Oct 152015
 

151013130224_singkil_aceh_640x360_tribunnews.com

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Hasyim Muzadi menyoroti lemahnya koordinasi intelijen sejumlah lembaga dalam mengantisipasi bentrok berujung pembakaran gereja di Kecamatan Gunung Makmur, Aceh Singkil. Ia menilai koordinasi intelijen lemah.

“Saya melihat intelijennya tidak lemah, tapi koordinasinya yang harus diperkuat,” ujarnya. Intelijen yang dimaksud adalah intelijen milik Badan Intelijen Negara (BIN), intelijen kepolisian, intelijen TNI, intelijen pemerintah daerah, dan intelijen kejaksaan.

“Masing-masing sektor itu punya intelijen sendiri-sendiri, tapi tidak bergerak simultan karena belum ada undang-undang yang terpadu. Nah, di situlah masalahnya, bukan kualitas penyelenggara intelijennya,” ucap Hasyim.

Sebagai salah satu bentuk antisipasi, kata dia, sangat diperlukan penyadaran ke masyarakat dan peningkatan kemampuan pertahanan keamanan negara, baik secara sistem maupun secara penyelenggara keamanan itu sendiri.

Terkait bentrok di Aceh, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut menyarankan agar Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan investigasi dari dua sisi, yakni sisi kejadian dan sisi kemungkinan karena peristiwanya didesain.

Dilihat dari sisi kejadiannya, kata dia, tentu merupakan kriminalitas yang dibungkus agama dan harus ada sikap tegas dari aparat penegak hukum.

Sedangkan dari sisi lainnya, diminta sistem pertahanan keamanan negara diperbaiki sehingga kejadian serupa tidak terulang. “Itu saja kok obatnya. Tapi kalau tidak dilakukan maka terus seperti ini,” tutur pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam Malang itu.

Artikel Terkait :

  30 Responses to “Hasyim Muzadi: Peristiwa Aceh Singkil bukti lemahnya intelijen kita”

    • Negara dengan populasi terbesar keempat didunia tapi dengan badan intelijennya bobrok..ya sudah pasti dan jelas gampang diobrak abrik tanpa melalui perang…sampe kapan petinggi kita bisa menyadari tentang hal itu…
      OOT makin hot…http://merahsatu.com/militer-kuba-dilaporkan-muncul-di-suriah-dukung-agresi-militer-rusia/

      • Pembuat kebijakan kita gampang disadap oleh asing. Mulai gunakan alkom yg aman itu lebih baik. perlu di awasi misionaris asing yg bertebaran di kita, apakah itu intel asing yg disusupkan?

      • Awasi juga Missionaris Asing, Itu Juga Sumber Terbesar masalahnya.
        Jalau Intelijen tutup mata dan Diam, Indonesia akan jadi Lautan Api.

    • Berarti waktu kejadian Tolikara inteijen kita kuat dan sudah tau akan terjadi pembakaran masjid disana? Tapi kenapa yg di blow up adalah pembakaran gereja di Aceh, pembakaran masjid di Tolikara tidak? Kenapa tersangka Tolikara hanya ada 3 orang yg ditangkap (dikatakan hanya dalangnya saja) dan di Aceh 45 orang? Presiden mengundang makan para pelaku Tolikara yg dgn sendirinya mengakui membakar masjid, tetapi kenapa para “pembakar” gereja langsung di tangkap tanpa keterangan? Apakah ini bukti muslim di Indonesia sendiri terkena Islamophobia? Hati-hati dgn dajjal dan segala tipu dayanya

      • kalo intel uda kuat ditolikara dan tau akan terjadi rusuh, kenapa sampai terjadi dan pembiaran, tanda tanya besar.????tu opini pribadi om yh

        ditangkap kan utk di mintai keterangan..bukan langsung di jebloskan..

        semoga nanti di undanglah….

      • harusnya kejadian di aceh dan papua juga tidak terjadi, kalo intel kita kuat..

        -melakukan mamping apa yg bisa memicu konflik sara (contoh salah satu sudah banyakkan penertiban rmh ibadah yg tak memiliki izin sehingga masyarakat melakukan penertiban sendiri “segel”dan anarkis “dibakar”)hrsnya intel sudah punya titik titik mana yg bisa memicu terjadinya insiden sehingga intel bisa waspada dan tanggap.
        -dimana prangkat prangkat pemda dan aparat (polisi) hrsnya mereka melakukan penyegelan sebelum ada tindakan anarkis dr masyarakat.

        intel kita masih lemah kalo intel kita kuat gak akan ada dulu bom natal, bom dubes filipina,bom bali I-II,bom JWmariot dan bom BEJ dan nyatanya intel kita masih kecolongan konflik horizontal..tolikara dan singkil.

        pemeinrtah juga hrs mendukung kelengkapan fasilitas BIN, supaya operasional mereka lebih cepat dan berkompeten..semoga pak joko dan jk bisa memberi perhatin lebih ke BIN

    • Siapapun yg bikin rusuh di Indonesia mesti dikarungin terus ceburin ke sumur…. biar modar !!…

      • setuju bro

      • Betul bung di karungi
        tapi satu hal perlu di perhatikan apakah oknum pimpinan instansi tni polri tdk dapat di suap oleh oleh kelompok tertentu atau pun perusahan besar di nkri yg mempunyi kepentinggan besar

        Maka nya bawahan mereka kebanyakan bobox manis alias percuma. Jangan tdk melaksanakan kewajiban

        Pimpinan mereka jg di kasih info, biasany tdk terlalu menanggapi karena tidak adA uang nya jadi di angap anggin lalu. Hemmmmm

        Namun setelah kejadian semua saling memyalahkan

        Jika salah memang tulisan ini bukan lagi ujian nasionl alias un hahahahahahahhah

  1. Pertamax turun 8800

    Apakah two

    • Berhadil podium 2

      Hehe

      Kalau ngomong masalah ini ribet bet bet..
      Disamping umat muslim itu bersaudara seiman lebih kuat hub nya, dilain pihak yg non muslim sebangsa..
      Menurut saya solusinya adalah supaya makin erat persaudaraan kita dunia akhirat yg non muslim masuk agama islam saja..gampangkan

      Mf klu salah..tapi solusinya cuma itu
      Klu beda adat dan suku gak masalah yg berat ya itu..

  2. bukan intel yg lemah, intel sekarangkn gk bleh menangkp/mngisolasi seseorang/sekelompok orang tnpa ada bukti yg kuat beda dg jman orba, baru ngmong aja dh d tangkp

    • Lah itelejen kan tugasx menjadi mata n telinga negara dimana2, klo ada yg aneh2 baru laporin ke perangkat negara buat bertindak, intelejen gak punya fungsi penindakan

    • Intelijen kita tidak lemah akan tetapi Intelijen kita dilemahkan oleh Pejabat Negara kita sendiri guna mengambil keuntungan pribadi dan golongan nya.
      Bahkan sebahagian besar orang memandang dan menilai Intelijen hanya dari kegagalan nya bukan dari keberhasilannya.

  3. aceh ini bikin gemes aja,,,,sudah diberi keistimewaan sprti negara di dlm negara,masih saja ribut melulu,,,

  4. Genderang Perang proxy ditabuh lagi, dengan memanfaatkan perbadaan2 yg ada di indonesia, menggunakan isu2 agama..mirip kejadian2 sebelumnya..

  5. hehehe, ujung-ujung indonesia selalu di coba untuk di bakar, setelah tolikara, kini singkil’
    memang ASU para provokator. semoga para aparat tegas dan tidak memilhak spt insiden tolikara, presiden gidi lenggang kangkung

  6. saya pusing bacanya om

  7. bung @ asbun, pusing 7 keliling palani baca coment nya,,, coment kok macam buat artikel ja,,
    heheheh pis ah,,

    • baca di linknya ajabung @ Sal, DD & SPE, ane jg baru kelar bacanya, td siang pas jam istirahat baru selesai separuh, n mf ane cuma copas gak chek klo bakal panjang banget.salam sejahtera bung-bung semua

      • Ane reuseup sama bung Asbun… propesional, cuma pas jam istirahat aja kalo main internet…pokoke right man in the right place lan right man in the right job, artine opo aku yo ora ngerti !!??…

  8. Intel sekarang cm banyak petentang petenteng… Ga bisa nyamar malah pamer

  9. telik sandi Belanda sangat hebat menurut saya setelah membaca artikel di GARUDA MILITER tentang :

    – penyusupan pasukan terjun payung ke papua
    – penyusupan pasukan terjun payung ke kalimantan
    – pengeboman pemancar radio milik pejuang oleh pesawat pembom belanda

    ————

    saya baru tahu ternyata bapaknya LEE KUAN YEW lahir di semarang, Jawa Tengah mungkinkah ada keluarga besarnya yang masih di Indonesia ?

    ————-

    jalan-jalan ke forum singapura, hardwarezone.com.sg ternyata banyak juga yang mengerti bahasa Indonesia, mereka mengaku belajar dari TKI atau girlfriend/boyfriend mereka di Batam

    mereka rata-rata tidak suka dengan wanita china singapura, lebih suka dengan wanita china Indonesia

    • Memang bener bung, li kuan yu masih keturunan orang Indonesia, sekian hari yg lalu pernah diulas disalahsatu setasiun tipi kita… cukup segini aja komen ane, pengin nerus takut tetangga sebelah pada ke geer-an !!… xixixixixixi….

  10. adekan saya itu pendetanya. Baik orangnya. Mohon saling menghargai. Yg mengganggu itu wajib ditumpas. Cepat atau lambat. Amin.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)