Sep 112016
 

Hyundai Rotem berharap untuk memulai produksi 600 unit kendaraan lapis baja beroda (panser) untuk Angkatan Darat Republik Korea (RoKA). Produksi yang akan dilaksanakan pada 2018 dengan kapasitas produksi sekitar 100 kendaraan per tahun, kata juru bicara perusahaan itu. Ini akan menempatkan panser K806 6×6 dan panser K808 8×8 dalam pelayanan RoKA.

Insinyur utama di Pusat Penelitian dan Pengembangan Hyundai Rotem, Shin Yong-Cheol mengatakan perusahaan menargetkan pesanan dari pemerintah Korea Selatan pada bulan Oktober 2016, yang akan meminta produksi awal 16 unit kendaraan agar dikirimkan ke RoKA untuk uji coba lapangan yang dijadwalkan berlangsung sampai akhir 2017. Produksi massal akan dimulai setelah dari 2018.

Menurut Shin, 600 kendaraan panser tersebut akan terdiri 100 unit panser 6×6 K806 dan 500 unit panser 8×8 K808. Ini akan dilengkapi dengan stasiun senjata terlindung dilengkapi senapan mesin M2 HB. Sepertinya tidak ada rencana RoKA untuk melengkapi kendaraan baru tersebut dengan stasiun senjata jarak jauh untuk mengurangi biaya akuisisi, namun Shin mengatakan bahwa perusahaan siap untuk memasok sistem ini jika diminta.

Baik panser 16 ton 6×6 K806 maupun panser 20 ton 8×8 K808 memiliki banyak karakteristik dan kinerja yang sama. Menurut spesifikasi terbaru yang disediakan oleh Hyundai Rotem, kedua kendaraan didukung oleh mesin diesel 420 hp Hyundai Motor Company yang menyediakan kecepatan jalan maksimal 100 km/jam melalui transmisi otomatis tujuh kecepatan. Mereka juga dioperasikan oleh kru dua orang dengan akomodasi hingga 9 tentara bersenjata lengkap.

korsel-k808-and-k806
Panser K808 (kiri) untuk melakukan operasi tempur, Panser K806 (kanan) untuk melakukan peran eselon.

Namun, Shin menjelaskan bahwa konsep operasi untuk kedua jenis kendaraan tersebut cukup berbeda, dimana K806 bertujuan melakukan peran eselon belakang seperti pertahanan fasilitas sipil dan militer serta perlindungan konvoi logistik sedangkan K808 akan melakukan operasi tempur intensitas tinggi bersama layanan tank tempur utama K1A1 dan K2.

Sumber: IHS Jane

Artikel Terkait :

  31 Responses to “Hyundai Rotem Siap Produksi Panser K808 dan K806 untuk Militer Korea Selatan”

  1. Sholat subuh yuk. Naik panser korea

  2. maaf bang @Ruskiye di tempat saya (Jakarta) saat ini belum subuh … wkwkwkwk …

    selamat makan sahur bagi anda yang di wilayah Waktu Indonesia Barat …

  3. @bank ruskye..Hahahaha..klo anoa lg dpake latihan bank kita naik badak bercula satu..Salam Bhineka Tunggal Ika..Jayalah Bangsaku..

  4. asal jangan naik lipan bara aja.. hahahahah

    • Lipan bara dirakit malon dari Thailand..
      Anoa dirakit indon dari pranchis..
      Anoa selevel condor cuman beda soal ban 6×6 sdgkan condor 4×4 .. Komodo indon masih level dibawah lipan bara karna komodo ngak mampu menahan ledakan ranjau sedangkan lipan bara dipileh malon utk dirakit karna bodynya berbentuk hull v utk kuat menahan ledakan ranjau.
      Komodo apc biasa aja. Lipan bara MRAP apc.
      Indon harus bikin 8×8 agar tidak ketinggalan jauh dari jiran .
      Tohh lihat 6×6 korsel yg punya kekebalan amunisi 12mm tp tetap ngak cocok diletak utk bertempur cumannya cocok buat logistik dan bantuan sipil serta ambulan aja.. Bayangkan anoa yg cuman tahan amunisi 7.62mm disisi mana mungkin utk bertempur didepan. Bikin yg gahar Dong..

    • Lipan bara dirakit malon dari Thailand..
      Anoa dirakit indon dari pranchis..
      Anoa selevel condor cuman beda soal ban 6×6 sdgkan condor 4×4 .. Komodo indon masih level dibawah lipan bara karna komodo ngak mampu menahan ledakan ranjau sedangkan lipan bara dipileh malon utk dirakit karna bodynya berbentuk hull v utk kuat menahan ledakan ranjau.
      Komodo apc biasa aja. Lipan bara MRAP apc.
      Indon harus bikin 8×8 agar tidak ketinggalan jauh dari jiran .
      Tohh lihat 6×6 korsel yg punya kekebalan amunisi 12mm tp tetap ngak cocok diletak utk bertempur cumannya cocok buat logistik dan bantuan sipil serta ambulan aja.. Bayangkan anoa yg cuman tahan amunisi 7.62mm disisi mana mungkin utk bertempur didepan. Bikin yg gahar Dong..

      • Lipan bara bukan Di rakit… Tp.memang buatan Thailand…
        Kalo anoa…dirakit dr prancis…mana history nya?bagi share please…gua nyari dr dulu…
        Lipan bara lebih geje…mau dipake apa?patrol?logistik? Nyerang? Serbu?ato cuman display doang?

  5. Insinyur pindad ada baiknya lihat desain2 produk Negara lain sebagai perbandingan..

    • Insinyur PINDAD bekerja berdasarkan permintaan user utamanya, mereka bukan malas untuk mendisain produk unggul, kalau sekedar corat coret diatas kertas gak mungkin gak ada, lah bengkel pinggir jalan aja suka bikin disain sendiri modip motor apalagi sekelas PINDAD.
      Jadi masalah ketika user lebih senang memilih produk luar (rekondisi pula) dan pemerintah tidak pernah memberi kepercayaan pada anak bangsa untuk mewujudkan idenya. Alasannya selalu tidak ada anggaran tapi kalau untuk pesta pora demokrasi uang treliunan ada aja.

  6. Pertamax

  7. Pertalite

  8. Premium

  9. Sayang PINDAD belum bisa bikin panser 8X8.

  10. Panser Endon takde perkembangan apepon, selalu je tinggal jaoh di belakang…

    Cian de loo, Ndon…KERE…KERE…

    • Kamu tau ngak ? Panser anoa indon itu paling laju didunia saat diatas air..
      Tohh kamu baca daya dorongnya 18knot saat beraksi ampibius..
      Lihat enjinnya aja udah ketauan bisa dibongkar pasang malah bisa jadi kapal cepat rudal kcr kalo perang.

    • Panser anoa paling laju didunia saat beroperasi ampibius lohh.. 24knot bisa berobah jadi kapal cepat rudal ..
      Hehehe

    • Tertinggal jauh dari siapa?
      Gapapa…kalo meley dh bikin pesawat?Kapal perang? Apalagi Kapal selem?
      Indonesia dh lama bikin Kapal selem…jgn ampe meley ngambil hak patent Kapal selem…
      Malaysia…truly (tak) boleh…..hahahahahaha

    • gpp Panser Indo takde pekembangan… yg penting Indo bikin sndr & malingsia beli dari Indo krn malingsia gak bisa bikin…

  11. panser terbaik ya punya singapura

  12. Di compare Di kawasan asteng iya…terex unggul…
    Di compare seluruh belahan dunia…kaya nya masi Ada yg laen…boxer..Kodiak…paladin V…amv….Btr4(yang akan dibeli marinir-cakep)

  13. Memang sistem demokrasi itu tidak ideal.

  14. Ayo Pindad, Jangan Mau Ketinggalan! – JakartaGreater
    http://jakartagreater.com/ayo-pindad-jangan-mau-ketinggalan/

  15. Indon terus nyebutnya, negara mana itu?

    • Mereka itu monyet yg malas dan dungu bung…… nyebut nama negara aja malas palagi kalo suruh kerja, ga bakalan becus mereka….. xixi…

  16. Sejelek jeleknya alutsista kalo bikinan sendiri pasti ditakuti lawan (krn lawan ga tau kemampuan sebenarnya),secanggih apapun alutsista yg dibeli dari luar negeri tentu gak memiliki efek deteren tinggi buat lawan (krn lawan tau anti dotnya) kecuali yg tercanggih.
    By jendral (purn) moeldoko

  17. Anoa 6×6 lebih gesit dan lincah ketimbang 8×8,kalo dibekali atgm jangankan panser 8×8,tank mbt pun dilibas.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)