Jan 022017
 

Ibunda Jokowi, Sujiatmi Noto Miharjo. (photo : Suara.com /Bagus Santosa)

Solo – Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Noto Miharjo mengatakan suaminya Noto Miharjo (almarhum) merupakan putra seorang kepala desa di Kranggan, Kabupaten Karanganyar.

“Kakek suami dahulu rumahnya di depan orang tuanya, sehingga saya masih bertetangga sering ketemu,” kata Sujiatmi, usai acara tasyakuran, di Sumber, Solo, Senin,02/1/2017.

Sujiatmi mengatakan setiap memasuki tahun baru mengingat sejarahnya ketika bertemu dengan suaminya Noto Miharjo yang sekarang sudah almarhum itu.

“Pak Noto itu, dahulu putra seorang kepala desa, sedangkan keluarga saya pengusaha penggergajian. Namun, Pak Noto akhirnya ikut kerja di penggergajian dan mebel,” ujar Sujiami pula.

Sujiatmi menjelaskan setelah menikah dengan Pak Noto kemudian pindah rumah di kawasan Srambatan, Solo, dan kemudian pindah lagi di Gilingan Nusukan.

“Saya di rumah Gilingan selama lima tahun, dan kemudian pindah lagi di Jalan A Yani, Manahan, Solo. Saya tertarik dengan Pak Noto karena beliau dahulu gagah dan ‘ngganteng,” katanya mengakui.

Kendati demikian Sujiatmi berharap keluarganya memasuki Tahun Baru 2017 ini, semuanya diberikan kesehatan, pekerjaannya lancar, dan negara tetap tenteram dan damai, dan Pak Jokowi yang diberikan amanah dari rakyat mendapat bimbingan dari Allah SWT.

Menyinggung soal adanya isu miring terhadap keluarga dan Presiden Jokowi, Sujiatmi menanggapi dengan ramah dan mendoakan orang yang memfitnah agar sadar serta mendapatkan bimbingan dari Allah SWT.

“Saya mendoakan orang yang memfitnah mendapat pembimbingan dari Allah SWT. Karena yang dituduhkan tidak ada buktinya dan keluarga saya tidak ada yang terlibat,” kata Sujiatmi pula.

Miyono, salah satu Pakde Jokowi mengatakan jika benar Pak Jokowi ada indikasi tersebut seharusnya saat mencalonkan sebagai Wali Kota Surakarta dua kali tidak bisa masuk. Bahkan, Pak Jokowi kemudian mencolankan lagi sebagai Gubernur DKI Jakarta dan terakhir sebagai Presiden RI.

Miyono mengatakan pihaknya menanggapi dengan tenang dan percaya semua orang ada yang mendukung Pak Jokowi dan tidak. Jika tidak cocok dengan Pak Jokowi, mereka selalu membikin masalah, hal ini sudah biasa, katanya pula.

“Namun, kami selalu mendoakan agar Pak Jokowi tetap mendapatkan perlindungan dan bimbingan dari Allah SWT,” katanya lagi.

Antara

Artikel Terkait :

  79 Responses to “Ibunda Jokowi : Suami Saya Putra Seorang Kades”

  1. Suram…1st?

    • Saya bukan pemilih Jokowi. Tapi saya lebih percaya ibu ini daripada cerita yang nggak jelas juntrungannya yang ditulis oleh penulis buku yang saat ini sudah ditahan polisi.
      Yang tabah saja, Bu. Doakan saja agar putra ibu berhasil memimpin Indonesia dengan baik.

    • OPERASI CIA DI INDONESIA. ISLAMOPHOBIA, RUSOPHOBIA DAN KOMUNISME ADALAH “DAGANGAN” MEREKA DI DUNIA. SETELAH PERANG VIETNAM, BENTUK KONFRONTASI LANGSUNG LEBIH DIHINDARI, DENGAN POLA CUCI TANGAN (ADU DOMBA DG PROXY WAR) USA NANTI YANG BISA MENIKMATI HASILNYA, KARENA KUATNYA PENGARUH MEREKA KARENA KEKUATAN MILITER MEREKA MINIM TERKURAS..

      • ANTEK USA JELAS ADA DI INDONESIA, LIHAT YG MENIMPA DR SITI FADILLAH SESUDAH MENUTUP PAKSA LAB NAMRU 2 MILIK USA, SUDAH JELAS KOQ KEPALA ULAR BELANGNYA DI INDONESIA.

      • F-22 RAPTOR PUN AKAN HADIR DI AUSTRALIA TAHUN INI, SEDEMIKIAN PENTINGNYA KAH INDONESIA (BUKAN NGADEPIN CHINA-LAH) BAGI RENCANA USA??

      • saya setuju dgn pendapat anda bung, “Rusiphobia, Chinaphobia, Komunismephobia”…itu gorengan-dagangannya As & sekutu2nya, lha Indonesia jika tanpa bantuan Rusia (Uni Sovyet) apa mungkin merebut Papua dari belanda yg jelas2 didukung AS & Inggris, tanpa bantuan Rusia (Uni Sovyet) apa mungkin membangun kompleks GBK utk Asia Games IV thn 1962 yg lalu, tanpa bantuan Rusia apa mungkin mampu menghadang pespur aussie, F/A-18 super hornet yg petatang-peteteng patroli di laut dari mulai selat Lombok sampe Jawa, selat sunda, dgn skuadron 11 Sukhoi Su-27/30 buatan Rusia kita bisa menghentikan sifat “songong aussie & AS masih banyak yg lain…..

    • Saya bukan pendukung Jokowi atau Prabowo karena saya Golput.. tapi saya adalah warga negara yang berfikir secara logika, dan anti percaya sama satu sumber informasi.
      Yang masih membingungkan buat saya adalah waktu pemilu presiden 2014:

      Fakta Prabowo anak prof. Sumitro dan ibunya yang notabene adalah keturunan Tionghoa manado. Tapi pendukung Prabowo menuduh Jokowi anak keturunan Tionghoa.

      Sampe sekarang saya gagal paham kenapa kelemahan pak prabowo justru diusung menjadi issue untuk menyerang jokowi? Ini yg bodo pendukung prabowo apa prabowonya ya?

      Gagal paham saya..

      • entah bung..ane juga golput kemarin, soalnya mentingin cari sesuap nasi hehehe….males ngurus pencoblosan soalnya di rantau

        nah kalau soal keturunan tionghoa, rata2 banyak yg pake nama jawa (nama kedua), biarpun keturunan tionghoa yg penting masih cinta NKRI dan menghargai orang pribumi, salam damai selalu

  2. Duduk tegap, kepala hadap depan, tangan dilipat.. Nyimak..

  3. Ora arep komen…

  4. ditempat ane kades itu duitnya banyak ya ealah pejabat geto ,,banyak proyek kucuran duit mulai dari bangun jalan,,bangun jembatan ,,dll

  5. Udah terima aja tantangannya si BT itulah,, tak usah ada sinetron2 nan lagi,, toh si BT juga sudah bersedia di tangkap bila salah & tidak terbukti kan beres.. Gitu aja kok freeport.. Xiixixixii..

  6. kalau dah beci ya..susah..d kasih roti tetep rasa t*i

  7. mau komen opo yoo?

  8. black1d@ klu pemerintah ngelayani komen kayak ente, ya negara tak maju2 .la wong ente bisanya suka cari masalah sj. tu.. sana lihat pembangunan yg sangat pesat di negara yg maju, sekali2 melancong di negara yg sdh majuh ya biar dpt wawasan yg luas

  9. Menjadi Pemimpin besar selalu besar juga tantangan & hambatannya,,saya sii bukan pencoblos Jokowi namun legowo meerima sbg Presden Pilihan Rakyat,,sy melihat Pak Jokowi banyak skl menerima Fitnah, celaan , hinaan melalui Medsos,,seumuran sy yg mendekati kepala 5, sudah cukup makan asam garam d berbagai Orde Kabinet Pembangunan,,
    1. sy merasakan Orde Baru kuat diawali pembangunan Pertanian di sertai infrastruktur pertanian, mesin2 rinagn pertanian, budi daya benih, disertai penyuluhan yg cukup terpadu, contoh klompercapir, di Era Irde Baru jg marak pembangunan Infrastukrtur yg berjalan secara bertahap,,,
    2. di Era Habibie yg sangat singkat hanya menyaksikan bagaimana Rezim begitu hebat menurunkan 1 US Dollar dari 1 USD = 16.000, menjadi 1 USD = Rp. 6.700
    3. Era Gus Dur, sulit utk menceritakan pembangunan apa yang sudah dilakukan selain pembangunan Budaya, lepasnya gembok penyegelan Budya Tionghoa jelas krn Tokoh yg Egaliter ini. juga penyadaran akan keberagaman dala kehidupun NKRI..berikutnya adalah jantung kitabyg sering berdegup gak menentu terutama ucapan2 beliau yg akadang direspon pasar kadang posistif, kadang mendadak negatif, dst..
    4. Era Megawati, era mulainya bnayak liburan, awalnya utk menggiatkan wisata domestic, agar warga lbh leluasa melalukan liburan, maka suka ada hari libu kejepit diduble liburan , Era megawati mulai ada SU 27/30
    5. Era SBY, pembangunan Ekonomi cukup bagus dibanding enagara lain , namun utk ukurna RI terasa lamban, Era SBY infrastruktur dibangaun namjun terasa lamban & kurang menyeluruh, PR utk memperbaikin sarana pendidikan spt g4dung sekolah msh bnyk belumteeerwujud
    6. Era Jokowi sangat terasa pembangunan Infrastruktur menyeluruh diIndonesai, diuatamankan di luar Jawa,ini spt penebusan dosa bagi Pemimpin2 sebelumnya,,bagaimana tidak, ,sekarang sdng dibangun Trans Sumatra, Trans Kalimantan, Trans Sulawesi, Trans Papua,,harga Bensin/BBM di Papua sama dg di Jawa,,ini bentuk kepedulian yg sangat tinggi dan Amazing,luar biasa hebat prestasi ini…juga ifrasturktur di Jawa, Tol Trans Java, LRT Jabodetabek, LRT Bandara Soetta. MRT,,KA Cepat JKT – Bdg, Insya Allah KA Cepat JKT – SBY,,sebentar lagi Jln Tol Layang JKT – Cikampek..dam Mohon dengan sangat pada designer dan pembuat keputusan agar Tol Layang ini dimulai dari /setekah Cawang sehingga Tol ini sangat efektif mengalirkan kemacetan dr dalam kota JKT
    Begitu bnayak prestasi yg akan dicapai, begitu bnyak rencana yg akan dijalankan, namun begitu bnyk celaan, Fitnah keji yg dialamatkan,..yg pro China, yang turunan China, yg pro PKI, yg kena PKI ,,ada ada saja yaa…padahal komunisme di China hanyalah sbg Jaket sj,,bahkan di Russia sdh tdk ada lagi Komunisme,,dua negara tsb sebetulnya sdh menjadi negara Kapitalis,,gaj beda dg RI
    Fakta lain,,,Jokowi dinobatkan sbg Pemimpin No 1 Asia Australia,,nah gak semabrangan kan
    Semoga Presdien kita ini selalu dilindungi dan diberi bimbngan Allah SWT dan semua rencana kerja yg baik dan mulai bisa terlaksana utk kemakmuran Rakya Indonesia

  10. lahh emang nya ada apa sama pak.Jokowi ?? maaf saya jarang buka televisi. wkwkwk

  11. Borong

  12. Sepengetahuan ane Jokowi itu orang yg baik…… orang yg baik insya Allah disayang Tuhan…

  13. kalau kamu keturunan orang miskin jangan mimpi bisa jadi presiden

    seluruh presiden negara ini keturunan orang kaya semua

  14. Ini artikel hasil jumping…update Dr kasus grup post sebelah..Kalo ga salah Dr buku pakde buambanggs…ane sih Blum baca..tp dpt sdikit kutipan…terlihat kutipan nya memakai teori “cocokologi”cmiiw…

  15. jokowi itu presiden yg melakukan percepatan pembangunan infrastruktur..
    tapi SBY yg mewariskannya kestabilan ekonomi dan politik..
    kestabilan itu didapat dari Megawati yg mampu mengkonsolidasikan partai partai menjadi pendukung dan penyeimbang tetapi pada koridor tujuan yg sama..
    tujuan yang sama dilahirkan oleh presiden paling demokratis dan toleran yaitu Gus Dur.
    demokrasi dan toleransi ini karena berhasilnya Habibie melahirkan peraturan , Undang Undang , kebebasan pers dan pemilu yg sukses pasca reformasi,

    masa orde baru Soeharto berhasil mengawal Pancasila sebagai ideologi negara.. memperkuat TNI dan sampai saat ini sebagai tulang punggung persatuan NKRI, kemajuan pendidikan, kesehatan dan membawa Indonesia menjadi negara berkembang

    masa revolusi Bung Karno berhasil mengantarkan Bangsa Indonesia Merdeka dan berdaulat…
    membentuk dasar negara dan menterjemahkan persatuan Nusantara dalam 1 negara.

  16. @ Bung Senopati..love your comments.. Pas mantappp emang cocok jd Senopati.. Xixixixi..Salam satu jiwa,satu bangsa, satu tanah air, satu tumpah darah dan satu bahasa.. “BHINEKA TUNGGAL IKA” Jayalah NKRI!!!

  17. Utusan antek antek blok barat..tugasnya membuat kegaduhan di NKRI beware..

    Hati hati ini bisa menjadi celah untuk memecah belah bangsa,
    Kita juga harus waspada dan pandai menilai serta menahan diri atas isu2 yg akhir2 ini sering muncul dan bersifat provokatif dan menghasut.. ingat budaya kita,ingat siapa kita,dengan tetap menjunjung tinggi UUD dan Pancasila. Tengoklah kebelakang bagaimana para pendahulu dan pahlawan kita berjuang.. apa pantas jika kita yg berpendidikan terpancing dengan adanya isu2 tersebut? Kita harus cerdas dalam menyikapi segala sesuatu yg ada di dalam kehidupan kita..
    Bersama mari kita kawal cita cita bangsa indonesia dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, tunjukan kepada dunia luar bangsa kita adalah bangsa yg cerdas dan moderat dalam segala hal..

    Salam

  18. Sy juga bukan pemilih jokowi. Tp jika di lihat hasil kerja beliau sungguh sangat nyata, lebih berani dari sang babeh yg jelas dari militer.

  19. SBY memulai pemerintahan dengan anggaran belanja pertahanan Rp. 21 Trilyun …

    JKW memulai pemerintahan dengan anggaran belanja pertahanan Rp. 101,6 Trilyun …

    karena anggaran belanja pertahanan merupakan persentase tertentu dari GDP, maka TERLIHAT JELAS bahwa SBY telah mewariskan kestabilan ekonomi, ditengah unjuk rasa tiap hari di bundaran HI (sekarang sudah jarang ada unjuk rasa) …

    sekarang saatnya membangun infrastruktur karena uangnya ada + hutang 520 Trilyun dari Tiongkok …

    • OPERASI CIA DI INDONESIA. ISLAMOPHOBIA, RUSOPHOBIA DAN KOMUNISME ADALAH “DAGANGAN” MEREKA DI DUNIA. SETELAH PERANG VIETNAM, BENTUK KONFRONTASI LANGSUNG LEBIH DIHINDARI, DENGAN POLA CUCI TANGAN (ADU DOMBA DG PROXY WAR) USA NANTI YANG BISA MENIKMATI HASILNYA, KARENA KUATNYA PENGARUH MEREKA KARENA KEKUATAN MILITER MEREKA MINIM TERKURAS. S*Y TU ANTEK USA, LIHAT YG MENIMPA DR SITI FADILLAH SESUDAH MENUTUP LAB NAMRU 2 MILIK MILITER USA.

  20. trus solusinya apa doredi?

  21. Kakeknya Kades Kranggan, cucunya Kades Republik Indonesia.
    Opo ora Top?

  22. Sokor si bt di tangkap mega pemuja juga mengikuti biar modar

  23. kok jadi bingung….nanti nulis sejarahnya gimana sih?????dulu katanya miskin tinggal di pinggiran sungai…makanya pak jokowi gak mau gusur orang miskin….tapi si bunda bilang sudah kaya dari dulu jadi pengusaha kayu mebel??????yg bener mana?????dulu miskin atau langsung kaya????kok misterius banget

  24. mending bikin buku gurita ciki asem, enggak ditangkap deh, cuma akhirnya dipanggil kepada-nya

  25. @grey ,klu pendapat sy presiden masa transisi itu yg paling berat, yaitu habibi,gusdur, megawati. klu sby si sdh enak, pemerintahan jaman sby pun bersamaan ekonomi dunia yg bagus sekali. tentu sby sebagai manusia tak luput dr kekurangan itu gue memahaminya, tapi di sayangkan di antara mantan presiden kita ,sby lah yg selalu merasa lebih mampu ,suka mengkritik kerja orang, biasanya orang yg suka ngritik itu tanda yg sebenarnya kurang mampu

  26. berarti di rri ada berita harga fitnah buntek dan fitnah keriting ya bung…. 😆

  27. Era sekarang pembangunan bergerak cepat dan tdk ada proyek mangkrak,beda dgn era kemarin yg mewarisi proyek penuh korupsi dan proyek mangkrak….slogan”KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI” aja yg jaguh,tinggal 2 orang lg di iklan”KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI”yg belum di garuk KPK yaitu bapake sama putrane…hihi

  28. mantap JKW … lanjutkan

  29. Namanya pemimpin di penuhi lingkaran setan. Siapa pun presidenya iya orang yang di sekelilingnya itu bisa membuat citra pemimpin tersebut terkesan buruk. Kekurangan dari pak Jokowi itu dia anggota partai, bukan ketua partai. Ini yang bisa membuat para lawan politiknya membuat serangan untuk menjatuh kan beliau. Entah dari internal/eksternal parpol.

    Damai selalu

  30. bisa jadi hahahahaha,…

  31. Jokowi tuh cuma nerusin….! Lebih lemah dan lambat dr SBY !!! Untung aja tuh media2 musuh SBY dipihak Jokowi…. di kritik media kecil gerah !!!