Sep 172016
 

QUEBEC – Heroux-Devtek Inc, produsen internasional terkemuka produk kedirgantaraan, hari Selasa, 30 Agustus 2016 mengumumkan bahwa pihaknya telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan Hanwha Corp. untuk tahap perancangan dan pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X. Kontrak ini sebagai lanjutan penandatanganan Memorandum of Agreement dengan Hanwha, yang diumumkan pada 17 Februari 2016 silam.

Menurut ketentuan kontrak, Heroux-Devtek Inc. terlibat dengan Hanwha dalam tahap Desain dan Pengembangan untuk bersama-sama mengembangkan sistem roda pendaratan untuk pesawat KF-X/IF-X.

Rekayasa, pengujian dan kualifikasi akan dilakukan di fasilitas teknik perusahaan yang terletak di Runcorn, Inggris dan St-Hubert, Quebec, Kanada. Pekerjaan rekayasa ini telah dimulai dan akan memakan waktu beberapa tahun untuk menyelesaikan.

Pemerintah Korea Selatan telah mengontrak Korea Aerospace Industry (KAI) untuk mengembangkan KF-X, sebuah pesawat tempur generasi 4.5, sementara Heroux-Devtek Inc. dan Hanwha sedang mengembangkan sistem roda pendaratan pesawat untuk KAI.

Menurut wakil presiden dan COO Heroux-Devtek Inc. Martin Brassard mengatakan: “Tanda tangan kontrak jangka panjang ini menegaskan partisipasi kami pada program baru yang memperluas jangkauan global kami di pasar roda pendaratan.

“Hal ini juga lebih meningkatkan reputasi Heroux-Devtek Inc. sebagai penyedia terkemuka solusi roda pendaratan terintegrasi untuk perusahaan kedirgantaraan terbesar di dunia dan kami berharap untuk melanjutkan kerjasama erat kami dengan Hanwha, salah satu produsen terkemuka sistem kedirgantaraan Korea Selatan”.

Sebagai bagian dari proyek bernilai US $7,4 milyar, dengan total produksi 120 pesawat KF-X/IF-X hingga tahun 2032 untuk digunakan oleh Angkatan Udara Korea Selatan dan TNI Angkatan Udara Indonesia.

Fase pengembangan pesawat ini diharapkan akan selesai pada tahun 2026 dan termasuk produksi 6 (enam) purwarupa (prototipe) pesawat tempur pada tahun 2021.

GE Aviation baru-baru ini terpilih sebagai pemenang tender untuk memasok mesin F414 untuk proyek pesawat tempur generasi 4.5 KF-X/IF-X.

Proyek KF-X/IFX dirancang dan dibangun oleh Korea Aerospace Industries Ltd (KAI) bekerjasama dengan Indonesian Aerospace (PT. DI), pesawat multi-peran KF-X/IF-X bertujuan untuk menggantikan armada F-4D/E Phantom II dan F-5E/F Tiger II Korea Selatan dan Indonesia.

Sumber: Wings Magazine dan Airforce Technology

  27 Responses to “Heroux-Devtek Rancang dan Kembangkan Roda Pendaratan KF-X/IF-X”

  1. gmna perkembangan indonesian aerospace ya?

  2. Sipp

  3. Suipp

  4. Ooooouw, kirain landing gearnya buatan Klaten…..

  5. Sebenarnya saya lebih ingin roda pendarat seperti di Rafale seri M (Seri Marine). Bisa mendarat di landasan yang sangat pendek seperti landasan di kapal induk.

  6. berarti kedepannya, tuan Tn phd mengiginkan pesawat ifx mendarat di kapal induk???? masalahnya Indonesia, adangak rencana buat kapal induk…..

  7. Sdh 1 mingguan komen ane (pakai hp biasa, bukan smartphone) ga bisa tembus, captcha selalu menghadangnya, bhkn beberapa hari. yg lalu buka situs jkgr pun ga bisa.

    Captcha itu bikin ribet, beda sama capcay yg enak dimakan. Hik hik hik!

  8. Alhamdulillah, skrg bisa masuk.

  9. Roda memang berputar.. klo mesinnya jln..

  10. tanggung sekalian IFX pake VTOL

  11. Gk pakai sistem rotasi roda GPRP saja.. kan asli Indonesia..

  12. Terjawab sudah, pengganti tiger bukan sukhoi tp IF-X

  13. Test fligh rahsia GF-1 jet tempur siluman buatan malaysia. https://m.youtube.com/watch?v=YWvLcNQboqU

  14. masih lanjut ni proyek. kata pak rr katanya ditunda

 Leave a Reply