Feb 242016
 
 Atase militer Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Kolonel Nikolay Nikolayuk (Photo : Liputan6.com)

Atase militer Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Kolonel Nikolay Nikolayuk (Photo : Liputan6.com)

Jakarta – Atase militer Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Kolonel Nikolay Nikolayuk mengingatkan Rusia dan Indonesia memiliki sejarah kemitraan yang cukup panjang. Kemitraan keduanya dimulai tak lama setelah Indonesia merdeka.

Kolonel Nikolayuk mengatakan Rusia telah mendukung Indonesia sejak awal kemerdekaan. Dan saat ini hubungan kedua negara terus berkembang, dan tengah memasuki fase baru.

“Berbicara mengenai sejarah hubungan antara Rusia dan Indonesia, saya ingin mengatakan, Rusia sudah memberikan dukungan baik secara militer ataupun politik kepada Indonesia sejak awal Indonesia merdeka,” kata Kolonel Nikolayuk, saat perayaan hari Angkatan Bersenjata Rusia, 23/2/2016, di Jakarta.

“Saat ini hubungan kedua negara telah memasuki babak baru, khususnya dalam bidang pertahanan. Indonesia dan Rusia dua negara yang bersahabat. Kami memiliki kerjasama teknik militer yang sangat aktif, dan perlahan-perlahan terus meningkatkan hubungan militer kami,” ujarnya.

Rusia sangat siap untuk mengembangkan hubungan dengan Indonesia, sebagaimana Indonesia juga sangat siap untuk mengembangkan hubungan dengan Rusia.

“Kami memiliki tradisi yang sangat baik, dan pengalaman berkejasama yang sangat luas, yang bisa menjadi pijakan yang baik untuk kerjasama lebih lanjut di tengah persahabatan kedua negara,” Kolonel Nikolay Nikolayuk.

Sindonews.com

Artikel Terkait :

  94 Responses to “Hubungan Militer Indonesia Rusia, Memasuki Fase Baru”

  1. Mantap lanjutkan

  2. lanjutkan

    • Apanya yg dilancruutkan

      Saatnya nanti kl rezim hibah dan rezim yg blm kebagian kekuasaan yg memimpin maka menu barat akan menjadi menu utama dalam setiap jamuan makan malam.

      Makenye jgn salah pilih pemimpin

      Jokowi emang oye

  3. Fase baru…??? Kira-kira apa aja wujudnya neh…

    • Wujudnya Ketengan su35 yg mikirnya lama buangeeet, pake acara sayembara lagi…. xiixixixii

      • Jangan salah wlwpun ketengan tapi di kasi TOT 30% (koreksi kalo salah) . bandingin ama china yg beli 24 biji ga di kasi TOT hayoo..ada apa d balik TOT tersebut..haha

  4. NGEHEEEK

  5. okelah, truskan,.!
    abaikan mslh paham.!
    komunis bukan halangan,
    komunis tak ada hbnganya dg agama
    jd ini hubungan dg antar negara, bkn hubungan dg Tuhan

    • Russia sekarang bukan negara komunis lagi bung tenang saja

    • Bener pake,, banget.

    • rusia sudah bukan negara komunis, di rusia sekarang islam menjadi agama terbesar kedua setelah kristen ortodoks. hampir 20% dari seluruh populasi penduduk rusia adalah muslim, serta hampir 40% dari seluruh personel militer rusia sudah menjadi muslim. islam terus berkembang tidak hanya di rusia tapi seluruh dataran eropa.

      • mungkin lebih tepat disebut Katholik Ortodoks. Kalo Kristen Ortodoks sebagian besar mengacu pada Kristen Timur yaitu yang berkembang di Yunani.

      • Iya kang, sekarang justru si Donald Drumph Sampah capres gemblung USA, yg suka gembar-gembor memaki islam. Disaat Rusia mulai menunjukan simpati dg Islam, USA mlh mengusung capres yg tdk paham agama islam, bisa kuwalat tuh..

        • mending donald trump yang jadi presiden bung, ane ngerasa amerika akan runtuh kejayaan nya ketiak si trump pegang kekuasaan…

        • udah tau si donal bebek rasis getu ehh SI NOVANTO,,SAMA SI ZONK YANG KATANYA KETUA DAN WAKIL KETUA NEGARA INDONESIA.. IKUT PULA DI KAMPANYENYA SI DONAL BEBEK.. ANEHH .. DPR KITA INI….

      • trus bagi orang muslim yg poligami di bantu negara di rusia bung…..

  6. Lanjutkan. Lanjutkan pengiriman Senjata Ghoibnya. xixixixixi… 😀

  7. gak pernah kedengaran atau saya yg gak pernah dengar hubungan militer kita dgn rusia terlebih dimasa2 setelah reformasi. apa hubungan militer ini di goibkan?

  8. mkasih pak karno yg telah mendekatkan indonesia ke rusiaa makasih pak harto yg mndekatkan indonesia ke amerika…

  9. Indonesia ini ibarat wanita adalah
    PHP yaitu ” PEMBERI HARAPAN PALSU ” suka selingkuh ketika hamil tidak ada yg bertanggung jawab ya itullah indonesia kita !

  10. Siapapun presidennya………jangan lupakan Rusia…….

  11. utk memasuki fase baru hub indonesia-rusia hrs di perkuat dgn membuat pespur bersama mig-41 🙂

  12. Kata yonhap..ok sir…baik..sir..ya..sir..kirim s500..sir..jgn lupa sir..kirim pakfa..ha..ha..

  13. Russia shabat indonesia
    Hampir 90% rakyat indonesia memilih indonesia bershbat dgn russia ktimbang amerika

  14. semua negara bilang indonesia sahabat,teman baek.kelak jika indonesia perang dg ause ato singgaporr baru ketahuan sahabat.

  15. OK, akan lebih mantap kalo ada pangkalan militer 3 matra Rusia di Indonesia, sekalian untuk membantu Indonesia dalam menjaga NKRI, karena Indonesia sangat kekurangan alutsista, untuk pengadaan SU-35 saja hanya mampu beli ketengan ( 8 batang saja ). ……… itu pun mikirnya memakan waktu 3 kali masa pergantian presiden. !!!

    • Ngapain juga pangkalan militer rusia di indonesia…jelas2 itu sdh bertentangan dgn konstitusi negara kita…kita negara non blok…kalau sampai ada pangkalan asing di blok salah satu pihak itu sama saja kita ikut dan jelas sdh tidak dalam posisi netral lagi. Hanya karena alutsista kita masih jauh dari ideal bukan berarti harus begitu caranya…beda kalau ada salah satu blok yg nyerang maka sah2 saja bila PBB si banci berdiam diri kita minta bantuan militer dll kepada negara lain dan itu sah secara hukum international…untuk sekarang…NO WAY..DAN SAY NO FOR LGBT…NAJISSSS…

    • Bila melihat kekayaan bumi Papua yg menjadi incaran AS dan Ausie setelah kesuksesan mereka memisahkan Timtim dgn NKRI, lalu wilayah Kalimantan oleh Malaysia setelah kesuksesan mereka merebut Sipadan-Ligitan dan Kepulauan Riau oleh Singapura setelah kesuksesan mereka atas FIR diruang udara NKRI, …… maka kedepannya bila ada indikasi yg kuat kearah Tantangan, hambatan bahkan ancaman lewat peningkatan kekuatan militer beberapa negara semacam Commonwealth ataupun NATO diwilayah utara-selatan NKRI, maka opsi utk bekerjasama militer secara khusus dan confidential bersama Rusia adalah sebuah keniscayaan.

  16. Rusia yessss.malingsia No

  17. Lebih baik dengan rusia melihat kemajuan militer yang di alami negara spt iran. Korut. China.india. semua berawal tot dari rusia.

  18. rusia,,negara pengagum pepaya

  19. Nah…skr fase kerjasama yang luas….ama rusia
    Dulu dulu kerjasama yang luas nya yang salah ya…curiga dulu dulu terlalu banyak kepentingan untuk segilintir orang atau kelompok sehingga kerjasama nya bukan untuk kepentingan persatuan dn kesatuan NKRI….
    Hehehe

  20. Kembalikan Kekuatan Alutsista serta Kejayaan TNI seperti di era 60-an bersama Rusia bukan lainnya….

  21. Apa yang dilakukan oleh Rusia dengan mengirim sistem pertahanan udara dan rudal ke Suriah menimbulkan banyak pertanyaan tentang motif yang membuatnya melakukan semua itu, dan banyak ahli militer yang menyamakannya dengan kubah besi yang dibangun oleh entitas Yahudi untuk berlindung dari roket kelompok perlawanan.
    Apakah Rusia benar-benar takut, atau Rusia telah mencium bau pengkhianatan dari sekutunya dalam bayang-bayang pembicaraan api yang ramah, dan penegasan Washington untuk memberikan pada brigade “moderat” persenjataan yang canggih dan efektif, juga jumlah besar amunisi?
    Sebenarnya tidak ada kebutuhan mendesak terhadap rudal anti-pesawat, sebab semua orang tahu bahwa brigade tempur tidak memiliki senjata udara. Sementara pada saat yang sama kita menemukan bahwa Amerika segera menarik perangkat pertahanan “Patriot” dari Turki?
    Apakah Rusia sebenarnya takut bahwa pangkalan militernya di Tartus, Latakia dan lainnya akan mendapatkan serangan dari “beberapa kelompok lokal” sebagaimana yang dikatakan Lavrov?
    Dalam hal ini jelas bahwa Rusia mulai merasa kebingungan dan tenggelam di “rawa-rawa Suriah”. Rusia yang membayangkan bahwa arsenal militernya dan pesawat tempurnya akan mampu memaksa para pejuang revolusi, dan mendorong mereka untuk duduk bernegosiasi dengan sekutunya, sang vampir Bashar al-Assad; dan Rusia telah bertaruh bahwa serangan udaranya akan membuat—goncangan (shock) dan ketakutan—sehingga menjadikan keretakan dalam sejumlah brigade tempur dan memdorong beberapa atau semuanya segera ke Moskow untuk bernegosiasi dan menerima status quo.
    Namun tampaknya, Rusia telah menyadari bahwa keterlibatannya dalam masalah Suriah, dan meyakini betapa sulit untuk mencapai tujuannya, sehingga Rusia melepaskan prasyarat keharusan Bashar tetap dalam kekuasaan—sebagai persyaratan fundamental dan penting dalam setiap proses negosiasi—dan segera membawa arsenalnya untuk melindungi pangkalan dan instalasi militernya di Suriah.
    Sebenarnya, kecemasan dan ketakutan Rusia yang sesungguhnya adalah bangkitnya militer yang sadar akan keprihatinan umatnya dan kepentingannya, sehingga mereka akan mengubah loyalitasnya yang sebelumnya kepada para penguasa antek—para penguasa monster—menjadi loyalitas kepada akidahnya dan kepada generasi umatnya yang mukhlis, serta kepada Hizbut Tahrir yang telah mendedikasikan dirinya sejak awal dan berjanji kepada Tuhannya untuk berjuang keras demi memulai kembali kehidupan Islam dalam naungan Khilafah Rasyidah ‘ala minh?jin nubuwah, yang akan menyapu bersih imperialisme negeri-negeri kaum Muslim, dan yang akan mengemban misi Islam yang jernih dan murni, yaitu misi penyebaran petunjuk dan cahaya kebenaran Islam. Allah SWT berfirman: “Dan mereka berkata, ‘Kapan itu (akan terjadi)?’ Katakanlah: ‘Mudah-mudahan dalam waktu dekat’.” (TQS. Al-Isr?’ [17] : 51).

    • ini nih hizbut tahrir yang anti pancasila..

    • argumennya tak nyambung,kebanyakan propaganda

    • Bang ipul tolong selametin tuh…masa ama bokong doyan…pdhal ude hj..klo gitu apasebabnya

    • Perjuangan. Yg seperti apalagi………hah? Negara kita sudah damai…justru penghasut yg harus dikarungin buang ke laut..

    • dah berapa antiaircraft Isis yg dihancurkan F22 di Rusia? Ga usah mimpi kamu.

    • S-400 itu di suriah ditujukan untuk menghalau pesawat2 turki atau saudi, atau bisa juga dari israel setelah serangan tanpa peringatan dari turki ke pesawat russia. Tujuan russia terjun di suriah ya tidak lain melindungi sekutu nya, Bashar Assad, ini normal di semua negara jika negaranya diserang, maka pemerintahan yang sah berhak mengundang militer negara lain untuk keberlangsungan negaranya. Beda dengan turki dan saudi yang berencana masuk ke suriah tanpa undangan pemerintah yang sah.

    • dari 1400 tahun lalu masih dalam waktu dekat? saya lebih kependapat bung telah keliru memahami makna sebenarnya dari yang bung kutip. Salam kenal bung.

  22. minta TOT rudal, pesawat, radar, kapal selam, kapal perang, satelit, drone sama nuklir dong om, gak pakai mahal ya om

  23. sempat dikhianati oleh prsedien ke 2 kita, makanya unisovyet sempet ngambek kita, tapi alkhamdulillah sekarang sudah normal lagi.
    dengan begini kita bisa tau siapa teman(russia) dan bajing(inggris amerika)

  24. RUSIA sudah sejak lama mengatakan, jika INDONESIA di serang negara manapun, maka RUSIA adalah negara yang pertama kali akan membantu INDONESIA.. sudah terbukti di Suriah, “RUSIA ADALAH TEMAN YANG TIDAK PERNAH MENGINGKARI JANJI”

    • tepat sekali statement nya bung, Russia dari awal semasa Tzar, sudah bermusuhan dengan Fabian, pernah ditundukkan oleh lennin namun di era Putin ini mencoba melepaskan diri. Dalam hal ini posisinya sama dengan NKRI kita. Jika us, uk, canada, ausi, japan, dan antek mereka di asean adalah negri cantik milik “fabian”.
      Semoga, kita semakin bersatu atas kejadian apapun yang akan dikirim kesini hingga kita bisa menemukan dan mengatasi “tokoh-tokoh penghianat negara” itu sebelum menghadapi kekuatan besar mereka. Russia juga tetap berhitung, jangan sampai terjerembab lagi dilubang CIA yang sama seperti di awal orba. Russia dan Indonesia akan begitu sangat menentukan kedepanya.

  25. Baru ni berita bikin hati ini bahagia.
    Makasih bung diego atas artikel yg sangat mencerahkan hati ini.
    Memang rusia sahabat yg baik. Sebaik indonesia di kala zamannya bung karno.

    Selamat malam warjag,salam damai selalu negriku.

  26. Rusia sudah ngebuka pintu yg luebarrrr buat indonesia, sok gimana indonesia memanfaatkan itu, tentu perang masa depn menuntut kita bersekutu, nah walau nggak terang2an tetapi saya rasa perlu untuk mengenali sekutu kita kelak, saya rasa udah cukup di php in asu yg jelas2 gak pernah tulus melainkan serakah lagi tamak ngebikin sekutunya gak punya opsi.

  27. Dengar kata indonesia dan rusia hati qu deg deg kan….apa ini yg nana nya cinta….CLBK ne RI sm rusia

  28. Dan akhirnya, mulai di suntikkanlah perangsang dan adrenalin ke tubuh raksasa tidur dr asia tenggara itu agar segera terjaga dr tidur panjangx sejak masa lampau, masa dmn kerajaan2 di nusantara berjaya melangkahkan kaki bahkan sampai ke negara luar.

    Jayalah Negeriku

    Jiwa Ksatriya

  29. Lanjutkan sama rusia sir.. Kirim balik yonhap ke israhell , masukin kardus bareng LGBT nya..suruh kawin sama trumph di mamarika…hahahahahhaha nanti gw kirim kolor warna pelangi…

  30. Semoga aja proyek roket satelit berlanjut…
    Kita butuh satelit militer dan roketnya untuk jadi icbm. Sekali dayung kawasan gempar.

  31. AMERIKA GUNAKAN TANGAN RUSIA UNTUK MEMBINASAKAN MUSLIM

    Jenderal Andrei Kartapolov, pejabat tinggi militer Rusia mengatakan pada Sabtu malam (3/10) bahwa daerah-daerah yang ditargetkan oleh Angkatan Udara Rusia di Suriah telah diberitahukan terlebih dahulu ke Moskow, yaitu daerah-daerah yang hanya menjadi basis para teroris saja, melalui komando militer AS (arabic.cnn.com, 4/10/2015).
    Pernyataan pejabat militer Rusia tersebut mengungkap besarnya permusuhan yang tengah diemban oleh pemerintah Amerika terhadap kaum Muslim di Syam. Amerika tidak berbeda dari rezim Assad yang dengan telanjang memerangi kaum Muslim, para pejuang revolusi. Perang yang mereka lakukan itu dengan sengaja menargetkan warga sipil untuk mematahkan keinginan masyarakat di tanah Syam yang suci.
    Bahkan mereka menggunakan metode perang proxy, yaitu menggunakan tangan Rusia dan membuat berbagai insiden sebagai dalih untuk memukul warga sipil yang tidak bersenjata, membunuh wanita, anak-anak dan para manula, serta melakukan lebih banyak tekanan terhadap para pejuang revolusi Syam sebagai upaya memaksa mereka agar tunduk pada solusi politik, dan agar mereka mau duduk di meja perundingan dengan rezim kriminal di Damaskus.
    Amerika adalah musuh pertama Islam dan kaum Muslim di dunia. Amerika gudang kejahatan yang basah dengan darah kaum Muslim, baik darah itu mereka tumpahkan sendiri, oleh para anteknya atau oleh teman-temannya, dimana perang ini dimaksudkan untuk menundukkan umat Islam, dan untuk membuatnya berlutut di depan tuannya, Amerika.
    Kaum Muslim di Syam, bersama dengan kaum Muslim di seluruh dunia telah menyatakan bahwa perbudakan bagi kaum kafir telah berakhir dan tidak akan pernah kembali. Mereka telah bertekad untuk menjadikan tanah Syam sebagai titik awal bagi negara Khilafah yang sesuai metode kenabian (‘ala minh?jin nubuwah), dalam waktu dekat atas pertolongan Allah. Dan negara Khilafah inilah yang akan mengembalikan Amerika pada keterisolasiannya, seperti yang dialaminya sebelum Perang Dunia II, serta mengembalikan beruang Rusia pada hibernasi musim dinginnya di Siberia yang beku, dan mengembalikan umat Islam menjadi pemimpin dunia, dimana Khalifahnya akan menyebarkan keadilan ke seluruh penjuru dunia, sedang tentaranya akan meratakan dinding Washington dan dinding Moskow untuk menyebarkan Islam dan menyeru padanya, sehingga tidak ada satu rumah pun atau satu tempat pun di bumi ini melainkan Allah telah memasukkan Islam padanya dengan kemuliaan orang yang mulia, dan terhinanya orang yang hina, yakni Allah memuliakannya dengan Islam dan pemeluknya, sebaliknya Allah akan menghinakannya dengan kekufuran dan para penganutnya. [Ahmad al-Shurani]
    Sumber: hizb-uttahrir.info, 7/10/2015.

    • kelompok anda benar benar membahayakan persatuan Indonesia. Andalah kaki-tangan US yang sebenarnya, “Pemenggal kepala moderat”.

    • gak pernah denger tuh hizbut tahrir ikut berjuang di medan perang di palestina, yaman, suriah,afghanistan, bosnia dll . HT cuma numpang koar2 aja

      • Ya benar HTI Ini cuma koar-koar namun tidak ada solusi

        Saya yakin ini ada hubungan nya dg ISIS nusantara
        besok akan saya lapor ke MABES Polri…
        karena banyak antek ISIS di HTI yang mempengaruhi penduduk dg hasutan untuk berjihat padahal tujuan nya untuk mengacau perdamaian. ini HTI adalah tangan kanan dari malon musuh kita HTI binaan beruk

    • Klo Gak ada RUSIA selama ini mungkin tambah parah pembataiannya terhadap muslim di suria atau yaman

      “KEPALA MUSLIM ” ini PROXY memainkan peran kata-kata .. untuk mempengaruhi semua orang, di tengah dan pada akhir koment anda sangat pandai sekaii mengalihkan dg intonasi sempurnah maksudnya… ” Untuk “MENGHINDAR KRITIKAN”

      USA /NATO dan ISIS Daesh…. 3 Kelompok keji
      ditambah lagi dengan ARABUN Cs
      semua memenggal kepala dan membantai umat muslim buka mat hati anda.

      Saya ingin bertanya :

      Apakah Anda Sholat 5 Waktu ??
      Apakah Anda Mengikuti Sunah Rasul??
      Apakah Anda Orang Sehat Pikiran ??
      Apakah Anda Muslim ??

      Kalau ke 4 ini tertanam di dalam hidup mu saya yakin anda gak sembarangan berbicara,

    • Mpreeeetttt… Ntar plg lu mabuk n ngayal dapet 72 bidadari…

  32. Di tuban jawa timur rusia ikut ambil bagian pembuatan kilang miya.. Kerjasama rusia dan indonesia udah lebih erat tdk hany di bidang militery saja…

  33. ya sudah biar Allah aja yg bales…..yg manusia gk usa ikut ikuttan jd iblis…..spt mereka…gampang toh…beriman dan bertaqwa saja kita masing masing disini…..tak usa banyak spekulasi di timur tengah..

  34. Beberapa artikel di JKGR nampak jelas bila upaya usa untuk membalkanisasi NKRI, saya melihat sudah masuk lewat tiga jalur utama, setelah heberapa percobaan ke arah chaos ditangkal pemerintah dengan sigap.

    ~> pertama dari kelompok “Islam modern” lewat tangan kerajaan saudi. Punya sumberdaya berlebih, pengaruh menyasar generasi muda intelek dalam sistem pendidikan ala barat. Sudah punya partai besar dan berbagai media massa pendukung. Targetnya membuat nasionalisme sempit dan chaos dengan membenturkan nilai akidah Islam dari dasar pemahaman mereka Vs pranata sosial berbangsa dan bernegara rakyat kita.

    ~> kedua dari kelompok “cendekiawan oportunis berpengaruh yang tampak sangat nasionalis” lewat us sendiri dari RAND corporation, LSM, perbankkan, bantuan teror deplu as, ausi, canada dan organisasi semacam skull and bone. Kelompok ini juga sudah punya partai besar, media massa ternama, dan menyasar orang-orang kritis yang “dianggap dianaktirikan” oleh negara dimana faktanya mereka berkelebihan karena kebijakan orba.
    Targetnya memperuncing dan memunculkan perbedaan serta ketimpangan kemajuan, pembangunan, ekonomi, untuk menaikkan chauvinisme hingga bisa dibenturkan dengan budaya kebersamaan & persatuan yang menjadi ciri khas ke Indonesiaan. Untuk kemudian menyalahkan kita semua yang telah berkhianat pada nilai-nilai Pancasila dan Uud 45.

    ketiga~> dari entitas sosial baru berupa gerakan LGBT, sex bebas, & narkoba hal ini juga telah lama dimulai namun sengaja “dibiarkan dan dimesin uangkan” terutama untuk yang terakir saya sebut. Menyasar generasi muda, diseluruh negri lewat gaya hidup, dan penetrasi media massa. Target menjauhkan generasi muda dari nilai-nilai budaya ketimuran dan dasar negara hingga muncul sikap acuh dan apatis akut dari seluruh generasi muda NKRI, akan seluruh nilai kebangsaan dan nilai kebersamaan yang diganti dengan persaingan individual, yang tentu saja bukan budaya asli ketimuran.
    Mematahkan sapu dimulai dari memisahkan lidi-lidi nya dengan rapi.

    Inilah sedikit gambaran yang telah terjadi dan dari ketiganya penghalang utamanya hanya orang-orang nasionalis tulen atau ultra nasionalis. Apakah kita diantaranya…. ???
    Dimana pun posisi para warrior, palagan telah dibuka, pertempuran kali ini diawali dengan menyelamatkan diri sendiri, bila “selamat” berlanjut ke orang-orang terdekat masing-masing, kemudian ke kelompok-kelompok nasionalis, hingga kesadaran pemerintah berhasil menggugah patriotisme seluruh warga.

  35. Jangan lupa bung upgrade mbah buyut BTR50, BTR 40, PT76B…

  36. Tambuah ciek uda…
    Setelah Indonesia merdeka 17081945, Mr.Nikokay: Unisoviyet Indonesia emang sangat bersahabat kayak adek kakak.
    Namun sebenarnya jauh sebelum merdeka, hubungan kedua negara sudah sangat terjalin dengan baik dan telah banyak melakukan kerjasama baik menghimpun kekuatan politik diplomasi, bantuan pelatihan militer dan alutsista serta minimum intellegent. Ini dibuktikan dgn berdirinya perwakilan “dubes” yg disamarkan sebagai diplomat perdagangan USSR di Batavia, ini inisisasi oleh para pengusaha dan pejuang atjeh dan medan terutama M.Yamin. Bahkan kantor perwakilan nusantara di Moscow sdh berdiri. Perjanjian itu bukan perjanjian dagang sj, namun sejatinya para pejuang nusantara meminta dukungan dan kekuatan USSR secara nyata, namun krn gejolak PPD2, strategi2 yg telah di rancang sebelum kemerdekaan akhirnya tidak bisa dilaksanakan. Atas saran yg bertubi2 dr M.Yamin jualah dan kepiawaian diplomasi yg berkharismatik dari Soekarno yg sangat jauh melihat ke masa depan demi kejayaan NKRI akhirnya USSR menyanggupi segala permintaan Indonesia dan itu dikabulkan dengan TANPA SYARAT APAPUN!
    Atas berkat rahmat Allah SWT, para pejuang dan rakyat Indonesia, bantuan negara2 arab, mesir dan khususnya Palestina yg berukhuwah islamiyah dlm panggung politik nyata serta dukungan politik, diplomatik tersembunyi USSR jg lah yg menjadikan Indonesia merdeka dan diakui dunia. Krn nica “Belanda” yg didukung Inggris, Amerika sejatinya akan kembali menjajah RIS “sebelum jd RI”.
    Indonesia dan USSR mempunyai hubungan emosional tersendiri dlm bentuk kerjasama apapun itu layaknya Palestina yg berpondasikan keislaman ukhuwah.
    Orba pengganti Orla, adalah hasil konspirasi intelegent tingkat tinggi dan pastinya akan berhaluan ke barat dan amrik, jadi klo pemimpin NKRI seorang Nasionalis pasti lebih condong ke Eropa Timur. Lihat saja Soekarno, Megawati, Jokowi, walau selalu berujar Non Blok.
    Krn itulah Indonesia dlm “wait and see” atawa dlm dilematis mengenai perang dan konflik di Suriah. Satu sisi keinginan yg memuncak membantu saudara seiman demi perdamaian dunia, namun di sisi yg lain jg tdk bisa ikut koalisi arab krn saudi arabia, turky dan suriah jg pendukung setia pengakuan kemerdekaan RI 1945.
    Menurut saya, posisi terbaik Indonesia yg dilematis mengenai konflik suriah adalah secara kontinyu mengedepankan dialog dan perdamaian dan tetap kommit memberikan bantuan sandang pangan dan dukungan moral terutama warga sipil, wanita dan anak2.
    Sekian.

  37. Rusia dan Indonesia bisa dibilang kayak Masha and the Bear,tiap masha ada kesulitan beruang selalu bantu.sekalipun masha kadang kelewatan kalau lagi main
    maaf kalau pengandaian nya salah…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)