Feb 122017
 

Para ilmuwan AS yang ada di CalTech dan Universitas Illinois telah menciptakan sebuah pesawat nirawak (drone) yang luar biasa kecil dan dapat bermanuver seperti kelelawar. (Sputnik News & PBS News)

Perangkat yang disebut sebagai “Bat Bot” bisa melambung dan terbang naik turun seperti kelelawar nyata. Sebuah video dari penerbangan ujicoba telah diposting oleh para ilmuwan di YouTube.

Pesawat nirawak (drone) baru tersebut beratnya hanya 85 gram. Memiliki “kerangka” yang terbuat dari serat karbon serta ditutupi dengan lapisan “kulit” silikon.

Setiap sayap yang ada pada drone tersebut memiliki sembilan sendi, yang memainkan peran penting dengan memastikan fleksibilitas selama penerbangan (kelelawar asli memiliki lebih dari 40 sendi pada sayapnya). Sendi pada drone itu terdiri atas 4 sendi pasif dan 5 sendi beroperasi secara mandiri.

Sendi-sendi tersebut memungkinkan Bot Bat untuk terbang tanpa menggunakan baling-baling, sehingga meningkatkan manuver dalam kondisi sulit di mana drone konvensional tidak bekerja.

Untuk langkah selanjutnya, penggagas proyek berencana untuk melengkapi drone tersebut dengan kamera dan pemancar. Total biaya pengembangan proyek selama tiga tahun adalah sekitar 1,5 juta dollar.

Kelelawar telah menjadi pusat teknologi pesawat nirawak terbaru di Inggris. Dewan Riset Ilmu Fisika dan Insinyur sebelumnya mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan kendaraan terbang nirawak mikro baru (MAV) dengan desain sayap kelelawar.

Drone baru tersebut merupakan bagian dari keluarga Miniature Kendaraan Nirawak dan memiliki ukuran lebar 15 cm. Mereka sedang dikembangkan untuk tujuan komersial, keperluan pemerintah dan militer serta dapat mengamati dari jarak jauh wilayah yang tidak terjangkau olehkendaraan darat.

JakartaGreater

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  11 Responses to “Ilmuwan AS Ciptakan Drone Kelelawar Canggih”

  1. dasar kampretlah 😛 hahahaha

  2. masih uji coba,,,blum sempurna,,karena dgn gerakan seperti itu apa kualitas gambar yg di dapat bagus ya,,logika nya mirip manusia berlari bawa kamera,,goyang donk

    • tapi sepertinya kali ini mereka menggunakan logika kelelawar bung @Riki Arta, bukan pake logika manusia 😛 hehehe, pastinya mereka sudah memikirkan hal itu jauh sebelum berita ini muncul dan sebelum saya dan anda pikirkan 😀

  3. Drone pohon pohonan..disebar di perbatasan indonesia..biar kelihatan siapa yg jahat..

  4. nunggu drone burung emprit,,, buat home base di sawah2 seluruh indonesia..
    senjatanya jarum beracun.. (edisi menghayal)

  5. Wah perangkat elektronikanya pake teknologi nano kaliya? Pasti semua serba mini.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)