidaklah jadi persoalan, nabi saja bersabda tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik tak kira dulu atau sekarang yang terpenting ialah ikhtiarnya, selama nafas dikandung hayat selama itu pula kesempatan untuk memperbaiki diri masih terbuka

  144. roy.
    tau gk?perokok umurnya lebih lama klo di bnding tdk merokok,lihat tuh byak orang tdk merokok cepat matinya,

  145. merokok aja lu roy

  146. sudah! itu cuma hoax, gk usah d ributin

  147. Sebetulnya tidak ada yang aneh di balik isu
    harga rokok yang rerata 13.000 rupiah, lalu
    melejit menjadi 50.000 rupiah perbungkus.
    Ini taktik pertempuran yang biasa saja. Alurnya begini. Kaum antirokok membuat
    studi, di harga berapakah para perokok akan
    berhenti merokok? Didapatlah harga 50.000
    perbungkus. Kemudian penelitian ini
    didesiminasikan ke beberapa situsweb abal-
    abal. Diperbesar dengan tim buzzer di dunia maya, plus segala gimmick nan kreatif. Ketika mulai ramai, maka langkah
    selanjutnya, mereka melakukan placement
    di media-media besar yang seakan-akan
    berita. Taktik yang dipakai berupa
    tanggapan tokoh lewat teknik doorstop. Para
    tokoh diwawancara dengan pertanyaan: ‘Apa tanggapan Bapak/Ibu dengan usulan
    masyarakat bahwa harga rokok sebaiknya
    dinaikkan menjadi 50.000 perbungkus?’ Dasar elit politik di negeri pencitraan,
    bukannya bertanya balik untuk mengkritisi,
    kebanyakan dari mereka berkomentar
    mendukung naiknya harga rokok. Politikus-
    politikus macam begitulah yang banyak
    menjadi korban para pakar hoax dunia maya. Malu bertanya, ancur muka kemudian. Jawaban-jawaban itu kemudian dipelintir,
    ditambah dengan penguatan dari para
    opinion leaders yang sudah digalang
    sebelumnya. Jadi itu barang. Isunya
    terbungkus rapi. Siap dihadiahkan ke
    ‘leading sectors’ untuk diberi tanggapan. Para jubir di leading sectors ini bukan
    politikus. Mereka menjawab normatif.
    Jadilah isu yang semula berasal dari
    ‘kajian’, berubah menjadi ‘usulan’,
    bergeser menjadi ‘seakan-akan mau
    terjadi’, lalu matang dalam isu: ‘sudah pasti terjadi’. Masuk itu barang. Ngeri-
    ngeri sedap. Elok tenan! Isu makin legit karena para politikus
    prorokok juga ikut latah menanggapi. Menari
    di atas gendang yang dipukul lawan. Plus,
    perang netizen di dunia maya yang terus
    berkobar. Sepintas semua berjalan dengan
    sempurna. Isu yang ‘sudah pasti terjadi’ ini tinggal digiling di ‘mesin akhir tim’
    yang sudah siap di Pemerintah. Para kaum
    antirokok pasti tahu yang saya maksud… Tapi ternyata isu dunia maya berikut
    pelintirannya, berbalik cepat seketika.
    Pasalnya ada dua. Pertama, bagi para intelektual tertentu, tahu
    persis bahwa harga rokok naik menjadi
    50.000 perbungkus itu tidak akan bisa
    terjadi. Karena komponen cukai, yang
    menyebabkan harga rokok selalu naik,
    punya hukum, aturan, dan perhitungan tersendiri. Ketika para pakar ini mulai
    berkomentar, arus mulai berbalik. Kedua, di dunia nyata, para pakar
    pemasaran dan ahli-ahli strategi pasar setiap
    pabrik dan toko-toko ritel justru senang
    dengan isu tersebut. Fakta di lapangan, dalam kurang-lebih
    seminggu isu ini bergulir, toko-toko mulai
    merasakan dampaknya. Para pembeli rokok
    yang rata-rata membeli sebungkus, kini
    berubah menjadi dua bungkus. Permintaan
    pasar naik menjadi dua kali lipat. Datanglah ke gerai-gerai minimarket, dan
    tanyalah ke para penjaga maka muka
    mereka penuh senyum. “Tidak sekalian beli
    tiga, Pak. Mumpung harga rokok belum naik
    jadi 50.000 perbungkus, lho…” ucap mereka
    dengan muka manis sembari menyimpan sejenis senyum tipis, dan membatin, “Bego
    banget orang ini, ganteng-ganteng mudah
    kena hoax…” Mbak-mbak SPG yang semula lebih banyak
    tersenyum daripada menjelaskan soal rokok
    jualan mereka, mulai minggu kemarin mulai
    menutup penjelasan dengan kalimat,
    “Mumpung harga rokok belum naik jadi
    50.000 lho, Pak…” ujar mereka sambil tersenyum penuh kegelian kalau kemudian
    menyaksikan ada orang yang merasa panik
    dengan kalimat ancaman itu. Afiliasi antara para jagoan marketing rokok
    di lapangan dengan para manajer toko inilah
    yang membuat rokok laku makin menggila.
    Isu di dunia maya yang seakan para
    antirokok menang, justru dipelintir orang-
    orang marketing pabrik rokok yang memang teruji matang di lapangan. Arus berbalik dua kali lipat. Di kepala
    mereka, seolah ada doa: “Semoga isu ini
    bertahan lama… Laris. Laris. Laris, beib!” Jauh hari sebelum para pakar hoax menjadi
    profesi, orang-orang marketing pabrik
    rokok ini sudah diuji dengan perang dagang
    sesungguhnya, menguasai toko demi toko,
    kampung demi kampung. Ukuran karier
    mereka jelas. Tidak ada istilah suka atau tidak suka. Tidak ada tempat bagi orang
    yang lebih suka bicara dibanding bekerja. Semua berhenti di satu kata: Omzet. Mereka sejak dulu sudah terlatih menangani
    isu-isu. “Rokok Marlboro itu bukan dari
    tembakau, tapi dari kertas. Kalau tidak
    percaya, rendamlah sebatang rokok
    Marlboro di dalam gelas. Nanti dia akan
    berubah menjadi kertas.” Bagi orang yang mendalami dunia rokok, ini
    sangat menggelikan. Rokok putih memakai
    jenis tembakau virginia. Karakter tembakau
    virginia memang mirip kertas. Apalagi kalau
    basah. Sudah pasti mirip kertas. Mereka, para jagoan marketing pabrik
    rokok, sudah biasa anjlok bersama isu.
    Djarum pernah diterpa isu: ‘Demi Jesus Aku
    Rela Untuk Mati’. Omzet langsung jatuh.
    Tapi kemudian mereka bisa bangkit lagi. Contoh lain. Salah satu produk Gudang Garam
    yang semula tumbuh, tiba-tiba ambruk.
    Gudang Garam tahu persis kalau salah satu
    kelemahan rokok saat itu adalah mudah
    patah. Mereka kemudian menciptakan
    produk yang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak bisa patah. Produk premium
    itu langsung laris di pasar. Tapi terhenti tiba-tiba hanya karena satu isu:
    “Tidak bisa patah karena ada plastiknya.”
    Begitu isu itu beredar, produk itu langsung
    wasalam. Bayangkan, orang-orang macam ini, yang
    sudah biasa tiap tahun kena isu ‘rokok
    mengandung babi’, bertarung siang malam
    dengan para kompetitor, mendapati hoax
    ‘harga rokok naik menjadi 50.000
    perbungkus’, hati mereka bukannya sedih malah merasa riang gembira. Isu itu diambil alih oleh mereka. Isu yang
    mestinya bakal bikin orang tidak lagi
    merokok malah membuat perokok
    mengonsumsi rokok dua kali lipat. Bajilak,
    bukan? Hal seperti inilah yang membuat para aktivis
    antirokok selalu kemut-kemut. Pusing. Sebagian dari mereka memang lulusan dari
    ilmu komunikasi, tapi mereka gagap
    berkomunikasi dengan masyarakat, dan
    gagal memahami logika masyarakat.
    Sebagian dari mereka lagi adalah para
    wartawan yang gagal membangun karier kewartawanan mereka. Kalau membangun
    karier saja gagal, apalagi membangun
    rumahtangga? Eh, membangun isu, maksud
    saya. Sebagian dari mereka yang lain adalah para
    dokter, tapi sudah lama mereka tidak
    praktek. Soalnya lebih enak makan uang
    perdiem daripada uang layanan kesehatan
    dari pasien. Sudah lupa caranya menyuntik,
    karena lebih mudah disuntik program dari funding. Ups! Nah, sekarang saatnya tulisan ini masuk ke
    bagian yang sesuai dengan judul. Bagian yang
    paling Anda tunggu: Konspirasi Yahudi. Oke, jadi begini. Saya hanya mau ngecek saja
    sih. Di badan tulisan ini sudah saya tanam
    kode-kode digital. Saya hanya sedang ingin
    tahu, bagaimana sebuah tulisan disebarkan
    hanya cukup dengan membaca judulnya saja.
    Tanpa perlu membaca isinya. Atau disebarkan dulu, baru dibaca kemudian. Jangan kecewa, ya… *tersenyum culas*

  148. Rokok udah menjadi darah daging orng indonesia…tdk bisa di lepaskan….tolong berpikir sebelum bertindak…..rasakan apa yg orang rasakan…..bukankah cita2 bangasa ingin makmur sentosa buat rakyat nya….

    • makmur dan sentosa itu artinya harus sehat jiwa dan raga bung , bagaimana mau sehat jiwa dan raga bila racun terus diisap menjalar ke otak dan paru paru

      • defenisi “makmur dan sentosa” itu tidak sama untuk semua orang, bila menurut bung @sagita seperti itu ya itu hak beliau, bila bung @anti rokok memiliki defenisi berbeda ya itu hak anda bung, jangan paksakan persepsi anda dengan persepsi orang lain karena cenderung berbeda meskipun ada persamaan, benar menurut anda belum tentu sama dengan orang lain… hellooo… 😛 anda terlalu lama menjadi perokok pasif makanya jadi ngelantur ngomongnya… hahahahah 😛

        • memang betul hak orang masing masing tapi masih ada kaidah hak yang lebih universal lagi dijadikan rujukan yaitu ajaran rasululah tentang kemakmuran dan kesentosaan yang sudah pasti berdampak baik bagi umat manusia bukan hanya sekedar berdasarkan pandangan individu saja, dan tentunya rasul mengajarkan bahwa setiap yang lebih banyak mudharatnya itu lebih baik dijauhkan dan dihindari untuk mencapai kesentosaaan yang hakiki

          • wah… jangan maen agama bung, hingga sekarang masih terjadi perdebatan diantara para ulama masalah rokok ini… sama seperti anda dan saya yang tidak sepaham…

          • sebenarnya tidak usah diperdebatkan , karena sudah ada garis panduan yang jelas dalam meninjau sesuatu itu bahwa segala yang membawa lebih banyak mudharat itu jelas tidaklah bermanfaat , dan manusia dianugerahi akal untuk menggunakannya tinggal tergantung manusianya mau atau tidak memakainya . kalau manusia tidak mau memakainya sudah jelas kurangnya cahaya ilahi dalam hidupnya hingga karunia yang semulia itu saja dia abaikan

          • tergantung sari sudut pandang mana kita melihatnya bung… yang pasti kita melihat dari arah yang berlawanan… tapi disitulah kunci untuk menemukan kebenaran sejati… bila anda berharap semua melihat dari sudut pandang anda, maka anda tidak akan dapat melihat yang tak bisa anda lihat…

            salam

          • saya melihat dari sudut pandang yang bergariskan panduan ajaran dari rasul allah bung bukan diri saya sendiri , dan tentu saja ajaran dari rasul membawa kebaikan dan kebenaran yang hakiki, saya tidak mengajak untuk mengambil dari sudut pandang saya tapi saya sama sekali tetapi merujuk kepada ajaran kebenaran yang disampaikan oleh rasul allah di bumi ini

          • terimakasih, tapi maaf aliran kita berbeda bung

          • mau aliran apa pun asalkan rujukannya tetap ajaran rasul yang membawa kebaikan dan menjauhkan kemudharatan tidak jadi persoalan bagi saya

  149. anda terlalu banyak berspekulasi bung, ingat spekulasi dan realita amat besar batasan perbedaanya , saya serasa membaca sebuah cerpen dimana tokoh utama adalah orang biasa yang berubah jadi super hero terlalu dibuat buat, belum ada ceritanya pembelian rokok melonjak sampai di minimarket diborong habis seperti cerpen anda

    • tidak ada yang melarang orang membuat cerpen, mau bagaimana jalan ceritanya itu hak orang, anda suka silahkan baca, tak suka ya biarkan aja… klo ada tak suka tapi terus aja melihatin berarti ada yang salah dengan anda… coba anda buat cerpen sendiri… biar kami yang komentari cerpen anda.. bagaimana, berani?

      • saya gak perlu membuat cerpen bung yang mana hanya akan menyesatkan pikiran pembacanya saja, lebih baik saya berbuat hal lain yang jauh lebih berguna

        dengan tidak merokok misalnya

        • ya.. it’s okay… 😛 gak perlu banyak alasan ini itu… yang anda katakan sudah lebih dari cukup…

          • iya bung bagi saya tidak ada alasan untuk membenarkan sesuatu yang lebih membawa banyak kerugian

          • rugi menurut versi yang anda yakini, bukan yang saya yakini… masalah siapa yang benar atau salah itu urusan saya dengan Allah, sama seperti urusan anda dengan Allah

            salam

        • bukankah sudah ada rujukan dari ajaran rasul allah bung mengenai garis panduan kebenaran yang hakiki, saya sebagai khalifah mempunyai kewajiban untuk mengingatkan kepada kebaikan mau menerima atau tidak memang itu urusan anda dengan allah , yang terpenting kewajiban saya sudah gugur jadi saya tidak perlu menanggung beban di akhirat kelak

  150. Kalo kalian pengen merokok ya tinggal beli aja itu rokok berapapun harganya ! Kalo sudah jadi hoby harga bukan masalah !!! Tapi kalo kalian tidak merokok itu lebih baik !!! Gitu aja kok repot ??? Emang sih kalo orang diajak bener itu susahnya minta ampun, pake alesan inilah itulah dan lain lain. Tapi giliran diajak gak bener atau yg dilarang jawabnya “oke bro, ayo bro, mantap bro, lagi bro” ????????????????????????

  151. kalian ?? woi saya baca komentar saya di atas noh,,, enak banget lo ngomong kalian. tolong di telaah omongannya jgn ngomong di ajak yg ga bener bla bla bla… sedot itu asap kendaraan. para perokok ternyata juga bnyk yg setuju harga naik, mereka juga sadar merokok berdampak buruk, yg hd masalahnya itu para pekerja pembuat rokok itu,petaninya,,,,

  152. @antirokok
    Tolong dibaca ulang cerpen saya, mungkin anda belum faham betul maksudnya.

  153. begini saja untuk masalah rokok itu memang ada pro dan kontra. namun kita tahu di dunia ini cma ada 2 pilihan yg satu pilihan yg dibutuhkan untuk diri kita dan d butuhkan orang lain. nah. cb kalian telaah lg. klo buat diri kita apa engk mikir oh tmn sebangsa butuh ruang yg sehat. jd kita juga perlu toleransi. tp klo kt plih yg buat orang banyak alangkah baiknya dr pada merokok buat keperluan masa depan atau hal yg bermanfaat lg. contoh kecil aja klo udah yg brrkeluarga ya . lihat aja mata istri dan anakmu ketika kamu merokok apa km g mikir gmn istri dan anak km yg di dalam hatinya itu sebenernya ga setuju ayahnya ngrokok. kn kita hrs berpikir 2 kali lg. toh kita hidup engk selamanya buat kita sendiri. ada pepatah tu ya
    . ” gimana kita bisa bilang sayang dan cinta ma orang lain klo kita sendiri aja ga bisa cinta ma diri kita sendiri” ditelaah ulang aja ya tmn . maaf klo ada tutur kata yg kurang berkenan tp d sni saya juga berbicara karena pengalaman buruk saya dengan ROKOK

  154. yaa kita bicara baik2 saja.. ini kan masalah pembiasaan saja. yg kedua maslaah dingin dan kebiasaan nelaayn dan petani malam. itu kita bs dirubah. masak selamanya kebiasaan buruk d jalani trus?. nah kita coba rubah untuk kedinginan kan kita bs rubah tu konsumsi yg lainnya yg bisa bikin badan anget. rokok tu d ciptain sebetulnya bneer buat ngatasin dingin nya cuaca . tp lambat laun kan d salah gunain. engk sesuai fungsinya?. jd engk 100% rokok tu bs angetin tubuh. buat petani kebun, tambak , maupun nelayan ikan. kita bs buat perubahan. kita bisa karena kita bangsa yg hebat . jd ga ada salah nya klo kita berubah menjadi orang yg lbh baik tanpa rokok.

  155. buat lapangan pekerjaan insyaallah pemerintah bs memikirkan hal tersebut soalnya pemerintah itu selain membuat kebijakan juga ada umpan baliknya buat pegawai yg kiranya bs d PHK. ya .. kita lihat dlu gmn perkembangannya. jngn secara instan memandang sesuatu.

  156. DAH…DAH…UDAH JANGAN RIBUT MASALAH KENAIKAN CUKAI ROKOK..WONG BELUM PASTI JUGA DI BERLAKUKAN…YG PENTING PIKIRKAN DULU BUAT BAYAR CICILAN BULANAN,UTANG SANA SINI ADA NGGK DUITNYA..NIH MAU AWAL BULAN…HEE.HEE..E…

  157. Senang bisa membaca berbagai opini n fakta dalam pembahasan ini, saya perokok aktip dan tinggal di kinkungan perokok super aktip tapi saya melihat di sekitar lingkungan dan daerah sini rakyatnya pada makmur dengan penghasilan terbesar dari hasil laut.. soal mendukung program pemerintah tentang kenaikan harga rokok, sebagai WNI yang baik saya pasti mendukung hal tersebut,, cuman ??? kalo menurut saya dengan menekan harga rokok setinggi langit demi mendapatkan kesehatan bangsa yg optimal, kenapa mesti setengah setengah,, ibarat mau menyembuhkan penyakit langsung pada titik asalnya, jangan malah menimbulkan polemik yg malah menciptakan kesenjangan sosial antar yg kaya n miskin, yg kaya isap rokok yg miskin isap jempol,, sekalian saja di tutup pabrik rokok, petani tembakau merubah tanamannnya, agar tidak tercipta rokok rokok yg membuat keresahan dan penyakit2 yang laenn.
    rokok jaman sekarang di beri gambar2 yg menakutkan, agar pembeli menjadi ngerti bahaya merokok, tpi kenapa setiap produk sepeda motor yg baru gak ada gambar kaki yang patah, atau kepala yg pecah kena trotoar,, coba di bandingkan banyakan mana, orang mati karna merokok, atau LAKA LALIN.

  158. Apa keuntungan dari merokok?

  159. Liga indonesia di sponsori oleh
    Rokok. Seperti
    Liga jarum
    Liga ji sam soe
    Apakah ada liga pasta gigi.
    Atlet sepak bola terkenal dari liga kedua nya .

  160. 50.000 / bungkus? HOAX!!

  161. KORUPTOR HUKUM MATI !!!!! berani Ga pemerintah ????

    ga perlu wacana naikan harga ini itu..

  162. @bung San
    Ceritanya dipotong yah,,, bagian atas sepertinya tidak di ikutsertakan / dihilangkan, hehehee

    NKRI Harga Mati

  163. untung sekarang sudah tidak merokok lagi,… hehe

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)